Eksotisme Indonesia tersebar dari Sabang hingga Merauke. Tak heran jika membahas destinasi wisata terbaik di Indonesia seolah tak pernah habis. Setelah Raja Ampat berhasil menaklukan hati para wisatawan – termasuk wisatawan internasional – dan Derawan yang ringan hati memberikan keindahan alam tanpa akhir, sekarang saatnya kita berkenalan dengan spot wisata bahari yang sedang jadi primadona di Sumatera. Perkenalkan, Pulau Pahawang, sebuah pulau impian bagi pecinta liburan tenang dan olahraga air.

Pulau Pahawang berada di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Kalau kamu berkunjung ke sini, kamu akan menemukan dua pulau yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Lokasi wisata ini masih asri dan menyimpan begitu banyak potret surga dunia yang masih belum banyak terjamah manusia. Putihnya pasir pantai berpadu dengan jernihnya air laut dan deburan ombak yang menjadi backsound liburan tenangmu pasti akan memberikan kesan berbeda dibanding destinasi wisata lainnya.

Beberapa pulau yang terdapat di kawasan ini adalah Pulau Pahawang Besar, Pulau Pahawang Kecil, Pulau Gosong, dan Pulau Kelagian. Sebagian besar pengunjung akan memilih untuk menginap di Pulau Pahawang Besar karena di pulau ini masih terdapat penduduk setempat yang tinggal. Namun jika kamu lebih menginginkan istirahat yang lebih tenang dan memilih penginapan yang jauh lebih berbaur dengan alam (dan rapi tentunya), homestay maupun cottage yang ada di Pulau Pahawang Kecil juga bisa menjadi alternatif yang kamu pilih.

Akses menuju Pulau Pahawang

Destinasi wisata ini memang tergolong baru, akan tetapi satu hal yang mungkin akan menjadi kabar baik adalah lokasinya yang tidak jauh dari pusat Kota Bandarlampung akan mempermudah kamu dalam mencari penginapan di daerah pusat kota lalu melakukan perjalanan berangkat pagi (menuju Pulau Pahawang) dan pulang sore. Akses untuk menuju Pulau Pahawang dari pusat kota pun tergolong mudah. Kamu bisa langsung menuju destinasi wisata ini dari pusat kota menuju Pantai Klara yang letaknya ada di Kabupaten Pesawaran yang memakan waktu 70 hingga 90 menit perjalanan.

Sesampainya di Pantai Klara, kamu bisa menyewa perahu yang akan mengantarmu menyeberang menuju Pulau Pahawang dengan tarif Rp500.000 per hari. Tenang, perahu ini cukup besar dan sanggup mengantarkan hingga 15 orang sekaligus dalam sekali perjalanan. Kalau kamu tidak ingin kehilangan kesempatan untuk menjadi saksi kehidupan biota laut di perairan Pulau Pahawang, kamu bisa menyewa perlengkapan snorkeling saat menyewa perahu dengan biaya Rp50.000 per orangnya. Lama perjalanan dari Pantai Klara menuju Pulau Pahawang menggunakan perahu ini mencapai 90 menit perjalanan.

Perkenalkan Primadona Wisata Bahari Baru di Lampung, Pulau Pahawang
Pulau Pahawang Kecil – Sumber: kompasiana.com

 

Wisata Bahari Sang Primadona Baru

Pulau Pahawang mulai dikenal wisatawan sebagai surga olahraga snorkeling sebab selain air lautnya yang masih bersih dan jernih, pengunjung diperbolehkan berinteraksi langsung dengan para penghuni laut dan menikmati pemandangan kehidupan biota laut lainnya. Pengunjung bahkan diberi kesempatan untuk membawa roti dan ditaburkan pada saat snorkeling sehingga mengundang ikan untuk mendekat. Snorkeling di Pulau Pahawang menjadi salah satu yang diunggulkan sebab dari kekayaan alam bawah lautnya pun masih sangat terjaga dan beragam biota laut yang jarang kita temui di tempat lain ada di sini.

Sebut saja Ikan Badut atau Anemon (Amphiprion ocellaris atau Amphyprion percula) dan Anemon Ungu (Heteractis magnifica) yang berenang di sekitar terumbu karang. Temui juga beberapa ubur-ubur kecil yang akan banyak ditemui di sekitar Pulau Kelagian. Namun, berhati-hatilah ketika kamu melakukan snorkeling bersama para ubur-ubur ini, karena mereka kerap kali menempel pada kulit tubuh manusia dan bisa menimbulkan rasa gatal dan panas.

Surga bagi Pengabadi Momen Terbaik Alam

Tidak hanya menyenangkan bagi para wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan alam Pulau Pahawang. Kamu yang hobi menangkap momen terbaik alias hobi fotografi pasti akan dimanjakan dengan setiap sudut Pulau Pahawang yang tak pernah gagal memberikan pose terbaik dan kepolosan yang sangat mengundang. Kebersihan yang masih sangat terjaga menjadi salah satu keunggulan Pulau Pahawang sebagai destinasi wisata terbaik yang harus kamu agendakan tahun ini.

Pulau Gosong dan Pulau Kelagian

Selain Pulau Pahawang yang sedang menjadi primadona baru bagi para wisatawan bahari Indonesia, ada beberapa pulau di sekitar lokasi ini yang namanya turut naik daun. Mari berkenalan dengan Pulau Gosong dan Pulau Kelagian. Pulau Gosong sendiri merupakan sebuah pulau yang terbagi dalam pasir putih dengan air laut berwarna toska dan tidak terlalu dalam sehingga kamu bisa menikmati renang di lautan lepas namun tetap aman.

Sementara Pulau Kelagian adalah pulau yang terkenal akan kelembutan pasir putihnya. Lokasi Pulau Kelagian tak jauh dari kota Bandarlampung, hanya sekitar 30 km saja. Untuk menuju Pulau Kelagian, kamu bisa berangkat dari Pantai Klara menggunakan kapal sewaan yang akan mengantarkanmu dalam waktu 20 menit saja. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk menyewa kapal pengantar ini adalah Rp200.000 hingga Rp300.000 dan tarif ini berlaku untuk antar dan jemput. Tiket retribusi yang ditetapkan untuk menikmati pesona Pulau Kelagian pun cukup murah, yakni Rp3.000 per orang saja. Kalau kamu hanya berminat menikmati pemandangan alam yang bersih dan mempesonamu, kamu bisa menyewa sebuah pondok kecil yang letaknya ada di sekitar pantai dengan biaya sewa Rp20.000 saja.

Gimana? Tidak kalah keren kan dibandingkan dengan destinasi wisata bahari di luar negeri? Selain menyuguhkan hal yang sama-sama asri, berlibur dalam negeri juga tidak akan membuat kantongmu menjerit karena harus mengeluarkan dana yang besar. Sebelum kamu mengeksplorasi berbagai tempat di luar Indonesia yang (katanya) menyuguhkan pengalaman wisata bahari berbeda dari yang lain, kenapa tidak coba menjelajahi setiap sudut negeri ini dulu?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here