Vendor asal Tiongkok, Xiaomi, kembali membuat gebrakan. Setelah sukses dengan produk ponsel cerdasnya yang terbukti ampuh namun mudah dijangkau kantong, kini Xiaomi kembali dengan memperkenalkan terobosan hidup sehat mereka, sepeda pintar QiCycle R1. Tidak puas hanya memberi istilah pintar pada ponsel dan perangkat elektronik produksi mereka, sepeda menjadi target berikutnya. QiCycle R1 ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan startup bernama iRing di mana Xiaomi meruapkan pemegang investor terbesarnya. Filosofi di balik pengkarbitan produk satu ini masih sama: mengutamakan keseimbangan harga dan kualitas.

QiCycle R1, Sepeda Pintar nan Menawan dari Xiaomi

Gagahnya QiCycle R1 – Sumber: goowes.co

Meski selama ini Xiaomi terkenal menyuguhkan peralatan canggih dengan harga terjangkau, kamu mungkin akan terkejut kali ini karena Xiaomi memutuskan untuk melepas QiCycle R1 pada harga $3000 atau hampir mencapai Rp40 juta. Apa keunggulan sepeda ini hingga harganya sampai mengalahkan harga sepeda olah raga? Berikut rinciannya.

Shimano Ultegra Di2, Jantung Keunggulan QiCycle R1

QiCycle R1, Sepeda Pintar nan Menawan dari Xiaomi

Stang QiCycle R1 – Sumber: techbox.dennikn.sk

Pada dasarnya, sepeda ini tak terlihat memiliki bentuk yang berbeda secara signifikan jika dibandingkan dengan sepeda pada umumnya. Hanya saja, Xiaomi mendesain dan menyiapkannya secara apik. Sepeda berbobot 7 kg ini kabarnya dibekali dengan teknologi Shimano Ultegra Di2 electronic dan tem dengan ketahanan panas tingkat tinggi. Komponen Shimano Ultegra Di2 ini kabarnya menjadi jantung keunggulan QiCycle R1 dan menjadi alasan mengapa sepeda pintar satu ini dibanderol dengan harga cukup tinggi. Kabarnya, teknologi ini akan membuat perpindahan gigi pada sepeda semudah menjentikkan jari. Penggunanya sudah dipastikan akan menikmati teknologi satu ini karena tidak perlu energi berlebihan untuk memindahkan gigi Rear Derailleur (RD) dan Front Derailleur (FD). Adanya teknologi ini membuat perpindahan gigi akan menjadi cepat, halus, dan presisi tanpa suara motor yang menggerakkan RD.

QiCycle R1, Sepeda Pintar nan Menawan dari Xiaomi

Komponen Shimano Ultegra Di2 – Sumber: wiggle.co.uk

Bahan frame sepeda ini menggunakan serat karbon Mitsubhisi T800 dan komponen gear, rem, hingga rantai produksi Shimano Ultegra. Berbagai komponen premium serta sensor canggih sudah pasti dibenamkan di dalamnya, salah satunya adalah sensor gerak. Fasilitas lain yang akan melengkapi kecanggihan sepeda pintar satu ini adalah pelacakan data yang akurat serta mampu disinkronisasikan dengan aplikasi QiCycle yang ada pada ponsel cerdas.

Serba Terhubung

Sudah bukan hal baru lagi kalau kini beredar berbagai aplikasi dalam ponsel cerdas kita yang membantu kita memantau tubuh agar tetap berada pada kondisi fit dengan memperlihatkan beberapa info penting seperti detak jantung atau banyak langkah yang sudah kita lakukan hari ini. Sama halnya dengan QiCycle R1 ini yang diproyeksikan akan terhubung dengan aplikasi Mi Fit guna memonitoring kegiatan bersepeda bagi penggunanya. Mi Fit sendiri merupakan sebuah aplikasi yang sebelumnya menjadi aplikasi bagi Mi Band. Beberapa hal yang bisa dimonitoring langsung lewat aplikasi Mi Fit ini adalah alarm, sleep tracker, accelerometer, dan berbagai fitur lainnya.

