Kalau bicara soal alam, Indonesia menang banyak! Gimana enggak? Mulai dari gunung, laut, bahkan sungai pun adalah deretan alam Indonesia yang kerennya bukan main. Kenapa keren? Yak! Lihat saja, ada gunung di air, gunung yang puncaknya bersalju, sungai terluas atau terpanjang, sampai lautnya yang luas, kaya, dan menghubungkan wilayah satu dengan lainnya. Jangan dikira, wilayah Indonesia dihitung dari wilayah daratan saja lho.

Pantai paling indah di Indonesia pun kerap menjadi destinasi wisata. Nggak cuma kita sebagai wisatawan domestik, para wisatawan internasional pun rela jauh-jauh meninggalkan negara asalnya hanya untuk menyaksikan langsung alam Indonesia yang luar biasa ini. Nah loh, mereka aja niat banget liburan ke Indonesia dan meninggalkan modernitas demi mengalami sendiri asyiknya alam kita. Kita sendiri kapan?

Jangan mau kalah dengan para bule ini. Biar nggak kalah gaya untuk pamer foto liburan dengan tema alam, kamu bisa menjadikan beberapa pantai paling indah di Indonesia ini sebagai materi feed Instagram….., maksudnya sebagai pengisi liburanmu kali ini.

1. Pantai Derawan

10 Pantai Paling Indah di Indonesia
Sand Dunes di Area Derawan – Sumber tolkonsel.blogspot.co.id

Derawan adalah salah satu lokasi di Kalimantan yang seharusnya sudah pernah kamu pijak. Kenapa? Karena tempat ini indah banget! Tersembunyi di ujung timur Kalimantan, Derawan menawarkan keindahan alam yang benar-benar menakjubkan. Lain daripada yang lain!

Air pantai ini terbilang masih bersih dan bening, jadi kamu bisa melihat terumbu karang di bawahnya. Nggak cuma pantai, area Derawan juga menawarkan wisata lain seperti hutan mangrove dan konservasi penyu. Pulau Derawan juga dikenal sebagai salah satu destinasi berbulan madu favorit. Kalau Ranger bilang sih, lokasi ini adalah replika dari Maldives sana.

2. Tomini Bay

10 Pantai Paling Indah di Indonesia
Tomini Bay – Sumber: asrijmegita.blogspot.co.id

Nyebrang ke pulau di timurnya. Mari kita menuju Sulawesi. Ada apa di sana? Jawabannya: ada banyak tempat wisata alam yang memorable banget! Salah satu obyek wisata alam yang sebaiknya nggak luput dari daftar liburanmu adalah Tomini Bay.

Oke. Mungkin beberapa dari kalian ada yang protes, kenapa Tomini Bay masuk dalam daftar pantai paling indah di Indonesia. Kan sesuai namanya, ini teluk, bukan pantai.

Well, Tomini Bay sebenarnya punya semuanya, dari pantai, wisata air, keindahan alam bawah laut yang kece abis, dan juga penginapannya yang unik. Lokasi ini cocok untuk kamu yang mendambakan liburan rileks. Kalau kamu beruntung, kamu bisa lihat atraksi lumba-lumba yang secara alami menampakkan diri dengan melompat dari air, bukan karena instruksi.

3. Selong Belanak

Pantai Paling Indah di Indonesia Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak – Sumber: beritadaerah.co.id

Pantai ketiga yang direkomendasikan buat kamu yang haus tempat wisata pantai baru adalah salah satu pantai di Pulau Lombok. Kalau biasanya kamu hanya tahu soal Pantai Pink dan Gili Trawangan, hmm, kamu kurang berkelana. Coba deh ke Pantai Selong Belanak. Ranger merekomendasikan pantai cantik yang satu ini.

Pertama, soal pemandangan memang nggak perlu ditanya lagi. Dengan background perbukitan, pantai ini cukup berbeda dari pantai-pantai lain. Pantai pasir putih ini cukup landai sehingga kamu cukup leluasa untuk melakukan aktivitas di area daratan. Kedua, sebenarnya kamu bisa melakukan surfing di sini, hanya saja mungkin agak mengecewakan karena ombaknya tidak terlalu besar. Ketiga, pantai ini lebih cocok untuk santai-santai. Bukan sekadar main di pantai, tetapi juga menikmati kuliner lezat khas Lombok yang dijajakan pedagang sekitar.

