Saatnya Liburan!

Sorakan ini mungkin akan menjadi sorakan paling bahagia dan paling ditunggu oleh para pelajar atau pekerja ketika memasuki masa liburan. Bayangan bersenang-senang di luar wilayah tempat tinggal sudah sampai terbawa mimpi. Berbagai persiapan sudah mulai dilakukan seperti menyiapkan dana liburan, mencari destinasi liburan terbaik, dan memesan tiket perjalanan baik menggunakan travel, kereta, maupun pesawat.

Mau ke mana liburan kesempatan ini? Pertanyaan ini mungkin akan menjadi awal dari segala persiapan liburan. Tentu saja menentukan tujuan liburan adalah hal yang cukup penting karena akan mempengaruhi persiapan. Nah, bagi kamu yang masih bingung menentukan tujuan liburan, mengapa tidak mencoba kunjungi Kota Malang saja?

Malang terkenal sebagai salah satu kota wisata yang kini banyak diminati oleh wisatawan. Tak hanya wisatawan domestik, wisatawan internasional pun tak ingin ketinggalan pesona Kota Apel dari Indonesia ini. Ada banyak destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi selama berlibur di Malang. Untuk membantumu menentukan tempat wisata tersebut, kami menyajikan referensi mengenai 10 destinasi wisata di Malang yang wajib kamu datangi.

Wisata di Malang yang Wajib Dikunjungi

Jawa Timur Park 1 dan 2

Bisa jadi tidak afdol kalau tidak berkunjung ke taman rekreasi dan pusat belajar di Jawa Timur Park 1 dan 2. Letak tepatnya ada di wilayah Batu, sekitar 1 jam dari pusat kota Malang. Di sini, kamu tidak hanya sekadar bermain dan memanjakan diri dengan ratusan permainan unik dan menantang, namun juga diajak untuk melihat lebih luas mengenai Indonesia mulai dari kekayaan sumber daya alam seperti hewan dan tumbuhan hingga menambah pengetahuan melalui museum yang terdapat baik di Jawa Timur Park 1 maupun Jawa Timur Park 2.

10 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Kamu Datangi
Jawa Timur Park 1 – Sumber: nginepmana.com

Di Jawa Timur Park 1, kamu akan lebih banyak menemui permainan unik yang sayang kalau dilewatkan. Selain menghibur, berbagai wahana yang terdapat di dalam kawasan wisata ini juga akan memberi pengetahuan yang baru. Di kawasan yang sama, kamu juga bisa mengunjungi Museum Tubuh Bagong yang akan memberimu pengetahuan mengenai bagian dalam tubuh. Ssstt, kalau beruntung kamu akan dapat kesempatan melihat suatu ruangan yang menyimpan mumi asli!

10 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Kamu Datangi
Jawa Timur Park 2 – Sumber: bromotravelindo.com

Jika menginginkan hiburan yang lebih santai daripada harus memainkan berbagai wahananya, mungkin kamu akan lebih senang jika berkunjung ke Jawa Timur Park 2 yang isinya lebih sedikit permainan namun lebih memberikan edukasi dalam bentuk lain di Batu Secret Zoo yang terletak dalam satu kawasan dengan Jatim Park 2. Di sini kamu bisa melihat berbagai macam satwa dilindungi dengan informasi yang terpampang di depan kandang. Tidak hanya melihat dari jauh sementara hewan-hewan itu terkurung, kamu juga akan mendapat kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan hewan misalnya dengan memberi makanan atau berfoto bersama.

Eco Green Park

10 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Kamu Datangi
Eco Green Park – Sumber: alamatpenting.com

Destinasi satu ini sangat cocok menjadi tujuan wisata bagi wisatawan yang membawa serta anak-anak mereka untuk berlibur. Di Eco Green Park, wisatawan akan mendapatkan hiburan dengan mengalami wisata alam dan edukasi.

