Kalau berbicara musim dingin di Indonesia, kita mungkin cuma bisa menjawab “musim hujan” karena memang kita hidup di negara dua musim, tak seperti negeri adidaya Amerika Serikat. Sekilas mungkin kita berpikir, menyenangkan sekali rasanya bisa melihat dan mengalami langsung musim salju dan alangkah serunya bisa membuat boneka salju seperti yang ditayangkan di banyak film keluarga dengan setting lokasi di negara empat musim pada saat musim salju.

Eits. Sebelum kamu menyesal karena tidak bisa merasakan dinginnya negara lain, kamu harus disadarkan bahwa mungkin selama ini kamu yang kurang piknik. Buktinya, Indonesia punya lokasi yang diketahui memiliki suhu terendah di kawasan Zamrud Khatulistiwa ini. Mau tahu di mana saja?

#1 Gayo Lues – Nanggroe Aceh Darussalam

Tak Perlu Jauh Ke Luar Negeri, Ini Lokasi Terdingin di Indonesia
Salah Satu Lokasi di Gayo Lues – Sumber: seputaraceh.com

Lokasi pertama di Indonesia yang terkenal akan udara dinginnya adalah Gayo Lues. Kabupaten yang terletak di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam ini memang dikenal akan produksi kopinya yang sudah mendunia yaitu jenis kopi Gayo. Kabupaten Gayo Lues sendiri terletak pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut dan merupakan lokasi jalur pendakian menuju Gunung Leuser.

Selain terkenal akan suhu udara yang rendah dan produksi kopi Gayo yang sudah dikenal dunia sebagai salah satu kopi ternikmat, lokasi ini juga terkenal akan pesona alamnya yang luar biasa indah dan difasilitasi dengan adanya permandian air panas di Puri Betung.

#2 Ciwidey – Jawa Barat

Tak Perlu Jauh Ke Luar Negeri, Ini Lokasi Terdingin di Indonesia
Kebun Teh Rancabali, Ciwidey – Sumber: klikhotel.com

Terlalu jauh untuk ke Gayo Lues? Mari kita pilih alternatif yang terletak di Pulau Jawa, tepatnya di provinsi Jawa Barat, yaitu Ciwidey. Hanya berjarak sekitar 44 km dari kota Bandung, lokasi ini berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan sudah terkenal sebagai lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan terutama pada musim liburan.

Baca Juga: Tempat Wisata Populer di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Kebun teh yang tertata rapi menjadi pemandangan yang menakjubkan akan kamu dapatkan di sini. Memanjakan diri dengan mandi air panas di Cimanggu dan Walini juga bisa menjadi alternatif jika berwisata ke Ciwidey.

#3 Ruteng – Nusa Tenggara Timur

Tak Perlu Jauh Ke Luar Negeri, Ini Lokasi Terdingin di Indonesia
Desa Tradisional Compang, Ruteng – Sumber: maestrobali.com

Bukan hanya Pulau Sumatera dan Pulau Jawa saja yang punya lokasi terdingin di Indonesia. Nusa Tenggara Timur pun memiliki Ruteng, salah satu kota yang lokasinya ada di Kabupaten Manggarai, NTT. Ruteng berada di ketinggian 1.200 mdpl dan tak heran jika lokasi ini juga menjadi salah satu lokasi yang paling dingin di Indonesia.

Bukan hanya dingin, Ruteng juga terkenal memiliki pemandangan luar biasa seperti yang bisa kamu temukan di Praha dengan adanya bangunan berarsitektur gaya Eropa. Area persawahan masih sangat luas nan hijau sehingga kamu akan dimanjakan dengan landscape yang 180 derajat berbeda dengan kota.

#4 Batu – Malang

Tak Perlu Jauh Ke Luar Negeri, Ini Lokasi Terdingin di Indonesia
Alun-Alun Kota Batu – Sumber: anekatempatwisata.com

Kota wisata Batu juga menjadi salah satu wilayah yang paling dingin di Indonesia, lho. Meskipun Batu terkenal sebagai kota kecil tapi pesonanya tidak bisa ditolak. Terletak di ketinggian antara 700 hingga 1.700 meter di atas permukaan laut, tak heran jika Kota Batu memiliki suhu udara yang cukup dingin namun tetap segar. Bahkan, suhu udara di kota ini rata-rata mencapai 12 hingga 19 derajat Celcius! Brrr kita saja mungkin sudah cukup kedinginan kala menggunakan AC yang disetel pada suhu 16 derajat Celcius. Hehehe.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Kamu Datangi

#5 Mamasa – Sulawesi Barat

Tak Perlu Jauh Ke Luar Negeri, Ini Lokasi Terdingin di Indonesia
Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat – Sumber: suarasulbar.com

Mari terbang ke Sulawesi Barat, tepatnya menuju Mamasa yang merupakan kabupaten di daerah pegunungan dan berada di ketinggian rata-rata 1.200 meter di atas permukaan laut. Bahkan kabarnya, puncak tertinggi kabupaten ini bisa mencapai 1.900 meter di atas permukaan laut, lho. Wow! Kalau sudah ke sini, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat yang dikenal sebagai lokasi wisata favorit di Mamasa, antara lain Wisata Budaya Kuburan Tedong-tedong (Kecamata Balla), Wisata Alam Air Terjun Sarambu, Pemandian Air Panas di Rambusaratu, atau Agro Wisata Perkebunan Markisa yang ada di Kecamatan Mamasa.

#6 Berastagi – Sumatera Utara

Tak Perlu Jauh Ke Luar Negeri, Ini Lokasi Terdingin di Indonesia
Tugu Berastagi – Sumber: tikasika.blogspot.com

Lokasinya ada di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Berastasi adalah salah satu lokasi wisata yang cukup terkenal di dataran tinggi Karo sebagai lokasi terdingin yang ada di Indonesia. Kecamatan ini berada di ketinggain 1.300 mdpl, jadi tidak heran jika aktivitas ekonomi yang berjalan di lokasi ini terpusat pada pasar sayur dan buah-buahan. Sedingin apa sih lokasi ini? Well, di siang hari suhu udara bisa mencapai 25 derajat Celcius sementara di malam hari bisa sampai 21 derajat Celcius. Cukup untuk mendinginkan badan tanpa harus menggunakan AC.

#7 Mulia – Puncak Jaya, Papua

Mulia, Puncak Jaya, Papua – Sumber: ediginting.com

Ini dia lokasi paling dingin yang ada di Indonesia. Mulia merupakan sebuah kota yang terletak di Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Lokasi kota ini berada di 2.448 meter di atas permukaan laut dengan suhu normal berkisar antara 15 hingga 20 derajat Celcius, itu pun di siang hari. Kalau di malam hari, kamu bisa menikmati dinginnya udara dengan suhu 10 derajat Celcius, tanpa menggunakan pendingin ruangan. Sudah siap masuk angin kalau tidak tahan dingin tapi nekat mengunjungi kota ini?

Baca Juga: 10 Fakta Unik tentang Papua yang Wajib Kamu Ketahui

Nah, setelah tahu lokasi mana saja yang ternyata memiliki suhu relatif rendah di Indonesia ini, kamu seharusnya tidak terlalu kurang piknik sampai ngebet harus melancong sampai Amerika kan? Coba deh kunjungi tempat-tempat ini dulu, selain untuk memenuhi hawa nafsumu terhadap udara dingin, kamu kan juga jadi lebih mengenal Indonesia yang tidak kalah mengagumkan kalau dibandingkan dengan negara lain. Jangan sampai kamu kenal negara lain tapi tidak paham negeri sendiri. Setuju kan?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here