Menjadi orang paling kaya di dunia mungkin mimpi sebagian orang. Dengan memiliki kekayaan, kita bisa memenuhi semua kebutuhan dan keinginan kita. Tidak ada lagi kata kekurangan. Namun tentunya untuk mencapai mimpi tersebut harus ada usaha yang diberikan. Butuh inspirasi untuk mulai beraksi? Well, mungkin kamu harus menilik kisah dari 20 orang terkaya di dunia tahun 2016 ini. Perlu diketahui bahwa memang tidak semua orang kaya di dunia ini melalui proses yang panjang dan sulit, bisa jadi mereka sekadar menerima warisan. Namun, kami akan memberikan sisi terbaik yang bisa kamu pelajari dari konglomerat terbaik dunia ini.

#1 Bill Gates (US$ 79.2 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Bill Gates – Sumber: bgr.com

Tentu saja, siapa yang tidak tahu orang nomor satu di dunia ini? Inventor Microsoft ini memegang gelar sebagai orang terkaya di dunia dalam beberapa tahun.Kekayaannya diketahui mencapai US$ 79.2 miliar atau setara dengan lebih dari Rp 1.000 triliun di tahun 2016. Tak heran jika namanya tercantum dalam daftar 20 orang terkaya di dunia tahun 2016.

Tahukah kamu sebelum dia bisa sekadar bersantai di teras namun tetap berpenghasilan besar seperti saat ini dia pernah mengalami drop out dari kampusnya bahkan rela tidur 3 hingga 4 jam dalam seminggu untuk menyelesaikan proyek Microsoft yang kini memberinya nafkah? Well, kalau usahamu sekuat dan segigih Bill Gates, apa yang tidak mungkin untuk menjadi kaya?

#2 Carlos Slim Helu (US$ 72,9 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Carlos Slim Helu – Sumber: forbes.com

Angkanya berbeda sedikit dengan kekayaan Bill Gates. Carlon Slim Helu dikenal sebagai pengusaha dari perusahaan telekomunikasi bernama Telefonos de Mexico, Telcel, serta America M¢vil. Bisa dikatakan ketangguhannya diturunkan dari darah sang Ayah, Yusef Salim Haddad. Slim juga diketahui menyabet beberapa penghargaan seperti Merit Medal of Honor, Golden Plate Award, hingga Leopold II Commander Medal.

#3 Warren Buffet (US$ 66.7 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Warren Buffet – Sumber: insight.choiceindia.com

Kalau kamu sangat tertarik dengan dunia investasi, nama Warren Buffet pasti sudah tidak asing. Buffet adalah seorang pengusaha yang sangat terkenal akan kemampuannya untuk menambahkan nilai uang dan berinvestasi. Ia juga dikenal sebagai pemilik Berkshire Hathaway. Kabarnya, total kekayaan Buffet hingga tahun ini mencapai US$ 66.7 miliar atau setara dengan Rp 926 triliun. Apa yang bisa dipelajari dari Buffet? Tentu saja sikap kerja kerasnya yang tercermin dari kemauan untuk berusaha mencari uang sendiri ketika umurnya masih 11 tahun dengan menjadi loper koran.

#4 Larry Ellison (US$ 49,3 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Larry Ellison – Sumber: money.cnn.com

Konglomerat selanjutnya juga dikenal sebagai seorang pengusaha dari Amerika serikat. Larry Ellison merupakan pendiri yang merangkap sebagai pemilik Perusahaan Oracle, sebuah perusahaan IT. Total kekayaan Ellison bahkan mencapai US$ 49.3 miliar atau setara dengan Rp 685 triliun. Apakah dia terlahir kaya? Tentu saja tidak. Ia bahkan diketahui pernah mengawali karirnya dengan bekerja sebagai karyawan di Perusahaan Ampex. Inilah yang menjadikan Ellison cukup kuat untuk mencantumkan namanya sebagai salah satu dari 20 orang terkaya di dunia tahun 2016.

#5 Jeff Bezos (US$ 46,7 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Jeff Bezos – Sumber: businessinsider.com

Pernah belanja dan melakukan transaksi di Amazon.com? Kalau iya, kamu telah menyumbang kekayaang bagi Jeff Bezos, pendiri dan pemilik situs belanja online dunia tersebut. Kekayaan Bezos dari hasil usahanya bahkan mencapai US$ 46.7 miliar atau setara dengan Rp 645 triliun, untuk tahun 2016 saja. Keren sekali!

#6 Charles dan David Koch (US$ 44.3 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Charles David Koch -Sumber: kochnews.com

Dua bersaudara ini membangun sebuah perusahaan industri yang dikenal dengan nama Koch Industries. Jaringannya bahkan sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia dan menyasar beberapa bidang usaha seperti investasi, manufaktur, minyak, bahkan perdagangan komoditas. Aktivitas perusahaan yang beragam itu menghasilkan kekayaan cukup besar bagi keduanya yaitu sekitar US$ 44.3 miliar atau setara dengan Rp 615 triliun.

