Dalam melakukan perjalanan wisata, hotel menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting mengingat kamu akan menghabiskan waktu untuk beristirahat setelah seharian mengunjungi berbagai tempat di kota wisata. Tanpa mendapatkan istirahat yang cukup, liburan menjadi kurang menyenangkan sebab tubuh menjadi tidak 100% fit dan siap untuk melanjutkan aktivitas liburan.

Pemilihan hotel tidak hanya semata-mata yang mampu memberikan fasilitas berupa tempat tidur yang layak dan beberapa perlengkapan kebutuhan lain seperti AC, TV, dan kamar mandi. Beberapa dari kamu mungkin akan mempertimbangkan lokasi dan pemandangan yang mungkin menjadi daya tarik hotel tersebut. Bisa jadi, untuk menghabiskan satu hari terakhir di hotel hanya dengan menikmati pemandangan kota wisata yang terkenal asri dan sejuk.

Kalau kamu menginginkan hotel yang unik dan berbeda dari penginapan pada umumnya, kamu perlu mengunjungi dan merasakan pengalaman menginap di 7 hotel unik yang ada di Indonesia ini. Mana saja sih yang termasuk? Yuk kita lihat ulasan singkatnya!

#1 Pacific Palace Hotel, Batam

Nikmati Pengalaman Menginap di 7 Hotel Unik di Indonesia Ini!
Pacific Palace Hotel Batam – Sumber: priceline.com

Kalau berkunjung ke Batam, pastikan kamu tidak melewatkan kesempatan untuk menginap di Pacific Palace Hotel. Hotel ini terbilang cukup unik dan sudah terlihat dari bentuk gedung yang menyerupai sebuah kapal pesiar. Pacific Palace Hotel di Batam merupakan mahakarya dari mendiang Eddy Hendry – pengusaha sekaligus pemilik hotel unik ini.

Pacific Palace Hotel dikenal sebagai hotel berbintang 4 dengan keunikan yang tercermin mulai dari desain bangunan hingga seragam karyawan yang bekerja di hotel menyerupai seragam pelaut sehingga menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Di dalam hotel ini terdapat 180 kamar yang terdiri dari beberapa kelas yaitu 61 kamar Superior, 57 kamar Deluxe, 44 kamar Executive, 17 Suite, hingga 1 Presidential Suite.

#2 Rumah Pohon Leo, Bogor

Nikmati Pengalaman Menginap di 7 Hotel Unik di Indonesia Ini!
Rumah Pohon Leo Bogor – Sumber: panoramio.com

Menginginkan hotel yang lebih berbaur dengan alam dan kamu sedang berada di Bogor untuk liburan? Kalau begitu, Rumah Pohon Leo menjadi alternatif penginapan yang tepat buatmu yang ingin mempercayakan kebutuhan istirahat liburanmu selama berada di Bogor.

Penginapan satu ini sangat cocok bagi kamu yang berlibur bersama keluarga, terutama kamu yang memiliki adik atau anggota keluarga yang masih anak-anak karena Rumah Pohon Leo yang merupakan bagian dari Taman Buah Mekarsari ini mengusung konsep rekreasi yang berpadu dengan edukasi. Di sini terdapat lima unit rumah pohon yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung layaknya kamar hotel seperti AC, kamar mandi dengan shower dan waterheater, TV, kulkas, dan fasilitas sarapan.

#3 The Highland Park Resort, Bogor

Nikmati Pengalaman Menginap di 7 Hotel Unik di Indonesia Ini!
The Highland Park Resort Bogor – Sumber: hotels.com

Bogor tak hanya mampu menawarkan konsep hotel unik dengan tema yang diusung adalah berbaur dengan alam. Di sisi lain, kamu juga bisa mendapatkan penginapan yang siap memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik didukung dengan nuansa romantis di daerah tinggi. Berkunjunglah dan nikmati pengalaman menginap di The Highland Park Resort yang terletak di Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Bogor. Di sini kamu akan dimanjakan dengan desain hotel, pemandangan alam, dan pelayanan terbaik dari seluruh staf hotel.

