Lebaran sebentar lagi. Momen berkumpul bersama keluarga besar sekali dalam setahun ini menjadi waktu yang dinanti-nantikan oleh sebagian besar masyarakat kita. Berkumpulnya keluarga besar secara bersama-sama ini tak jarang dijadikan momen makan besar – baik dari segi porsi yang mungkin sampai 2 kali lipat per orang dan menu yang disajikan di luar menu makan harian. Kalau sudah kebablasan menikmati, hasil akhirnya adalah berat badan melonjak drastis.

Tidak ingin hal seperti ini terjadi padamu kan? Makanya, mulai sekarang, persiapkan diri untuk bisa menangkal godaan makan berlebihan supaya pasca lebaran, timbanganmu tidak akan menjerit sembari menunjukkan angka yang semakin besar. Bagaimana caranya?

#1 Air Putih, Kunci Kebutuhan Tubuhmu

Tetap Ramping Pasca Lebaran dengan 5 Trik Berikut

Penuhi Kebutuhan Air Mineral – Sumber: smartface.tv

Dalam kebutuhan normal, setidaknya 2 liter air mineral harus kamu konsumsi. Selalu penuhi kebutuhan air mineral untuk tubuhmu terutama pada saat lebaran – yang mana kamu mungkin akan lebih banyak makan dibandingkan hari biasanya. Meskipun terlihat sepele, sesungguhnya air putih memegang peranan cukup penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan membuatmu ramping.

Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi air mineral dengan penurunan berat badan. Kok bisa? Ternyata, mengonsumsi air mineral sebelum makan akan menimbulkan efek kenyang sehingga kamu akan makan dalam porsi yang lebih kecil, sehingga hal ini akan menurunkan kalori lantas berat badan juga ikut turun. Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi air mineral lebih banyak karena air mineral ini akan membantu tubuhmu dalam membuang racun dan lemak. Ingin lebih jitu lagi? Kombinasikan dengan salad yang dikenal kaya akan serat dan mampu membantu menyehatkan pencernaan.

#2 Jangan Terfokus pada Makanan

Tetap Ramping Pasca Lebaran dengan 5 Trik Berikut

Melukis Bisa Jadi Opsi – Sumber: omoarabia.com

Biasanya pada saat momen lebaran ini, kita jadi memiliki pola makan baru dan mungkin tanpa sadar kita kerap kali berjalan ke arah dapur atau ruang makan untuk mencari makanan maupun cemilan yang bisa disantap. Hati-hati, peribahasa ‘sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit’ juga berlaku untuk penimbunan lemak dalam tubuh lho.

Tidak mau hal ini terjadi pada tubuhmu kan? Coba alihkan perhatian dari makanan. Caranya macam-macam. Kamu bisa berwisata ke tempat-tempat baru yang mungkin ada di sekitar tempat tinggal atau kampung halaman. Coba potret kehidupan yang ada di sana, cari angle terbaik, dan unggah ke media sosial atau ikutkan dalam lomba fotografi. Bisa juga dengan berkunjung ke rumah saudara dan teman lantas bercengkrama tanpa harus dirayakan dengan makan besar. Melakukan hobi lama yang sudah terabaikan seperti membuat clay atau menggambar juga bisa menjadi alternatif supaya kamu tidak hanya terfokus pada makanan.

#3 Sebisa Mungkin Hindari Kafein

No Coffee - Sumber: haikudeck.com

No Coffee – Sumber: haikudeck.com

Jika kebiasaanmu setiap pagi pada hari biasa adalah mengawali hari dengan menikmati kopi, saat ini sebisa mungkin hindari lebih dulu. Mungkin akan menjadi hal yang cukup sulit karena sudah menjadi kebiasaan akan tetapi perlu kamu tahu bahwa kopi adalah minuman diuretik yang mampu membuat tubuhmu kehilangan cairan. Lalu bagaimana alternatif solusinya?

Cobalah mengganti minuman kopi itu dengan racikan minuman lain misalnya campuran antara madu dan perasan jeruk lemon dan jahe. Racikan ini mampu membantu tubuhmu mendapatkan sirkulasi yang lebih baik bahkan meningkatkan sistem imunitas. Opsi lainnya adalah mengonsumsi jus buah. Campuran antara timun, tomat, dan seledri bisa menjadi opsi jus yang baik untuk tubuhmu sekaligus sebagai jus untuk diet kalau kamu tetap menginginkan tubuh yang ramping pasca lebaran.

#4 Jangan Malas Gerak

Mengepel Juga Aktivitas Fisik - Sumber: orioncleaning.com

Mengepel Juga Aktivitas Fisik – Sumber: orioncleaning.com

Momen lebaranmu mungkin akan penuh dengan agenda bertemu keluarga besar dan bisa jadi persiapannya dimulai sejak pagi hari. Akan tetapi hal ini bukan alasan bagimu untuk melewatkan jam olah raga. Ingat bahwa makanan yang kamu santap selama momen ini lebih banyak mengandung santan, lemak, hingga tinggi kolesterol. Semakin tinggi porsi makanan yang kamu santap, semakin kamu harus lebih rajin bergerak dan olah raga.

Tidak sempat olah raga? Maka jadikan kebiasaanmu sebagai sarana olah raga. Misalnya menyapu rumah, mengepel dengan tangan, membersihkan kursi dan meja, mencuci baju, dan berbagai rutinitas harian lainnya. Intinya, jangan sampai tubuhmu kekurangan aktivitas fisik yang akhirnya menimbunkan lemak dalam tubuh sehingga sulit untuk mencapai impian tubuh ramping.

#5 Makanlah dengan Porsi yang Sama

Tetap Ramping Pasca Lebaran dengan 5 Trik Berikut

Atur Porsi Makan – Sumber: wisegeek.com

Trik terakhir yang bisa menjadi opsi supaya tubuhmu tidak menjadi melar setelah lebaran adalah makan dengan porsi yang sama. Biasanya setelah lebaran, porsi makanmu akan menjadi lebih banyak dibandingkan hari biasa. Sulit memang mengubah porsi ini ke dalam porsi makan harian normal. Maka dari itu, cobalah untuk mengakalinya dengan mengganti setengah porsi makanmu dengan sayuran hijau dan buah segar. Porsi makan tetap sama banyak, kamu tetap kenyang, tapi tubuhmu tidak ikutan membesar. Setelah kamu membiasakan dengan alternatif ini, lantas mulailah menguranginya sedikit demi sedikit sampai kamu kembali pada porsi makan seperti saat hari normal.

Tidak susah kan sebetulnya menjaga sikap supaya tidak terjerumus pada berat badan yang tidak terkontrol? Lima trik di atas adalah cara-cara yang cukup sederhana untuk menjaga tubuhmu tetap ramping pasca libur lebaran. Kalau kamu sudah niat untuk mencapai tujuan tubuh ramping, tentu saja alternatif ini akan menjadi jalan yang mudah bagimu. Sekarang, bulatkan dulu niatmu lantas usaha dengan sepenuh hati. Yakin, menjaga berat badan tidak melonjak drastis itu bukan perkara yang sulit!

No more articles