4. Blue Point Beach

10 Pantai Paling Indah di Indonesia
Blue Point Beach Bali Sumber: balihellotravel.com

Sekarang, kita terbang dulu ke pulau lain. Pulau yang sarat dengan spot-spot wisata. Yap! Mana lagi kalau bukan Pulau Dewata alias Pulau Bali. Di sini, udah nggak diragukan lagi, terdapat pantai-pantai yang cantik dan punya fungsinya masing-masing. Ada yang untuk sekadar santai-santai, untuk berjemur, atau pantai khusus untuk main wahana air.

Nggak melulu Pantai Kuta, Bali juga punya Blue Point Beach yang ada bagusnya kalau kamu kunjungi. Apa bagusnya? Pantai ini direkomendasikan Ranger karena pantai ini relatif privat. Nggak seperti pantai lain di Bali yang udah kebanyakan pengunjung dan rata-rata memenuhi area daratan untuk berjemur, Blue Point Beach ini cocok buat kamu yang nggak mau suasana yang terlalu ramai. Poin plus-nya, ombak di sini cukup menyenangkan buat kamu yang bisa surfing.

Pantai ini relatif landai dan ada karang di area daratan yang mengunci air laut yang datang. Kamu bisa menjadikan spot ini sebagai spot basah-basahan kalau nggak mau menyatu dengan lautan. Lagian, ini relatif aman kan? Hehe.

5. Pantai Teluk Hol Sulamadaha

10 Pantai Paling Indah di Indonesia
Pantai Teluk Hol Sulamadaha Sumber: liburansari.com

Ini gimana sih? Pantai apa teluk?

Terlepas dari namanya, kamu wajib berkunjung ke sini. Pantai Teluk Hol Sumadaha – atau yang lebih singkat kalau disebut dengan istilah ‘Hol’ saja – adalah pantai recommended yang ada di Ternate. Pantai ini masuk dalam daftar pantai paling indah di Indonesia. Kenapa?

Oke, pantai ini berbeda dengan pantai-pantai lain yang punya hamparan pasir putih yang luas dan bersih. Tapi, Pantai Hol punya keunggulan lain, yaitu airnya yang bersih dan penghuni alam bawah lautnya yang beragam. Saking bening airnya, kamu bahkan bisa melihat karang dari daratan. Nah, karena keanekaragaman flora dan fauna lautnya yang beragam, tempat ini kerap kali digunakan sebagai lokasi wisata snorkeling dan diving.

Jangan lupa bawa action cam kalau berkunjung ke sini. Nyesel kalau sampai nggak sempat mengabadikan momen di bawah airnya.

6. Pantai Trikora

10 Pantai Paling Indah di Indonesia
Pantai Trikora Sumber: diananda.com

Terbang ke Pulau Sumatera, mari kita berkunjung ke Pantai Trikora. Lokasi tepatnya ada di Kepulauan Bintan.

Pantai ini direkomendasikan bagi kamu yang hendak berlibur dengan teman atau keluarga. Selain tidak curam, area daratan pantai ini cukup luas. Selain itu, pantai ini dikenal cukup dangkal sehingga relatif aman buat kamu yang tidak bisa kalau tidak membasahkan diri ke pinggir lautan.

Fasilitas di pantai ini cukup memadai. Tipikal pantai idaman mama-mama yang maunya sekadar memandang lautan dari pondok-pondok yang disewakan. Sementara itu, sang anak (baca: kamu) bisa leluasa bermain bahkan snorkeling di sini, bertemu dengan penghuni lautan. Selain snorkeling, aktivitas air lainnya yang bisa dilakukan di area pantai ini adalah naik banana boat atau perahu kano.

7. Pantai Dato Majene

10 Pantai Paling Indah di Indonesia
Pantai Dato Majene Sumber: ismasavitri.blogspot.co.id

Terbang lagi ke Sulawesi! Loh kok balik lagi? Iya, soalnya ada lagi nih pantai keren di Sulawesi yang wajib masuk prioritas kunjungan. Di mana lagi kalau bukan Pantai Dato Majene.

Nah, kalau pantai ini memang tujuannya pas banget buat kamu yang mau basah- basahan. Satu, area daratan di pantai ini relatif sempit bahkan bisa dibilang nggak ada. Dua, pantai ini dijaga oleh tebing-tebing. Kalau kamu orangnya cukup nekat, kamu boleh terjun dari tebing ke area lautan. Lagian, tempat ini memang dikenal sebagai spot pantai yang asyik untuk direnangi karena tidak terlalu dalam.

Pemandangan di pantai ini cukup unik karena pembagian pantai berdasarkan area daratannya. Satu bagian pantai memiliki area pantai dengan hamparan pasir putih, sementara bagian lain memiliki karang sebagai pengisi area daratan. Kalau kamu mengejar waktu untuk foto terbaik di lokasi ini, jawabannya adalah ketika matahari tenggelam.

