Mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya jika Banyuwangi merupakan salah satu kota di Indonesia dengan potensi wisata yang sangat banyak dan indah menawan. Potensi wisatanya begitu tinggi, sehingga tak salah jika Banyuwangi menjadi kota wisata favorit, tak hanya bagi wisatawan lokal namun juga wisatawan mancanegara. Bahkan salah satu wisata Banyuwangi, yaitu Kawah Ijen menjadi wisata andalan yang namanya membuat Banyuwangi dikenal hingga ke kancah internasional.

Pesona kawah dan gunungnya mampu menghipnotis siapapun yang menginjakkan kaki ke kawasan Gunung Ijen. Ditambah lagi dengan fenomena alam blue fire yang memang cukup langka. Seperti yang diketahui, jike fenomena blue fire ini hanya ada 2 di dunia. Yaitu di Islandia dan Gunung Ijen, Banyuwangi. Meskipun pendakian ke Kawah Ijen cukup melelahkan, namun keindahan yang ditawarkan membuat siapapun tidak akan menyesal mendatanginya.

Namun sebenarnya tak hanya Kawah Ijen saja, Banyuwangi juga memiliki banyak wisata favorite lainnya yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur seperti yang ada di bawah ini.

 

1. Taman Nasional Baluran

Wisata banyuwangi ini memiliki tampilan yang mirip seperti yang ada di Benua Afrika. Tak heran jika ini membuatnya cukup populer dikunjungi saat berada di Banyuwangi. Di taman Nasional Baluran ini kamu bisa melihat berbagai flora dan fauna yang mungkin sudah cukup langka ditemukan, seperti ajag, banteng, walet ekor jarum, dan masih banyak lainnya.

Wisata Banyuwangi Favorite

Wisata Banyuwangi: Taman Nasional Baluran – Sumber: yukpigi.com

Lokasi wisata nya juga sangat indah, bak padang savana yang ada di luar negeri. Dan tidak cuma untuk liburan saja, banyak spot-spot indah yang ada di tempat ini yang asyik untuk berfoto ria. Bahkan banyak pengunjung yang menjadikan Taman Nasional ini sebagai tempat foto prewedding.

2. Pantai G-Land

Pantai G-Land mungkin sudah tidak asing lagi bagi yang menyukai olahraga selancar. Bahkan kepopuleran pantai ini seringkali membuat banyak peselancar mancanegara datang mengunjunginya. Pantai ini mempunyai ombak yang cocok digunakan untuk olahraga selancar, bahkan tempat ini mendapatkan julukan sebagai The Seven Giant Waves Wonder.

Hal ini karena ombak pantai yang berbentuk 7 gulungan besar dengan tingginya yang mencapai 6 meter. Bahkan ombak pantai ini dikatakan menjadi ombak terbaik kedua yang ada di dunia setelah Hawai. Jika kamu ingin mencoba berselancar di Pantai G-Land, maka waktu terbaik adalah saat bulan Juli-September.

3. Pantai Pulau Merah

Wisata Banyuwangi ini dinamakan pantai Pulau Merah karena tak jauh dari bibir pantai terdapat sebuah bukit yang tanahnya berwarna merah. Kamu bisa mendekat ke bukit tersebut ketika air sedang surut. Bukit ini ditutupi dengan pohon serta semak hijau yang menyajikan pemandangan yang sangat mempesona, terutama saat sore hari.

Wisata yang berada di Kec. Pesanggaran ini juga memiliki sebuah Pura yaitu Pura tawang Alun yang sering dijadikan sebagai tempat ritual ketika hari-hari tertentu. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu coba lakukan seperti bermain air, hunting foto, maupun berselancar. Ombak yang ada di pantai pulau merah ini sangat ideal bagi kamu yang masih pemula.

4. Teluk Hijau

Di teluk hijau, kamu bisa merasakan udara yang begitu segar khas pantai yang bergabung dengan udara dari Hutan Hujan Tropis taman Nasional Meru Betiri. Wisata ini terbilang masih sangat alami karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Dari kota Banyuwangi, dibutuhkan sekitar 3-4 jam untuk bisa sampai ke Teluk Hijau.

Wisata Banyuwangi Favorite

Wisata Banyuwangi: Teluk Hijau – Sumber: banyuwangibagus.com

Perjalanan menuju Teluk Hijau dapat dikatakan cukup menguras banyak energi. Namun semua kelelahan yang kamu rasakan akan terbayar dengan melihat panorama lautnya yang begitu indah

5. Agrowisata Kalibendo

Mungkin pemandangan hijaunya perkebunan yang disandingkan dengan pantai yang indah menjadi hal yang jarang kamu temukan. Namun di Banyuwangi, kamu bisa melihat pemandangan tak biasa ini di Agrowisata Kalibendo. Jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota, tak begitu jauh dan aksesnya cukup mudah.

