Berbicara mengenai liburan di destinasi wisata eksotis, mungkin Hawaii dan Maldives akan menjadi opsi yang terlintas dalam pikiran. Memang, keduanya menyuguhkan pengalaman liburan yang benar-benar dekat dengan alam dan suasana semakin menyenangkan kala kita bisa menikmati jernihnya air laut, bersihnya udara yang kita hirup, hingga berbaur dengan budaya setempat. Tentu saja hal ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Masalahnya, dana liburan untuk menikmati eksotisme alam di dua destinasi wisata itu terbilang cukup besar. Jadi, tidak semua orang bisa menikmatinya. Tapi, jangan kecil hati, tanpa harus mengeluarkan kocek yang dalam dan mendapatkan pengalaman liburan yang sama, kamu tetap bisa melakukannya kok di Indonesia. Lupakan Hawaii dan Maldives, kamu harus berkunjung ke Pulau Kalimantan. Salah satu paru-paru dunia ini menyembunyikan tempat eksotis yang tak akan bisa kamu tolak keindahannya. Yap, Pulau Derawan adalah destinasi wisata eksotis yang dimaksud.

Mungkin kamu bertanya, apa yang istimewa dari tempat ini dan apa yang bisa kamu lakukan selama berlibur di Pulau Derawan. Jangan khawatir, 5 pulau eksotis yang ada di kawasan Pulau Derawan ini siap memanjakan dan memfasilitasi liburan seru yang menyatu dengan alam.

#1 Pulau Maratua

Inilah salah satu ‘surga dunia’ yang terletak di kawasan wisata Pulau Derawan. Berkunjunglah ke Pulau Maratua yang siap memanjakan kamu selama liburan dan melayani segala kebutuhanmu dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Untuk menuju Pulau Maratua, kamu akan membutuhkan jasa persewaan speed boat dan memakan waktu satu jam perjalanan dari Pulau Derawan. Harus diakui bahwa letaknya ada di bagian paling luar Indonesia, ada di daerah perairan Sulawesi dan berdekatan dengan perbatasan negara tetangga kita, Malaysia. Namun, kesulitan itu akan terbayar ketika kamu sudah sampai dan menginjakkan kaki di pulau cantik ini.

Lupakan Maldives! Derawan Harus Menjadi Destinasi Wisatamu Tahun Ini

Maratua Paradise Resort – Sumber: indonesia.tripcanvas.co

Lautan di sekeliling pulau ini merupakan tempat terbaik untuk melakukan olahraga air seperti snorkeling atau diving. Air lautnya yang jernih memanjakan mata kita dengan pemandangan biota laut berwarna-warni yang mungkin jarang kita saksikan sehari-hari. Kalau kamu tertarik untuk berlibur di sini, kamu akan membutuhkan tempat penginapan yang mendukung liburanmu. Salah satu penginapan yang banyak menjadi pilihan favorit wisatawan adalah Maratua Paradise Resort. Penginapan ini cukup unik dan diminati mengingat posisinya yang langsung berhadapan dengan laut lepas tentu akan menyuguhkan pemandangan liburan yang berbeda. Selain itu, beberapa kamar bahkan secara sengaja dibangun di atas bibir laut.

#2 Pulau Sangalaki

Lupakan Maldives! Derawan Harus Menjadi Destinasi Wisatamu Tahun Ini

Pulau Sangalaki – Sumber: indonesiawow.com

Nah, kalau pulau satu ini adalah Pulau Sangalaki yang merupakan bagian dari kawasan Pulau Derawan dengan luas 15 hektar. Lokasi tepatnya berada di sebelah utara perairan Kabupaten Berau. Kalau kamu juga termasuk orang yang pecinta binatang, kamu akan sangat excited di sini mengingat Pulau Sangalaki merupakan rumah bagi para penyu di Kepulauan Derawan. Jadi selain menikmati liburan yang eksotis, kamu juga bisa melihat penyu-penyu lucu yang ada di Pusat Konservasi Penyu.

Pulau Sangalaki memang tidak dijadikan sebagai destinasi wisata alam, namun tidak ada salahnya mencoba gaya liburan baru dengan ikut mempelajari dan berpartisipasi dalam konservasi penyu yang ada di sini. Tahukah kamu jika penyu yang singgah di pulau ini jumlahnya bisa mencapai 3.700 ekor per tahun? Mereka datang untuk bertelur dan jumlahnya akan semakin meningkat ketika laut dalam kondisi pasang.

