Tidak semua orang setuju untuk menggunakan asuransi. Alasannya bermacam-macam. Masih memiliki kebutuhan lain yang harus dipenuhi, uang premi terlalu tinggi, takut kesulitan untuk klaim dan kerugian yang mungkin dialami jika berhenti di tengah jalan, dan lain-lain. Tak hanya satu atau dua orang yang mengalami hal ini. Mereka yang sudah menikah dan memiliki anak pun ada yang masih takut untuk memiliki asuransi atau paling tidak memiliki banyak pertimbangan sebelum berkomitmen untuk memiliki asuransi. Padahal memiliki asuransi itu penting sebagai proteksi masa depan.

Hai kamu, anak muda! Jangan tunggu sampai kamu menikah baru kamu memiliki asuransi. Justru saat lajang inilah kesempatan yang baik untuk mendaftarkan dirimu sebagai pemegang polis sebab kamu hanya berkepentingan dan fokus mengurus dirimu saja. Perhatikan masa depan dirimu dan berikan proteksi pada dirimu sendiri, jangan hanya kepada hati seseorang yang bahkan tidak jelas apa bisa kamu dapatkan. Paling tidak, milikilah satu jenis asuransi yang cukup krusial seperti asuransi kesehatan. Mengingat usia muda masih memperbolehkan kamu bekerja (terlalu) keras, asuransi akan memproteksi masa depanmu ketika kamu sudah tidak bisa se-produktif sekarang.

Memiliki Asuransi Kesehatan

Memiliki Asuransi Kesehatan – Sumber: pixabay.com

Kalau kamu merasa memiliki asuransi itu memberatkan sebab harus membayar sejumlah premi yang menurutmu tinggi, artinya kamu harus lebih pintar dalam membandingkan dan menyeleksi asuransi kesehatan mana yang cocok dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Kamu juga harus menyadari keluhan kesehatan apa yang kerap kamu alami untuk memutuskan asuransi mana yang akan kamu pakai. Sebagai tips dan alternatif, kami akan membantumu menyeleksi asuransi kesehatan yang tepat dengan 4 cara mudah berikut ini.

  1. Ketika membandingkan asuransi kesehatan yang satu dengan lainnya, perhatikanlah biaya rawat inap. Tentu saja, biaya untuk rawat jalan berbeda dengan rawat inap. Kamu perlu memerika biaya rawat inap mengingat kebutuhan biaya tersebut mencakup biaya kamar, makanan, obat, dan juga jasa dokter serta rumah sakit. Memang perlu pertimbangan cukup banyak dalam memilih asuransi terutama asuransi kesehatan. Prioritaskan kenyamananmu dalam memilih dan mendapatkan asuransi kesehatan.
  2. Asuransi memiliki beberapa jenis produk yang bisa kamu dapatkan berkenaan dengan asuransi kesehatan. Ada yang menawarkan asuransi murni untuk kesehatan saja dan tak sedikit yang menawarkan asuransi paket. Asuransi paket tidak hanya sebatas asuransi untuk kebutuhan kesehatan saja namun juga asuransi untuk jiwa, jaminan masa tua, dan kebutuhan lain. Tentu saja premi antara asuransi murni dan asuransi paket berbeda. Kalau kamu hanya membutuhkan asuransi kesehatan – atau memang budget yang kamu siapkan hanya mampu untuk membayar premi asuransi kesehatan saja – maka pilihlah jenis asuransi murni yang hanya memproteksi kebutuhan kesehatanmu. Hal ini akan menghemat pengeluaranmu dan tentunya lebih fokus.
  3. Tidak sedikit asuransi yang menetapkan sistem pembayaran dengan mengganti sejumlah uang yang sudah Anda gunakan untuk kepentingan kesehatan. Keadaan seperti ini akan menyulitkan bagi sebagian orang terutama yang tidak bisa menalangi tagihan rumah sakit lebih dulu. Kalau kamu tidak suka dengan sistem seperti ini, maka pilihlah sistem cashless yang akan memperbolehkan kamu mencairkan dana asuransi kesehatan pada saat kamu membutuhkannya tanpa harus kamu mengeluarkan uang lebih dulu untuk menalangi. Hal ini akan memudahkan kamu terutama ketika kamu memang sedang tidak memiliki uang tunai yang harus segera diserahkan guna melunasi tagihan.
  4. Cara terakhir yang harus kamu terapkan adalah memilih asuransi kesehatan yang dipatok dengan premi terjangkau. Ketika kamu memutuskan untuk memilih asuransi kesehatan, kamu harus membangun komitmen untuk secara disiplin membayar premi yang ditetapkan. Jika kamu tidak bisa memenuhi kewajiban pembayaran premi yang cukup tinggi, maka pilihlah asuransi kesehatan dengan premi yang terjangkau. Kamu mungkin tidak perlu kamar rawat inap VIP, makanan paling enak yang bisa ditawarkan rumah sakit, obat-obatan yang paling mahal, dan lain-lain. Jika kamu merasa tercukupi dengan produk yang lebih rendah – dan menyadari kemampuanmu dalam membayar – maka sesuaikanlah.

Itulah 4 cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk memiliki asuransi kesehatan di masa muda. Ingat, jangan tunda lagi kebutuhan asuransimu sebab masa depan menawarkan kejadian tak terduga yang membawa risiko masing-masing. Kalau kamu merasa sulit untuk membandingkan produk asuransi kesehatan yang satu dengan lainnya, kamu bisa mengunjungi situs pasarpolis. Pasarpolis sendiri merupakan sebuah portal asuransi yang akan mempermudah kamu dalam membandingkan dan mendapatkan produk asuransi kesehatan yang kamu butuhkan. Sudah ada kemudahan, jangan malas untuk menggunakannya, ya!

No more articles