Aktivitas berlibur dan mengunjungi tempat baru di Indonesia sedang menjadi tren yang cukup populer di kalangan anak muda. Keinginan untuk mendongkrak eksistensi di media sosial dipenuhi lewat postingan foto dan check in di sebuah wilayah baru yang terbilang masih jarang didatangi wisatawan. Sisi baik dari tren ini adalah menyebarkan dan mengenalkan pada masyarakat Indonesia bahwa negeri kita memiliki sejuta tempat indah yang wajib dikunjungi sebagai destinasi wisata sebelum akhirnya kita menginjakkan kaki di negeri orang. Indonesia lebih kaya dari segi alam dan budaya dibandingkan negara tetangga dan kita patut berbangga karenanya.

Dari Sabang hingga Merauke kita memiliki tempat-tempat indah yang tersembunyi. Tak heran bila orang jarang mengenali tempat tersebut dan mungkin akan ada yang beranggapan bahwa tempat tersebut tidak berada di wilayah NKRI. Tren pamer ini tak selamanya berdampak buruk, ada keuntungan yang bisa kita ambil salah satunya adalah dengan mengenali tempat wisata baru hanya dari postingan bertanda khusus, atau yang lebih kita kenal dengan sebutan tag. Kita mengenai banyak tempat wisata baru dengan memanfaatkan ponsel cerdas kita. Inilah bentuk pemanfaatan kemajuan teknologi yang bijak.

Salah satu tempat wisata yang menjadi incaran banyak wisatawan adalah kota Bandung dan kita tahu bahwa topik pembahasan mengenai kota satu ini seolah tidak akan ada habisnya. Paris Van Java merupakan destinasi wisata yang cukup diminati oleh wisatawan baik wisatawan domestik maupun internasional. Terbukti dari jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Kembang ini cenderung meningkat. Pamornya semakin naik tatkala tatanan kota semakin rapi dan membuat warganya bangga menjadi bagian dari wilayah yang sempat berubah menjadi Kota Lautan Api ini.

Tentu saja sebagai warga negara Indonesia, kita harus lebih kenal dan dekat dengan bagian dari negeri kita sendiri. Cobalah berlibur ke Bandung dan rasakan pengalaman unik ketika berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada di wilayah kota ini. Sebagai panduan, kami akan menyajikan 10 destinasi wisata paling populer di Bandung yang wajib Anda kunjungi. Berikut ulasannya.

#1 Trans Studio Bandung

Tempat Wisata Populer di Bandung yang Wajib Dikunjungi
Trans Studio Bandung – Sumber: sekilasharga.com

Bisa jadi destinasi wisata satu ini merupakan tujuan wajib yang harus Anda kunjungi ketika berlibur. Trans Studio Bandung (TSB) merupakan wahana permainan terpadu yang memadukan konsep hiburan serta edukasi. Ada banyak kawasan dan fasilitas yang ditawarkan di wilayah ini. Kawasan permainan di TSB terbagi dalam beberapa kawasan yaitu Studio central, The Lost City, Magic Corner, dan masih banyak lagi. Setiap kategori memiliki beberapa bagian kawasan yang bisa Anda kunjungi satu persatu. Misalkan di kawasan Studio Center, Anda akan menjumpai Yamaha Racing Coaster, Giang Swing, Science Center, Dunia Anak, dan lain-lain. Sementara di kawasan The Lost City, Anda bisa menemukan bagian kawasan Kong Climb dan Sky Pirates.

Di area TSB ini Anda juga bisa menikmati beragam fasilitas yang disediakan seperti Trans Studio Theme Park yang merupakan pusat rekreasi indoor, Trans Studio Mall Bandung, Mega Tower yang merupakan kantor cabang pusat Bank Mega, The Trans Luxury Hotel, dan Ibis Hotel Bandung.TSB dibuka setiap hari dengan harga tiket masuk per orang untuk hari aktif (Senin sampai dengan Jumat) Rp 170.000 dan akhir pekan (Sabtu dan Minggu) atau Hari Libur Nasional Rp 270.000. Jika Anda menginginkan jalur cepat, Anda bisa membeli tiket VIP dengan harga tambahan Rp 250.000 per orang. Harga tiket masuk in sudah termasuk dengan harga tiket untuk menikmati beragam permainan yang ada di wilayah TSB.

