Liburan sudah dekat. Ini dia saatnya mempersiapkan diri untuk sejenak melepaskan rutinitas dan berpetualang ke tempat baru. Liburan selalu menjadi momen yang menyenangkan dan maka dari itu jangan sampai kamu tidak sepenuhnya memanfaatkan liburanmu untuk menyegarkan otak. Nah, sudah biasa berlibur ke tempat-tempat domestk? Mungkin kini saatnya kamu mempersiapkan diri – dan dana tentunya – untuk mengeksplorasi lebih jauh lagi keindahan dunia yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Kalau kamu belum bisa menentukan ke mana akan pergi, sepertinya 5 landmark ini bisa menjadi destinasi liburanmu selanjutnya.

#1 Angkor Wat, Kamboja

Liburan ke Landmark Wisata Favorit di Asia, Yuk!
Angkor Wat – Sumber: lonelyplanet.com

Inilah kuil yang konon katanya mengalahkan kemegahan Candi Borobudur. Angkor Wat (atau dalam bahasa Khmer disebut អង្គរវត្ត ) terletak di kota Angkor, Kamboja, sekitar 55 km utara kota Siem Reap. Angkor Wat berada di kawasan kelompok percandian yang dianggap penting di negara ini. Kuil ini melambangkan ciri keagamaan Hindu dengan menara utamanya yang melambangan Gunung Meru. Kalau kamu berkunjung ke sini, kamu akan melihat komplek kuil yang dikelilingi halaman berpagar dinding dan terusan yang konon dianggap sebagai lambang Gunung Meru yang dikelilingi banjaran serta lautan.

Berkunjung ke Angkor Wat rasanya agak mustahil jika hanya mengandalkan kekuatan kaki sebagaimana kamu berjalan-jalan di area komplek Candi Borobudur karena jarak antara kuil yang satu dengan kuil lainnya cukup jauh. Di sini kamu bisa menyewa sepeda dengan harga US$ 4 per hari atau ojek sepeda motor US$ 7 per hari. Oh iya, untuk masuk ke komplek wisata ini kamu harus membeli tiket masuk yang dihargai beragam tergantung jangka hari. Untuk tiket 1 hari dihargai US$ 20, 3 hari US$ 40, dan 7 hari seharga US$ 60.

#2 Taj Mahal, India

Liburan ke Landmark Wisata Favorit di Asia, Yuk!
Taj Mahal – Sumber blog.treebohotels.com

Berlibur sembari menambah pengetahuan baru juga bisa kamu lakukan ketika kamu berkunjung ke Taj Mahal, India. Inilah monumen yang dibangun atas keinginan tinggi dari Kaisar Mughai Shah Jahan. Sst, tahukah kamu kalau pembangunan monumen megah dan anggun ini membutuhkan waktu hingga 22 tahun?

Kalau kamu berlibur ke sini sangat tidak disarankan pada saat Lebaran karena pengunjung pun akan tumpah ruah dan kamu bisa jadi tidak menikmati liburanmu. Untuk tiket masuk, kamu harus siap-siap dana meski tak terlalu besar untuk ukuran turis internasional – tapi kamu mungkin akan kaget untuk melihat perbedaan harga tiket dengan turit lokal. Untuk memasuki kawasan ini, kamu harus membeli tiket dengan harga 750 Rupee atau sekitar Rp 150.000 – di saat turis lokal mengeluarkan 20 Rupee saja. Tapi jangan khawatir karena kamu dijamin akan terkesima dengan kemegahan bangunan Taj Mahal yang dikenal sebagai perlambang cinta sang Kaisar pada sang istri, Mumtaz Mahal.

#3 Tembok Besar China di Mutianyu, China

Liburan ke Landmark Wisata Favorit di Asia, Yuk!
The Great Wall of China – Sumber: internationalinside.com

Meskipun dibangun sebagai sebuah benteng, bukan berarti benteng ini tak memiliki daya tarik. Panjangnya yang mencapai 10.000 km ini membuat Tembok Besar China dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik perhatian bahkan sampai turis internasional untuk berkunjung ke China dan menjadi saksi mata kemegahan bangunan yang dibangun pada tahun 220 hingga 206 sebelum Masehi ini. Tahukah kamu kalau Tembok Besar China merupakan salah satu konstruksi megah yang bisa dilihat dari Bulan selain Ka’bah yang terletak di Mekkah?