8. Pulau Berhala

10 Pantai Paling Indah di Indonesia
Pantai di Pulau Berhala Sumber: keprisatu.com

Lah, serem amat namanya? Nama doang serem, aslinya, pantai ini cantik banget! Pantai Berhala ini bisa kamu temukan di Sumatera Utara, tepatnya ya di Pulau Berhala. Iya, terbang lagi dari Sulawesi ke Sumatera nih 😀

Kenapa pantai di Pulau Berhala ini masuk dalam daftar rekomendasi pantai paling indah di Indonesia menurut versi Ranger? Itu karena pantai emang cantik banget. Eksotis dan sangat Indonesia. Buat kamu yang berdomisili di sekitar Medan, kamu nggak perlu jauh-jauh sampai Bali atau Lombok demi menuruti ngidam sama pemandangan snorkeling. Di Pantai Berhala ini, kamu juga bisa melakukannya. Penghuni alam lautnya juga nggak kalah cantik kok. Poin yang mungkin jadi pertimbangan beberapa calon traveller adalah kesunyian di Pulau Berhala yang memang sengaja tidak berpenghuni. Cocok buat kamu yang memang cari destinasi sepi. Berasa pulau pribadi. Hahaha.

9. Pantai Bolihitua

10 Pantai Paling Indah di Indonesia
Pantai Bolihitua Sumber: merahputih.com

Selanjutnya, kamu bisa mengunjungi Pantai Bolihitua, pantai terindah versi Ranger di posisi 9. Lokasinya ada di Gorontalo.

Berbeda dengan pantai-pantai lain yang didominasi pohon kelapa, keunikan pantai satu ini terletak pada jajaran pohon pinus di area bibir pantai. Jadi, ketika kamu sudah merasa panas di area terbuka, kamu bisa berteduh di area pohon pinus ini. Selain unik, lokasi ini bisa jadi spot foto eksotis yang sebaiknya kamu abadikan. Pemandangan semakin sempurna tatkala air laut yang biru tertiup angin dan membuat ombak yang menyempurnakan suasana pantainya yang relatif bersih. Berminat bermalam di area sini? Tenang, kamu bisa menyewa cottage yang disediakan sebagai fasilitas wisatawan. Ah, surga!

10. Pantai Teluk Tamiang

Pantai Paling Indah di Indonesia-Pantai-Teluk_Tamiang
Pantai Teluk Tamiang – Sumber: perihalmimpi.wordpress.com

Posisi 10 diduduki oleh Pantai Teluk Tamiang, sebagai pantai yang recommended versi Ranger yang harus kamu jadikan destinasi liburan terdekat. Lokasinya ada di Pulau Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Selatan. Pantai ini relatif bersih, cocok untuk kamu yang nggak terlalu minat dengan obyek wisata yang ‘ala kadarnya’. Kamu nggak akan hanya sekadar main air tetapi juga bisa berinteraksi dengan warga sekitar terkait dengan kehidupan sehari-hari. Warga sekitar biasanya memanfaatkan sumber alam ini dengan beternak rumput laut dan menangkap ikan laut sebagai pendapatan sehari-hari.

Belum tertarik untuk liburan model begini? Santai dulu. Pantai Teluk Tamiang ini tetap mampu menghadirkan sisi wisata mainstream. Dikarenakan air lautnya yang begitu jernih dan biota lautnya yang beragam serta cantik, aktivitas wisata yang biasa dilakukan di sini tentu saja snorkeling. Alternatif lain? Kalau kamu cukup ahli dalam hal negoisasi, kamu bisa mencoba menawar pada pemilik perahu untuk mengantarkanmu ke area lautan lepas dan mengembalikanmu ke daratan. Jangan mikir kalau mau ditinggal di lautan lho ya 😀

Gimana? Boleh juga kan rekomendasi dari Ranger ini? Iya, lokasinya tidak terpusat pada area Jawa dan Bali. Sekali-kali, kamu harus melancong lebih jauh. Ingat, Indonesia bukan cuma Jawa dan Bali. Ada banyak daerah lain yang juga punya tempat-tempat indah bak surga, menyimpan dengan rapi keindahan alam masing-masing. Penting untuk kamu datangi. Kenapa? Karena dari hobi narsismu yang kemudian sebagai materi panjat sosial di Instagram itulah, pantai-pantai indah ini dikenal lebih banyak orang.

Ya, anggap aja caramu mendongkrak eksistensi nggak monoton atau membosankan karena cuma dengan upload foto selfie di restoran atau mall baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here