#2 Gedung Sate Bandung

Gedung Sate Bandung – Sumber: screentexts.com

Inilah landmark Kota Bandung yang sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa asyik berwisata di kawasan sejarah? Mungkin ada beberapa hal yang belum Anda tahu dan sebaiknya Anda tahu mengenai wisata di kawasan Gedung Sate Bandung. Gedung Sate ini sekarang difungsikan sebagai Kantor Gubernur Jawa Barat. Istilah Gedung Sate muncul karena pada puncaknya terdapat ‘tusuk sate’ dan enam ornamen berbentuk jambu air. Dulunya bangunan ini dirancang Ir. J. Berger dan dibangun oleh 2000 pekerja yang terdiri dari berbagai tenaga terampil. Arsitektur bangunan yang unik inilah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Jangan terburu-buru pindah lokasi wisata. Tak jauh dari kawasan ini, Anda akan menemukan beberapa spot menarik untuk dikunjungi sebagai bagian dari kunjungan Anda ke Bandung. Di antaranya Pasar Minggu Gasibu dan Museum Geologi. Pasar Minggu Gasibu ini hanya buka di Hari Minggu mulai jam 06.00. Anda bisa menemukan berbagai barang unik yang diperdagangkan di sini terutama makanan Bandung yang terkenal enak dan unik. Sementara di Museum Geologi, Anda bisa berlibur sembari menambah pengetahuan mengenai keadaan tata surya serta kondisi geologi Indonesia. Anda juga akan melihat fosil manusia purba dan berbaga jenis batu yang ada di bumi.

#3 Kawah Putih Ciwidey

Tempat Wisata Populer di Bandung yang Wajib Dikunjungi
Kawah Putih Ciwidey – Sumber: tripsantai.com

Kalau Anda bosan dengan wisata kota dan sejarah di Bandung, Anda perlu mengunjungi destinasi wisata alam yang satu ini. Ya, Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit yang ada di wilayah Bandung.Kawasan ini merupakan danau yang dibentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah di sekitar kawah berwarna putih akibat campurna belerang sementara air danaunya berwarna putih kehijauan. Jika Anda beruntung, Anda akan menyaksikan perubahan warna air danau yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Perlu diketahui bahwa keunikan lain dari kawasan wisata ini adalah letaknya yang berada di ketinggian +2090 meter dari permukaan laut.

Ada keyakinan yang beredar di masyarakat sekitar mengenai Kawah Putih ini. Masyarakat sekitar percaya bahwa Kawah Putih merupakan lokasi berkumpul bagi para roh leluhur dan puncak dari kawah ini merupakan tempat rapat bagi roh itu. Masyarakat lokal bahkan mengaku melihat domba putih yang dipercaya sebagai jelmaan leluhur. Ingin tahu cerita lebihnya? Anda perlu datang kemari dan menyaksikan sendiri keindahan alam Indonesia beserta keyakian yang beredar hanya dengan membayar tiket masuk sebesar RP 15.000 saja per orang.

#4 Gunung Tangkuban Perahu

Tempat Wisata Populer di Bandung yang Wajib Dikunjungi
Gunung Tangkuban Perahu – Sumber: wisatapriangan.co.id

Selain Kawah Putih Ciwidey, Bandung juga memiliki destinasi wisata alam lainnya yang wajib Anda kunjungi yaitu kawasa wisata Gunung Tangkuban Perahu. Letaknya 20 km di utara Kota Bandung. Kawasan ini memiliki pesona keindahan alam yang sulit Anda tolak. Kesejukan udara di kawasan wisata ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang mengunjunginya. Namun Anda disarankan untuk membawa bekal pakaian hangat dan jaket ketika memutuskan untuk menginap di sekitar kawasan wisata ini karena pada malam hari suhu udara bisa mencapai 2 derajat Celcius! Wow!

Ketenangan dan kesejukan yang ditawarkan dari kawasan wisata alam Gunung Tangkuban Perahu ini menjadi hal yang dijadikan keunggulan. Hiruk pikuk serta cuaca panas yang dirasakan warga kota Jakarta maupun Bandung sejenak hilang ketika mengunjungi tempat ini. Berfoto merupakan kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh wisawatan yang berkunjung mengingat pemandangannya begitu asri dan apik. Untuk menikmati keindahan alam Gunung Tangkuban Perahu ini Anda perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk dengan harga Rp 20.000 per orang (wisatawan domestik) atau Rp 200.000 (wisatawan internasional). Sementara harga karcis kendaraan roda dua Rp 12.000, roda empat Rp 25.000, dan bus Rp 110.000.