Butuh Versi Murah? Coba QiCycle!

QiCycle R1, Sepeda Pintar nan Menawan dari Xiaomi

QiCycle – Sumber: engadget.com

Nampaknya, harga Rp40 juta untuk sebuah sepeda masih dianggap terlalu tinggi meski sudah dijabarkan mengenai spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki QiCycle R1. Kalau kamu merasa belum mampu untuk mendapatkan sepeda pintar yang satu ini, mungkin QiCycle bisa menjadi opsi. Sekilas namanya memang mirip namun dilihat dari bentuk fisik, QiCycle lebih terlihat sebagai sebuah sepeda santai.

Kalau ditanya soal harga, QiCycle sendiri memang hanya dibanderol Rp6 juta, jauh lebih murah dibandingkan QiCycle R1. Akan tetapi kamu tidak boleh meremehkan sepeda ini. QiCycle dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang didesain mampu terhubung ke ponsel cerdas melalui Bluetooth v4.0. Layar berukuran 1.8 inchi dengan resolusi 160 x 128 pixels juga disematkan pada sepeda ini guna menampilkan informasi terkait kecepatan, jarak tempuh, dan lainnya. Bukan hanya itu, QiCycle juga dilengkapi dengan motor listrik berkapasitas 18.650 mAh dengan waktu pengisian yang relatif singkat yakni 3 saja. Cukup menggoda sebagai alternatif dari QiCycle R1?

Pesaing QiCycle R1, Le Syvrac

QiCycle R1, Sepeda Pintar nan Menawan dari Xiaomi

Le Syvrac – Sumber: evivam.de

Sementara itu, tak mau kalah dengan inovasi dan gebrakan yang dibuat oleh Xiaomi, vendor asal China,  LeEco, baru-baru ini meluncurkan sepeda pintar miliknya yang bertipe sepeda gunung berbasis Android. Le Syvrac sendiri dikabarkan muncul di depan publik dalam ajang CE China di Kota Shenzen pada bulan April tahun ini. Sistem operasi Android sudah terpasang pada komputer yang di-setting di bagian pangkal stang. Layar sebesar 4icnhi ini akan membantu penggunanya dengan memberikan informasi mengenai speedometer, jarak tempuh, cuaca, hingga peta. Android dengan prosesor Quad-Core dan RAM 4 GB hanya sebagian dari teknologi yang dibenamkan pada Le Syvrac. Pemindai denyut nadi, laser pointer, hingga kamera dan pemutar musik pun bahkan tersedia. Alarm dan fasilitas tracking juga tak ketinggalan diberikan guna membolehkan penggunanya mengakses melalui smartphone mereka. Mengenai harga, Le Syvrac sendiri dibanderol dengan harga hingga 2 kali harga QiCycle R1, yakni 39.999 Yuan atau setara lebih dari Rp81 juta untuk varian carbon fiber.

Meski Le Syvrac ditujukan sebagai sepeda gunung sementara QiCycle adalah sepeda untuk kebutuhan harian, bukan berarti Xiaomi tidak perlu mempedulikan kehadiran Le Syvrac ketika QiCycle R1 sudah mengaspal. Keduanya menganut sistem yang sama, sebagai sepeda pintar dengan sistem operasi Android.

Itu dia spesifikasi dan kelebihan dari sepeda pintar QiCycle R1. Memang cukup mahal untuk ukuran sebuah sepeda namun mempertimbangkan teknologi yang dibekalkan pada produk ini nampaknya $3000 sudah cukup setara. Kalau kamu berminat untuk menjadi salah satu pemilik sepeda pintar satu ini, kabar baiknya adalah Xiaomi saat ini sedang memasarkan QiCycle R1 melalui metode crowdfunding dan sudah cukup banyak konsumen yang tertarik jika kita melihat target pendanaannya yang sudah jauh di atas proyeksi. Tertarik?

No more articles