Kamu susah tidur? Atau tidurmu kurang nyenyak? Hati-hati lho, tidur yang tidak berkualitas seperti itu bisa menimbulkan berbagai masalah pada tubuh kamu. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, kamu perlu melakukan beberapa hal yang bisa membuat lebih nyenyak.

Cara agar tidur nyenyak ternyata beragam nih. Ada yang harus meminum obat-obatan, sampai terapi ke dokter. Untuk kamu yang gak punya budget yang banyak, ada lho 5 cara murah untuk membuat tidur kamu lebih nyenyak. Penasaran? Cek info selengkapnya di bawah ini.

1. Gunakan Earplugs

Jika kamu sering mendengarkan musik lewat earphone atau headset, kamu mungkin akan terbiasa menggunakan benda ini sebagai cara agar tidur nyenyak. Benda yang dimaksud adalah earplugs. Earplugs berfungsi meredam suara dari luar yang bisa membuat tidurmu terganggu.

Earplugs ini bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah di toko-toko atau online shop lho. Dengan menggunakan earplugs dijamin deh tidur kamu bakal lebih nyaman dan bebas suara bising.

2. Dengarkan Suara yang Menenangkan

Nah, kalau cara agar tidur nyenyak selanjutnya ini merupakan kebalikan dari cara yang pertama. Jika kamu tak bisa tidur nyenyak bila ruangan terlalu hening, cobalah untuk mendengarkan suara yang menenangkan sebagai penghantar tidur.

Suara menenangkan ini bisa berupa instrumen atau lantunan musik suasana yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Suara yang menenangkan ini bisa kamu dapatkan di aplikasi, atau di platform berbagai video Youtube ya. Murah dan mudah bukan?.

3. Deteksi Tidur Kamu Dengan Aplikasi

Cara selanjutnya untuk tidur lebih nyenyak adalah dengan mendeteksi tidur kamu lewat aplikasi berbasis smartphone. Aplikasi tidur ini mampu mendeteksi berapa jam yang kamu habiskan untuk tidur, lalu seberapa nyenyak tidur kamu. Di dalam aplikasi tidur juga, kamu bisa mengatur jam tidur dan bangun kamu lo.

Aplikasi untuk mendeteksi tidur ini bisa kamu unduh gratis di smartphone kamu. Oiya, lewat aplikasi ini, kamu juga mampu mengukur kualitas tidur kamu yang bisa dijadikan acuan untuk memperbaiki pola dan jam tidur kamu di hari selanjutnya.

4. Mengganti Bantal

Perangkat tidur seperti kasur dan bantal juga perlu lho mendapatkan perhatian untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Bila selama ini kamu tidur dengan bantal yang terasa kaku dan tidak empuk, cobalah untuk menggantinya dengan yang baru.

Mengganti bantal dengan yang lebih empuk ini bisa memberikan efek nyaman saat tidur lho. Rasa nyaman inilah yang tentunya akan membuat tidur kamu jauh lebih nyenyak dan menjadikan kualitas tidurmu lebih maksimal.

5. Matikan Lampu dan Tutup Gordeng

Tidak bisa tidur dalam keadaan terang? Cukup matikan lampu kamar kamu dan tutup gordeng jendela kamu ya. Dalam kondisi gelap, mata biasanya akan lebih mudah terlelap dan tidur kamu jadi lebih mudah.

Menutup gordeng juga bisa meredam cahaya dari luar ruangan kamu. Mulailah mengatur jam berapa harus menutup gordeng dan mematikan lampu untuk membiasakan diri tidur dengan waktu yang dianjurkan.

Nah, 5 cara agar tidur nyenyak di atas bisa banget kamu lakukan di rumah ya. Pastikan juga jam tidur kamu cukup, 8 jam perhari. Jam tidur yang cukup ini sangat membantu tubuh kamu untuk istirahat dan mempersiapkan energi untuk aktivitas di hari berikutnya. Selamat mencoba cara di atas ya.

No more articles