Kalau pertama kali dengar kata ‘Finlandia’, mungkin yang terlintas adalah Nokia dan sistem pendidikannya yang dianggap paling baik di dunia. Ya, memang dua hal itu sangat melekat pada Negeri Seribu Danau itu. Nokia sempat merajai dunia telekomunikasi dengan produk ponselnya yang menjadi ‘ponsel sejuta umat’ karena selain lahir dalam ratusan seri, jenis jaringan, dan fitur yang melengkapinya, ponsel ini juga dikenal tahan banting. Sementara masalah pendidikan di Finlandia sendiri sudah diakui sebagai sistem pendidikan terbaik di dunia berdasarkan survei Programme for International Student Assessment yang menyatakan Finlandia sebagai peringkat teratas dalam survei yang membandingkan pelajar usia 15 tahun dari berbagai negara. Selain itu, survei 3 tahunan oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) yang dilakukan pada tahun 2009 juga menyatakan bahwa pelajar Finlandia menempati posisi nyaris teratas.

Apa cuma itu sih keunikan negara Finlandia? Tentu tidak. Mau tahu lebih dalam tentang negeri satu ini? Yuk, kenalan dengan negara Eropa berbudaya Asia satu ini.

Sistem Pendidikannya Terbaik Didukung oleh Berbagai Infrastruktur.

Kenalan dengan Finlandia, Negeri Asal Nokia dan Pusat Pendidikan Terbaik
Anak-anak Sekolah Mulai Umur 7 Tahun – Sumber: educationarticle.net

Sudah jadi rahasia umum kalau Finlandia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Tapi itu semua tidak terwujud tanpa tatanan terencana dan dukungan yang baik dari segi infrastruktur maupun tenaga pengajar. Kuncinya adalah kemandirian yang diberikan pada murid dan juga guru. Para siswa di Finlandia memiliki waktu senggang untuk bermain sampai usia mereka 7 tahun, saat mereka sudah harus mulai masuk dunia sekolah. Sementara guru sekolah (yang rata-rata mengenyam pendidikan minimal S2) ini diberi kebebasan dalam mengatur kurikulum yang akan dijalankan. Tidak ada sistem kompetisi dan sistem peringkat bagi para murid di sini, itu karena para guru percaya bahwa setiap anak memiliki keunggulan di masing-masing bidang dan beragam bakat yang tidak seharusnya ‘dimatikan’ demi kepentingan akademik.

Mirip Seperti di Indonesia: Bertamu? Lepas Alas Kaki Dulu.

Kenalan dengan Finlandia, Negeri Asal Nokia dan Pusat Pendidikan Terbaik
Please, Take Your Shoes Off – Sumber: gearheads.in

Budaya unik lainnya di Finlandia yang sekilas mirip dengan budaya kita sebagai orang Indonesia adalah melepas alas kaki ketika berkunjung atau bertamu ke rumah seseorang. Di sana, sebagian besar masyarakatnya tidak begitu menyukai tamu yang datang dan tidak melepas alas kaki mereka ketika bertamu. Hal ini dipandang sebagai bentuk sikap tidak menghargai seorang tamu kepada tuan rumah selaku pemilik yang sudah merawat dan membersihkan rumah tersebut. Jadi, kalau suatu saat kamu harus berkunjung ke rumah seseorang yang merupakan orang Finlandia, jangan lupa lepas alas kakimu, ya!

Telepon Umum? Hello, Ini Negara Ponsel!

Masih ingat wartel alias warung telepon? Kita mungkin pernah memanfaatkannya sebelum era ponsel cerdas menguasai tahun milenium ini. Mengantri untuk menelpon seseorang sembari menatap argo yang terus berjalan menunjukkan biaya yang harus dibayarkan adalah sekilas gambaran bagaimana masyarakat kita pernah mengalami masa ini. Tapi, di FInlandia, fasilitas publik semacam ini tidak ada. Tahukah kamu jika lebih dari 5 juta unit ponsel ada di negara ini sebagai fasilitas mereka untuk berkomunikasi?