The Highland Park Resort sendiri membagi kelas kamar hotel dalam beberapa bagian. Ada empat tipe kamar dan yang paling terkenal di sini adalah tipe Mongolian Camp. Sepintas bentuknya terlihat sederhana seperti camp pada umumnya, namun ketika kamu sudah masuk, kamu akan disuguhkan dengan dekorasi kamar yang menawan lengkap dengan berbagai fasilitas yang diperlukan. Tipe Mongolian Camp ini terbagi menjadi dua jenis yaitu Tenda Standard dan Tenda Deluxe.

Tipe kamar lainnya yang ditawarkan di hotel ini adalah tipe Barak yang sanggup menampung hingga 30 orang. Sementara tipe kamar terakhir yang ditawarkan adalah tipe Rumah Pohon yang hanya sanggup menampung hingga 6 orang dengan fasilitas 2 kamar mandi di dalamnya.

#4 Safari Lodge Hotel, Bogor

Nikmati Pengalaman Menginap di 7 Hotel Unik di Indonesia Ini!
Caravan Safari Lodge – Sumber: bogor.tamansafari.com

Berlibur ke Puncak rasanya tidak lengkap kalau kamu tidak mengambil kesempatan merasakan pengalaman menginap di salah satu hotel terbaik di Bogor, Safari Lodge Hotel. Lokasinya berada di Cisarua, Bogor, masih satu kawasan dengan Taman Safari. Selain lokasinya dekat dengan Puncak dan Taman Safari, kamu juga bisa mengunjungi destinasi wisata lain yang berdekatan dengan hotel yaitu Warung Kaleng dan Wisata Argo Gunung Mas. Safari Lodge Hotel menawarkan penginapan dengan fasilitas yang cukup lengkap meskipun hanya sebagai hotel bintang 3. Layanan front office dan layanan kamar 24 jam dengan fasilitas ruang merokok, ruang keluarga, parkir mobil, hingga restoran yang siap memanjakan kamu dengan berbagai hidangan lezat yang menggoyang lidah.

Keunikan hotel ini terlihat dari tipe kamar yang ditawarkan selain tipe Room Hotel, yaitu Bungalow dan Caravan. Kalau turis asing mungkin sudah terbiasa dengan liburan di Caravan, tapi kita orang Indonesia sangat jarang menikmati tipe liburan seperti ini. Safari Lodge memfasilitasi keinginan kita berlibur ala bule dengan tipe kamarnya yang unik ini. Untuk tipe Caravan, kamu harus puas dengan ukurannya yang jelas lebih kecil dibandingkan kamar hotel pada umumnya. Di sini, terdapat dua kamar yang bisa kamu gunakan dengan kamar utama yang dilengkapi penerangan yang agak redup dan tempat tidur berukuran King Size. Pendingin ruangan dan dinding kamar yang terbuat dari kayu semakin menonjolkan kesan berbaur dengan alam. Fasilitas yang diberikan di tipe Caravan ini adalah TV, waterheater, dan kulkas.

Sementara untuk tipe Bungalow, bentuknya seperti rumah biasa – tentu terpisah dari bangunan utama hotel. Ada beberapa tipe kamar Bungalow yang ditawarkan yaitu Bungalow (kitchen), Bungalow Garden View, Bungalow Lake View, Bungalow Nature View, dan Bungalow Single Room. Konsep yang diusung untuk tipe kamar ini adalah rumah tradisional. Setiap sub tipe dari tipe Bungalow ini terbagi berdasarkan jumlah kebutuhan kamar. Jadi kamu bisa memilih dengan menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

#5 Bambu Indah, Bali

Nikmati Pengalaman Menginap di 7 Hotel Unik di Indonesia Ini!
Bambu Indah Bali – Sumber: luxuryaccommodationsblog.com

Tak hanya alamnya yang indah, demi menunjang kebutuhan istirahat para wisatawan, Bambu Indah Bali hadir sebagai penginapan yang sanggup menyediakan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan istirahat selama kamu berlibur di Bali. Rasakan sensasi tersendiri ketika menginap di boutique hotel unik satu ini.

