Bagi kaum perempuan, cantik seolah menjadi hukum mutlak apalagi ketika usianya sudah menginjak kepala 2. Melihat teman-temannya sudah mahir memoles make up dan memadukan pakaian sehingga terlihat lebih manis dan eye catching, tidak memungkiri ia juga ingin bisa melakukan hal yang sama. Tak heran kalau sebagian perempuan rela merogoh kocek cukup dalam untuk melakukan perawatan kulit dan tubuh bahkan tak segan untuk mengurangi porsi dan intensitas makan demi mendapatkan fisik sempurna.

Tapi, taukah kamu kalau cantik bukan persoalan kamu pintar berdandan saja? Cantik juga membutuhkan nutrisi lho. Nutrisi itu sendiri salah satunya kamu dapatkan dari asupan makanan yang kamu konsumsi. Kalau kamu asal memotong jatah makan dan asal mengonsumsi beberapa jenis makanan saja – yang kamu pikir sangat rendah karbo dan lemak – sepertinya kamu harus mengubah cara pandang itu karena kini ada kamu bisa tetap mendapatkan kecantikan tersebut dari pengaturan menu makan yang bernutrisi. Ingin memiliki kulit yang cantik dengan makanan yang lezat? Mudah. Yuk kita simak beberapa menu enak yang patut kamu konsumsi untuk mendapatkan kulit sehat dan tetap cantik ini.

#1 Granola

Kulit Cantik dengan Makan Enak. Mau?

Granola – Via barefeetinthekitchen.com

Menu satu ini emang lagi hits banget di kalangan anak muda. Granola merupakan campuran biji-bijian, kacang-kacagan, serta buah kering yang patut kamu konsumsi kalau mengidamkan kulit sehat dan cantik. Lisa Hayim, seorang ahli diet sekaligus pendiri The WellNecessities ini menuturkan bahwa kacang dan biji-bijian merupakan sumber protein serta zinc yang baik. Komponen ini adalah pembentuk kolagen yang berperan penting dalam menjadikan kulit lebih elastis. Ditambah campuran buah-buahan kering yang kaya antioksidan sebagai pelindung kulit canitkmu!

Menu satu ini bisa kamu buat sendiri atau kalau kamu tidak sempat membuatnya, kamu bisa membelinya di pasar. Kebanyakan produk granola yang beredar sudah dikemas dalam bentuk bar atau batangan serta tidak jarang produsen memberikan perasa untuk lebih menarik minat pembelinya. Di sini kamu harus lebih cermat dalam memilih produk granola bar yang baik untuk tubuh, perhatikan kandungan gizinya untuk mengetahui apakah produk tersebut mengandung gula maupun perasa secara berlebihan supaya tidak justru membahayakan kesehatanmu sendiri.

#2 Jus Jeruk

Kulit Cantik dengan Makan Enak. Mau?

Orange Juice – Via persil.co.uk

Meski terdengar sederhana, namun menu satu ini kaya akan kandungan gizi dan vitamin yang berperan dalam merawat kulit serta tubuhmu agar lebih sehat dan tentunya cantik. Ahli gizi Lyssie Lakatos dan Tammy Lakatos menyebutkan bahwa jeruk kaya akan air serta mampu membantu mengisi ruang antara sel serta meminimalkan adanya strecth mark.

Hanya itu? Oh tentu tidak. Beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi jus maupun buah jeruk adalah mengecilnya pori-pori kulit yang terbuka. Kamu tentu tahu pori-pori yang besar akan menunjukkan kesan kusam serta dapat memicu infeksi kulit. Buah jeruk sendiri juga dikenal bisa mengurangi jerawat karena adanya kandungan asam sitrat. Dengan mengonsumsi jus jeruk kamu juga akan mendapati jerawatmu mengering serta berkurangnya bekas luka akibat jerawat. Kalau kamu mengidam-idamkan kulit putih terawat, kamu bisa menggunakan kulit jeruk untuk mengurangi bintik gelap pada kulit bahkan mengurangi warna belang. Selain itu, kulit jeruk yang kering bisa djadikan scrub alami untuk wajah dan tubuh. Masih meragukan kekuatan buah jeruk?

#3 Salad Chuka-Wakame

Kulit Cantik dengan Makan Enak. Mau?