Bersiap-siaplah untuk terkesan dengan hal-hal yang akan kamu temui selama berkunjung ke Eco Green Park. Pasalnya, kreativitas menjadi hal yang sangat ditonjolkan di destinasi wisata ini. Kamu akan menemukan berbagai jenis kreativitas bahkan sejak pertama kali menginjakkan kaki untuk masuk ke kawasan ini. Replika candi, gajah dari tv dan peralatan elektronik bekas, hingga kembali menyapa berbagai jenis satwa unik adalah segelintir aktivitas liburan yang bisa kamu lakukan.

Di Eco Green Park, kamu juga akan menemukan berbagai hal unik terkait dengan pelestarian lingkungan. Selain menyediakan ruang untuk menjadi museum insekta, di sini juga tersedia beberapa spot menarik seperti Walking Bird, daerah pengolahan limbah, budi daya tanaman hias dan buah strawberry, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang, harga tiket masuknya sangat murah dibanding dengan kesan liburan, jumlah wahana permainan, hingga edukasi yang didapatkan.

Museum Angkut+

Tidak perlu jauh-jauh hingga ke Amerika kalau ingin berfoto seolah sedang berada di jalan khas luar negeri. Cukup kunjungi Museum Angkut+ yang lokasinya tak jauh dari Jawa Timur Park 1 dan 2.

Jika destinasi sebelumnya menawarkan berbagai hal berbau alam dan sejarah sebagai santapan liburanmu, maka destinasi satu ini akan sangat membawa kebahagiaan bagi kamu yang hobi atau memiliki ketertarikan dengan berbagai jenis alat transportasi.

Yap. Museum Angkut+ merupakan sebuah museum alat transportasi yang lengkap dan menyediakan beragam koleksi alat transportasi yang menarik dari hampir seluruh negara di dunia ini. Memasuki wilayah depan Museum Angkut+, kamu akan disapa dengan berbagai jenis alat transportasi tradisional seperti becak dan andong. Teruslah berjalan menyusuri track yang sudah ditetapkan dan bersiaplah untuk terkesima dengan koleksi yang dipamerkan.

Ada ratusan (mungkin ribuan) koleksi alat transportasi di sini mulai dari negara Indonesia hingga ke negara-negara di benua Eropa dan Amerika. Tentu saja setiap koleksi memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Berfoto menjadi aktivitas yang akan kerap Anda temui dari pengunjung lain yang datang. Dekorasi yang menarik benar-benar membuat kawasan ini seolah bukan di Indonesia. Sangat direkomendasikan bagi kamu yang sangat suka selfie atau wefie.

Batu Night Spectacular

Tidak hanya ingin liburan dengan berjalan dan menikmati pemandangan? Gerakkan badanmu dan coba berbagai permainan unik di kawasan wisata Batu Night Spectacular yang tak hanya menawarkan berbagai permainan unik namun juga pemandangan cantik kota Malang yang bisa disaksikan dan restoran di dalam kawasan BNS.

Di sini kamu akan menemui puluhan jenis permainan unik yang wajib kamu coba di antaranya Carnival, Trampolin, Ali Baba, Rumah Kaca, Drag Race, Lampion Garden, Battle Arena, Magic Square, dan masih banyak lagi permainan lainnya.

Sayangnya, ada satu hal yang mungkin akan tidak disukai oleh para pelancong dengan dana terbatas. Jika kawasan wisata Jatim Park 1 dan 2 memberlakukan sistem sekali bayar untuk menikmati semua wahana, berbeda halnya dengan BNS. Di sini kamu akan membayar tiket masuk yang tidak termasuk dengan tiket untuk menikmati permainan yang ada di dalamnya. Setiap permainan mengharuskan kamu untuk membayar lagi jika kamu ingin menikmati sensasi permainan tersebut. Nominal tiket permainan tersebut mungkin tidak seberapa namun keinginan untuk bermain lebih dari satu kali atau lebih dari satu jenis permainan akan membuat kamu secara tidak sadar menghabiskan cukup banyak uang sehingga total pengeluarannya bisa lebih besar.

