Pendatang Baru di Kancah Action Cam dari LG
LG Action Camera – via cnet.com

Keberadaan Action Cam atau kamera outdoor kini bukan hanya untuk tujuan penggunaan kegiatan outdoor semata. Action cam yang banyak beredar di pasar kini justru lebih diterima sebagai kamera gaya hidup, kamera gaya-gayaan terutama bagi kalangan muda. Harganya yang relatif mahal seolah menaikkan status sosial penggunanya. Kalau kamu sering menemui foto seseorang yang mengambil gambar dirinya dari sebuah sudut namun mata justru mengarah pada smartphone mereka. Itulah secuil gambaran dari tren narsis yang sedang berkembang saat ini setelah hadirnya kamera semacam GoPro dan Xiaomi Yi.

Bukan hanya tren narsis yang berkembang, para vendor pun kini merambah dan melebarkan sayap mereka untuk juga terjun dalam produksi action camera, salah satunya adalah LG yang diketahui telah melepas produk LG Action Cam LTE mereka di pasaran. Seperti apa action cam keluaran LG ini? Yuk ikuti terus ulasannya.

Spesifikasi LG Action Cam LTE

Pendatang Baru di Kancah Action Cam dari LG

Dilihat dari segi bodi, LG Action Cam LTE ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda dibandingkan dengan GoPro maupun Xiaomi Yi. LG Action Cam LTE ini memiliki bodi dengan bentuk tabung berdasar segi empat dengan ujung lensa kamera. Bodinya cukup ergonomis dan dinilai tahan terhadap kondisi apa pun bahkan ketika digunakan tanpa perlindungan casing. Dengan ukuran dimensi 35 x 35 x 78 mm dan bobotnya yang bahkan tidak sampai 100 gram ini, LG Action Cam menjadi begitu mudah digenggam dan dibawa. Mengapa kamera ini layak kamu pilih sebagai rekan aktivitas outdoor? Tentu karena sertifikasi IP67 yang menjamin ketahanan produk terhadap air meski berada dalam kedalaman 1 meter selama 30 menit. Selain itu LG Action Cam ini juga dikenal tahan debu dan tahan pasir. Perangkat pendukung lain yang perlu kamu miliki untuk mendukung penggunaan LG Action Cam ini adalah casing anti air dan mount atau dudukan yang dirancang untuk bisa dipasang pada berbagai benda.

Kamera jelas menjadi tameng utama LG meluncurkan produknya satu ini. LG Action Cam menawarkan kekuatan kamera berukuran 12.3 MP dengan bukaan 1/2.3 inch. Keunggulan lain yang menjadi kekuatan utama LG Action Cam adalah hadirnya fitur konektivitas LTE dan 3G yang bisa digunakan untuk melakukan live streaming footage dengan resolusi maksimal 720p pada 30fps. Berbeda dengan produk pesaing seperti GoPro yang mengandalkan konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi, LG Action Cam hanya membutuhkan koneksi seluler.

Untuk kebutuhan video recording, LG Action Cam bisa menangkap gambar hingga 120 frame per second pada kualitas HD, 60 frame per second pada FHD, dan 30 frame per second pada UHD. Sementara untuk kebutuhan video live streaming kamera ini mampu menangkap gambar 30 frame per second pada kualitas HD.

Pendatang Baru di Kancah Action Cam dari LG
Action Camera Pertama dengan Konektivitas 4G LTE – Via cnet.com

Bagaimana dengan memori penyimpanannya mengingat spesifikasi kamera ini, terutama pada kamera itu sendiri terbilang cukup besar? LG tak luput menyematkan memori penyimpanan dalam bentuk microSD yang bisa mencapai 2 TB. Iya, bukan lagi GygaByte namun sudah menyentuh TeraByte. Sementara itu RAM yang dimiliki kamera ini berukuran 2 GB dan ROM 4 GB. Semua kemampuan LG Action Cam ini juga didukung dengan penggunaan baterai dengan kapasitas mencapai 1.400 mAh. Baterai yang disematkan ini bisa membuat penggunanya merekam video dengan resolusi Full HD selama 4 jam tanpa henti!

Sudah menginginkan produk ini sampai di tanganmu? Sabar dulu. LG Action Cam baru akan dirilis pada bulan Juni 2016, itu pun baru di negara asalnya, Korea. Ada kemungkinan LG Action Cam ini juga akan hadir di Indonesia mengingat kepopuleran action cam yang dilepas di pasaran Indonesia diterima dengan baik oleh masyarakat kita, terutama kalangan muda yang menginginkan produk terkini untuk mendongkrak eksistensi mereka. Harganya pun belum bisa diketahui secara pasti namun ada kemungkinan banderolan harga yang ditetapkan pada kamera ini relatif tinggi sebab LG Action Cam ini diprediksi akan bermain pada level atas.

Bandingkan dengan Pesaing

Berbicara mengenai produk baru, tidak salah jika kemudian kita membandingkannya dengan produk sejenis yang menjadi pesaingnya. GoPro dan Xiaomi Yi adalah dua vendor yang turut bermain pada kelas produk Action Cam dan kehadirannya sama-sama diterima masyarakat kita untuk keunggulan masing-masing. Bagaimana jika kita membandingkan LG Action Cam, GoPro Hero4, dan Xiaomi Yi berdasar pada beberapa spesifikasi masing-masing?

Dimulai dari ukuran kameranya, GoPro Hero4 dibekali kamera berukuran 13MP, sementara Xiaomi Yi 16MP, dan LG Action Cam 12.5 MP. Viewing angle untuk GoPro Hero4 adalah 170 derajat, Xiaomi Yi 155 derajat, dan LG Action Cam 150 derajat. Untuk memori penyimpanan, LG Action Cam memang menjadi juara mutlak dengan kapasitas penyimpanan yang bisa mencapai 2TB sementara GoPro Hero4 dan Xiaomi Yi sama-sama hanya bisa mencapai 64GB. Bobot fisik dijuarai oleh Xiaomi Yi yang hanya seberat 72 gram, disusul LG Action Cam yang bobotnya mencapai 95 gram dan GoPro Hero4 seberat 147 gram. Urusan baterai dimenangkan oleh LG Action Cam dengan kapasitas 1.400 mAh, sementara kapasitas baterai GoPro Hero4 hanya 1060 mAh dan Xiaomi Yi 1100 mAh.

Setiap produk memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing dan pilihan tergantung padamu. Kebutuhan setiap orang berbeda, begitu pula dengan kemampuan finansialnya. Bukan yang termahal yang terbaik, yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu itulah yang paling baik untukmu. Jadi, kalau LG Action Cam sudah mendarat di Indonesia, yang mana pilihanmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here