Wakame Salad – Via suishinsushi.com

Kamu yang hobi makan di restoran Jepang mungkin tidak akan asing dengan menu Salad Chuka Wakame. Menu satu ini terbuat dari Wakame atau rumput laut Jepang dengan taburan biji wijen di atasnya. Terkadang, salad ini juga disajikan bersama dengan idako atau gurita bayi, kurage atau irisan ubur-ubur, serta serutan mentimun yang menambah kesegaran salad saat disantap.

Wakame sendiri diketahui sebagai jenis sayuran laut yang kaya akan nutrisi yang penting untuk tubuh dan kulitmu. Wakame memiliki kandungan fitonutrien yang tinggi khususnya yodium. Sayuran ini dikenal dapat membantu mengatur tiroid, membakar lemak tubuh, juga membantu mengonversikan karoten menjadi vitamin A yang penting untuk kesehatan mata, rambut, dan tentunya kulit cantikmu.

Selain diketahui berperan untuk mempercantik kulitmu, kandungan gizi lainnya yang terkandung dalam wakame juga penting untuk otot yaitu adanya magnesium. Wakame juga mengandung zat gizi lainnya yang tak kalah penting seperti kalsium dan vitamin A, C, E, K, dan vitamin B2. Fungsi lain dari sayuran laut ini adalah mencegah penyakit jantung, hipertensi, diabetes, kanker, dan obesitas bagi para konsumennya. Wuih, enak-enak banyak manfaatnya ya!

#4 Smoothie Buah dan Sayur

Kulit Cantik dengan Makan Enak. Mau?

Smoothie – Via eatthis.com

Menu satu ini mungkin cukup akrab di telinga. Smoothie merupakan jus yang terdiri dari berbagai sayuran mentah dan buah-buahan yang manis. Kesegaran kandungan bahan yang berpadu menjadi smoothie akan menghilangkan rasa langu dan justru bisa membuatmu ketagihan sebab rasanya yang lezat dan kepraktisannya untuk dikonsumsi sangat menjawab kebutuhanmu yang sibuk namun tetap ingin sehat dan cantik. Kandungan gizi pada smoothie jelas ditentukan oleh bahan-bahan penyusunnya tapi mantan editor Vogue, Louise Roe, memiliki resep smoothie yang mampu mempercantik kulitmu yaitu dengan perpaduan bayam, selada air, peterseli, alpukat, buah pir, dan jeruk nipis.

Bayam dikenal memiliki kandungan gizi zat besi dan kalium serta lutein yang dikenal mampu menjernihkan mata. Selada air berkontribusi dalam menyediakan antioksidan dan kalsium. Peterseli mampu mengerahkan kandungan vitamin C dan beta-karoten. Alpukat dikenal kaya akan asam lemak yang sehat dan baik untuk menjaga elastisitas atau kekenyalan kulitmu. Buah pir juga diketahui memiliki indeks gliserin rendah yang memperlambat pelepasan gula ke tubuh.

#5 Dark Chocolate

Kulit Cantik dengan Makan Enak. Mau?

Dark Chocolate – Sumber: theodysseyonline.com

Yumm! Ini dia menu yang paling favorit bagi hampir semua orang di dunia. Siapa yang tidak suka rasa cokelat yang pekat? Selain enak, cokelat juga memiliki kandungan gizi yang baik terutama untuk peremajaan kulit karena kandungan flavonolnya akan melembapkan dan mengencangkan kulit. Ingat ya, kalau mau mengonsumsi cokelat, pilihlah yang terdiri dari 80% kandungan dark chocolate. Di bawah itu, konsumsi gula akan menjadi terlalu banyak dan tidak baik bagi tubuh. Kamu juga sangat disarankan untuk mengonsumsi langsung tanpa tambahan gula maupun susu utnuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Gimana, tetap enak kan untuk jadi cantik? Tapi tetap ingat ya, selain mengonsumsi makanan bernutrisi kamu juga tetap harus mengimbanginya dengan aktivitas fisik dan olah raga untuk membakar lemak serta membentuk tubuhmu agar lebih baik. See? Cantik itu tidak harus menyiksa dan penuh luka selama kamu menerapkan alternatif yang baik dan konsisten untuk melakukannya.

No more articles