Sampai ke warga dunia, memang udah rahasia umum kalau Bali selalu jadi tempat wisata yang menarik dan selalu mengundang rasa untuk kembali. One is never enough, apalagi kalau wisata ke sini belum sampai ke daerah pelosoknya yang justru menyimpan keindahan yang hakiki. Kita pun tahu kalau Pulau Dewata ini punya pesona tersendiri yang terpancar dari berbagai hal: kecantikan alam, budaya, kebiasaan sosial, kentalnya ritual keagamaan, dan tentunya oleh-oleh.

Memang, ke mana pun kita wisata, selalu ada hal yang bisa dibeli dan dijadikan oleh-oleh. Di Bali sendiri, sebenarnya ada banyak hal yang bisa dijadikan buah tangan buat keluarga dan teman-teman di tempat asal. Pie susu Bali adalah buah tangan yang paling sering dipilih karena relatif murah dan hampir bisa dipastikan tidak akan terbuang sia-sia. Tapi, pilihan oleh-oleh makanan memang punya kelemahan tidak tahan lama.

Kalau kamu merasa oleh-oleh ini cukup berisiko busuk ketika hendak diberikan pada rekanmu, mungkin akan lebih baik kalau kamu memberi mereka oleh-oleh yang lebih bermanfaat daripada sekadar memuaskan lidah atau mengenyangkan perut. Kayak apa? Kayak oleh-oleh ini.

1. Pernak-pernik JOGER

Yep! JOGER bisa dikatakan jadi salah satu ciri khas Bali. Brand yang terkenal dengan tagline “JOGER Jelek Bali Bagus” ini adalah sebuah tempat di Bali yang menjual berbagai macam hal, mulai dari pakaian, tas, sandal, mug, dan berbagai pernak-pernik Bali. Kurang lengkap kalau ke Bali tapi nggak ke JOGER.

Kenapa JOGER sering jadi alternatif oleh-oleh Bali? Satu, barang-barang yang dijual JOGER cenderung awet – iyalah kan bukan makanan. Dua, JOGER punya produk-produk yang bermanfaat dan punya keunikan tersendiri dari kata-kata nyentrik yang menjadi desainnya. Pilihan JOGER sebagai oleh-oleh khas Bali bisa dibilang tepat deh karena bukan hanya bermanfaat, harga barang di JOGER juga realistis dan terjangkau mengingat kualitasnya yang nggak ecek-ecek.Oleh-oleh Khas Bali - Jogger

2. Batik Bali

Kerajinan Batik sejatinya bukan milik budaya Solo, Yogyakarta, atau Pekalongan aja. Bali juga punya kerajinan dan kesenian Batik yang bisa kamu beli dalam bentuk kain maupun pakaian jadi. Ini bisa jadi alternatifmu memberikan buah tangan untuk keluarga atau rekan – mungkin juga bosmu – di tempat asal.

Dimana beli Batik Bali yang oke punya? Ada beberapa lokasi yang bisa kamu jadikan referensi untuk beli Batik Bali yang bagus. Misalnya di Galuh Batik, Tenun, dan Oleh-oleh yang ada di daerah Gianyar. Di sini ada banyak pilihan kain oleh-oleh termasuk Batik Bali yang kamu dambakan. Lokasinya yang nyaman bisa jadi pertimbangan kalau kamu kurang mau disuruh desak-desakan dan panas-panasan. Tapi, kalau mau lebih hemat sedikit, kamu bisa datang ke Pasar Kumbasari yang lokasinya berada di kota Denpasar. Pasar ini bisa jadi alternatifmu cari oleh-oleh murah kalau kamu bukan tipe orang yang pintar nawar.

