Bandung, Ibukota dari Provinsi Jawa Barat ini menjadi salah satu kota yang selalu menarik minat banyak wisatawan, baik domestik hingga luar negeri. Bandung memiliki beragam potensi wisata yang tak pernah ada habisnya. Mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner, dan masih banyak lainnya bisa kamu temukan di kota ini.

Ditambah, kota Bandung memiliki akses yang terbilang dekat dengan berbagai kota-kota lainnya misalnya saja Jakarta. Jarak Jakarta-Bandung hanya sekitar 2-3 jam perjalanan saja. Tak heran jika Bandung cukup sering dijadikan tujuan wisata di Jawa Barat.

Jika kamu sedang merencanakan untuk pergi berlibur di kota Bandung, kamu bisa mencoba mengunjungi beberapa destinasi wisata di Bandung di bawah ini.

1. Farm House Lembang

Jika berbicara tentang wisata di Bandung, maka daerah Lembang menjadi salah satu rekomendasi yang tidak boleh terlewatkan. Kamu yang ingin pergi ke Lembang, bisa mencoba datang ke Farm House. Disini kamu bisa melihat pemandangan yang begitu cantik dari pertanian dan peternakan mininya yang didesain dengan gaya Eropa. Lokasinya pun juga sangat mudah dicapai karena berada di jalan utama menuju Lembang.

Farm House Lembang – Sumber: reddoorz.com

Untuk tiket masuk yang harus kamu bayarkan di tempat ini nantinya dapat ditukarkan dengan sosis bakar atau susu murni. Kamu juga bisa mencoba berfoto ria dengan latar belakang rumah hobbit dengan bergaya seperti noni Belanda. Tak hanya orang dewasa, namun wisata ini juga akan disenangi oleh anak-anak.

2. Gunung Tangkuban Perahu

Wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Bandung adalah Gunung Tangkuban Perahu. Wisata yang cukup populer di Bandung ini berada di daerah Lembang, letaknya sekitar 20 km dari Kota Bandung. Gunung yang menyerupai perahu terbalik ini terkenal dengan cerita legendanya yang turun temurun. Saat musim liburan tiba, wisata di Bandung ini akan sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki 2 kawah yang populer, yaitu kawan Ratu yang merupakan kawah terbesar di area Gunung tangkuban Perahu dan Kawah Domas yang berada 1,2 km di bawahnya. Di kawah Domas, banyak wisatawan yang merebus telur di kawasan air belerang yang mendidih.

3. Kawah Putih

Jika berbicara tentang wisata di Bandung yang populer, maka Kawah Putih menjadi salah satunya. Kawah putih berada di Puncak Gunung Patuha, Ciwidey, yang cukup ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Karena berada di puncak gunung, wisata ini memiliki suhu yang cukup dingin sekitar 8-22 derajat celcius.

Kawah Putih Bandung – Sumber: tripcanvas.com

Untuk bisa mencapai lokasi wisata, kamu harus melewati perkebunan teh tertua di Indonesia yang dikenal sebagai Gambung. Keindahan kawah putih nya begitu menakjubkan, warna air danau bisa berubah-ubah mengikuti cuaca sekitar. Kadang berwarna biru kehijauan bahkan kadang berwarna putih. Bebatuan dan pasir yang ada di sekitarnya juga berwarna putih, ini lah yang membuat wisata ini dikenal sebagai Kawah Putih.

4. The Lodge Maribaya

Lokasi wisata di Bandung ini berada di Cibodas, Lembang. Pemandangan di tempat ini begitu bersih dan hijau karena banyak pohon pinus yang tumbuh di kawasan tempat ini. Udaranya pun juga begitu segar ditambah dengan pemandangan yang indah dari pegunungan, lembah, dan hutan yang membuatnya semakin mempesona.

The Lodge menjadi salah satu wisata favorit di kawasan Lembang yang tidak boleh kamu lewati. Salah satu spot menarik yang ada di tempat ini adalah Mountain Swing dan Rumah Pohon yang sering dijadikan spot selfie. Selain itu, kamu juga bisa melakukan banyak hal di tempat ini mulai dari bersepeda, menaiki kuda, outbound, dan masih banyak lainnya.

