Pendidikan adalah salah satu hal yang banyak diperjuangkan oleh masyarakat kita. Dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup, diharapkan bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan bisa menjadi sumber penghasilan bagi penghidupan yang lebih baik. Inilah alasan banyak orangtua yang rela membanting tulang demi melancarkan pendidikan anaknya yang merantau di negeri orang.

Sudah bukan rahasia lagi kalau kuliah adalah salah satu fase pendidikan yang cukup mahal. Kalau sekarang kamu bisa menikmati pendidikan di perguruan tinggi, berbahagialah sebab kamu termasuk dalam 30% pelajar Indonesia yang beruntung bisa mengenyamnya. Kamu masih bisa merasakan dinamika kuliah meski terkadang kamu merasa berat. Coba bandingkan dengan pengorbanan orangtuamu di kampung atau kota asal, bisa jadi apa yang kamu rasakan sekarang tidak sebanding beratnya dengan perjuangan orangtua dalam membiayai kuliahmu.

Karena hal ini pula, beberapa mahasiswa memilih untuk ikut meringankan beban orangtuanya. Tak jarang dari mereka memilih mengalahkan jam tidur dan bekerja paruh waktu. Nah, kalau kamu juga tertarik mengikuti cara mereka, tidak ada salahnya kamu mencoba 10 alternatif ini untuk dijadikan pekerjaan sampingan yang juga tetap bisa menghasilkan uang untukmu.

#1 Semua orang butuh pulsa! Coba dagangkan hal satu ini.

Kuliah Berpenghasilan? Mungkin! Coba Terapkan 10 Alternatif Ini!

Jualan pulsa adalah alternatif kerja sampingan paling ringan! – Sumber: starrfmonline.com

Siapa sih yang tidak  butuh pulsa sekarang ini? Pulsa sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang cukup vital dan sangat mengganggu kalau sampai kehabisan. Jadilah penyelamat di antara kawan-kawanmu yang hobi menghubungi klien atau partner acara lembaga. Kamu bisa menyediakan pulsa mulai dari pulsa reguler atau bahkan menjual kartu perdana yang hanya berisi paket kuota internet. Kalau mau lebih murah, usahakan untuk bergabung pada agen yang memberimu harga paling rendah. Dengan begini, kamu akan meraup untung yang cukup besar dengan modal yang relatif kecil.

#2 Kreatif dan hobi desain? Jual jasamu kepada teman-teman yang membutuhkan.

Kita sangat sering melihat poster yang menjual berbagai merchandise yang berhubungan dengan kampus seperti kaos kerah, T-Shirt, maupun topi. Kalau kamu cukup jago di bagian desain, tentu menciptakan desain sederhana untuk ditampilkan pada barang-barang seperti ini tak cukup sulit dong ya? Kamu bisa mengadakan kerja sama dengan pihak konveksi untuk membuat kaos kerah maupun T-shirt dengan menggunakan desainmu dan dijual di kampus. Keuntungannya cukup besar dan kamu bisa menggunakannya untuk mencukupi keperluanmu. See?

#3 Kalau kamu tidak pernah lepas dari smartphone-mu, berdayakan untuk bisnis online!

Kuliah Berpenghasilan? Mungkin! Coba Terapkan 10 Alternatif Ini!

Jadi reseller atau bisnis online sama-sama asik! – Sumber: pixabay.com

Selain pulsa, sepertinya perangkat ponsel cerdas alias smartphone juga bukan hal yang mudah kita lepas ya? Hindari penggunaan smartphone sebatas untuk stalking mantan dan pacar barunya. Kamu seharusnya bisa lebih kreatif dalam menggunakannya. Misalkan membuka bisnis online yang bisa kamu lakukan hanya dengan mengandalkan smartphone. Kemudian, lakukan promosi dengan menggunakan kekuatan social media. Beberapa strategi pemasaran digital seperti ini akan sangat membantumu sukses dalam bisnis berbasis internet.

#4 Jadi freelancer boleh juga!

Merasa serba bisa? Well, kamu harus coba pekerjaan ala freelancer. Pekerjaan satu ini relatif bebas, kamu tidak akan terikat dengan kontrak yang relatif rumit. Cukup sediakan waktu untuk menyelesaikan proyek temporer dan ketika proyek selesai, kamu bisa mengklaim honormu. Masih bingung mencari proyeknya? Manfaatkan internet! Googling proyek lokal dan jangan takut untuk mencoba melamar – inilah kunci seseorang yang berhasil dalam dunia kerja, mereka tidak ragu untuk mencoba dan berusaha menyelesaikan pekerjaan bahkan yang mungkin ada di luar kemampuan dan keterampilan mereka.

#5 Yang hobi dagang pasti senang sekali kalau jadi reseller!