Disini kamu bisa melihat banyak sekali tanaman-tanaman khas Indonesia, seperti karet, cengkeh, dan kopi. Hijaunya perkebunan dengan birunya air laut seakan menyatu dengan sempurna.

6. Pantai Wedi Ireng

Jika dilihat sekilas, pantai ini mirip dengan Wineglass Bay di Australia. Hanya saja jika Wineglass bay hanya memiliki pasir pantai berwarna putih, namun Pantai Wedi Ireng memiliki 2 jenis pasir pantai yaitu putih dan coklat yang kasar.  Lokasi pantai ini berada di Desa Sumber Agung, Kab. Banyuwangi yang searah dengan rute menuju Pulau Merah.

Uniknya banyak orang yang menanyakan mengapa wisata banyuwangi ini diberi nama Pantai Wedi Ireng meskipun pasir pantainya berwarna putih. Hal ini bisa kamu lihat dari balik pasir putih pantainya, terdapat butiran pasir hitam yang membuatnya dinamakan Pantai Wedi Ireng.

7. De jawatan

Mungkin bagi kamu pecinta film Alice in Wonderland ataupun The Lord of The Rings tidak akan asing dengan penampakan Hutan Jawatan ini. Hutan ini sangat mirip seperti hutan-hutan magis yang ada di kedua film tersebut. Kini kamu tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa mengunjungi tempat seperti yang ada di film.

Hutan Jawatan ini berada di Desa Benculuk, Kab. Banyuwangi. Disini kamu bisa melihat pohon-pohon raksasa yang tingginya bisa mencapai 10 meter. Hutan ini merupakan milik perhutani yang memiliki luas 3,8 hektar. Yang cukup menarik dari hutan ini adalah adanya pohon Trembesi dengan bentuknya yang unik. Di bagian atas, terdapat cabang yang menjulur acak dan dipenuhi dengan banyak benalu hijau. Sehingga semakin menguatkan kesan seakan berada di negeri dongeng.

Wisata Banyuwangi Favorite

Wisata Banyuwangi: De jawatan Benculuk – Sumber: dakatour.com

Selain itu, wisata Banyuwangi ini juga dilengkapi dengan rumah pohon dan ayunan yang membuat pengunjung dapat menikmati keindahan hutan Trembesi ini dari atas ketinggian.

8. Desa Wisata Osing

Desa Kemiren yang ada di Banyuwangi ini sudah ditetapkan menjadi Desa Osing sekaligus cagar budaya yang layak dikunjungi. Ada banyak keistimewaan yang bisa kamu temukan di tempat ini, termasuk penggunaan bahasa khas Desa Osing yang menarik dipelajari.

Disini ada banyak rumah-rumah kuno yang khas dari Suku Osing yang berusia sudah ratusan tahun. Salah satunya memiliki ukuran yang cukup besar seringkali dijadikan sebagai tempat pertunjukan seperti Tari Gandrung, Barong Kemiren, Othek, Angklung Paglak, dan masih banyak lainnya.

9. Pantai Watu Dodol

Wisata pantai lainnya yang wajib kamu kunjungi saat berada di banyuwangi adalah Pantai Watu Dodol. Lokasi pantai ini cukup unik karena ditandai dengan adanya bongkahan batu besar yang berada di tengah-tengah jalan serta patung penari Gandrung yang berada di pinggir jalan.

Pantai ini berada di Jalan Raya Banyuwangi-Situbondo dan jaraknya hanya sekitar 2 km dari pelabuhan Ketapang. Tak heran ketika kamu berkunjung ke pantai ini, akan terlihat pemandangan kapal ferry yang sedang berlalu lalang. Selain itu keindahan pantai ini juga dapat kamu nikmati dari bukit yang ada di dekat pantai.

10. Pantai Rajegwesi

Di wisata Banyuwangi ini kamu bisa melihat wisata alam yang menyenangkan sekaligus wisata sejarah yang sangat menarik dikunjungi. Pantai yang berada di Desa Sarongan, Kec. Pesanggaran ini memiliki bunker yang merupakan sisa-sisa penjajahan Bangsa Jepang.

Wisata Banyuwangi Favorite

Wisata Banyuwangi: Pantai rajegwesi – Sumber: wisatajatim.info

Keunikan lainnya yang ada di pantai ini adalah pasir pantainya yang berwarna coklat dan lembut. Hal ini karena pasir pantai bercampur menjadi satu dengan endapan lumpur yang berasal dari sungai yang terbawa ketika banjir. Ini lah yang sangat jarang kamu temukan pada pantai-pantai lainnya.

 

Nah itu tadi 10 wisata Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi ketika sedang mengunjungi pulau Jawa bagian timur ini. Dari 10 destinasi wisata di atas, mana nih yang paling ingin banget kamu kunjungi? Yuk share di kolom komentar!

 

No more articles