5. Curug Cimahi

Wisata alam lainnya yang bisa kamu kunjungi saat berada di Bandung adalah Curug Cimahi. Tempat wisata yang satu ini memiliki akses yang mudah dijangkau, namun ternyata masih belum banyak orang yang mengetahuinya. Meskipun dinamakan Curug Cimahi, namun air terjun ini berada tak jauh dari Lembang.

Suasana yang ada di tempat ini masih sangat alami dan belum terlalu banyak terjamah tangan manusia. Suasananya yang alami berpadu dengan airnya yang sangat jernih. Ketika malam hari, kamu bisa melihat lampu warna warni yang menerangi di belakang air terjun. Sehingga banyak pula yang menyebutnya sebagai Air Terjun pelangi.

6. Tebing Keraton

Wisata yang satu ini berada di Taman Hutan Raya di Kawasan Dago Pakar. Tempat ini menyajikan pemandangan yang begitu menakjubkan. Banyak wisatawan yang datang berkunjung untuk menikmati pemandangan alam yang ada di tempat ini sekaligus berfoto-foto. Ditambah lagi dengan udaranya yang segar membuat siapapun akan betah berlama lama di tempat ini.

Tebing Karaton Bandung – Sumber: wisatakaka.com

Tempat ini bahkan sempat menjadi wisata yang paling fenomenal di tahun 2015 dan dijuluki sebagai tebing Instagram dengan pemandangannya yang begitu eksotis. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, pemandangan matahari terbit dan terbenamnya menjadi salah satu yang harus kamu tunggu saat berada di Tebing Keraton.

7. De Ranch

Wisata di Bandung ini menawarkan hal-hal menarik yang membuatnya banyak menjadi favorit wisatawan yang sedang berlibur ke Bandung. Disini kamu bisa berkuda ala koboi lengkap dengan topi dan rompi koboy. Nantinya kamu bisa berkeliling di sekitar lokasi wisata sambil menaiki kuda yang ditemani oleh pemandu kuda.

Udaranya yang begitu segar dan sejuk menjadikannya sebagai tempat terbaik untuk berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Kamu bisa mendatangi lokasi wisata ini yang berada di Jl. Raya Maribaya.

8. Stone Garden Padalarang

Mungkin masih belum banyak orang yang tahu tentang keindahan yang ditawarkan dari atas Bukit Stone Garden Padalarang ini. Apalagi ketika matahari mulai terbit atau terbenam, kamu bisa melihat pemandangan yang begitu menakjubkan yang berpadu dengan indahnya alam yang masih sangat asri.

Tempat wisata di Bandung ini memang cukup fenomenal karena pemandangannya yang membuat siapapun takjub dibuatnya. Kamu bisa melihat banyaknya sekali bebatuan alamiah yang terbentuk sejak Zaman purba. Untuk bisa mencapai lokasi wisata, mau tidak mau kamu harus melewati jalur trekking bebatuan yang agak menanjak.

Stone Garden Padalarang – Sumber: ngehits.my.id

Meskipun melelahkan, namun sepanjang perjalanan hingga mencapai atas bukit, kamu akan melihat pemandangan yang tidak kalah bagusnya dibandingkan dengan wisata yang ada di luar negeri.

9. Pinisi Resto Dan Glamping Lakeside Ciwidey

Jika kamu sedang berlibur ke Bandung Selatan, maka jangan lupa untuk mampir ke wisata di Bandung ini. Ikon restoran yang berbentuk perahu besar membuatnya begitu populer di kalangan wisatawan. Ditambah lagi dengan pemandangannya yang begitu menawan karena berada di pinggiran situ Patenggang.

Fasilitas yang disediakan di tempat ini juga begitu lengkap, kamu bisa mengunjungi beberapa spot-spot unik seperti melewati jembatan ponton yang ada di tengah danau, tempat makan, serta masih banyak lainnya.

10. Danau Situ Patenggang

Lokasi wisata Danau ini jaraknya sekitar 7 km dari wisata kawah Putih. Disini kamu bisa melihat pemandangan danau yang sangat indah dan asri yang dikelilingi lembah serta perkebunan teh hijau. Kamu bisa menjadikannya sebagai tempat bersantai bersama keluarga maupun teman.