#5 De’ Ranch Lembang

Tempat Wisata Populer di Bandung yang Wajib Dikunjungi
De’ Ranch Lembang – Sumber: omegabandungtour.com

Ingin mengisi liburan dengan pengalaman naik kuda di Bandung? Maka Anda sangat direkomendasikan untuk mengunjungi De’Ranch yang merupakan kawasan wisata alam bertema peternakan. Sejuknya udara dengan pemandangan hamparan rumput hijau nan luas menjadi perpaduan yang sempurna untuk menikmati liburan yang jauh dari penatnya rutinitas kota. Destinasi wisata satu ini sangat cocok bagi Anda yang berlibur bersama keluarga, terutama Anda yang membawa serta putra-putri untuk berlibur.

Ada banyak permainan yang bisa Anda coba di kawasan wisata ini, di antaranya menaiki delman, menunggang kuda, triker, fun boat, flying fox, panahan, kuda ayun, peti luncur, dan lain-lain. Setiap permainan ini memiliki tarif tersendiri bagi Anda yang ingin mencoba setiap permainannya. Jika Anda tidak ingin mencoba berbagai permainan tersebut dan lebih ingin menikmati liburan dengan cara yang lebih sederhana, Anda akan sangat terhibur dengan berbagai fasilitas yang disediakan pihak pengelola seperti adanya factory outlet, restoran, toko oleh-oleh, kursus menunggang kuda, kursus memerah sapi, dan lain-lain. Untuk harga tiket masuk kawasan wisata De’Ranch Lembang ini Anda harus mengeluarkan uang tiket masuk Rp 5.000 per orang. Hari buka De’Ranch adalah Selasa hingga Minggu.

#6 Kampung Gajah Wonderland

Suka main air? Nampaknya Anda akan jatuh cinta dengan tempat wisata satu ini. Namanya adalah Kampung Gajah Wonderland. Meski namanya Kampung Gajah, bukan berarti kawasan ini penuh dengan gajah ya. Kampung Gajah Wonderland merupakan sebuah kawasan wisata berbentuk wahana permainan air. Objek wisata satu ini merupakan waterboom yang paling dikenal di Kota Bandung dengan setidaknya ada 20 atraksi permainan yang akan menghibur Anda. Konsep kawasan wisata ini adalah tempat liburan bagi keluarga. Anda akan menemukan berbagai wahana permainan seperti kolam renang tematik, Futuristic Train, Horse Riding, Sespan, Buggy Adventure, ATV Adventure, Kiddy Pool, dan masih banyak lagi. Selain itu disediakan pula berbagai fasilitas yang mendukung pengunjung seperti resotran tematik (Sundanese, Oriental, Western, dan Japanese).

Untuk menikmati berbagai wahana dan fasilitas di Kampung Gajah wonderland, Anda perlu mengeluarkan biaya tiket masuk Rp 10.000 (weekdays) atau Rp 20.000 (weekend dan Hari Libur Nasional). Sementara untuk menikmati waterboom saja, Anda perlu mengeluarkan biaya Rp 100.000 (weekdays) atau Rp 125.000 (weekend dan Hari Libur Nasional).

#7 Curug Dago

Curug Dago – Sumber: anekatempatwisata.com

Hanya arena statusnya sebagai kota besar, tak lantas Bandung tak memiliki wisata alam unik. Jika tak percaya, cobalah berkunjung ke kawasan wisata alam Curug Dago. Letaknya yang tersembunyi kerap menjadikan destinasi wisata ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya berada di sekitar Bukit Dago. Kurangnya promosi menjadi salah satu penyebab kawasan ini kurang dikenal masyarakat. Akan tetapi, ketika Anda sudah mencapai tempat ini Anda akan disuguhi pemandangan indah air terjun setinggai 12 meter yang berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut.

Sayangnya, air terjun di sini berwarna cokelat yang mengindikasikan kontaminasi sampah dan kotoran lainnya sehingga pengunjung tidak disarankan melakukan aktivitas air di sini. Untuk mencapai kawasan wisata Curug Dago, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkuran umum jurusan Caringin – Dago atau Caringin Serang.

