Kota Jogja dikenal sebagai salah satu kota wisata terbaik yang ada di Indonesia, tak heran jika setiap harinya akan banyak sekali wisatawan-wisatawan yang berlibur dan mengunjungi kota ini. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner dan masih banyak lainnya bisa ditemukan di kota ini.

Hal inilah yang membuat kota Jogja menjadi salah satu tempat wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi. Nah jika kamu sedang mencari tempat untuk berlibur yang seru dan menyenangkan, kamu bisa mencoba menjadikan kota Jogja sebagai tujuan destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburanmu. Ada banyak wisata-wisata terbaiknya yang bisa kamu kunjungi, seperti di bawah ini.

1. Candi Prambanan

Siapa yang tidak mengenal wisata Candi Prambanan? Wisata di Kota Jogja ini cukup populer bahkan hingga di kancah internasional. Kompleks Candi Hindu ini merupakan terbesar yang ada di Indonesia. Di beberapa sisi Candi Prambanan, kamu bisa menemukan banyak sekali relief-relief yang terukir dan mengelilingi dinding Candi. Relief-relief ini menceritakan tentang kisah Ramayana dan Krishnayana yang cukup populer.

Tempat Wisata di Jogja Terbaik

Tempat Wisata di Jogja : Candi Prambanan

Lokasi Candi Prambanan sendiri sekitar 17km dari pusat kota. Jika ingin mengunjunginya, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Untuk menggunakan kendaraan umum, kamu bisa menaiki bus dan kemudian turun di halte yang ada di Prambanan. Cukup mudah bukan?

2. Kawasan Malioboro

Malioboro merupakan salah satu nama jalan yang ada di kota Yogyakarta yang sudah sangat terkenal sebagai salah satu wisata terbaik yang ada di Kota Jogja. Bahkan rasanya kurang wajib jika kamu berlibur di Kota Jogja tanpa singgah di Malioboro. Kawasan ini tak hanya memiliki spot-spot foto terbaiknya, kamu bisa mencoba wisata belanja dan kuliner yang cukup beragam yang ada di kota Jogja.

Saat siang hari kamu bisa melihat ada banyak sekali penjual yang menjajakan berbagai barang mulai dari tas, gantungan kunci, sandal, kaos, kerajinan tangan, batik, serta barang-barang unik lainnya. Jika beruntung, kamu bisa membelinya dengan harga yang sangat murah.

Menjelang malam hari, akan banyak penjual makanan-makanan lesehan khas dari kota Yogya yang memenuhi sepanjang jalan Malioboro. Ditambah lagi dengan banyaknya hiburan-hiburan yang semakin menghiasi malam di Malioboro.

3. Keraton Yogyakarta

Jogja juga memiliki wisata budaya dan sejarah yang layak untuk dikunjungi, salah satunya yaitu Keraton Yogyakarta. Wisata di Jogja terbaik ini adalah sebuah bangunan bersejarah milik Kesultanan Yogyakarta. Bangunan ini menjadi tempat tinggal bagi Sultan dan keluarganya.

Tak hanya bisa menikmati arsitektur kesultanan yang cantik, kamu bisa mengunjungi museumnya dan melihat berbagai koleksi-koleksi menarik milik Kesultanan Yogyakarta. Jika kamu ingin mengunjungi wisata terbaik ini, sebaiknya datang agak pagi karena Keraton Yogyakarta ini hanya buka dari jam 8 pagi hingga 2 siang saja.

4. Istana Taman Sari

Istana Air Taman Sari ini merupakan sebuah wisata yang dulunya digunakan sebagai tempat rekreasi dan meditasi khusus untuk anggota keluarga kerajaan Yogyakarta. Selain itu, bangunan ini juga menjadi benteng pertahanan terhadap musuh-musuh yang menyerang kerajaan. Namun kini Istana taman sari ini menjadi salah satu wisata terbaik di kota Jogja yang menawarkan keunikan tersendiri.

Banyak orang yang mengunjungi tempat ini karena keunikan bangunannya dan spot-spot foto menariknya. Udara yang ada di kawasan ini juga sangat sejuk dikarenakan banyaknya kebun bunga serta kolam-kolam buatan. Untuk bisa masuk dan menikmati apa saja yang ada di dalam Istana Taman Sari ini, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 5.000 saja.

5. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Kota Jogja, tak heran jika pantai ini masuk ke dalam salah satu wisata terbaik yang ada di kota Jogja. Lokasinya sekitar 25 km dari pusat kota Jogja, yang bisa kamu tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Karena lokasinya yang berada di tepian Samudra Hindia, kamu bisa melihat ombak dan arus yang sangat kuat dan besar khas dari Pantai Selatan. Keunikan yang ada di tempat ini adalah kehadiran bukit pasir yang dikenal sebagai gumuk yang ada di sekitar pantai. Disini kamu juga bisa mencoba menaiki kuda dan mengelilingi pantai Parangtritis untuk menikmati keindahan alam yang ada di pantai parangtritis.

Tempat Wisata di Jogja Terbaik

Sunset di Tempat Wisata Jogja, parangtritis

Jika kamu ingin melihat penampakan pantai parangtritis dari sisi yang berbeda, kamu bisa mencoba mengunjungi Paralayang yang ada di Bukit Parangndog. Jangan lupa pula untuk menikmati momen matahari terbenam di tempat ini yang sangat indah dan mempesona.

6. Kebun Buah Mangunan

Masih dalam satu kawasan bersama dengan Hutan Pinus Mangunan, wisata kebun buah Mangunan ini menjadi tempat terbaik lainnya yang ada di kota Jogja. Dari atas kebun, kamu bisa melihat pemandangan dari Gunung Sewu serta aliran Sungai Oya yang begitu indah dan mempesona. Cobalah untuk mengunjungi wisata ini saat pagi hari, kamu bisa melihat sensasi seperti berada di negeri atas awan.

Jika beruntung, kamu bisa melihat hamparan awan yang membentang luas di atas bukit yang begitu mempesona. Pemandangan sunset dan sunrisenya juga menjadi salah satu rekomendasi terbaik saat kamu mengunjungi wisata kebun buah mangunan ini. Harga tiket masuknya pun juga sangat murah, kamu hanya perlu membayar Rp 5.000 saja untuk bisa menikmati pemandangan alam yang ada di Kebun Buah Mangunan.

7. Goa Jomblang

Wisata alam lainnya yang menjadi primadona di kota Jogja adalah Goa Jomblang. Wisata ini berada di Gunung Kidul, Yogyakarta dan menjadi wisata terbaik yang harus kamu kunjungi saat berada di kota Jogja. Goa jomblang ini adalah goa vertikal yang didalamnya terdapat hutan purba.

Jika kamu mengunjunginya pada jam 10-12 siang, maka kamu akan disajikan dengan pemandangan yang sangat indah dari tampakan cahaya yang bisa menembus ke dalam goa yang seringkali dikenals ebagai cahaya surga. Karena keindahan serta keunikan ini lah yang membuat Goa Jomblang banyak dikunjungi wisatawan.

8. Gunung Merapi

Gunung merapi merupakan salah satu gunung yang cukup terkenal yang ada di Kota Jogja. Bagi pecinta  alam yang memiliki hobi mendaki gunung, wisata gunung merapi bisa menjadi tempat favorit untuk dikunjungi. Disini kamu tak hanya disajikan dengan keindahan Gunung Merapi yang gagah dan berdiri kokoh saja.

Tempat Wisata di Jogja Terbaik

Taman Nasional Gunung Merapi – Foto: Petrus Andre

Kamu bisa menikmati momen matahari terbenam dan terbitnya yang sangat indah di puncak gunung.Wisata ini juga cukup murah, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 3.000 untuk bisa masuk ke kawasan wisata Gunung Merapi.

9. Taman tebing Breksi

Jika dilihat secara sekilas, wisata ini mirip seperti Brown Canyon yang merupakan ikon wisata dari kota Semarang. Tebing Breksi ini berada di Pedukuhan Nglengkong, Groyokan Sambirejo yang menawarkan spot-spot foto yang sangat unik dan keren yang patut kamu coba.

Disini kamu bisa menemukan bongkahan-bongkahan batuan yang dihiasi dengan ukiran-ukiran yang sangat cantik. Salah satunya yaitu pahatan yang berbentuk wayang yang sangat menawan dan sering dijadikan latar belakang untuk selfie.

Tak hanya bentuk bebatuannya saja yang indah, kamu juga akan disajikan dengan pemandangan puncak tebingnya yang sangat menawan. Untuk bisa masuk ke tempat wisata terbaik di kota Jogja ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk Rp 5.000 saja.

10. Arung Jeram Citra Elo

Menyukai wisata-wisata yang seru dan menantang adrenalin? Kamu bisa mencoba mengunjungi Arung Jeram Citra Elo yang berada di Kota Jogja. Wisata yang satu ini cocok bagi keluarga maupun yang masih pemula karena arusnya yang memang kurang begitu berbahaya jika dibandingkan dengan sungai-sungai lainnya yang ada di Yogyakarta.