Untuk menikmati pesona Tembok Besar China, kamu hanya perlu mengeluarkan dana untuk membayar tiket masuk 40 hingga 45 Yuan kalau kamu bersedia berjalan kaki menyusuri lokasi wisata ini. Kalau kamu tahu kamu tidak cukup kuat untuk menyusurinya dengan kedua kakimu sendiri, kamu bisa menggunakan tiket Sliding Car dengan harga 140 Yuan. Tiket Sliding Car ini memperbolehkanmu menyusuri dan mengelilingi area komplek wisata menggunakan semacam kereta yang akan mengantarmu dari gerbang depan menuju Tembok Besar China dan kembali lagi ke gerbang depan ketika kamu sudah selesai menikmati kemegahan bangunan dan area wisata ini.

#4 Wat Pho, Thailand

Liburan ke Landmark Wisata Favorit di Asia, Yuk!
Wat Pho Temple – Sumber: tour-asia.net

Belum ada dana terlalu besar untuk eksplor ke luar Asia Tenggara? Tidak perlu khawatir, karena Thailand juga memiliki landmark yang menjadi wisata favorit turis internasional. Mendaratlah di Bangkok dan kunjungi Wat Pho, sebuah kuil yang populer dan letaknya berdekatan dengan kuil populer lainnya yaitu The Grand Palace. Karena lokasinya yang berdekatan maka tak heran jika paket wisata ini sering dijadikan satu. Daya tarik utama dari Wat Pho sendiri adalah patung Buddha berbaring atau yang lebih dieknal dengan sebutan The Reclining Buddha. Patung ini disebut-sebut sebagai patung Buddha terbesar di dunia yang terletak di kuil yang terbesar serta tertua di Bangkok.

Untuk menikmati pengalaman menyusuri komplek kuil yang besar dan menakjubkan ini, kamu perlu membayar tiket masuk seharga 100 Baht atau sekitar Rp 382.000 per orang. Boleh kok menggunakan tiket ini untuk berkeliling komplek wisata mulai dari jam masuk 08.00 hingga tutup pada pukul 17.00. Selain berjalan-jalan, kamu juga bisa membeli cindera mata berupa lukisan dengan harga sekitar 400 hingga 500 Baht. Tenang, harga ini masih bisa ditawar hingga setengah harga. Kalau kamu merasa kelelahan setelah berjalan-jalan di komplek kuil ini, kamu juga bisa menunjungi fasilitas pijat yang ada di dalam komplek kuil dengan tarif mulai dari 300 hingga 500 Baht, tergantung waktu serta bagian tubuh yang dipijat.

#5 Fushimi Inari, Jepang

Liburan ke Landmark Wisata Favorit di Asia, Yuk!
Fushimi Inari – Sumber: univie.ac.at

Kalau kamu berkunjung ke Kyoto, Jepang, jangan lupa untuk mengunjungi Fushimi Inari. Ya, inilah kuil pusat puluhan ribu kuil Inari lain. Inari adalah salah satu dewa dalam kepercayaan Jepang dengan nama kehormatan Inari no kami, Oinari-sama, Oinari-san, atau Inari Daimyōjin. Sebagian besar wisatawan yang datang ke destinasi wisata ini adalah mengeksplorasi jalur gunung yang terletak di belakang kuil. Beberapa lainnya ingin mengunjungi bangunan suci yang unik di komplek kuil ini. Kalau kamu berkunjung ke sini, jangan heran akan banyak patung rubah serta beberapa ornamen kayu yang membentuk wajah rubah. Rubah sendiri diketahui sebagai utusan Inari dan dianggap sakral.

Bagian favorit dari banyak turis yang berkunjung ke Fushimi Inari adalah pendakian menuju Gunung Inari yang katanya di sini bisa membuat kita memandangi Kota Kyoto dari ketinggian. Keuntungan lain bagimu yang akan berkunjung ke sini adalah aksesnya yang terbilan mudah. Dari Stasiun Kyoto, kamu bisa keluar dan langsung menuju pintu masuk Fushimi Inari. Mudah kan? Mau tahu apa lagi yang lebih menyenangkan ketika mengunjungi tempat ini? Tiket masuknya GRATIS!

Itu dia 5 landmark terbaik Asia yang kerap menjadi wisata favorit turis internasional. Tidak perlu terburu-buru mengeksplor hingga ke lain benua, kunjungi dulu wisata di benuamu sendiri. Di samping itu, liburan jangan hanya sekadar liburan tapi juga carilah informasi terkait dengan destinasi wisatamu supaya kamu pun juga mempunyai pengetahuan baru yang bisa dibagikan kepada rekan di Indonesia. Siap berangkat liburan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here