Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Nama tempat wisata ini memang sudah mendunia. Bisa dibilang Raja Ampat merupakan surganya para pecinta diving dan snorkeling. Namun yang sering menjadi masalah, banyak traveler yang merasa bahwa biaya yang akan dikeluarkan untuk pergi ke tempat ini cukup besar, mengingat Raja Ampat terletak di Provinsi Papua Barat, bagian timur di Indonesia. Tapi kamu tidak perlu khawatir! Mahalnya biaya tidak akan menjadi hambatan lagi. Ada banyak cara untuk mengakalinya kok. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa berwisata hemat di Raja Ampat.

Mencari tiket murah untuk transportasi

Tentunya sebelum berangkat, kamu perlu memiliki perencanaan matang. Hal pertama yang harus dipersiapkan ialah transportasi. Kamu bisa mencari tiket murah yang banyak dijual secara offline maupun online. Beruntung lagi jika kamu bisa mendapatkan promo buy 1 get 1. Peka lah dengan promo-promo yang sering diadakan oleh berbagai maskapai maupun agen tiket. Biasanya kisaran harga untuk tiket pesawat Jakarta ke Sorong sekitar Rp 2 – 3 juta-an untuk sekali jalan. Jika tidak terhalang waktu, kamu bisa pergi menggunakan kapal PELNI dari Tanjung Priok ke Sorong dengan biaya sekitar Rp 700 ribu – Rp 800 ribu untuk kelas ekonomi. Namun jika naik kapal, perjalanan yang harus kamu tempuh sekitar 5 hari 4 malam. Yang perlu diingat, kamu harus mencari tiket tersebut dari jauh-jauh hari. Jangan membeli tiket mendadak maupun saat musim peak season karena harganya pasti melambung tinggi. Setelah tiba di Sorong, gerbang pertama untuk menuju ke Raja Ampat, kamu harus melanjutkan perjalanan lagi untuk menuju ke Pelabuhan Sorong. Kamu bisa menggunakan taxi, ojek, atau angkot. Setelah tiba di pelabuhan, kamu bisa menaiki kapal untuk menuju ke Waisai. Kapal tersebut biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 130.000. Perjalanan yang dicapai sekitar 2 jam.

Baca Juga: Tempat-tempat yang Wajib Dikunjungi Saat ke Makassar

Mencari penginapan murah

Setelah tiba di Raja Ampat, kamu bisa mencari penginapan yang murah. Tidak perlu memilih penginapan yang mewah karena tujuan awal di sana ialah berlibur, penginapan hanya akan kamu gunakan untuk istirahat saja. Kamu bisa mencari homestay dengan harga yang ekonomis. Biasanya homestay yang dibanderol dengan harga terjangkau letaknya berada di pulau kecil yang tenang. Sedangkan beberapa resort mewah biasanya berada di depan laut persis. Jika ingin lebih hemat lagi, kamu bisa tidur di beberapa rumah penduduk yang memang disewakan. Namun tetap perhatikan kebersihan rumah tersebut ya, agar kamu tidak merasa kecewa.

Mengeksplorasi Raja Ampat

Kamu bisa menikmati keindahan Raja Ampat dengan budget seminim mungkin. Sewa perahu yang biasanya ada di rumah-rumah penduduk. Ada tiga jenis perahu di Raja Ampat, yaitu Loang Boat, Speed Boat berukuran kecil, dan Speed Boat berukuran besar. Long Boat merupakan perahu dengan harga yang paling murah untuk disewa. Namun kisaran harganya biasanya berbeda-beda, tergantung pada rute yang ingin dilewati. Beberapa pulau di Raja Ampat yang bisa dikunjungi antara lain Yenbuba, Arborek, dan Sawingray. Jika ingin snorkeling, kamu bisa mencobanya di Kri Resort atau Wayag. Setelah itu kamu bisa diving di beberapa tempat yang menyediakan fasilitas ini seperti Raja Ampat Dive Lodge, Raja Ampat Dive Resort, Waiwo Dive Resort, dan Kri Eco-Resort. Untuk diving, biasanya dipatok dengan harga sekitar Rp 550.000 per orang.

Biasanya, setiap akhir tahun di Raja Ampat ada fenomena alam yang cukup unik, yaitu sebuah sinar yang muncul dari laut. Sinar tersebut biasanya mengitari permukaan selama 10 hingga 18 menit. Biasanya fenomena ini terjadi di depan Desa Urbinasopen dan Yesner, bagian timur Pulau Waigeo. Masyarakat sekitar sering menyebut fenomena ini dengan “hantu laut”. Jika kamu ingin menikmati fenomena unik ini, kamu bisa mengunjungi Raja Ampat saat akhir tahun.

Baca Juga: 10 Fakta Unik Tentang Papua Yang Wajib Kamu Ketahui

Berbicara mengenai makanan, biasanya makanan akan banyak tersedia di penginapan maupun saat diving. Kamu bisa menjumpai berbagai hidangan, mulai dari menu tradisional khas Raja Ampat hingga menu internasional. Namun kebanyakan didominasi oleh berbagai macam hidangan laut. Kemudian jika ingin membeli oleh-oleh, kamu bisa membeli berbagai macam souvenir di Pulau Arborek. Di pulau ini terdapat banyak pengrajin yang menjual berbagai macam kerajinan khas Raja Ampat, seperti gantungan kunci, topi rajut, kaos, dan masih banyak lainnya.

Itu tadi beberapa tips berlibur hemat di Raja Ampat. Jika kamu ingin berlibur murah, kamu bisa datang bersama dengan rombongan. Beberapa tips lain yang harus diperhatikan antara lain jangan datang ke Raja Ampat saat musim angin selatan (sekitar awal bulan Juni hingga bulan September) karena ombak akan sangat besar, usahakan tiba di Sorong pada pagi hari agar bisa mengejar kapal yang biasanya berangkat pada pukul 14.00 waktu setempat, sediakan uang cash secukupnya karena ATM jarang ditemukan, dan berbaurlah dengan masyarakat setempat. Kamu juga bisa mengikuti trip ke Raja Ampat dengan berbagai komunitas backpacker. Tentunya hal ini juga bisa menghemat banyak pengeluaranmu nantinya. Selamat berlibur dan menikmati indahnya ombak Raja Ampat, ya!

No more articles