Bagi kebanyakan orang, tidur di malam hari merupakan perkara yang mudah. Tinggal sediakan tempat saja, maka bisa langsung tidur nyenyak kapan saja dan di mana saja. Saat bangun kondisi tubuh menjadi lebih segar. Bahkan ada juga orang yang bisa tidur di beberapa tempat yang tidak layak digunakan untuk tidur seperti bahu jalan, meja, kursi, dan sebagainya. Namun ada sebagian orang yang justru mengalami hal sebaliknya. Ada orang yang mengalami sulit tidur, walaupun sudah mendapatkan tempat yang nyaman dan waktu yang tepat. Penyakit sulit tidur ini sering disebut dengan insomnia.

Insomnia merupakan gejala kelainan dalam tidur, berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk melakukan hal itu. Biasanya gejala ini diikuti dengan gangguan fungsional saat bangun. Gejala ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti psikologis, stres, salah minum obat, perubahan jam kerja, terkena pengaruh obat, dan masih banyak lainnya. Sebenarnya gejala sulit tidur ini cukup berbahaya karena dapat memengaruhi kesehatan.

Di Amerika Serikat, ada sekitar 13% orang dewasa yang mengalami Insomnia. Penderita gejala ini diperkirakan akan semakin banyak, mengingat saat ini budaya kerja sangat padat dan tidak mengenal waktu. Oleh karena itu, sebaiknya gejala sulit tidur ini segera diatasi dengan beberapa solusi. Berikut ini merupakan tips yang bisa dilakukan ketika sering mengalami susah tidur.

Mengurangi cahaya

Jika ingin bisa cepat tidur, sebaiknya kurangi cahaya yang ada di sekitar ruangan. Jika perlu, matikan lampu agar ruangan menjadi gelap. Tidur di tempat gelap juga memiliki beberapa manfaat seperti mengurangi lemak, meningkatkan kinerja otak, tubuh menghasilkan hormon melatonin yang berguna untuk kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko global warming. Redupkan seluruh sumber cahaya baik dari lampu maupun gadget. Jika di kamar ada jendela, sebaiknya pasang tirai agar cahaya yang masuk bisa terhalang.

Mematikan alat elektronik

Saat ini sudah tidak aneh lagi jika beragam perangkat gadget berada di kamar, bahkan kasur. Beragam pekerjaan dan kesibukan yang padat membuat setiap orang dituntut untuk selalu up to date. Banyak juga orang yang memasang komputer maupun televisi di dalam kamar. Begitu sibuknya hingga kamar tidur seringkali fungsinya merangkap jadi tempat kerja juga. Padahal seluruh alat elektronik tersebut dapat mengganggu tidur. Sebaiknya jika ingin tidur, matikan seluruh alat elektronik yang dapat mengganggu. Salah satu alat elektronik yang paling sering digunakan ialah smartphone. Matikan juga smartphone ketika mau tidur agar tidak terganggu dengan pesan, telepon, atau notifikasi yang masuk. Jangan hanya digetarkan atau mode diam saja. Walaupun berada dalam mode diam, sinyal yang muncul akan tetap mengganggu. Setelah itu letakkan alat komunikasi pada posisi yang tidak akan bisa mengganggu selama tidur seperti di bawah tempat tidur atau kalau di luar kamar.

Memilih warna yang tepat

Selain dua hal di atas, ada penyebab lainnya yang bisa membuat sulit tidur, yaitu dekorasi warna kamar yang tidak tepat. Menurut beberapa ahli, warna dapat memengaruhi psikologi seseorang. Jika seseorang berada pada ruangan dengan warna yang tidak sesuai dengan seleranya, maka hal tersebut dapat memengaruhi pola tidur orang tersebut. Jadi, sebaiknya ganti warna dekorasi kamar dengan warna yang tepat. Ada beberapa warna yang bisa memberikan ketenangan, relaksasi, kedamaian, penuh harapan, dan menyenangkan, seperti warna biru muda, hijau muda, krem, dan merah muda.

Menyesuaikan kasur

Tanpa disadari, kasur juga dapat memengaruhi kesulitan tidur seseorang. Sebaiknya saat membeli kasur, perhatikan dan rasakan apakah kasur tersebut cocok atau tidak. Biasanya orang dengan ukuran tubuh yang berat akan memerlukan kasur yang lebih tebal dibandingkan orang yang bertubuh kecil atau kurus. Untuk menguji kasur tersebut, bisa dicoba dengan posisi telentang di kasur tersebut. Jika posisi tubuh nyaman dan tidak ada bagian tubuh yang mendapatkan tekanan berlebih, berarti kasur tersebut sudah cocok dengan tubuh.

Memindahkan jam dinding

Keberadaan jam dinding sebenarnya juga dapat mengganggu tidur. Memang jam diletakkan di kamar agar bisa selalu tepat waktu. Namun keberadaannya bisa membuat tidur terganggu, apalagi jika ukurannya besar. Perasaan akan gelisah atau stres saat melihat jam secara terus menurus. Ada juga beberapa faktor lain yang dapat mengganggu seperti cahaya pantulan dan bunyi jam di kesunyian malam. Sebaiknya pindahkan jam dinding dari kamar. Kemudian ganti dengan jam meja yang berukuran lebih kecil.

Kelima tips di atas dapat dicoba ketika mengalami sulit tidur. Selain itu, masih ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan agar bisa cepat tidur seperti membersihkan kamar. Kamar yang berantakan dapat membuat pikiran menjadi berantakan dan kacau. Apabila kamar bersih, pikiran akan menjadi lebih tenang dan mudah untuk berelaksasi. Kesegaran udara di dalam kamar juga diperlukan. Udara yang segar dan bersih akan memudahkan untuk tidur. Oleh karena itu, sering-seringlah membuka jendela agar udara kotor di dalam kamar dapat terganti dengan udara segar yang ada di luar kamar. Selain itu juga bisa menggunakan alat pembersih udara untuk menyaring udara secara rutin. Gunakan juga aromaterapi dengan aroma atau bau sesuai selera. Aromaterapi dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang. Intinya, jika ingin cepat tidur, berusahalah menenangkan diri dan membuat tubuh rileks terlebih dahulu. Setelah melakukan semua hal di atas, segera ucapkan selamat tinggal untuk Insomnia!

No more articles