#7 Liliane Bettencourt (US$ 40,9 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Liliane Bettencourt – Sumber: richestcelebrities.org

Wanita satu ini adalah wanita terkaya di dunia setelah beberapa pria yang menduduki posisi teratas sebagai konglomerat dunia tahun 2016. Ia dikenal sebagai pemilik perusahaan dan bisnis kosmetik yaitu L’Oreal. Di tahun 2016 saja, kekayaan wanita ini telah mencapai US$ 40.9 miliar atau setara dengan Rp 568 triliun.

#8 Michael Bloomberg (US$ 37,2 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Michael Bloomberg – Sumber: conservativeintel.com

Bloomberg juga dikenal sebagai pengusaha dari Amerika Serikat dan pernah menjabat sebagai Wali Kota New York untuk periode tahun 2002 hingga 2014. Perusahaannya bernama Bloomberg L.P. dan saat ini Bloomberg dikenal sebagai pemimpin di pasar keuangan. Kekayaannya tercatat mencapai US$ 37.2 miliar atau setara dengan Rp 516.5 triliun.

#9 Christy dan Jim Walton (US$ 36.8 Miliar / US$ 36.1 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Christy dan Jim Walton – Sumber: forbes.com

Keduanya merupakan anak dari Sam Walton yang dikenal sebagai pemilik ritel Wal-Mart. Kekayaan Christy berasal dari kepemilikan saham perusahaan ayahnya dan memberikan kontribusi sebesar US$ 36.8 miliar atau setara dengan Rp 511 triliun. Sementara Jim Walton memiliki kekayaan bersih dari saham Wal-Mart sebesar US$ 36.1 miliar atau setara dengan Rp 501 triliun.

#10 Mark Zuckerberg (US$ 35,7 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Mark Zuckerberg – Sumber: relevantmagazine.com

Tentu saja. Siapa yang tidak kenal dengan inventor Facebook ini? Meskipun masih sangat muda ketika pertama kali namanya tercantum sebagai salah satu orang terkaya di dunia, hal itu tak menyurutkan semangat dan usahanya untuk terus berkarya dan mengumpulkan kekayaannya. Tahun 2016 ini, Zuckerberg diketahui memiliki kekayaan hingga mencapai US$ 35.7 miliar atau setara dengan Rp 496 triliun.

#11 Sergey Brin (US$ 34,3 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Sergey Brin – Sumber: edumongoose.com

Dengan mesin pencari Google-lah kita mendapatkan informasi yang sangat banyak dan berharga. Berterima kasihlah pada Sergey Brin yang merupakan inventor mesin pencari internet raksasa ini. Dengan penemuan dan hasil karyanya yang hingga saat ini dijadikan andalan oleh para pengguna internet, Brin memiliki pendapatan yang fantastis yaitu mencapai US$ 34.3 miliar atau setara dengan Rp 476 triliun di tahun 2016 ini.

#12 Wang Jianlin (US$ 32,7 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Wang Jianlin – Sumber: bloomberg.com

Orang kaya berikutnya adalah pengusaha dan pebisnis asal China bernama Wang Jianlin yang diketahui memiliki kekayaan mencapai US$ 32.7 miliar atau setara dengan Rp 454 triliun. Usahanya dalam bidang real estate serta properti ini menjadikan Jianlin juga sebagai salah satu orang terkaya di China. Bahkan kabarnya kekayaan Jianlin meningkat drastis sejak keputusannya untuk bergabung di Wanda Group.

#13 Sheldon Adelson (US$ 28,9 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Sheldon Adelson – Sumber: forbes.com

Adelson juga diketahu sebagai seorang pengusaha yang bergerak di bidang pengembangan properti serta dikenal sebagai CEO perusahaan publik di Nevada. Pria kebangsaan Amerika Serikat ini bahkan masih menambahkan posisinya sebagai Chairman serta CEO Las Vegas Sands Corp. Segala usahanya memmbuahkan hasil berupa kekayaan yang hingga tahun 2016 ini telah mencapai US$ 28.9 miliar atau setara dengan Rp 401 triliun.

#14 Li Ka-shing (US$ 26,6 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Li Ka-Shing – Sumber: uk.businessinsider.com

Pengusaha asal Hongkong ini menempati urutan selanjutnya sebagai salah satu orang paling kaya di dunia tahun 2016. Li Ka-Shing dikenal sebagai pengusaha di bidang indutri mainan dan plastik. Hasil usahanya memberikan kontribusi kekayaan hingga mencapai US$ 26.6 miliar atau setara dengan Rp 369 triliun. Bahkan Ka-Shing juga diketahui pernah mendapat penghargaan dari Majalah Forbes sebagai orang terkaya di Asia Timur.