Sepertinya, sebagian dari kita memang ahli kalau urusan jual-menjual. Well, ini juga salah satu keahlian yang tidak boleh dianggurkan. Tidak punya modal untuk membuka usaha dagang? Kamu bisa kok memulainya dengan menjadi reseller bagi beberapa toko yang kamu minati. Keuntungannya, selain bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan, kamu juga bisa mendapatkan barang dagangan tersebut dalam harga yang lebih rendah karena statusmu sebagai reseller, bukan pembeli akhir.

#6 Jangan ragu mengikuti berbagai macam lomba, hadiahnya dapat, makan siang juga!

Kalau kamu bukan tipe orang yang cukup terampil di berbagai bidang selain akademik, bukan berarti kamu tidak memiliki tempat untuk menyalurkan kemampuanmu dan mengkonversikannya menjadi uang. Cobalah mengikuti berbagai jenis acara perlombaan dan akademik lainnya yang juga menjanjikanmu hadiah dalam bentuk uang tunai. Sekalipun kamu tidak menang, kamu akan dapat makan siang. Itu kan yang diharapkan anak perantau?

#7 Kalau pintar, kenapa tidak bantu-bantu dosenmu dalam mengadakan tutorial?

Kuliah Berpenghasilan? Mungkin! Coba Terapkan 10 Alternatif Ini!

Jadi Asdos, dong, Kece! – Sumber: pixabay.com

Alternatif lain nih kalau kamu merasa cukup mampu dalam beberapa mata kuliah tapi belum ingin mengikuti perlombaan atau acara akademik di luar kampus. Menjadi asisten dosen adalah pilihan kerja paruh waktu yang harus kamu coba. Keuntungannya, kamu mendapatkan sertifikat asdos dan tentunya gaji per bulan yang relatif tinggi. Kalau kamu beruntung, beberapa adik tingkatmu mungkin akan memintamu menjadi tentor pribadi mereka. Gaji tambahan yang menyenangkan bukan?

#8 Yuk bantu adik-adik sekolahan menjadi lebih memahami pelajaran mereka.

Kuliah Berpenghasilan? Mungkin! Coba Terapkan 10 Alternatif Ini!

Coba jadi tutor bagi adik-adik sekolahan! – Sumber childteaching.com

Ingin mengajar tapi belum berani menanggung konsekuensi dan risiko menjadi asdos? Coba deh jadi tutor atau guru les bagi adik-adik sekolahan. Kamu bisa mengajukan lamaran menjadi guru les pada beberapa lembaga belajar. Tips untuk yang ingin menjadi tutor atau guru les, kalau kamu ingin mendapatkan penghasilan yang relatif tinggi tanpa harus berkorban tenaga dan bensin terlalu banyak, mintalah untuk ditempatkan mengajar di kelas yang ada di kantor, bukan menjadi guru les privat yang harus datang ke rumah murid.

#9 Hebat nulis? Kamu harus punya blog sendiri!

Kuliah Berpenghasilan? Mungkin! Coba Terapkan 10 Alternatif Ini!

Hobi nulis pun bisa menghasilkan uang! – Sumber: pixabay.com

Menulis juga termasuk keahlian yang kini banyak dibutuhkan oleh orang loh. Bagi kamu yang hobi menulis, jangan hanya simpan tulisanmu sebagai cerita pribadi. Selain menjadi contributor pada koran kampus atau koran lokal, coba promosikan hasil tulisanmu dalam bentuk artikel di blog maupun situs. Jika blog atau situsmu ini memiliki trafik yang cukup tinggi, tidak menutup kemungkinan orang ingin memasang iklan di blog maupun situsmu dan kamu bisa meraup keuntungan dari persewaan ini.

#10 Punya kemampuan apa? Jangan pernah memberikannya gratis!

Kemampuanmu di luar dari yang sudah disebutkan? Intinya jangan memberikannya secara gratis. Kamu harus menghargai dirimu sendiri. Membisniskan kemampuan dan keterampilan itu tidak salah kok, selama hasil yang diterima konsumenmu juga sesuai dengan yang mereka bayarkan. Kalau kamu merasa susah dalam melakukan promosi dari mulut ke mulut, kamu harus berani mengambil langkah untuk promosi menggunakan social media maupun berbagai aggregator yang bersedia menemukanmu dengan klien yang membutuhkan jasa yang kamu punya.

Tuh, banyak kan cara-cara yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan uang? Meski statusmu sebagai mahasiswa, bukan berarti kamu tidak bisa menghasilkan uang dengan cara dan usahamu sendiri. Hei, ini zaman internet. Semua informasi bisa kamu dapatkan dari sini, termasuk lowongan pekerjaan dari orang-orang yang membutuhkan tenaga serta keterampilanmu. Jangan berdiam diri saja di kamar, mulailah mencari dan berusaha!

No more articles