Jawa Timur punya banyak cara untuk memikat para wisatawan. Banyak destinasi cantik dan menarik, aneka kuliner yang enak dan pastinya menggoyang lidah serta berbagai agenda wisata rutin tahunan yang sayang jika dilewatkan.

Banyak cara untuk menuju ke Jawa Timur, semua moda transportasi bisa menjangkau provinsi ini. Mulai dari kereta api, bus atau bahkan pesawat terbang yang sudah menjangkau banyak kota. Ada banyak tempat menarik yang ditawarkan. Saat libur Lebaran tempat ini ramai dikunjungi baik warga lokal hingga pelancong. Bila ingin tahu transportasi paling mudah ke kota-kota ini,  simak selengkapnya di sini.

Tempat wisata mana saja yang menjadi favorit warga? Yuk eksplorasi tempat-tempat cantik berikut.

Indahnya Ombak di Pantai Sukamade

Taman Nasional Meru Betiri – sumber: Adella Adiningtyas/WWF-Indonesia

Berlokasi di Taman Nasional Meru Betiri, Pantai Sukamade adalah salah satu destinasi andalan pariwisata Banyuwangi. Di pantai ini, kamu tak hanya dapat pemandangan pasir putih yang disapu ombak nan indah. Tetapi juga serunya melepas tukik-tukik ke laut lepas.

Pantai ini adalah rumah bagi para penyu untuk bertelur. Dan setelah telurnya menetas, tukik-tukik dilepas liarkan untuk menjalani kehidupan mereka di laut bebas. Pemandangan ini, hanya bisa ditemui di beberapa pantai di Indonesia dan salah satunya ada di Pantai Sukamade.

Kenang Sejarah di Candi Penataran

Candi Penataran – sumber: @bandrek17/Steemit

Candi Penataran yang berada di Kota Blitar adalah salah satu Candi Hindu terbesar di Jawa Timur. Berdiri sejak era Kerajaan Kediri, Candi Penataran masih aktif digunakan sampai era Kerajaan Majapahit. Kini, kawasan Candi Penataran menjadi situs peninggalan sejarah yang dijaga oleh pemerintah Kabupaten Blitar.

Api Biru Unik di Kawah Ijen

Api biru di Kawah Ijen – sumber: @gabrielbromotour/Medium

Indonesia punya keindahan alam yang luar biasa, yang salah satunya sangat istimewa. Api biru di Kawah Ijen, yang hanya bisa kamu temui di gunung cantik yang kawahnya penuh dengan belerang ini. Selain melihat api biru, di Kawah Ijen kamu juga bisa melihat aktivitas para penambang batu belerang yang masih menggunakan cara tradisional untuk mengambil bebatuan untuk dijual sebagai bahan obat dan kosmetik.

Pemandangan kawah yang luas di puncak Ijen juga layak untuk diabadikan, terlebih ketika matahari baru saja terbit di ufuk timur.

Magisnya Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura – sumber:Liburmulu

Di kaki Gunung Bromo, ada air terjun Madakaripura yang dikenal sebagai tempat pertapaan Gajah Mada. Banyak yang meyakini bahwa air terjun dengan aliran yang sangat deras ini adalah tempat Patih Gajah Mada moksa atau menghilang.

Selain hal-hal magis yang meliputi tempat ini, keindahan Air Terjun Madakaripura juga menjadi daya tarik utama pengunjung yang datang ke sana. Jika nyali kamu besar, bisa sekalian ikut arung jeram yang ada di sekitar aliran sungai dari Madakaripura.

Nikmati Senja di Pantai Klayar

Pantai Klayar – sumber: Gunungkidulu

Di ujung timur, tepatnya di Kota Pacitan, terdapat pantai berpasir putih bersih dengan air laut biru cantik bernama Pantai Klayar. Di sinilah salah satu surga bagi peselancar di Jawa Timur, dengan ombak tinggi menantang dan pemandangan luar biasa indahnya.

Segarnya Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo – sumber: Amertaedutravel

Menuju Kota Batu, ada Air Terjun Coban Rondo yang sangat segar. Air yang jernih meluncur dari puncak pegunungan, membawa kesegaran pada pepohonan di sekitarnya. Nikmati pemandangan indah di Air Terjun Coban Rondo sekaligus seru main outbond atau menyantap jajanan yang banyak dijual di sekitar tempat wisata ini. Perut kenyang, hati pun senang.

Buat kamu yang cinta traveling, menikmati keindahan alam di Jatim adalah hal wajib. Provinsi ini memiliki segudang tempat menarik dan tiket kereta api bisa kamu andalkan untuk mengantarmu menuju kota-kota tersebut dengan harga yang terjangkau.

No more articles