Kedai kopi lagi menjamur banget di beberapa kota di Indonesia. Sebut saja salah satunya di Jakarta. Dipantau dari Google Maps, udah banyak bermunculan lokasi kedai kopi baru dengan nama unik nan nyentrik. Fenomena ini jadi salah satu hal yang mengindikasikan bahwa budaya ngopi sedang jadi tren, berdampak pada “naik daunnya” industri kopi. Literally a good news, tho. Entah pengunjungnya memang pecinta kopi atau sebagian hanya numpang cari koneksi internet di tempat nyaman. Hmm.

Buat kamu yang lagi ada di area Jakarta dan berminat untuk nongkrong, kedai kopi kekinian bisa jadi alternatif. Nggak memungkiri kalau kedai kopi sekarang ini nggak monoton dan gitu-gitu aja. Arsitektur dan interior designer-nya main banget, menjadikan tempat ‘merenung’ ini berubah menjadi salah satu spot instagram-able. Mungkin biar merenungnya jadi lebih kreatif, siapa tahu? Biar nggak makin lama, pantengin dah ini list kedai kopi terekomendasi buat nongkrong di Jakarta.

Serasa Coffeetaria (serasacoffeetaria)

Rekomendasi lain untuk tempat nongkrong tapi bisa juga jadi tempat janjian untuk hangout dengan teman-teman terdekatmu adalah di Serasa Coffeetaria. Lokasinya ada di daerah Senopati, Jakarta Selatan. Bisa dibilang, ini adalah lokasi yang mencakup untuk hampir semua umur. Yaaaa, kurang lebih bisa dibilang sebagai rekomendasi tempat arisan keluarga.

Serasa Coffeetaria – Sumber: http://thekeepersmap.com

Meski begitu, menu yang ditawarkan nggak kalah enak. Baik itu makanan, menu kopi, ataupun jenis minuman lainnya, Serasa Coffeetaria punya rekomendasi yang nggak ecek-ecek. Jenis makanannya pun beragam, mulai dari makan berat khas Indonesia, cake, pasta, dan lain-lain.

Arborea Cafe (arboreacafe)

Nah, ini adalah kedai kopi yang mengusung tema back to nature. Meski relatif terbuka, tempat ini tetap estetik dan layak kamu kunjungi. Kedai kopi ini memiliki desain arsitektur bangunan yang dipadukan dengan bahan kayu, membuatnya terlihat lebih menyatu dengan alam. Di tambah, sekeliling area meja pelanggan terdapat tanaman hehijauan.

Arborea Cafe – Sumber: datawisata.com

Baca Juga: Hits! Ini 10 Kedai Es Kopi Susu di Jakarta yang Wajib Banget Kamu Kunjungi

Ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang hobi main laptop karena pemandangan hijau dari tanaman ini bisa menetralkan pandangan sehingga mata tidak menjadi terlalu lelah atau kering. Selain menyajikan suguhan kopi dan nuansa alam, Arborea Cafe juga punya agenda live music, loh. Kalau kamu berminat, kamu bisa mengunjungi kafe ini yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

kopikalyan (kopikalyan)

Kalau seleramu adalah kedai kopi dengan konsep minimalis dan nuansa monokrom ala-ala kedai kopi kekinian, kamu bisa datang ke kopikalyan. Lokasinya ada di tiga tempat, yakni: (1) Jalan Cikajang, (2) Foresta Business Loft 2, dan (3) Jalan Barito. Pengunjung yang datang ke sini nggak cuma untuk menikmati kopinya, beberapa dari mereka juga terlihat asyik bercengkrama dan tidak sedikit yang menggunakan lokasi ini sebagai lokasi belajar dan mengerjakan tugas kuliah.

Suasana kedai kopikalyan – sumber: kopikalyan.com

Yang membuat pengunjung betah bolak-balik ke kedai kopi ini adalah karena kedai ini sudah seperti rumah bagi mereka. Nggak hanya menawarkan menu kopi beranekaragam namun minim menu makan berat. Di kopikalyan, ada menu makanan berat yang rasanya juga nggak kalah joss. Wajib coba Oyako-Don sama Truffle Gyu Don. Enak!

Ardent Coffee (ardent.coffee)

Kedai kopi satu ini punya keunikan dari desain arsitektur yang mengusung nuansa industrial. Ardent Coffee yang berlokasi di daerah Puri Indah, Jakarta Barat, ini sebenarnya nggak seratus persen sebuah kedai kopi tapi lebih mirip seperti resto modern. Memang ada menu kopi yang juga jadi andalan di tempat ini namun tidak mendominasi.

Ardent Coffee – Sumber: indonesia.travel

Tempat ini mungkin lebih cocok untuk perempuan. Kenapa? Soalnya selain karena menunya beragam dan rasanya enak, penataannya bikin eyegasm banget. Cocok lah untuk orang yang hobi motret pesenannya sebelum dinikmati. Nggak cuma makanan berat, Ardent Coffee juga jual menu sehat yang bisa mendukung dietmu, seperti menu salad sayur.

Unison Cafe & Kitchen (unisoncafe)

Kebanyakan kedai kopi kekinian punya desain yang mengusung tema monokrom. Hal itu nggak berlaku buat Unison Cafe & Kitchen yang beralamat di Ruko Golden 8 Blok H/5, Gading, Serpong. Kafe ini tetap aesthetic dengan permainan warna pada dinding maupun peralatannya yang catchy tapi menawan. Secara ukuran ruangan, kedai ini emang nggak terlalu besar dibandingkan kedai kopi lainnya – terutama yang mengusung tema back to nature.

Unison Cafe & Kitchen – Sumber: https://www.qraved.com

Baca Juga: Daftar Kuliner Jogja Paling Banyak Dicari yang Enaknya Bikin Ketagihan

Tapi kalau kamu mencari spot untuk selfie maupun foto-foto, Unison menyediakan sudut-sudut estetik yang bisa jadi latar foto unik. Dikarenakan tempat ini juga bukan kedai kopi murni, kamu juga bisa memesan menu makanannya yang bervariasi. Pengen datang ke tempat ini tapi nggak suka kopi? Tenang, ada menu minuman non kopi yang bisa kamu pesan.

Ottoman’s Coffee Sopo Del Tower

Sebagai penutup, aku kasih rekomendasi kedai di daerah Mega Kuningan. Namanya Ottoman’s Coffee, letak spesifiknya ada di Sopo Del Tower. Beda dengan kedai kopi kekinian yang sarat dengan warna monokrom dan mengusung tema simple, kafe ini justru mengusung warna pink hangat pada dinding maupun perabotannya dipadukan dengan nuansa alam dari kayunya.

Ottoman’s Coffee Sopo Del Tower – Sumber: indesignlive.sg

Menunya juga tidak hanya kopi tetapi juga disediakan menu makanan dan menu minuman non kopi bagi pengunjung yang tidak ingin menikmati sajian kopi single shot khas Ottoman’s Coffee. 

List tadi hanya beberapa kedai kopi kekinian di Jakarta yang recommended dari versi aku. Mungkin kamu punya rekomendasi kedai kopi lain yang punya keunikan sendiri. Well, karena selera dan tujuan orang ke kedai kopi beda-beda, bisa lah saling share informasi kedai kopi yang nggak kalah recommended buat didatengin. Tulis pendapatmu di kolom komentar ya. Kalau di antara kalian juga ada yang suka nongkrong di salah satu kedai kopi di atas, bisa lah buat agendakan kopdar sesama blogger. Gas! 

No more articles