Keunggulan lainnya adalah arung jeram citra elo ini bisa dimainkan kapanpun tanpa harus menunggu musim hujan seperti kebanyakan sungai lainnya. Kamu bisa menikmati wisata seru sambil menikmati pemandangan alam yang ada di sekitarnya.

11. Goa Pindul

Wisata alam yang ada di kota Jogja memang sudah tidak perlu diragukan lagi, keindahannya yang mempesona serta keunikannya menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya yaitu wisata Goa Pindul yang ada di Desa Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Gunung Kidul. Wisata di Jogja yang satu ini cukup unik karena adanya aliran sungai yang mengalir ke dalam Goa. Sehingga kamu bisa menggunakan ban dan menyusuri ke dalam goa atau yang dikenal sebagai cave tubing.

Goa ini memiliki panjang yang hampir mencapai 350 meter dan terbagi ke 3 zona , yaitu terang, remang, serta gelap. Namun karena kedalaman airnya yang cukup dalam, maka tidak disarankan bagi yang tidak bisa berenang untuk mencoba wisata Cave tubing yang satu ini.

12. Kebun Binatang Gembira Loka

Kota Jogja juga memiliki wisata kebun binatang yang cukup populer yaitu Kebun Binatang Gembira Loka. Wisata ini menawarkan berbagai koleksi-koleksi hewan yang berasal dari berbagai tempat-tempat yang ada di dunia.

Tak hanya dapat melihat dan berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut, kamu juga bisa mencoba bermain di wahana-wahana permainan yang ada di kawasan Kebun Binatang ini, seperti ATV, sepeda air, tangkap ikan, perahu kayuh, menunggang gajah dan masih banyak lainnya. Kebun binatang ini bisa kamu kunjungi hanya dengan membayar tiket masuk sekitar Rp 25.000/orang

13. Wisata Kalibiru

Wisata yang sedang naik daun ini berada di Bukit Menoreh, Kulon Progo, dan menjadi salah satu wisata yang cukup populer yang ada di Kota Jogja. Wisata kalibiru ini populer keindahan alamnya yang sangat mempesona dari atas ketinggian, tak kalah cantiknya dengan wisata-wisata lainnya yang ada kota Jogja.

Salah satu kegiatan wajib di tempat ini adalah berfoto di atas pohon yang menjadi tempat untuk bermain flying fox. Disini kamu tak hanya bisa menikmati keindahan alamnya yang mempesona namun juga menikmati wahana-wahana yang menyenangkan. Jika kamu ingin mencoba flying fox, ada 2 trek yang memiliki panjang berbeda yaitu 1,5 km sampai 7 km.

14. Jogja Bay Waterpark

Wisata terbaru yang sedang hits ini mungkin akan sangat cocok bagi kamu yang sedang berlibur dan membawa anak. Waterpark ini merupakan waterpark terbesar dan terlengkap yang ada di Indonesia. Wisata Jogja Bay ini merupakan arena permainan air yang memiliki 19 wahana air di dalamnya. Mulai dari kolam arus, kolam tsunami dan masih banyak lain nya yang bisa dikunjungi di tempat ini.

Wisata ini juga memiliki Harbour theater yang menjadi salah satu hiburan pelengkap yang ada di waterpark. Jika kamu berencana mengunjungi tempat ini, wisata ini buka setiap harinya dan membuat kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 90.000.

15. De Mata Trick Eye Museum

Museum yang satu ini berbeda dengan museum-museum lainnya yang ada  dan dijamin tidak akan membosankan. Apalagi bagi kamu yang senang berfoto, wajib rasanya untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

Museum ini menyimpan 120 koleksi gambar-gambar dalam bentuk 3 dimensi yang bisa kamu jadikan latar belakang untuk berfoto. Seolah gambar-gambar tersebut seakan nyata dan membuat foto-foto kamu menjadi menarik. Jika kamu ingin mengunjungi museum 3D jogja ini, kamu bisa membayar tiket masuk mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 35.000 saja.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by adhitya wibowo (@adhityawibowoo) on

 

Nah itu tadi 15 wisata terbaik yang ada di kota Jogja yang bisa kamu singgahi untuk tempat berlibur bersama keluarga maupun teman. Jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen menarik liburanmu selama berada di kota Jogja. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari tempat berlibur yang menyenangkan.

 

No more articles