#3 Pulau Kakaban

Ingin merasakan liburan unik di kawasan wisata ini? Well, kamu harus coba menyaksikan langsung kehidupan para ubur-ubur di kawasan Pulau Kakaban. Tapi perlu kamu ketahui bahwa memang Pulau Kakaban termasuk dalam pulau di area Kepulauan Derawan yang sangat jarang dikunjungi wisatawan karena tempatnya yang cukup jauh dan tidak tersedia sarana transportasi memadai untuk kebutuhan wisata. Hal yang unik di pulau ini adalah hidupnya ubur-ubur cantik yang ada di Danau Kakaban. Ubur-ubur yang hidup di sini bahkan terkenal tidak menyengat jadi menjadi alasan yang tepat untukmu yang ingin liburan keren dengan berenang bersama para ubur-ubur.

Lupakan Maldives! Derawan Harus Menjadi Destinasi Wisatamu Tahun Ini

Danau Kakaban – Sumber: ensiklopediaindonesia.com

Keunikan lain dari Danau Kakaban sebagai daya tarik utama dari Pulau Kakaban sendiri adalah airnya yang merupakan perpaduan dari air hujan, air laut, dan juga air tanah. Dengan kondisi air yang bercampur seperti ini, ubur-ubur yang menempati danau ini nampak tak kesulitan beradaptasi. Kamu juga perlu bangga karena di Danau Kakaban ini terdapat setidaknya 4 spesies ubur-ubur berbeda yang bisa kamu jadikan teman selfie di bawah air. Say cheese!

#4 Pulau Nabucco

Kalau kamu menginginkan liburan yang berbaur dengan alam sekaligus sebagai pelarian sejenak dari rutinitas harian, artinya kamu wajib berkunjung ke Pulau Nabucco yang ada di Kepulauan Derawan. Pulau satu ini penuh dengan ketentraman dan kesunyian, sangat cocok bagi kamu yang menginginkan liburan tenang atau berkunjung untuk menikmati bulan madu. Harus diakui bahwa pulau ini dikelola oleh pihak asing yang membawa konsekuensi bahwa transaksi di sini menggunakan mata uang asing, tepatnya Euro. Tapi kamu tidak perlu khawatir sebab harga yang akan kamu bayar sebanding dengan kenyamanan dan kesempurnaan liburan sesuai dengan impianmu. Cottage di Pulau Nabucco ini dibangun agak berjauhan sehingga para wisatawan memiliki privasi tersendiri yang sangat terjaga.

Snorkeling maupun diving menjadi aktivitas yang disarankan di sini sebab lautnya yang bersih memperbolehkanmu menyaksikan kehidupan laut yang alami dan jernih. Tetapi perlu kamu ketahui ketika kamu melakukan snorkeling maupun diving, usahakan untuk tidak melakukan kontak langsung dengan para hewan ini guna menjaga mereka dari stress.

#5 Pulau Bakungan

Pulau satu ini letaknya ada di tenggara Pulau Maratua. Memang tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini meski lokasinya cukup bersih dan tergolong perawan. Air laut yang jernih, langit yang biru bersih, hingga udara segar yang menyapa adalah segelintir keunggulan Pulau Bakungan. Di sini kamu bisa menyaksikan pemandangan alam yang terbaik sebab sentuhan manusia masih tergolong sangat minim di sini.

Untuk menikmati liburan dengan aktivitas diving di lautan Pulau Bakungan, kamu bisa memanfaatkannya dari fasilitas Nunukan Resort, salah satu penginapan yang menjadi pilihan favorit wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bakungan. Tarif per malam untuk menginap di Nunukan Resort sendiri mencapai Rp1 juta per orang per malamnya. Lumayan mahal, tetapi apa yang akan kamu dapatkan di sini sungguh berlipat ganda dibandingkan tarif sewa kamar itu sendiri.

Bagaimana, apa kamu masih menganggap pesona Indonesia kalah jauh dibandingkan luar negeri? Tentu saja tidak dong. Tanpa harus melakukan perjalanan jauh dan merogoh kocek yang terlalu dalam, kamu bisa kok menikmati liburan eksotis di dalam negeri. Jangan khawatir, masih banyak destinasi wisata eksotis lainnya yang belum dibahas selain Pulau Derawan kok, salah satunya adalah Pulau Pahawang. Ada di mana ya pulau cantik satu ini? Tunggu update selanjutnya ya!

No more articles