Kebiasaan memotret diri sendiri atau selfie nampaknya semakin tidak bisa dibendung. Hal ini dijadikan kesempatan yang baik bagi sebagian vendor, tak terkecuali Sony. Bulan Mei 2016 ini, Sony kembali menghadirkan inovasi mereka dalam bentuk ponsel cerdas dengan keunggulan utama terletak di kamera sekundernya. Perkenalkan, Sony Xperia XA Ultra yang hadir sebagai jawaban atas kebutuhan dan hasrat selfie tak tertolong para kaum muda kekinian. Ingin tahu seperti apa keanggunan ponsel yang ditargetkan berhasil memasuki segmentasi pasar menengah hingga premium ini?

Puaskan Hasrat Selfie dengan Sony Xperia XA Ultra
Puaskan Hasrat Selfie dengan Sony Xperia XA Ultra – Sumber: sony.com

Spesifikasi Sony Xperia XA Ultra

Dimulai dari bodi, Sony Xperia XA Ultra memiliki dimensi 164.2 x 79.4 x 8.4 mm. Dengan ketebalan yang tidak sampai 1 cm ini menunjukkan desain bodi yang slim dan mudah digenggam. Bobotnya yang hanya sebesar 190 gram semakin menunjang genggaman penggunanya meski material pembuatnya terdiri dari metal dan plastik. Produk ini hadir dengan varian warna White, Graphite Black, dan Lime Gold.

Beralih ke layar sebagai kekuatan utama ponsel cerdas saat ini, Sony membekali Xperia XA Ultra ini dengan tipe layar IPS Capacitive Touchscreen yang mampu menghasilkan 16 juta warna. Ukuran layarnya yang termasuk besar yakni 6 inchi dengan resolusi 1080 x 1920 pixels yang mampu menghasilkan ketajaman warna hingga 367 pixels per inch. Sony juga memberikan perlindungan pada layar produknya dengan Scratch-resistant glass.

Menilik dapur pacunya, Sony Xperia XA Ultra diprogram dengan sistem operasi Android v6.0.1 Marshmallow dan bawaan chipset Mediatek MT6755 Hello P10. Sementara urusan prosesor, Xperia XA Ultra ini sudah menggunakan CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-T860MP2. Prosesor inilah yang menjadi salah satu keunggulan dan kekuatan Xperia XA Ultra sebagai ponsel yang bisa diandalkan untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun game tanpa hambatan berarti. Xperia XA Ultra ini juga memiliki keunggulan dari segi RAM yang berukuran relatif besar yakni 3 GB yang akan berperan untuk meningkatkan kecepatan multitasking ponsel. Memori penyimpanannya sendiri terdiri dari memori internal dan eksternal dengan kapasitas memori internal 16 GB dan memori eksternal bisa mencapai 200 GB tipe microSD.

Untuk urusan konektivitas, Xperia XA Ultra hadir dengan 2 jenis SIM Card, Single SIM untuk tipe Nano-SIM dan Dual SIM untuk tipe Nano-SIM dan Dual Stand-by. GPS yang ditanamkan pada ponsel ini adalah A-GPS, GLONASS, BDS. Fitur lain yang patut kamu pertimbangkan, terutama jika kamu hobi berbelanja adalah adanya fitur NFC di ponsel ini.

Puaskan Hasrat Selfie dengan Sony Xperia XA Ultra
Puaskan Hasrat Selfie dengan Sony Xperia XA Ultra – Sumber: news.softpedia.com

Setelah mengetahui spesifikasi dari bodi dan dapur pacu, mari kita beralih pada spesifikasi fitur yang diunggulkan: kamera. Kamera utama dari Sony Xperia XA Ultra ini memiliki kekuatan yang memang tidak biasa ditanamkan pada ponsel cerdas dari vendor pesaing, yakni kamera dengan ukuran 21.5 Megapixel yang dilengkapi dengan fitur Phase Detection Autofocus, LED Flash, Geo-tagging, Touch Focus, Face Detection, HDR, juga Panorama. Untuk aktivitas merekam dengan menggunakan kamera utamanya, kamu bisa menghasilkan video dengan kualitas 1080p@30fps dan 720p@120fps. Hobi selfie dan tergolong narsis? Andalkan kamera sekunder Xperia XA Ultra ini yang dikenal memiliki ukuran hingga 16 Megapixel dan fitur 1/2.6” sensor size, Autofocus, OIS,dan LED Flash! Dijamin, hasrat selfie-mu akan tersalurkan dengan baik.

Untuk menunjang kemampuan super dari ponsel cerdas ini, Sony menyematkan baterai dengan kapasitas 2700 mAh tipe non-removable Li-Ion yang diklaim mampu bertahan (digunakan normal) selama 2 hari. Keunggulan lain dari  ponsel ini adalah kemampuan dari fitur Quick Charging yang akan memudahkanmu untuk segera menggunakannya meski baru sebentar dalam mengisi ulang dayanya. Fitur lain yang disematkan pada ponsel ini adalah adanya Sensor Accelerometer, Proximity, dan Compass. Selain itu juga ada Mobile BRAVIA Engine 2 serta Clear Audio+.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia XA Ultra

Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula Sony Xperia XA Ultra. Beberapa hal yang merupakan keunggulan Xperia XA Ultra dan perlu kamu pertimbangkan untuk memiliki ponsel cerdas ini antara lain terletak dari segi layar yang relatif besar yakni berukuran 6 inchi dan resolusi Full HD serta mengusung teknologi Bravia Engine 2. Di samping itu ponsel ini sudah mendukung penggunaan jaringan 4G LTE di mana penggunanya bisa berselancar di dunia maya secara lebih cepat. Kamera Xperia XA Ultra dikenal sebagai senjata utama dalam bersaing karena ponsel ini dibekali kamera utama berukuran 21.5 MP dan mengusung fitur Hybrid Autofocus.

Sementara itu di sisi lain, ada beberapa kelemahan yang juga harus kamu ketahui sebagai pertimbangan sebelum memiliki ponsel super ini, di antaranya harganya yang diprediksi akan cukup menguras kantong mengingat segmentasi pasar yang dituju merupakan pasar kelas menengah ke atas. Selain itu, meski kameranya dijagokan sebagai senjata utama dengan ukuran dan resolusi memukau, kamera Xperia XA Ultra belum mendukung kualitas video 4K yang kini mulai dikenalkan pada masyarakat. Kelemahan terakhir yang perlu kamu pertimbangkan terutama bila kamu sudah memiliki stereotip bahwa Sony merupakan vendor ponsel cerdas tahan air adalah Xperia XA Ultra ini tidak dibekali dengan kemampuan untuk bertahan di dalam air serta tidak adanya fitur fingerprint.

Itulah sekilas mengenai Sony Xperia XA Ultra yang baru saja dirilis bulan ini dan dijagokan sebagai ponsel cerdas untuk kamu yang hobi selfie. Sudah siap merogoh kocek dalam untuk memiliki mahakarya satu ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here