Buku adalah jendela dunia, itulah mengapa kebiasaan membaca sebaiknya kamu miliki dan menjadi bagian dari keseharianmu. Dengan membaca kamu menjadi tahu tentang informasi yang mungkin selama ini belum kamu tahu, masih menjadi simpang siur, atau tidak jelas asal usul atau kronologinya. Bukan harus membaca buku ilmiah, koran dan buku ensiklopedi juga bisa menjadi pilihan buku yang wajib kamu baca, setidaknya satu setiap bulannya. Dukunglah hobi membaca dengan suasana yang menyenangkan, misalnya dengan menata kamarmu menjadi lebih rapi dan terlihat hangat atau ditemani dengan camilan dan minuman manis. Masih kurang mendukung hobi membaca? Mungkin kamu harus berkunjung ke perpustakaan ini, karena di sini kamu akan merasakan atmosfir membaca yang begitu kuat sehingga tidak akan membiarkanmu keluar tanpa perasaan bersalah jika tidak membaca buku. Hehehe.

#1 Seattle Central Public Library

Rekomendasi Perpustakaan untuk Yang Malas Membaca

Seattle Central Public Library – Sumber: jaymarc-av.com

Dilihat dari bentuk bangunannya, dijamin kamu akan terpesona dengan arsitektur bangunan perpustakaan satu ini. Meski sekilas berbeda dari yang lain, siapa sangka bangunan ini meng-cover 11 lantai di dalamnya. Selain dikenal akan arsitekturnya yang super keren ini, perpustakaan publik hasil rancangan Rem Koolhaas ini tentu juga mendukung para pecinta buku dengan berbagai koleksi buku yang begitu banyak dan lengkap. Ternyata, ada filosofi di balik arsitektur perpusatakaan unik satu ini lho, yaitu membuatkan fungsi yang sesungguhnya diperlukan sebuah bangunan untuk mendikte sebagaimana harusnya bangunan itu terlihat daripada harus memaksakan struktur dan membuat fungsi yang disesuaikan dengan bentuknya.

#2 Scholar’s Library

Rekomendasi Perpustakaan untuk Yang Malas Membaca

Scholar’s Library – Sumber: archiscene.net

Alternatif perpustakaan kedua yang wajib menjadi destinasi kunjunganmu kalau membutuhkan tempat yang mendukung untuk membaca adalah Scholar’s Library, sebuah perpustakaan yang dibangun di tengah hutan yang rindang dengan desain perpustakaan yang terbuka. Tampak luar, bangunan ini mungkin terlihat sederhana dengan bentuk menyerupai sebuah kubus. Namun begitu melangkahkan kaki ke dalam bangunan, kamu akan dimanjakan dengan berbagai koleksi buku yang siap dibaca dan didukung pemandangan yang epic! Lokasi ini juga terkenal sejuk dan jauh dari keramaian, dua hal penting yang bisa kamu dapatkan untuk mendukung hobi belajarmu. Scholar’s Library ini dibangun di wilayah Olive Bridge, New York, Amerika Serikat, dan merupakan hasil desain dari Peter Gluck and Partners Architects.

#3 New York Public Library

Rekomendasi Perpustakaan untuk Yang Malas Membaca

New York Public Library – Sumber: resourcemagonline.com

Masih berada di Amerika Serikat, alternatif perpustakaan selanjutnya yang wajib kamu kunjungi kalau menginginkan suasana membaca yang mendukung dengan bangunan yang unik adalah New York Public Library. Perpustakaan ini sudah berdiri cukup lama, tepatnya sejak tahun 1895. Tentu saja, model bangunan yang diusung adalah konsep klasik dan antik. Siap-siap bingung kalau mencari buku yang diinginkan di sini sebab perpustakaan besar satu ini memiliki koleksi hingga menyentuh angka 53 juta koleksi. Wow! Perpustakaan terbesar ke-4 di dunia ini bahkan memiliki bangunan replikanya yang bisa kamu temukan di Universal Studio Florida dan Universal Studio Singapore.

#4 Stuttgart City Library

Rekomendasi Perpustakaan untuk Yang Malas Membaca

Stuttgart City Library – Sumber: maktabios.blogspot.com

Ingin merasa di mall ketika sedang baca buku? Berkunjunglah ke Stuttgart City Library di Jerman. Kamu akan dimanjakan dengan arsitektur bagian dalam perpustakaan yang unik dan dominasi warna putih yang memantulkan cahaya sehingga tempat ini terlihat begitu luas dengan koleksi bukunya yang tertata rapi di lemari dinding perpustakaan. Dengan luas area yang mencapai lebih dari 3.200 meter persegi, perpustakaan ini siap memanjakanmu dan memberikan suasana yang mendukung untuk membaca.

#5 Salt Lake City Public Library

Rekomendasi Perpustakaan untuk Yang Malas Membaca

Salt Lake City Public Library – Sumber: wall2wallflooring.com

Perpustakaan unik selanjutnya adalah Salt Lake City Public Library yang berlokasi di Utah.  Nampak biasa dari luar, tetapi begitu menginjakkan kaki untuk masuk ke dalam bangunan ini, siap-siaplah terkesan. Menjulangnya dinding kaca yang membentuk setengah lingkaran mempersilakan cahaya matahari masuk dengan mudah dan menyindari bagian dalam bangunan. Keren sekali. Kamu bisa menikmati 500.000 koleksi buku yang dimiliki perpustakaan megah yang juga diketahui memiliki auditorium ini.

#6 Philological Library at Free University

Rekomendasi Perpustakaan untuk Yang Malas Membaca

Philological Library – Sumber: faena.com

Perpustakaan bergaya unik selanjutnya yang sebaiknya kamu kunjungi adalah Philological Library yang berlokasi di Dahlem, Berlin. Bentuknya seperti sebuah mangkok yang menelungkup dengan dominasi warna perak. Perpustakaan hasil desain arsitek Norman Foster ini resmi dibuka pada tahun 2005 dan memiliki koleksi hingga 750.000 buku. Cukup untuk membuat kamu betah bahkan mungkin lupa waktu, apalagi karena fasilitas kursi sofa yang nyaman dan mendukungmu untuk membaca buku bahkan hingga selesai mungkin. Hehehe.

#7 The Black Diamond

Rekomendasi Perpustakaan untuk Yang Malas Membaca

The Black Diamond – Sumber: kb.dk

Perpustakaan yang paling direkomendasikan karena terlalu epic dari segi bangunan dan suasana adalah The Black Diamond, sebuah perpustakaan megah yang terletak di sisi danau ini bisa kamu kunjungi kalau kamu sedang berada di Denmark. Pada malam hari, pesona perpustakaan ini semakin cantik dan memikat hati. Kamu yang tidak punya hobi membaca bisa jadi langsung jatuh cinta hanya karena sekilas melihat bagunan megah satu ini. Bangunan 7 lantai ini memiliki luas area hingga lebih dari 20.000 meter persegi dan fasilitas auditorium yang diberi nama The Queen’s Hall.

Nah, masih kurang mendukung nih perpustakaan keren yang disebutkan di atas? Bukan hanya lingkungan yang harus mendukung, kamu juga harus memiliki kesadaran dari dalam dirimu sendiri bahwa membaca adalah kebiasaan baik yang harus kamu tanamkan sedini mungkin. Bukan hanya berhenti di kamu, ketika nanti kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak, sebisa mungkin didiklah anak-anakmu untuk senang membaca sehingga mereka memiliki pengetahuan yang luas dan bisa berpikiran terbuka. Tuh kan, nggak rugi memiliki kebiasaan membaca.

No more articles