Samsung tak pernah berhenti berinovasi untuk terus mempertahankan posisinya sebagai pemegang konsumen elektronik terbanyak di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan usaha Samsung yang semakin menunjukkan kemampuannya dalam menghadirkan berbagai perangkat pendukung produk smartphone mereka. Setelah sukses membuat smartphone mereka diterima oleh konsumen pasar elektronik Indonesia, kini sudah hadir Samsung Galaxy Gear yang merupakan wearable device berupa smartwatch pertama dan sukses diterima oleh pasar. Kesuksesan itu kemudian membuat Samsung melakukan inovasi yang lebih baik dan kembali menghadirkan produk pembaharuannya yaitu Samsung Galaxy Gear 2.

Hadirnya Samsung Galaxy Gear 2 sebagai pembaharuan dari generasi sebelumnya menjadi produk yang menarik untuk kita ulas. Sebab ada beberapa hal yang berbeda dan diyakini oleh Samsung sebagai terobosan inovatif, termasuk dengan mengganti sistem operasi yang digunakan pada generasi kedua Samsung Gear ini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Samsung Galaxy Gear 2 ini, mari kita ulas satu per satu.

Dimulai dari fisik luar, tampilan Samsung Galaxy Gear 2 sekilas serupa dengan jam tangan biasa. Namun pada bagian layar mulai terlihat jati dirinya sebagai sebuah smartwatch. Layar Samsung Galaxy Gear 2 berukuran 1.63 inch sama seperti generasi sebelumnya. Akan tetapi kualitasnya terjaga dengan menerapkan teknologi Super AMOLED di dalamnya. Dilihat dari dapur pacu, Samsung Galaxy Gear 2 ini menggunakan CPU Dual Core dengan kecepatan 1 GHz dengan RAM 512 MB dan memori internal sebesar 4 GB. Tidak ada opsi memori eksternal yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan namun kapasitas memori internal ini sudah lebih dari cukup menyimpan data-data Anda di smartwatch ini. Sistem operasi yang digunakan dalam Samsung Galaxy Gear 2 berbeda dengan generasi sebelumnya yang masih menggunakan OS Android. Samsung memutuskan untuk menggunakan sistem operasi berbeda pada gear generasi keduanya dengan OS Tizen. Tizen merupakan sebuah sistem operasi open source yang memiliki dasar Linux dan dilahirkan untuk menyaingi Android. sistem operasi ini bahkan sudah bekerja sejak tahun 2012 dan mendapat dukungan dan Intel dan Samsung.

Samsung Galaxy Gear 2

Sebagian besar pengguna smartwatch Samsung Galaxy Gear 2 akan menggunakan memori internal tersebut untuk menyimpan foto dan video mereka yang didapat dengan fitur kamera berukuran 2 MP dengan kemampuan merekam video yang memiliki kualitas HD 720p. Smartwatch berukuran 36.9 x 58.4x 10.0 mm dengan bobot 68 gram ini, juga memiliki fitur lain yang cukup menarik yaitu fitness manager, sebuah fitur untuk membantu Anda menghitung jumlah langkah ketika Anda berjalan dan berlari. Tersedia pula fitur Heart Rate yagn sudah disematkan pada perangkat ini guna menghitung detak jantung Anda. Jangan takut dengan kebosanan sebab Samsung Galaxy Gear 2 sudah dilengkapi dengan fitur hiburan berupa pemutar musik yang tidak harus Anda hubungkan dengan smartphone Anda. Anda hanya harus menghubungkan dengan headset Bluetooth untuk menikmati musik yang tersimpan dalam memori internal perangkat. Kelebihan lain yang ada pada Samsung Galaxy Gear 2 ini adalah kemampuan kompatibel dengan smartphone lain yaitu Asus Zenfone 6.

Kemampuan utama yang menjadi unggulan perangkat Samsung Galaxy Gear 2 adalah ketahanan baterainya yang bisa bertahan hingga 3 hari karena smartwatch ini dilengkapi dengan penggunaan baterai berkapasitas 300 mAh. Selain itu, Samsung Galaxy Gear 2 memiliki kemampuan tahan air atau Water Resistance selama 30 menit untuk kedalaman 1 meter. Kelebihan ini yang menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi Anda yang hobi melakukan perjalanan dan olah raga outdoor.

Dengan segudang spesifikasi unggul yang ditanamkan pada perangkat ini, tak heran jika publik mengira perangkat ini akan dibanderol dengan cukup tinggi. Harga jam tangan Samsung Galaxy Gear 2 ini dibanderol dengan angka Rp3.3 juta di Indonesia. Memang secara nominal, Harga jam tangan Samsung generasi dua ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan smartwatch vendor lain, akan tetapi kualitas yang ditawarkan tidak main-main. Samsung Galaxy Gear 2 dihadirkan sebagai perangkat yang premium, berkelas, bergaya, dan tentunya memiliki fungsi yang dapat dioptimalkan.

No more articles