#15 David Thomson (US$ 26,1 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

David Thomson – Sumber: winnipegfreepress.com

Namanya dikenal sebagai pemimpin di perusahaan Thomson Corporation yang merupakan salah satu perusahaan informasi terbesar di dunia. Meski ia dikenal menerima warisan dari sang kakek, namun David membuktikan bahwa dirinya tidak sekadar mengandalkan kuasa dari sang kakek. Ia pernah menjalani magang di instansi pemerintahan Kanada, bekerja di Hudson Bay Company, juga di Perusahaan Zeller. Hasil kerja kerasnya membuahkan hasil berupa kekayaan yang hingga tahun 2016 terkumpul mencapai US$ 26.1 miliar atau setara dengan Rp 362 triliun.

#16 Forrest Mars, Jr (US$ 25,8 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Forrest Mars – Sumber; blogcdn.com

Ia dikenal sebagai salah satu pemilik perusahaan Mars Inc, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi permen dan cokelat. Beberapa produknya seperi M&Ms, Snickers, dan Milky Way adalah segelintir produk Mars Inc yang mendunia dan begitu disukai banyak orang. Selain memproduksi permen dan cokelat, Mars Inc juga memproduksi makanan hewan dalam kemasan yang diberi merek Pedigree dan Whiskas. Produksi dan penjualan produk perusahaan ini menyumbang kekayaan kepada Forrest Mars, Jr, sebesar  US$ 25.8 miliar atau setara dengan Rp 358 triliun.

#17 Jacqueline Mars (US$ 25,8 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Jacqueline Mars – Sumber: ibtimes.co.uk

Ia masih memiliki hubungan darah dengan Forrest Mars, Jr. Jacqueline Mars dikenal sebagai perempuan terkaya nomor 2 di dunia dari perusahaan permen yang didirikan oleh sang Kakek. Hasil pengelolaan perusahaan permen ini menyumbang kekayaan yang sama dengan saudara laki-lakinya yaitu sebesar US$ 25.8 miliar atau setara dengan Rp 358 triliun.

#18 Jorge Paulo Lemann (US$ 24,3 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Jorge Paulo Lemann – Sumber: richestnetworth.org

Namanya dikenal sebagai pengusaha dari Brasil yang bergerak di bidang bisnis produksi bir. Di samping profesinya sebagai pengusaha, Lemann juga dikenal sebagai seorang bankir. Tahun 2010, perusahaan milik Lemann yaitu 3G Capital berhasil mengakuisisi Burger King Holdings, Inc dengan nilai US$ 4 miliar dan pada tahun 2013 juga mengakuisisi perusahaan HJ Heinz dengan nilai US$ 28 miliar. Hingga tahun 2016, Lemann diketahui menyimpan kekayaan yang mencapai US$ 24.3 miliar atau setara dengan Rp 337.2 triliun.

#19 George Soros (US$ 24,2 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

George Soros – Sumber: slate.com

Soros dikenal sebagai seseorang yang ahli dalam bidang keuangan serta pakar investasi valuta asing. Karirnya tidak didapat sekadar menunggu warisan orang tua. Ia pernah bekerja sebeagi pelayan toko dan juga di bank. Keputusannya untuk pindah ke New York dan memulai hidup dengan bekerja sebagai analis perusahaan Wertheim membimbing Soros menemukan keahliannya yang kini memberikan pendapatan untuk hidupnya. Tahun 2016, Soros diketahui memiliki kekayaan sebesar US$ 24.2 miliar atau setara dengan 336 triliun.

#20 Lee Shau Kee (US$ 24,1 Miliar)

Orang Terkaya di Dunia Tahun 2016

Lee Shau Kee – Sumber: amazonaws.com

Pengusaha asal Hongkong ini dikenal sebagai pengembang real estate paling besar di Hongkong. Usaha real estate ini dimulai tahun 1963 dan terus berkembang hingga sepuluh tahun kemudian ia berhasil menjalar pada bisnis lain. Tahun 1981, grup perusahaannya termasuk dalam Hong Kong Stock Exchange dan sejak saat itulah laju bisnis Lee Shau Kee tak terhentikan. Ia berhasil mengakuisisi banyak perusahaan, membangun usaha baru mulai dari perusahaan investasi, pusat perbelanjaan, dan jasa pengamanan. Bisnis yang dijalankannya ini mengumpulkan kekayaan baginya yang mencapai US$ 24.1 miliar atau setara dengan Rp 334.4 triliun.

Melihat kisah perjuangan hidup dari beberapa orang paling kaya di dunia ini, kita jadi lebih tahu bahwa kejayaan mereka tidak didapat dengan mudah. Mungkin kita tahu beberapa orang yang mendapatkan kekayaan berdasarkan warisan, namun jika tidak mampu mengelola dan mengembangkan usaha tersebut, tetap tidak akan bisa menjadi orang yang sukses. Tentu saja hal ini memberikan pelajaran bagi kita, bahwa tidak ada kesuksesan yang bisa didapat dengan mudah. Semua hal yang baik pasti membutuhkan usaha. Seberapa besar usaha itu kita jalankan berbanding lurus dengan kesuksesan yang akan kita raih.

No more articles