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di tempat ini adalah mengarungi danau dengan perahu ataupun berkunjung ke situs Legenda Batu Cinta. Situs legenda ini berada di pulau kecil yang ada di tengah-tengah danau. Udara yang ada di sekitar danau juga sejuk dan dingin yang akan membuat tubuh dan pikiran kembali segar.

11. Trans Studio Bandung

Ingin mencoba wisata yang agak ekstrim dan memicu adrenalin? Mungkin kamu bisa mencoba mengunjungi Trans Studio Bandung yang berada di Jl. Gatot Subroto, Bandung. Wisata yang satu ini memiliki 5 wahana yang dapat memacu adrenalinmu. Mulai dari roller coaster yang dinamakan Yamaha Racing Coaster dengan kecepatan 200km/jam dan ketinggian jalur mencapai 50m, Wahana Giant Swing yang memiliki ketinggian mencapai 14 meter, Vertigo (Wahana Kincir Angin Raksasa) yang ketinggiannya mencapai 20 m, serta Wahana Negeri Raksasa.

Jika kamu ingin mencoba uji nyali, kamu bisa mencoba wahana Dunia Lain yang menghadirkan berbagai macam hantu-hantu menyeramkan yang ada di kota Bandung.

12. Upside Down World

Ingin mencoba wisata yang menawarkan spot-spot selfie menarik dan unik? Kamu bisa mengunjungi Upside Down World yang berada di Dipatiukur, Coblong, Bandung. Konsep wisata yang satu ini memang unik dan menjadi daya tarik tersendiri yang membuat banyak wisatawan penasaran dan mengunjunginya.

Upside Down World Bandung – Sumber: Traveloka.com

Disini kamu dapat berfoto terbalik dengan berbagai macam latar belakang foto yang menarik seperti kamar tamu, dapur, ruang tidur, dan masih banyak lainnya yang sesuai dengan teman yang diusung.

13. Kebun Binatang Mini PVJ

Jika kamu tak ingin berlibur jauh-jauh dari pusat kota, kamu dapat mengunjungi Kebun Binatang Mini PVJ yang ada di atas mall Paris van Java. Kebun binatang mini ini menawarkan kebun mini yang lengkap dengan berbagai jenis hewan-hewan herbivora serta rerumputan.

Tempat ini sangat cocok sebagai wisata edukatif bagi anak-anak. Kamu bisa mengunjungi berbagai spot menarik seperti taman binatang ternak, taman burung, main skating, serta menikmati kuliner-kuliner Bandung yang lezat.

14. Floating Market Lembang

Wisata di Bandung yang satu ini akan memberikan pengalaman baru bagi kamu dan keluarga saat sedang berlibur. Berada di kawasan Lembang, wisata ini memiliki konsep yang berbeda dibandingkan lainnya karena menggunakan konsep pasar terapung tradisional yang dipadupadankan dengan pemandangan alamnya yang begitu indah.

Disini kamu bisa menikmati wisata berbelanja , menaiki perahu air, kereta air outbound, dan masih banyak lainnya. Jika kamu membawa anak-anak, maka mereka dapat mencoba permainan yang ada di area taman bermain yang sudah disediakan.

15. Jalan Braga

Berlibur ke Bandung tidak akan lengkap tanpa mengunjungi kawasan Jl. Braga. Jalan Braga ini bahkan sudah menjadi ikon dari kota Bandung tempo dulu sejak masih dalam zaman penjajahan Belanda. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitaran Jalan Braga ini sambil menikmati wisata belanja dan kuliner.

Jalan Braga Bandung – Sumber: flickr.com

Ada banyak tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi, bahkan disini masih banyak bangunan lama bekas masa penjajahan Belanda yang hingga kini masih kokoh berdiri seperti gedung Asia Afrika dan Hotel Savoy Homann yang sering menjadi Objek Wisata.

Nah itu tadi 15 wisata di Bandung yang populer dan menarik dikunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur. Kamu bisa menjadi wisata-wisata diatas sebagai daftar tempat-tempat terbaik yang bisa dikunjungi selama berada di Bandung.

No more articles