Makanan merupakan salah satu kebutuhan dasar dari hidup kita. Tanpa makanan, kita tidak bisa mengerjakan aktivitas kehidupan sehari-hari secara normal karena kita kekurangan tenaga bahkan nutrisi yang cukup untuk digunakan beraktivitas. Mengonsumsi makanan pun sebaiknya juga tidak asal-asalan, harus memenuhi gizi yang kita kenal dengan sebutan 4 sehat 5 sempurna. Dengan asupan gizi yang cukup, kita tidak hanya memiliki tenaga untuk mengerjakan kegiatan tapi juga mencukupi nutrisi yang mungkin akan digunakan tubuh kita dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Perkembangan zaman membuat tren makanan yang bermacam-macam. Makan pun kini bukan sekadar ajang kebutuhan dasar namun juga sebagai gaya hidup. Tak heran jika makanan yang kita kenal sekarang ini memiliki variasi jenis, rasa, bentuk, dan nama yang bermacam-macam. Dengan mudah kita menemui berbagai kedai makanan baru baik di dalam mall maupun yang memiliki bangunan sendiri. Akan tetapi, sebagian besar variasi makanan itu ternyata mengadaptasi makanan khas dari luar Indonesia.

Meski begitu, bukan berarti makanan asli dari Indonesia tidak lagi laku. Kamu perlu tahu bahwa eksistensi makanan tradisional Indonesia bahkan sampai dikenal dunia dan menjadi menu favorit warga mancanegara. Apa saja sih yang masuk dalam kategori makanan tradisional Indonesia favorit para bule ini? Yuk, kita simak ulasan singkatnya berikut ini.

 

Rendang

Tahu Nggak Sih 7, Makanan Asli dari Indonesia Ini Jadi Favoritnya Warga Dunia!
Rendang – Sumber: food.detik.com

Cita rasa yang kuat dari makanan ini bahkan menjadikan rendang termasuk dalam daftar 50 makanan paling lezat di dunia versi CNN International di tahun 2011 silam. Rasa pedas yang dipadu dengan berbagai rempah-rempah asli Indonesia ini memang tidak ada duanya. Dikenal dengan proses memasaknya yang memakan waktu hingga beberapa jam ini memuaskan lidah para penikmatnya sebab daging menjadi begitu empuk dan bumbunya pun sangat meresap.

Rendang memang dikenal sebagai makanan khas dari Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Akan tetapi menu ini sudah dikenal hingga seluruh pelosok negeri. Tentu saja kamu tidak perlu susah-susah harus sampai di Padang baru bisa menikmati nikmatnya rendang, apalagi dengan hadirnya Rumah Makan Padang yang ada di hampir seluruh wilayah Indonesia ini akan memudahkanmu mendapatkan makanan bercita rasa tinggi ini. Makanan ini bahkan juga menjadi salah satu menu favorit sebuah hotel di Jerman. Wow!

Soto Ayam

Tahu Nggak Sih 7, Makanan Asli dari Indonesia Ini Jadi Favoritnya Warga Dunia!
Soto Ayam – Sumber: pondokibu.com

Makanan satu ini tidak hanya enak namun juga menjadi favorit dunia. Dengan tampilan yang indah dan tersusun dari beberapa macam bahan masak yang berwarna warni seperti tomat, telur, jeruk nipis, daging ayam, dan kentang, makanan ini sangat nikmat apalagi ketika disantap pada saat musim hujan. Tahukah kamu, Soto Ayam bahkan menjadi menu favorit ketika dijajakan pada sebuah festival makanan di Jepang?

Dalam acara yang diselenggarakan oleh pelajar Indonesia yang termasuk anggota PPIJ-Komsat Ibaraki, Soto Ayam menjadi menu yang laris manis direbut para pembelinya. Selain populer di Jepang, menu ini juga dikenal dan menjadi populer di kalangan masyarakat Malaysia setelah seorang warga Indonesia membawa dan mengenalkan Soto Ayam dengan cita rasa asli Indonesia tersebut di negeri Jiran.

Sate Ayam

Tahu Nggak Sih 7, Makanan Asli dari Indonesia Ini Jadi Favoritnya Warga Dunia!
Sate Ayam – Sumber: pegipegi.com

Daging ayam memang paling bisa divariasi dalam berbagai bentuk masakan. Salah satu makanan asli Indonesia berbahan dasar daging ayam yang juga mendunia karena cita rasanya adalah Sate Ayam. Makanan yang dikenal berasal di Madura ini ternyata bisa menghipnotis warga dunia untuk menjadi penggemarnya terutama setelah ia dikenalkan dalam ajang bazaar internasional di China pada tahun 2013 silam. Nikmatnya daging ayam berlumur bumbu kecap dan dipadu dengan bumbu kacang serta lontong sebagai partner setia Sate Ayam tidak bisa sekejap dilupakan.