Hobi Ngopi Sambil Nongkrong: Momen Bercengkrama Bersama Rekan.

Kenalan dengan Finlandia, Negeri Asal Nokia dan Pusat Pendidikan Terbaik
Finlandia Cinta Kopi! – Sumber: omnihotels.com

Bukan hanya para remaja dan dewasa muda Indonesia yang memiliki hobi ngopi cantik sembari bercengkrama (demi mendongkrak eksistensi). Finlandia sendiri dikenal sebagai salah satu negara  yang penduduknya sangat menggilai kopi. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Finlandia bisa menghabiskan sekitar 12 kilogram kopi setiap tahunnya. Budaya ngopi ini dilakukan masyarakat Finlandia juga sebagai momen untuk bercengkrama dengan rekan maupun famili.

Bukan Cuma Indonesia yang Punya Budaya Lomba Unik, ‘Lari Gendong Istri’ adalah Budaya Negara FInlandia.

Kenalan dengan Finlandia, Negeri Asal Nokia dan Pusat Pendidikan Terbaik
Lari Gendong Istri Demi Bir – Sumber: seerika.wordpress.com

Perayaan 17 Agustus-an dengan berbagai lomba seperti makan kerupuk, sepeda lambat, hingga panjat pinang menjadi segelintir momen wajib. Meskipun terdengar aneh, kita bukan satu-satunya negara yang memiliki kebudayaan yang ‘aneh’ tersebut. Tahukah kamu, FInlandia juga memiliki budaya yang tidak kalah uniknya yaitu perlombaan lari sambil menggendong istri. Kompetisi satu ini hanyalah satu di antara sejumlah kompetisi unik lainnya di FInlandia seperti kompetisi melempar ponsel dan melempar sepatu boot. Lari sambil menggendong istri ini merupakan kompetisi yang diadakan rutin setiap tahun dan pemenangnya akan mendapatkan bir yang sama beratnya dengan sang istri yang digendong. Wah, unik ya!

Hari Restoran dan National Failure Day.

Hari besar nasional bukan hanya milik kita saja. Jika berkunjung pada saat yang tepat, kamu akan mengalami sendiri adanya Hari Restoran dan National Failure Day. Hari Restoran merupakan hari dimana warga Finlandia memiliki kesempatan untuk mengatur sendiri restoran, kafe, maupun bar untuk satu hari dan warga bahkan tidak harus menjadi pekerja pada restoran bersangkutan. Momen ini dilakukan di Kota Helsinki dalam empat tahun sekali. Sementara itu, National Failure Day adalah hari peringatan bagi masyarakat untuk merefleksikan kesalahan-kesalahan yang sudah pernah diperbuat dan berjanji untuk tidak lagi mengulanginya.

Di Indonesia Mandi Bersama (di Sungai), di Finlandia Bersama-sama Menikmati Sauna.

Kalau kamu pernah tinggal atau setidaknya menginap di daerah pedesaan, menemui warga desa yang mandi bersama di sungai adalah hal yang biasa, bukan? Momen seperti inilah yang justru dimanfaatkan sebagai momen bertemu dan bercengkrama tanpa harus mengkondisikan suasana yang formal dan serba tertata. Begitu pula di Finlandia, masyarakatnya memiliki kebiasaan untuk menikmati sauna bersama setidaknya satu kali dalam seminggu. Bukan sebuah hal yang aneh lagi kalau harus tidak pakai baju bersama-sama meskipun itu bersama dengan kenalan atau rekan bisnis.

Indonesia memang unik dan kita memang menyadari bahwa jutaan budaya ada dari Sabang sampai Merauke. Akan tetapi, bukan berarti negara lain tidak khas dan tidak memiliki budaya yang sama uniknya. Buka mata, perluas wawasan dengan pikiran terbuka akan menjadikanmu lebih aware dengan lingkungan sekitar. Sekarang sudah tahu kan kalau Finlandia juga sama istimewanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here