Di dunia yang menyuguhkan persaingan yang semakin ketat ini, kita sebagai masyarakat modern dituntut untuk bisa selalu menyesuaikan diri. Syukur bila kita sanggup menjadi pionir dalam menciptakan suatu hal. Tantangan zaman yang seperti ini menyulut kita untuk bisa melahirkan inovasi-inovasi terbaru dan memiliki daya guna yang tinggi bagi masyarakat. Di sinilah peran kita sebagai kawula muda kekinian sebagai agen perubahan dan inovator harus dijalankan.

Akan tetapi, karena terlalu fokus pada tujuan menyelesaikan pekerjaan, kita kerap menomorduakan kebutuhan tubuh kita untuk beristirahat dan mendapatkan perawatan yang cukup. Padahal, tubuh kita yang menjadi media kita bekerja. Ketika kita jatuh sakit, segala ide hanya tinggal pemikiran belaka. Maka dari itu, meskipun kita cukup disibukkan dengan banyak hal, jangan sampai melupakan kebutuhan kita untuk tidur.

Nah, tidur yang kita butuhkan pun bukan hanya tidur yang lama tetapi juga tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas itu tidak selalu harus berjam-jam tetapi proses tidur ini mampu mengembalikan sebagian besar kekuatan tubuh agar bisa melanjutkan aktivitas. Apa saja sih langkah untuk mendapatkan tidur berkualitas? Yuk kita simak ulasannya.

#1 Jangan bosan mendengarkan nasihat ini: berolahragalah!

Boleh Saja Sibuk. Asal, Tidurmu Berkualitas dengan Langkah Berikut Ini

Lakukan Olah Raga Rutin – Sumber: pixabay.com

Olahraga maupun gerakan fisik yang setara dengan olahraga akan membantumu mendapatkan tidur yang lebih pulas dan berkualitas. Jangan malas untuk melakukan rutinitas ini. Olah raga memiliki dampak yang sangat baik bagi tubuh dalam mengelola stress. Lakukanlah olahraga ringan atau sedang selama kurang lebih 1 jam, tiga kali dalam seminggu.

#2 Kamu tetap butuh jadwal waktu tidur.

Boleh Saja Sibuk. Asal, Tidurmu Berkualitas dengan Langkah Berikut Ini

Jadwalkan Tidurmu Agar Teratur – Sumber: pixabay.com

Meskipun hanya istirahat, bukan berarti aktivitas ini tidak membutuhkan penjadwalan. Hindari tidur dalam waktu yang berbeda-beda setiap harinya, misalkan hari ini kamu akan tidur pukul 21.00, besok malam pukul 00.00, besok lusa bahkan pukul 02.00. Ketidakteraturan dalam jadwal tidur ini tentu akan memengaruhi sistem metabolisme dalam tubuh. Inilah mengapa banyak orang yang pada akhirnya tidak bugar ketika ia tidak disiplin dalam mematuhi jam tidur dan lama tidur yang dibutuhkan.

#3 Kenali kebiasaan yang kamu jalankan selama ini.

Kamu adalah pribadi yang paling tahu tentang dirimu, termasuk kebiasaan yang kamu lakukan setiap harinya. Mempertimbangkan 2 poin sebelumnya, alangkah baiknya kalau kamu mempertimbangkan dan mengatur kebiasaanmu supaya tidak mengganggu jadwal tidurmu. Misalkan kamu memiliki jadwal tidur malam mulai pukul 22.00 dan minimal 2 jam sebelumnya sudah harus selesai makan malam. Jadi, maksimal kamu selesai melakukan makan malam adalah pukul 20.00, tidak lebih. Dengan jadwal ini, makan malam yang kamu santap masih diberi kesempatan untuk dicerna oleh organ dalam tubuh dalam posisi tubuh duduk, tidak langsung digunakan untuk tidur.

#4 Hindari konsumsi makanan berat ketika kamu menjelang tidur malam.

Boleh Saja Sibuk. Asal, Tidurmu Berkualitas dengan Langkah Berikut Ini

Buah dan Sayur untuk Menu Makan Malam – Sumber: community.usvsth3m.com

Berhubungan dengan langkah pada tahap sebelumnya, kamu juga tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan berat pada saat menjelang tidur malam. Kondisi perut yang terlalu penuh justru akan menyulitkanmu untuk bisa beristirahat malam. Sebaiknya konsumsi sayur dan buah serta minum air putih saja sebagai menu makan malammu, hal ini juga akan mempermudah tubuhmu dalam mencerna dan membuatmu lebih cepat untuk tidur.