Kamu tidak perlu ragu lagi dengan kekuatan rasa makanan Indonesia yang satu ini. Sebab selain menjadi makanan favorit di Cina, Sate Ayam juga menjadi menu yang bisa bersaing pada sebuah restoran termahal yang ada di New York, Amerika. Tidak hanya menjadi daya tarik bagi para konsumen di sana, menu ini bahkan membuat restoran ini menjadi memiliki lebih banyak konsumen karena mereka sangat menyukai cita rasa Sate Ayam asli Indonesia ini.

Nasi Goreng

Tahu Nggak Sih 7, Makanan Asli dari Indonesia Ini Jadi Favoritnya Warga Dunia!
Nasi Goreng – Sumber: brilio.net

Bisa dikatakan, menu satu ini adalah menu yang pasti ada dan ditawarkan di hampir seluruh restoran di Indonesia. Meskipun begitu, pecinta Nasi Goreng tetap ada dan bahkan tidak hanya berada di Indonesia saja. Kepopulerannya bertambah sejak Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menyebutkan Nasi Goreng adalah makanan asli Indonesia yang enak. Di tahun 2010, Nasi Goreng menjadi suguhan yang paling menarik minat pengunjung ajang World Expo Shanghai China. Ajang lomba masak tingkat internasional ini bahkan semakin membawa nama Indonesia diakui di kancah internasional karena cita rasa Nasi Goreng yang begitu lezat.

Sop Buntut

Tahu Nggak Sih 7, Makanan Asli dari Indonesia Ini Jadi Favoritnya Warga Dunia!
Sop Buntut – Sumber: sopbuntut-alhijrah.weebly.com

Kelezatan sop satu ini tidak perlu kamu ragukan lagi karena bahkan warga internasional pun mengidolakan Sop Buntut versi Indonesia ini. Memang Sop Buntut sendiri memiliki beberapa versi resep dari Korea, Cina, Amerika Selatan, dan Britania Raya. Akan tetapi, Sop Buntut yang disajikan oleh salah seorang Chef Indonesia ini berhasil mendapatkan respons positif pada sebuah acara yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Spanyol.

Tempe

Tahu Nggak Sih 7, Makanan Asli dari Indonesia Ini Jadi Favoritnya Warga Dunia!
Tempe – Sumber: flickr.com

Sebagian dari kita pasti berdalih bahwa makanan ini merupakan makanan tradisional yang tidak keren  dan kece apalagi kalau disajikan di restoran mahal di Indonesia. Eits, jangan salah. Meskipun kita kerap memandang sebelah mata pada makanan asli Indonesia satu ini, tapi kenyataannya Tempe menjadi salah satu makanan Indonesia yang mendunia dan menjadi favorit warga mancanegara. Di Jepang, seorang pria asal Indonesia bernama Rustomo bahkan dikenal sebagai pebisnis makanan Tempe yang menjadi makanan Indonesia favorit warga Jepang. Pada ajang festival kuliner yang pernah digelar di Jakarta pada Oktober 2012 lalu seorang koki asal Korea bernama Eduard Quad mencicipi berbagai makanan yang disajikan di sana dan ia menyatakan bahwa Tempe adalah makanan idolanya. Hmm, chef Korea saja mengidolakan Tempe, lho.

Gado-gado

Tahu Nggak Sih 7, Makanan Asli dari Indonesia Ini Jadi Favoritnya Warga Dunia!
Gado-gado – Sumber: broadsheet.com.au

Ini dia makanan asli Indonesia selanjutnya yang berhasil memikat hati dan lidah pada warga pecinta kuliner dari seluruh dunia. Makanan asli Jawa yang berupa campuran berbagai sayur dengan saus kacang ini berhasil memikat hati para pecinta kuliner dengan tampilan sederhananya. Hal ini terbukti dari diadakannya lomba memasak tingkat internasional yang bertempat di Napoli pada tahun 2010. Gado-gado menjadi makanan yang menyabet juara pertama untuk kategori tampilan sajian estetika. Tak hanya cantik, Gado-gado juga dikenal memiliki kandungan gizi yang cukup banyak dan sangat baik untuk dikonsumsi siapa pun.

 Wow! Cukup mengejutkan bukan, ternyata bule saja sangat mengidolakan makanan asli Indonesia. Selain memiliki cita rasa yang berbeda dan kuat akan rempah-rempah yang menjadi kekuatan utama makanan kita, makanan Indonesia juga tidak kalah unik dan bergizi dibandingkan dengan makanan kekinian yang menjadi tren di kalangan anak muda. Boleh saja menjadi penggemar makanan dari luar negeri, asal tidak melupakan apalagi meninggalkan makanan asli negara kita yang juga termasuk dalam budaya Indonesia ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here