Ponsel cerdas plus tablet alias phablet sudah tak lagi asing di telinga masyarakat kita. Hadirnya phablet memudahkan kita yang memiliki kepadatan jadwal tak memerlukan perangkat praktis yang menjawab kebutuhan yang menunjang pekerjaan. Dengan perangkat yang relatif mudah dibawa dan memiliki spesifikasi sepadan dengan tablet bahkan laptop menjadikan perangkat ini banyak diincar oleh para eksekutif muda. Kebutuhan inilah yang akhirnya direspon oleh banyak vendor tak luput juga Lenovo yang baru saja menghadirkan Lenovo Vibe K4 Note, sebuah phablet yang dilengkapi dengan fitur hiburan Virtual Reality.

Lenovo Vibe K4 Note, Phablet dengan Teknologi Virtual Reality
Bodi Lenovo Vibe K4 Note – Sumber: manilashaker.com

Smartphone ini memiliki spesifikasi dimensi bodi berukuran 153.6 x 76.5 x 9.2 mm dan bobotnya yang relatif berat yakni mencapai 158 gram. Berbekal layar yang membentang sebesar 5.5 inchi, Lenovo melengkapinya dengan penggunaan tipe layar IPS LCD Capacitive Touchscreen yang mampu menghasilkan 16 juta warna. Resolusi layar sebesar 1080 x 1920 pixel dengan ketajaman mencapai ~401 ppi pixel density. Tak berhenti sampai di situ, Lenovo memberikan perlindungan terbaik berupa lapisan pelindung layar Corning Gorilla Glass 3.

Menilik bagian dapur pacu, Lenovo Vibe K4 Note ini dibekali dengan sistem operasi Android v5.1.1 Lollipop yang bisa diupgrade hingga versi terbaru yakni v6.0 Marshmallow. Chipset Mediatek MT6753, prosesor 64bit yang salah satu keunggulannya adalah mendukung semua jaringan yang ada di dunia meliputi TD-LTE, FDD-LTE Cat. 4 jaringan hingga 150Mbps, bahkan akan mendukung DC HSPA+. Sementara CPU menggunakan Octa-core 1.3 GHz Cortex A53 dan GPU dengan Mali-T720MP3.

Lenovo Vibe K4 Note, Phablet dengan Teknologi Virtual Reality
Kamera Utama Lenovo Vibe K4 Note – Sumber: mega.pk

FItur-fitur yang disematkan dalam ponsel ini pun tak kalah menarik. Yang paling jelas dan menarik perhatian adalah kamera utamanya yang berukuran 13 MP f/2.2 dengan fitur seperti geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama. Kamera utama Lenovo Vibe K4 Note ini mampu merekam dengan kualitas 1080p per 30fps. Sementara kamera sekundernya berukuran 5 MP dengna bukaan f/2.2. Fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah adanya sensor fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, dan compass. Apalagi fitur lainnya yang ada dari Lenovo Vibe K4 Note ini? Kamu akan semakin terpukau dengan hadirnya teknologi TheaterMax dan bundling headset virtual reality yang diberi nama Ant VR. Jadi, kalau kamu mau merasakan sensasi teknologi Virtual Reality dengan Lenovo Vibe K4 Note ini, pastikan kamu juga memiliki Ant VR.

Lenovo Vibe K4 Note, Phablet dengan Teknologi Virtual Reality
Pengalaman Virtual Reality dalam Smartphone Canggih – Sumber: fonearena.com

Ant VR ini sendiri dikenal ringan karena material pembentuknya terbuat dari plastik dan tidak ada penutup di bagian depan yang membuat punggung ponsel akan terlihat dengan bebas. Dilihat dari samping juga terdapat celah yang membuat cahaya bebas masuk dan ini membolehkan penggunanya tetap bisa melihat keluar ketika sedang menggunakan teknologi Virtual Reality dari ponsel ini. Celah ini juga sebagai jalan bagi tangan ketika hendak menavigasi permainan yang sedang dijalankan mengingat tidak adanya tombol navigasi. Bisa disimpulkan minusnya teknologi ini adalah kurang menghadirkan pengalaman dan sensasi virtual reality yang luar biasa. Akan tetapi upaya Lenovo ini sudah seharusnya tetap mendapatkan apresiasi.

Untuk memperbolehkan penggunanya menikmati semua keunggulan Lenovo Vibe K4 Note ini, baterai tipe non removable Li-Po berkapasitas 3300 mAh disematkan dalam bodi ponsel yang memiliki kekuatan untuk stand by hingga 265 jam pada jaringan 3G dan 23 jam pada jaringan 2G (untuk aktivitas menelpon) atau 22 jam pada jaringan 3G.

Kelebihan Lenovo Vibe K4 Note

Untuk kamu yang belum tertarik dengan produk ini, tidak ada salahnya kamu melihat lebih jauh mengenai kelebihan yang dimilikinya dan mungkin membandingkan dengan produk sekelasnya. Beberapa kelebihan dari Lenovo Vibe K4 Note yang bisa menjadi pertimbanganmu antara lain:

  • Ponsel ini sudah mendukung jaringan 4G LTE. Tidak ada lagi kata lemot dalam menggunakan perangkat secerdas phablet ini untuk berselancar di dunia maya.
  • Layarnya sudah Full High Definition dengan keunggulan yang terletak di sektor interface dan ukuran yang relatif besar. Ini pun masih mendapat perlindungan layar Corning Gorilla Glass 3.
  • Dapur pacu phablet ini sungguh bertenaga dengan menggunakan prosesor octa-core yang terkenal tangguh dalam menjalankan perintah yang diterima.
  • Sistem operasi Android v5.1 Lolillop dengan penampilan grafik yang handal dan berkualitas pada layar utama. GPU Mali T720 akan menunjang kebutuhan para penggunanya dalam aktivitas gaming menggunakan phablet ini.
  • Tak ketinggalan ruang penyimpanannya yang relatif besar dengan kapasitas memori internal mencapai 16 GB dan bisa dieskpansi dengan memori eksternal berkapasitas hingga 128 GB.
  • RAM berukuran 3 GB yang siap menampung semua data dari aplikasi yang dijalankan dan sangat memungkinkan penggunanya untuk melakukan multitasking dengan lancar.
  • Bukan hanya unggul dari segi layar, Lenovo Vibe K4 Note ini juga unggul dari segi suara karena Lenovo menyematkan sepasang speaker yang dibekali dengan teknologi Audio Dolby Atmos sehingga suara yang dihasilkan pasti lebih jernih dan berkualitas.

Kekurangan Lenovo Vibe K4 Note

Tentu, tidak ada sesuatu yang sempurna. Begitu pula dengan phablet ini yang memiliki beberapa kekurangan yang mungkin harus kamu tahu sebagai pertimbangan:

  • Baterainya berjenis non removable dan akan menjadi pekerjaan yang sulit ketika terjadi kerusakan pada baterai.
  • Layarnya masih mengusung tipe IPS LCD padahal mengunggulkan fitur Virtual Reality yang bisa dinikmati dengan menggunakan gear nya yang bernama Ant VR. Padahal untuk produk pesaing sekelasnya bahkan sudah ada yang menyematkan layar AMOLED bahkan Super AMOLED.

Mempertimbangkan semua kelebihan dan kekurangannya, kamu mungkin akan semakin dilema untuk memilikinya sebab di samping kelebihannya yang menggiurkan, Lenovo Vibe K4 Note ini juga dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau yaitu Rp2.8 juta saja. Masih bingung untuk membeli atau tidak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here