3. Kain dan Baju Bali – terutama Baju Barong!

Alternatif kedua yang bisa jadi saran oleh-oleh khas Bali adalah baju Barong dan kain khas Bali. Kedua pilihan ini bisa didapatkan dengan mudah, terutama kalau agenda wisatamu di Bali mengunjungi pasar khas Bali seperti Pasar Sukowati. Harganya super duper murah untuk ukuran kaos oleh-oleh. Selain itu Baju Barong juga dibuat dalam berbagai pilihan warna.

Kain Bali juga bisa jadi pilihan oleh-oleh. Selain kain Bali dalam bentuk kain untuk santai di pantai, kamu juga bisa memilih kain etnik dari Bali yang bisa digunakan untuk keperluan formal. Kain etnik ini biasa dikenal dengan sebutan Kain Endek Bali yang dibuat dengan cara ditenun dan tersedia dalam berbagai warna serta pola. Harga kain etnik ini bermacam-macam tergantung pada kualitas benang. Biasanya kain ini juga dijual dalam ukuran per meter sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Baju Barong Bali – Sumber: Bukalapak

4. Kerajinan Perak Celuk

Ini apaan sih? Buat kamu yang belum tahu, nih Keypoo bisikin. Bali itu punya sentra kerajinan perak yang lokasinya ada di daerah Celuk. Jadi, Kerajinan Perak Celuk ini adalah alternatif oleh-oleh berbagai bentuk yang dibuat dari perak. Kebanyakan barang yang dibuat di sini dalam bentuk perhiasan. Nggak melulu harus jadi oleh-oleh, kamu pun bisa menjadikan ini salah satu barang perhiasan yang akan mempercantik penampilan.

Selain perhiasan, perak di sini juga dibuat sebagai barang kerajinan seni berbagai bentuk, misalnya seperti berbagai peralatan dapur. Kerajinan perak di sini juga ada yang dibuat sebagai miniatur kendaraan semacam delman, becak, perahu, dan lain-lain. Ini bisa jadi alternatif oleh-oleh untuk rekan atau keluarga yang hobi mengoleksi barang-barang unik dari berbagai daerah.

5. Mukena Bali

Meskipun mayoritas penduduk Bali menganut kepercayaan Hindu, tapi salah satu barang khas yang sering dijadikan oleh-oleh dari Bali adalah Mukena Bali. Pasar Seni Sukowati digadang-gadang jadi tempat kamu bisa mendapatkan Mukena Bali yang cantik dan berkualitas bagus. Pilihan warna yang beragam dengan motif yang banyak menjadikan kamu lebih leluasa memilih produk mana yang cocok untuk hadiah per orangan. Mukena Bali ini juga diproduksi dalam berbagai ukuran. Harganya pun tidak mahal. Di pasar ini biasanya disepakati harga mukena sekitar Rp60 ribu hingga Rp100 ribu per pasang, tergantung pada jenis bahan yang digunakan.

6. Kopi Kintamani

Loh katanya bukan makanan? Ini kopi emangnya tahan lama apa?

Iya, Keypoo berusaha memberikan alternatif oleh-oleh Bali yang terjangkau tapi juga tahan lama. Kopi Kintamani merupakan salah satu oleh-oleh yang tergolong tahan lama – selama penyimpanannya menghindarkan bubuk kopi dari air, udara lembap, dan juga paparan sinar matahari langsung.

Ada banyak referensi merek Kopi Kintamani di Bali, sebut saja Ranin, Kebon Kopi, Wildberry, Sentra Kopi, Coffee Toffee, Fry and Roast, Largo Speciality, JJ Royal, Otten, dan Khatulisttiwa Coffee. Setiap merek punya cita rasa yang berbeda, jadi kamu bisa membeli setiap merek Kopi Kintamani ini yang dibanderol dengan kisaran harga sekitar Rp60 ribu sampai Rp120 ribu per kemasan (netto berbeda setiap merek).