#8 Air Panas Ciater

Kalau masih menginginkan alternatif wisata alam lainnya di sekitaran Bandung, Anda perlu mencoba mengunjungi kawasan wisata Air Panas Ciater yang terletak di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Aktivitas mandi air panas menjadi tawaran utama yang disediakan di kawasan wisata ini. Air panas yang digunakan dalam pemandian ini merupakan air yang berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu. Tidak hanya berfungsi sebagai air pemandian, air dari kawah tersebut juga digunakan untuk pengairan sawah. Perlu Anda ketahui bahwa air panas di sini mengandung berbagai mineral dan dikenal memiliki keasaman cukup tinggi yaitu kadar PH 2.45. Kandungan belerang dengan komposisi yang sempurna banyak dimanfaatkan pengunjung sebagai alternatif penyembuhan penyakit kulit, terapi rematik, bahkan pengurang gangguan saraf dan tulang.

Kawasan wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti spa, hotel, restoran, dan lain-lain. Untuk menikmati liburan di sini, Anda perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang dan tiket pemandian yang dibayar terpisah dengan harga mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 80.000. Harga tiket pemandian yang berbeda-beda tergantung pada jenis kolam yang Anda inginkan.

#9 Kebun Strawberry Ciwidey

Ketika Anda sudah bosan dengan wisata alam dan wisata sejarah, mungkin wisata petik buah akan menjadi alternatif yang menolong kebosanan Anda.  Jangan kira Bandung tidak memiliki alternatif wisata satu ini. Berkunjunglah ke Kebun strawberry ciwidey yang terletak tak jauh dari lokasi wisata Air Panas Cimanggu. Untuk menikmati wisata di kawasan ini, Anda bahkan tidak harus membayar tiket masuk! Kawasan wisata ini menawarkan wisata petik buah yang bisa Anda lakukan sendiri di perkebunan strawberry dengan harga per kilogram berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 50.000. Sebagai tips, saat terbaik untuk berlibur di sini adalah ketika musim penghujan sebab kualitas buah akan lebih baik untuk dipetik daripada dipetik ketika musim kemarau.

#10 Situ Patenggang

10 Tempat Wisata Populer di Bandung yang Wajib Dikunjungi
Situ Patenggang – Sumber: blog.reservasi.com

Butuh liburan yang menenangkan? Destinasi wisata alternatif satu ini bisa menjadi tujuan wisata yang perlu Anda datangi. Situ Patenggang merupakan danau yang terletak di kawasan Ciwidey. Jaraknya sekitar 47 km dari pusat kota Bandung. Suguhan landscape alam eksotis menjadi daya tarik utama wisatawan yang berkunjung ke Situ Patenggang. Bukan hanya pemandangan danau yang tenang saja yang akan Anda dapatkan, hamparan kebun teh hijau terbentang layaknya karpet alami yang menghiasi kawasan wisata ini.

Destinasi wisata satu ini sangat digemari bagi pasangan yang sedang berlibur bersama sebab kisah yang dipercaya mengenai Situ Patenggang bercerita tentang pertemuan Ki Santang dan Dewi Rengganis. Di sini Anda tidak hanya bisa duduk dan menikmati pemandangan saja. Jika Anda ingin mengelilingi Situ Patenggang, Anda bisa memanfaatkan jasa perahu yang disewakan dengan harga sewa yang berbeda-beda. Berbagai fasilitas pendukung sudah tersedia di kawasan wisata ini seperti rumah makan, shelter, toko souvenir, musholla, dan lain-lain. Untuk memasuki kawasan wisata, Anda perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 18.000 (wisatawan lokal) atau Rp 135.000 (wisatawan internasional) pada hari aktif yaitu Senin hingga Jumat. Sementara untuk akhir pekan, biaya masuknya naik menjadi Rp 20.500 (wisatawan lokal) atau Rp 185.000 (wisatawan internasional).

Masih banyak lagi tempat wisata populer di Bandung yang wajib dikunjungi. Tentu saja 10 destinasi di atas hanyalah beberapa destinasi favorit yang perlu Anda singgahi untuk menikmati suasana Bandung dan sekitarnya yang tetap memanjakan meski berstatus sebagai kota besar. Punya rekomendasi tempat wisata populer di Bandung yang wajib dikunjungi? Mari berbagi informasi dan jadikan Indonesia sebagai tujuan wisata favorit dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here