Kusuma Agrowisata

Bosan dengan metode liburan yang hanya bermain dengan berbagai permainan yang ditawarkan (dan mungkin rasanya akan sama saja)? Kalau begitu cobalah untuk sekadar mengunjungi destinasi wisata Kusuma Agrowisata.

Lokasi destinasi wisata ini berada di ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut. Jika kamu berkunjung ke sini, kamu akan dimanjakan dengan agrowisata yang menawarkan layanan wisata petik mandiri di kebun yang disediakan. Ada beberapa kebun di sini di antaranya kebun jeruk, jambu, apel, strawberry, bahkan buah naga. Tidak perlu risau karena merasa akan bosan bila liburan ini hanya sekedar mengambil buah di kebun. Ada beberapa fasilitas liburan tambahan yang disediakan seperti War Game, ATV, atau melakukan flying fox.

Kaliwatu Rafting

Kaliwatu Rafting – Sumber: kaliwaturafting.com

Ingin liburan yang lebih menantang? Kamu harus coba alternatif liburan di Malang yang satu ini! Mengisi liburan dengan rafting di Kaliwatu bisa menjadi pilihan bagi kamu yang menyukai olah raga ekstrim. Di paket wisata satu ini kamu akan melakukan rafting dengan menyusuri aliran Sungai Brantas yang terletak di Desa Pandanrejo, Batu. Aliran sungai di sini bisa dibilang cukup menantang sebab selain aliran sungai tergolong deras, kamu akan menemukan banyak bebatuan dengan ukuran cukup besar yang tersebar di sepanjang sungai sehingga menjadi tantangan tersendiri.

Yang lebih menyenangkan lagi, untuk menjangkau kawasan wisata ini pun kamu tidak perlu pergi terlalu jauh. Lokasi Kaliwatu ini hanya berjarak sekitar 2 km dari Alun-alun Kota Batu. Tidak perlu alat transportasi, bahkan hanya dengan berjalan kaki sejauh 500 meter dari jalan raya Desa Pandanrejo Anda sudah akan sampai. Jarak yang terjangkau ini akan menghemat tenaga Anda sebelum habis untuk melakukan rafting dan juga menghemat pengeluaran untuk transportasi.

Wisata Paralayang

10 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Kamu Datangi
Wisata Paralayang – Sumber: paralayangdimalang.blogspot.com

Jika rafting tidak cukup menantang cobalah alternatif wisata yang jarang ditawarkan di lokasi lain ini. Wisata Paralayang menjadi alternatif wisatawan yang berkunjung ke Malang. Lokasinya berada di kawasan Gunung Banyak.

Akan menjadi pengalaman yang menakjubkan dan sulit terlupakan mengingat kamu akan dimanjakan dengan hembusan angin yang menerpa kulit sembari membawamu melihat pemandangan daratan Malang di ketinggian sekitar 1315 meter dari permukaan laut. Tentu saja pengalaman liburan dengan paralayang ini memakan biaya yang relatif mahal. Untuk bisa menikmati olah raga ini, kamu harus mengeluarkan uang minimal Rp 350.000 per orang yang akan digunakan untuk membayar sewa alat permainan dan jasa instruktur berlisensi. Demi kesenangan, tidak mungkin kamu mengorbankan keamanan, bukan?

Tidak ingin terlalu banyak menghabiskan dana liburan di Malang? Tenang, di kawasan ini kamu juga bisa memanfaatkan lapangan yang bisa dijadikan sebagai spot foto karena menawarkan background berupa pemandangan kota Malang.

