BBQ sering menjadi salah satu pilihan yang asyik untuk pesta atau  party bersama keluarga maupun teman. Barbeque atau kegiatan bakar-bakar ini bisa dilakukan dimanapun, termasuk di rumah. Tak heran jika banyak orang yang menjadikannya sebagai pilihan terbaik untuk merayakan sesuatu.

Bahan-bahan makanan yang digunakan untuk BBQ pun tak hanya sekedar daging sapi saja, ada ide makanan lainnya yang bisa kamu  coba untuk pesta BBQ anda. Nah berikut ini ada 10 ide makanan untuk BBQ yang direkomendasikan.

 

1. Daging Sapi

Salah satu menu makanan yang sering dijadikan menu BBQ sederhana adalah daging sapi. Kebanyakan orang mengolahnya menjadi sate, namun ada juga yang memilih untuk mengolah daging sapi menjadi patty burger dan kemudian dipanggang di atas api. Selain itu masih banyak menu makanan lainnya yang bisa kamu olah dengan menggunakan daging sapi yang bisa dijadikan  ide makanan untuk BBQ.

Ide Makanan Untuk BBQ Sederhana

Ide Makanan Untuk BBQ Sederhana: Daging Sapi – Sumber: Pixabay.com

2. Daging Ayam

Terutama di Indonesia, daging ayam sering dijadikan pilihan untuk diolah dalam acara BBQ. Biasanya potongan daging ayam ini sudah diberi bumbu dan kemudian dibakar. Setelah itu dioles dengan menggunakan bumbu+kecap yang menambah cita rasa. Namun kebanyakan lainnya juga sering mengolah daging ayam untuk dibakar bumbu kecap dan madu.

 

3. Sosis

Menu makanan lainnya yang sering menjadi makanan untuk BBQ adalah sosis. Untuk mengolah sosis menjadi BBQ, pilihlah jenis sosis dengan tekstur yang tebal sehingga tidak mudah kering ketika dibakar. Hindari memotong maupun mengeratnya sehingga bumbu dan cairan yang ada di dalam sosis tidak keluar. Hal ini akan menjaga tekstur dan rasa sosis.

Ide Makanan Untuk BBQ Sederhana

Ide Makanan Untuk BBQ Sederhana: Sosis – Sumber: Pixabay.com

Kamu juga bisa mencoba merebus sosis terlebih dahulu dan ditambahkan dengan bawang bombay atau bawang putih sehingga lebih cepat matang saat dibakar. Jangan lupa untuk mengoleskan saus BBQ atau saus bakar secara merata pada sosis dan bakar hingga  kecoklatan. Sosis Bakar bisa dijadikan dengan saus sambal atau mayonaise.

 

4. Sayap Ayam

Tidak hanya daging ayam, bagian sayap ayam juga menjadi salah satu menu makanan untuk BBQ yang bisa kamu jadikan pilihan. Sayap ayam beserta kulit dan tulangnya menjadi menu bakaran yang cukup lezat.

Sebelum dibakar, oleskan sayap ayam dengan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, garam, dan lada. Setelah itu ungkep ayam hingga agak empuk. Kemudian barulah kamu bisa membakar sayap ayam dan jangan lupa untuk mengoleskan bumbu kecap diatasnya.

 

5. Jagung Bakar

Jagung bakar juga dapat menjadi salah satu ide makanan untuk BBQ yang mudah dan gampang diolah. Menu ini akan sangat enak dinikmati saat cuaca sedang dingin. Kamu hanya perlu mengoleskan mentega atau margarin merata ke jagung, sehingga aroma bakarnya menjadi lebih wangi dan gurih.

Ide Makanan Untuk BBQ Sederhana

Ide Makanan Untuk BBQ Sederhana: Jagung Bakar – Sumber: Pixabay.com

Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan sambal untuk membuat rasa yang pedas. Atau lebih bervariasi kamu bisa menggunakan saus BBQ untuk membuat rasanya semakin lezat.

 

6. Ikan

Jika kamu sedang BBQ di pantai, mungkin kamu bisa memasukkan ikan sebagai salah satu menu makanan yang lezat untuk dibakar. Jenis ikan yang paling banyak digunakan untuk BBQ biasanya ikan kakap, bawal, kerapu, baronang, dan gurami.

Sebelum dibakar, biasanya ikan dibelah dua sehingga matangnya lebih merata. Untuk bumbunya sendiri bisa menggunakan bumbu kecap, kuning, asam manis, ataupun bumbu madu.

 

7. Veggie Grilled

Jika biasanya sayuran disajikan dalam bentuk tumis, sup, atau kukus, namun kamu bisa mencoba variasi yang berbeda dengan menjadikannya sebagai salah satu menu bakaran BBQ. Namun tentunya tak semua jenis sayuran bisa kamu gunakan, kamu harus memilih sayuran yang pas seperti jamur, terung, wortel, kentang, asparagus, jagung, buncis ataupun bawang bombay.

Ide Makanan Untuk BBQ Sederhana

Ide Makanan Untuk BBQ Sederhana: Veggie Grilled – Sumber: Pixabay.com

Iris sayuran tersebut dan kemudian tusukkan secara berseling. Untuk membakarnya, tak perlu menggunakan jenis saus tertentu. Kamu cukup menggunakan olesan mentega atau margarin, cukup simple bukan?

 

8. Seafood

Tak hanya ikan, cumi dan udang juga bisa menjadi menu untuk BBQ yang spesial. Namun pilihlah udang atau cumi yang berukuran agak besar dan dagingnya yang segar Seafood yang segar tentunya akan lebih lezat saat diberikan bumbu yang sederhana seperti perasan jeruk, garam, maupun bumbu kecap. Tak perlu diberikan bumbu yang bermacam-macam, cita rasa seafood ini akan keluar dengan sendirinya saat dibakar.

 

9. Bakso

Bakso tak hanya nikmat disajikan bersama kuah yang hangat, namun juga terasa lezat saat dibakar. Kamu bisa menjadikan bakso sebagai salah satu andalan makanan untuk BBQ. Siapkan terlebih dahulu bakso, entah itu bakso sapi, ikan, maupun ayam sesuai selera.

Setelah itu kamu bisa membuat bumbu bakar olesan dari bawang putih, kecap, tomat, saus sambal, merica bubuk, dan garam. Sebelumnya rebus bakso terlebih dahulu, setelah dingin kamu bisa membumbuinya dengan saus yang sudah dibuat dan kemudian dibakar.

 

10. Marshmallow

Ingin makanan untuk BBQ yang berbeda? Kamu bisa mencoba menggunakan marshmallow dan coklat leleh. Tusuk-tusuk marshmallow dan kemudian bakar di atas api. Tak perlu terlalu lama, cukup sebentar saja hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Setelahnya kamu bisa mencelupkan marshmallow ke dalam cokelat yang sudah dilelehkan.

 

Nah ini tadi 10 makanan untuk BBQ yang bisa kamu jadikan rekomendasi untuk pesta BBQ. Bagaimana? Sangat menggoda bukan? Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk kamu.

 

No more articles