Perpaduan arsitektur Jawa dan modernitas yang mewah ini menjadikan Bambu Indah sebagai penginapan yang banyak menuai kepuasan para konsumennya, terlebih wisatawan internasional yang menginap di sini. Bambu Indah menyediakan 13 tipe rumah dengan desain serta konsep yang berbeda-beda. Tipe yang menjadi pilihan favorit wisatawan adalah tipe Udang House karena pada tipe rumah ini kamu bisa merasakan sensasi menginap di rumah yang berlantaikan kaca sehingga kamu bisa beristirahat sembari memandangi udang yang berenang dari atas tempat tidur.

#6 Sandat Glamping Tents, Bali

Nikmati Pengalaman Menginap di 7 Hotel Unik di Indonesia Ini!
Sandat Glamping Tents Bali – Sumber: majalahasri.com

Kalau kamu menginginkan tipe penginapan yang lain dari biasanya di Bali, kamu harus coba menginap di Sandat Glamping Tents. Penginapan satu ini menawarkan konsep istirahat dengan nuansa kemah dalam tenda yang tidak mengabaikan kenyamanan, kemewahan, dan tentunya pelayanan hotel. Konsep penginapan di tempat ini bukan hanya konsep berkemah namun juga menginap di lumbung padi. Wah, bagaimana rasanya menginap di dalam lumbung padi ya?

Keunikan lain yang akan kamu temukan di hotel ini adalah komponen bangunan yang menggunakan bahan dasar alam seperti batu-batuan serta bambu. Setiap tenda dan lumbung yang menjadi tipe kamar mereka bahkan memiliki desain yang berbeda satu sama lainnya. Kalau kamu ingin berbulan madu di sini, pastikan kamu memilih tipe tenda karena di teras belakang akan tersedia fasilitas candle light dinner super romantis yang menorehkan pengalaman tak terlupakan bersama pasangan.

#7 Sharma Springs Bamboo House, Bali

Nikmati Pengalaman Menginap di 7 Hotel Unik di Indonesia Ini!
Sharma Springs Bamboo House Bali – Sumber: indonesia.tripcanvas.co

Keukeuh cinta bumi dan harus menginap di tempat yang ramah lingkungan bahkan dari material pembangunnya? Well, Sharma Springs Bamboo tentunya menjadi pilihan yang tepat untukmu. Villa ini merupakan sebuah bukti yang nyata akan adanya sustainable building di Bali. Baik keseluruhan arsitektur maupun interior bangunan di Sharma Springs Bamboo ini bahkan menggunakan material bambu. Karateristik material pembangun yang kokoh ini memungkinkan terbentuknya vila cantik dengan bentuk yang menawan.

Siap-siap terkesima dengan desain hotel yang begitu menawan meski minim menggunakan material bangunan pada umumnya. Meskipun terbuat dari bambu, kesan mewah dan eksklusif tetap terlihat nyata di sini dan Sharma Springs Bamboo sangat direkomendasikan bagi kamu yang membutuhkan penginapan eksklusif untuk memanjakan dirimu dalam beristirahat.

Itulah 7 hotel unik yang lokasinya ada di Indonesia. Tak perlu sampai jauh ke luar negeri kalau tujuan liburanmu sekadar menikmati pengalaman menginap di hotel yang bahkan sudah menawarkan suasana liburan yang mendukungmu lepas dari rutinitas harian. Ambil barangmu dan bersiaplah untuk berangkat! Sudah siap untuk terbawa suasana berbeda di hotel-hotel unik ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here