Omah Kayu

10 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Kamu Datangi
Omah Kayu 1 – Sumber: surabaya.panduanwisata.id

Tidak jauh dari kawasan wisata paralayang tadi, kamu bisa berkunjung ke Omah Kayu yang cukup terkenal sebagai alternatif destinasi wisata di Malang. Sebenarnya, Omah Kayu sendiri bukan benar-benar sebagai sebuah destinasi wisata. Omah Kayu merupakan sebuah penginapan unik dengan memberikan fasilitas menginap yang berbeda dari penginapan lainnya.

Jika kamu hanya akan melihat bangunan tembok sebagai bahan pembangun penginapanmu di Malang, maka Omah Kayu menawarkan hal yang lain yaitu menginap di kamar yang dibangun di sebuah pohon. Tentu saja hal ini bisa menjadi pengalaman yang unik karena tidak semua penginapan menawarkan hal serupa.

10 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Kamu Datangi
Omah Kayu di Malam Hari Omah Kayu Malam Hari – Sumber: titofebrian.com

Ketika menginap di sini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang cantik dari Kota Malang. Suasana akan semakin romantis begitu malam menjelang. Lampu gemerlap kota Malang akan terlihat sebagai lautan cahaya yang bisa Anda abadikan dari penginapan unik satu ini.

Air Terjun Sumber Pitu

Cara menikmati liburan tak harus dengan mencoba berbagai permainan. Terkadang wisata alam bisa menjadi pilihan yang cocok, apalagi alternatif ini disodorkan pada orang yang sudah jenuh akan rutinitas pekerjaan lengkap dengan suara bising yang menjadi backsound setiap harinya.

Berkunjunglah ke kawasan wisata Air Terjun Sumber Pitu. Lokasinya berada di kawasan barat Pegunungan Bromo. Perlu diperhatikan, bahwa sesuatu yang indah harus diraih dengan perjuangan tak mudah. Begitu pula dengan kawasan wisata ini. Kamu harus menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor untuk mencapai kawasan ini. Bisa dibilang akses menuju kawasan wisata Air Terjun Sumber Pitu masih sangat sederhana dan ala kadarnya. Namun tentu saja setelah sampai di lokasi, terbayar sudah semua rasa lelah.

Kabar baiknya, belum ada penetapan tarif bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat ini. Di sini kamu bisa menikmati keindahan air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter berhiaskan tumbuhan hijau yang menjadi pemanis pemadangan. Akan lebih beruntung ketika cuaca mendukung, kamu akan menikmati pemandangan 7 air terjun sekaligus, sesuai dengan namanya.

Pantai Balekambang

10 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Kamu Datangi
Pantai Balekambang – Sumber: nginepmana.com

Wisata alam lain yang bisa kamu dapatkan ketika berkunjung ke Malang adalah wisata di Pantai Balekambang. Banyak orang berpendapat bahwa kawasan wisata ini merupakan kembaran dari Tanah Lot di Bali. Ya, satu pulau yang agak menjorok ke laut dan dihubungkan dengan jembatan yang layak dilalui pengunjung membuat kawasan ini dikenal sebagai Tanah Lot versi Jawa.

Ada tiga pulau yang akan kamu temui jika berkunjung ke kawasan wisata ini yaitu Pulau Anoman, Pulau Ismoyo, dan juga PUlau Wisanggeni. Pulau Ismoyo inilah yang kerap disamakan dengan pulau menjorok yang ada di Tanah Lot karena di pulau ini terdapat sebuah pura yang diberi nama Pura Luhu Amertha Jati.

Momen terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada bulan Suro. Biasanya akan digelar upacara Surohan dan Jalanidha Puja yang tentu saja akan menarik minat wisatawan yang tak ingin melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen langka tersebut.

Masih banyak lagi destinasi Malang yang tidak kalah keren dengan 10 destinasi favorit di atas. Tak perlu pergi jauh sampai ke luar negeri hanya untuk menghabiskan waktu liburan. Indonesia punya lebih dari cukup tempat wisata yang harus kamu datangi dan mungkin tidak akan bisa selesai dalam waktu satu tahun saja. Jelajahi Indonesia, abadikan kenangannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here