Semua mesin kendaraan bermotor itu sama fungsinya hanya saja berbeda pada ukuran, seperti mesin motor dan mesin mobil. Hal ini dikarenakan mesin motor harus menyesuaikan ukuran dan bobot yang mampu di bawa kendaraan tersebut. 

Di dalam mesin motor 4 tak ini memang banyak sekali mulai dari  gear transmisi, engkol mesin, blok silinder, kelapa silinder, pengisian mesin, mekanisme kopling manual serta sentrifugal. Tetapi kali ini kami hanya akan membahas tentang komponen utama yang ada pada mesin motor 4 tak. Apa saja sih komponennya? Langsung simak saja yuk di artikel ini!

1. Head Cylinder

Head Cylinder mesin motor – Sumber : youtube

Head cylinder atau yang biasa disebut dengan kepala silinder ini terletak pada blok mesin di bagian atas. Dengan bentuk yang seperti silinder ini dapat memungkinkan head cylinder mampu menjadi tempat sebagai pembakaran mesin serta tempat mekanisme katup kerja.

2. Block cylinder

Block cylinder mesin sepeda motor – Sumber : seekpart.com

Fisik dari block cylinder ini tidak jauh berbeda dengan kepala silinder. Dengan bentuk agak kotak dan terdapat sirip udara ini memiliki fungsi sebagai rumah utama pada mesin, sebab pergerakan naik dan turun piston berada di dalam komponen ini.

3. Bak transmisi

Bak transmisi mesin sepeda motor – Sumber : datahiroito.blogspot.com

Bak transmisi merupakan sebuah komponen dengan bentuk yang paling besar pada mesin sepeda motor. Karena menjadi rumah bagi poros engkol mesin serta sistem pemindah daya motor pada kopling dan transmisi.

Sedangkan bak transmisi ini memiliki fungsi sebagai rumah atau housing bagi kopling, poros engkol, magnet and spul, gearbox dan engkol mesin.

4. Piston

Piston pada mesin sepeda motor – Sumber : pinterest

Komponen satu ini berfungsi sebagai pengubah volume di dalam silinder. Dengan perubahan volume ini akan mengakibatkan efek vakum dan kompresi. Hasil dari perubahan ini akan digunakan sebagai sumber pembakaran berkelanjutan.

5. Ring piston

Ring pison mesin sepeda motor

Seperti namanya, ring piston berbentuk lingkaran yang terletak pada bagian samping luar piston. Ring piston memiliki dua fungsi yaitu, sebagai pencegah kebocoran kompresi dan mencegah oli masuk ke ruang pembakaran dari poros engkolnya.

6. Connecting rod

Connecting rod mesin sepeda motor – Sumber : summitracing.com

Komponen mesin satu ini terletak pada bagian bawah piston. Berbentuk batang besi, connecting rod berfungsi sebagai penyalur gerakan naik turun piston dengan ke poros engkol.

7. Klep/katup

Katup mesin sepeda motor – Sumber : maniakmotor.com

Katup atau klep ini memiliki dua jenis yang berbeda yaitu intake dan exhaust. Katup intake berfungsi sebagai pengatur masuk udara bersih, sedangkan exhaust memiliki peran sebagai pengatur keluarnya gas sisa pembakaran yang terjadi pada knalpot.

8. Mekanisme penggerak katup

Mekanisme penggerak katup mesin motor – Sumber: https://revzilla.net

Dari namanya saja sudah pasti kamu tahu apa fungsi dari komponen satu ini. Mekanisme katup ini berfungsi sebagai pengatur pembukaan katup intake dan katup exhaust agar timing dan gerakan RPMnya sesuai.

Pada umumnya sebuah mesin sepeda motor menggunakan mekanisme katup ini berjenis OHC. Yang dimana pada jenis ini rantai keteng ditambahkan sebagai penghubung poros nok/camshaft dengan crankshaft.

9. Poros engkol


Poros engkol pada mesin motor.

Crankshaft atau yang biasa disebut sebagai poros engkol ini berfungsi sebagai pengubah gerakan naik turun dari piston dengan gerakan rotasi. Prinsipnya seperti saat kita sedang mengayuh sepeda naik/turun yang dimana gerakan tersebut akan diubah menjadi putaran.

10. Intake manifold

Intake manifold mesin motor – Sumber : common-motor.com

Intake manifold berfungsi sebagai selang yang menjadi jalur udara dari karburator ke saluran masuk mesin. Seperti fungsinya, bentuk dari intake ini seperti selang saluran memanjang yang cukup simple.

11. Noken as

Noken as mesin motor

Noken merupakan komponen yang vital pada sebuah mesin motor. Secara fisik, noken as terbagi menjadi dua bagian yaitu, journal dan lobe. Jenis noken as journal terletak pada bagian batang rem yang terhubung ke gigi sentrik dan dudukan laher. Sedangkan untuk jenis lobe, bentuknya sih seperti tonjolan dan berfungsi sebagai pengatur buka tutup klep.

Itulah, 11 komponen utama yang ada di dalam mesin motor. Jadi, kalian sudah tahu kan dengan tidak adanya salah satu komponen ini maka motor kurang sempurna untuk dikendarai.

No more articles