Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini iPhone cukup mendapat perhatian para pengguna gadget sebagai salah satu perangkat yang cukup penting serta bergengsi – melihat kemampuannya yang bisa mencakup beberapa fungsi alat elektronik sekaligus. Meski harganya pun tidak bisa dibilang murah, namun banyak orang tetap menginginkan produk hasil karya Steve Jobs ini sebagai bagian dari hidup mereka. Tak heran pula dengan kecanggihan ini, banyak beberapa kalangan yang dianggap menyimpang dari target pasar Apple turut menginginkan barang ini menjadi miliknya. Sebut saja para pelajar yang kini memiliki keinginan dan minat yang cukup tinggi terhadap iPhone. Hal ini terbukti dari antusias mereka menyambut setiap rilisnya seri iPhone terbaru.

Salah satu fitur pada iPhone yang kerap dipuja-puja oleh para penggunanya adalah fitur kameranya yang memang terbukti sangat mumpuni untuk menangkap gambar, kemudian penyajiannya juga cukup apik dengan komposisi warna yang mendekati sempurna. Bahkan hasil gambar pada iPhone bisa disandingkan dengan hasil potret kamera DSLR. Kali ini, sebagai perbandingan kita bisa membandingkan hasil kamera iPhone 6s dengan kamera DSLR milik Nikon dengan seri D750.

Apple telah berhasil menghadirkan sebuah smartphone yang dilengkapi dengan fitur kamera yang begitu memukau hingga bisa digunakan untuk rekaman gambar video kualitas 4K. Kamu bisa salah besar ketika menganggap kamera digital Nikon menang telak bila dibandingkan dengan kamera iPhone yang kerap dianggap sebagai kamera smartphone biasa.

Baca Juga: ASUS A456, Notebook Elegan dengan Intel Skylake dan USB Type C

Fitur kamera yang memungkinkan iPhone 6s merekam gambar dengan kualitas 4K ini jelas menghasilkan rekaman dengan kualitas yang sangat memuaskan. Sayangnya, fitur ini belum dilengkapi dengan OIS atau Image Optical Stabilization yang fungsinya mengurangi guncangan saat perekaman. Perlu diketahui bahwa fitur kamera iPhone 6s juga dilengkapi dengan fitur Shutter Speed Super Responsive seperti yang biasa ada pada kamera SLR digital, sehingga dapat menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik.

Hasil perbandingan pengambilan gambar oleh kamera SLR digital Nikon D750 dengan kamera iPhone 6s bisa diadu, bahkan kamu mungkin tidak percaya dengan kualitas gambar yang terlihat serupa. Rasanya seperti lelucon? Memang iya. Bahkan hasil foto yang didapat dengan menggunakan kamera iPhone 6s bisa mengalahkan rekaman video yang diambil dengan menggunakan kamera DSLR. Dalam sebuah video yang dibuat oleh Lee Morris dari Fstoppers, terlihat bahwa kamera iPhone 6s dapat mengungguli kamera DSLR Nikon D750 yang baru saja dirilis pada akhir tahun lalu.

Perbandingan Video 4K iPhone 6s vs Nikon D750

Jika kamu berpikir bahwa kamera Nikon D750 akan menang secara mudah, kamu perlu berpikir lagi. Berdasarkan video di atas, iPhone 6s telah berhasil unggul telak dari Nikon D750 untuk merekam Video 4K. Hal ini didasari karena Apple memang menghadirkan fitur 4K video recording terbaru dalam iPhone terbaru kali ini. Namun, tidak ada yang menyangka bila smartphone ini bisa mengalahkan sebuah kamera professional milik Nikon tersebut. iPhone 6s mampu merekam dengan warna yang lebih tajam dan kontras dibanding hasil kamera DSLR. Keunggulan iPhone ini bisa jadi karena Apple memang menghadirkan prosesor gambar baru yang lebih powerful. Selain itu, fitur 4K optimization juga telah membuktikan bisa merekaman video 4K lebih cerah dibanding DSLR.

Baca Juga: Ini Kelebihan dan Kekurangan Layanan Netflix yang Harus Diketahui!

Namun sayangnya tes ini bisa dikatakan tidak begitu adil. Pasalnya, tes ini dilakukan dalam kondisi cahaya yang kurang ideal. Mungkin apabila cahaya cukup ideal, Nikon D750 bisa menjadi yang terbaik dan mengalahkan iPhone 6s. Tetapi terlepas dari hal tersebut, hasil tes juga semakin membuktikan bahwa smartphone sudah bisa mengimbangi bahkan mengalahkan kamera DSLR. Kamu bisa merekam sebuah video tanpa harus menggunakan perangkat yang mahal seperti DSLR. Cukup dengan iPhone 6s saja, kamu sudah bisa merekam video 4K dengan hasil yang lebih jernih dan tajam.

iPhone Vs DSLR – Soure: businessinsider.com

Seperti yang kita ketahui, Apple iPhone 6s memang hadir dengan seabrek fitur unggulan seperti kamera utama sebesar 12 MP. Seperti kebanyakan flagship Android lainnya, kamera iPhone 6s juga mumpuni dipakai untuk merekam video 4K. Salah satu perangkat Android yang mampu digunakan untuk merekam video 4K ialah Samsung Galaxy Note 5. Kamera ini juga telah dilengkapi dengan Phase Detection Auto-focus, Dual-LED (dual tone) Flash, geo-tagging, Simultaneous 4K Video, 8MP Image Recording, Touch Focus, Face/Smile Detection, HDR (photo/panorama) Video 2160p@30fps, 1080p@60fps,1080p@120fps, dan 720p@240fps. Sedangkan kamera depannya dipersenjatai dengan kamera sebesar 5 MP yang dilengkapi beberapa fitur seperti 1080p@30fps, 720p@240fps, Face Detection, HDR, dan Panorama.

Dengan kualitas dari segi kamera saja yang sudah mengungguli DSLR sekelas Nikon D750, maka tak heran bila iPhone 6s dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Apalagi dengan fitur-fitur lainnya yang cukup unggul jika dibandingkan dengan pesaingnya. Saat ini iPhone 6s dibanderol dengan kisaran harga sekitar $649 untuk iPhone 6s 16 GB, $749 untuk iPhone 6s 64 GB, dan $849 untuk iPhone 6s 128 GB. Sedangkan kamera DSLR Nikon D750 memiliki sensor 24,3 MP CMOS. Kamera ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 30 juta.

Bisa dibilang bahwa ukuran megapiksel memang bukan satu-satunya faktor yang dapat menentukan kualitas gambar hasil jepretan sebuah kamera. Namun juga ada beberapa faktor lain yang dapat menentukan kualitas gambar hasil jepretan kamera, seperti lensa, sensor, ukuran piksel, aperture, image processor, dan software. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu suka dengan hasil jepreten kamera iPhone 6s atau kamera DSLR milik Nikon? Tentu saja semuanya kembali kepada selera masing-masing individu, ya. Perbandingan kamera tadi hanya sebagai review dari sebagian pihak. Pilihan sepenuhnya tetap ada padamu.

Baca Juga: Review Acer Predator 8, Tablet Gaming dengan 4 Speaker Menggelegar

No more articles