#5 Matikan peralatan elektronik yang ada di kamarmu – kecuali lampu tidur.

Ini dia yang mungkin masih sangat sulit untuk dilakukan oleh banyak dari kita. Mematikan peralatan elektronik seperti laptop dan smartphone sebelum tidur sangat disarankan untuk membuat kita lebih relax sebelum tidur malam. Sayangnya, kita masih kerap melakukan scrolling and stalking (gebetan atau mantan kekasih) sampai akhirnya mata kita menjadi lelah.

Kamu mungkin masih akan kesulitan untuk ‘mematikan’ otak agar tertidur ketika langsung beranjak ke tempat tidur begitu selesai menggunakan perangkat-perangkatmu. Maka, batasi penggunaan alat elektronik sebelum kamu tidur. Hentikan dan matikan peralatan elektronik tersebut 30 menit sebelum tidur. Hal ini akan lebih memudahkanmu untuk segera terlelap dalam mimpi.

#6 Hindari obrolan terlalu malam.

Boleh Saja Sibuk. Asal, Tidurmu Berkualitas dengan Langkah Berikut Ini

Hindari Mengobrol Sebelum Tidur – Sumber: projectmanagers.net

Sifatnya sama seperti kita menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur, mengobrol sebelum tidur juga akan membuat otak kita dalam keadaan ‘siaga’ sehingga kita justru mengalami kesulitan tidur di malam hari. Pastikan kamu memiliki waktu kurang lebih 30 menit untuk mendinginkan otakmu agar bisa fokus untuk beristirahat malam, ya!

#7 Gunakan lampu tidur atau justru matikan lampu kamarmu.

Keadaan kamar yang terang juga berpotensi membuatmu kesulitan untuk tidur malam. Efek cahaya pada lampu memeengaruhi hormon dalam tubuh dan juga metabolisme yang berlangsung. Inilah mengapa banyak ilmuwan yang menyarankan kita untuk beristirahat di dalam ruangan yang remang atau gelap. Kalau kamu tidak bisa tidur dengan suasana gelap, kamu bisa menggunakan lampu tidur yang berwarna kuning untuk menurunkan efek cahaya yang berlebihan saat tidur malam.

#8 Gunakan tempat tidur yang masih layak.

Kasur yang kamu gunakan juga berpengaruh pada kualitas tidur malam yang kamu dapatkan, lho. Kalau kamu merasa kasurmu sudah terlalu kempis dan tidak membuatmu nyaman ketika berbaring, bisa jadi itu pertanda kalau kasurmu sudah cukup tua untuk menopangmu. Tidak ada salahnya mengganti kasur lamamu dengan kasur baru yang lebih kuat dan mampu menopang tubuhmu saat tidur. Biasanya kasus seperti ini hanya ditemukan pada kasur kapuk, bukan tempat tidur jenis Spring Bed.

#9 Bangunlah suasana tidur yang mendukung.

Lingkungan tidur yang mendukung juga harus kamu bangun di sini untuk menciptakan suasana tidur yang nyaman dan berkualitas. Hindari penggunaan kipas angin atau AC semalaman penuh karena hal ini juga berpengaruh pada sistem kerja dalam tubuh kita selama kita beristirahat. Maka jangan malas untuk mengatur timer-nya. Kamu juga harus memperhatikan lingkungan sekitar kamar supaya tetap tenang selama kamu tidur. Persiapan yang seperti ini akan memperbolehkanmu beristirahat secara penuh dan bisa bangun dengan lebih segar.

Itulah beberapa langkah mudah agar kamu mendapatkan tidur yang berkualitas. Ingat, tidur yang berkualitas bukan dihitung dari seberapa lama kamu tidur, tetapi seberapa bagus tubuhmu memanfaatkan waktu istirahat ini untuk rehat dari aktivitas dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Tidur yang berkualitas akan membuatmu bangun dengan lebih segar dan tentu saja kamu jadi lebih bisa melanjutkan aktivitasmu dengan semangat.

No more articles