Kopi Kintamani (kopkin) Khas Bali

7. Bali Home Spa

Rekomendasi pilihan oleh-oleh khas Bali selanjutnya adalah Bali Home Spa. Memang di pasaran kota-kota besar sudah banyak beredar produk home spa khas Bali dengan merek-merek tertentu, tetapi pilihan merek Bali Home Spa sebagai spa natural ini belum banyak ditemui di pasaran kota besar. Tentunya ini bisa jadi peluangmu memberikan oleh-oleh khas Bali yang tidak mainstream.

Bali Home Spa sendiri tidak sekadar terdiri dari lulur dan body scrub. Ada produk-produk lain yang unik dan jarang diproduksi oleh merek bali spa lainnya, seperti parfum, slimming jelly, body mist, ear candle, aromatherapy, hand cream, bahkan herbal hot stone. Harganya pun relatif terjangkau dan per item bahkan tidak sampai angka Rp50 ribu. Irit kan?

8. Kerajinan Manik-manik

Pilihan kerajinan manik-manik bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk rekan atau keluarga yang punya hobi tampil dengan banyak aksesoris. Kerajinan manik-manik ini pun dibentuk berbagai macam barang, seperti gelang, kalung, bahkan dompet. Kerajinan manik-manik atau yang juga disebut dengan pernak-pernik ini bisa kamu dapatkan di pasar seni Bali. Harganya yang murah, pilihan barangnya yang banyak dan beragam, serta fungsinya yang tidak hanya sebagai pelengkap fashion menjadikan kerajinan ini cocok untuk dibuat oleh-oleh. Dan sekali lagi, ini adalah rekomendasi oleh-oleh yang murah, terkenal, pastinya juga tahan lama. Hehehe.

9. Arak Bali

Perhatian: alternatif oleh-oleh ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang tidak memiliki halangan untuk mengonsumsi minuman beralkohol.

Arak Bali jadi alternatif selanjutnya untuk memberikan oleh-oleh dengan harga terjangkau dan pastinya akan tahan lama. Pembuat arak di Bali sebenarnya sangat banyak, hanya saja kamu perlu berhati-hati ketika membeli minuman tradisional khas Bali ini. Kasus arak oplosan sudah banyak terjadi dan memakan korban. Kalau kamu berminat membeli Arak Bali, pastikan kamu membelinya di toko oleh-oleh khas Bali untuk mendapatkan arak Bali yang memiliki izin edar. Mengenai harga, Arak Bali ini dibanderol dengan harga yang berbeda-beda tergantung kandungan atau persentase alhokolnya.

Dewi Sri’s Arak Bali

10. Lukisan Bali

Alternatif terakhir mengenai oleh-oleh khas Bali yang tidak mainstream dan sudah dipastikan tahan lama adalah lukisan. Yap! Lagi-lagi kamu bisa mendapatkan ini di berbagai pasar seni Bali. Lukisan Bali adalah alternatif oleh-oleh untuk rekan atau keluarga yang menyukai kesenian. Ada banyak jenis lukisan Bali yang bisa kamu pilih, seperti lukisan panel, lukisan minim, lukisan kaligrafi, lukisan abstrak, dan lain-lain. Harga untuk mendapatkan produk seni lukis ini pun tak terlalu mahal, kamu bisa mendapatkannya dengan harga per pieces dibanderol mulai dari sekitar Rp140 ribu sampai jutaan rupiah. Perbedaan harga ini tergantung pada besar lukisan, tema lukisan, serta tingkat kesulitan pembuatan lukisan.

Nah, terbukti kan kalau oleh-oleh dari Bali itu sebenarnya ada banyak banget? Jangan terlalu berkutat pada tren oleh-oleh berupa makanan – pie susu, pia, atau kacang disko. Bali punya banyak hal lain yang semestinya bisa jadi oleh-oleh bahkan ini tipe buah tangan yang anti-mainstream. Selama kamu siap dan nggak bingung bawa barang yang besar – macam lukisan, atau mungkin mau bawa layang-layang Bali? – kuylah wisata asyique terus beli oleh-oleh.

No more articles