Mendengar kata ‘psikologi’, apa yang ada dalam benakmu? Mungkinkah tentang manusia, orang gila, dokter jiwa, atau rumah sakit jiwa? Atau mungkin mantan? Hmm… Psikologi merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempelajari perilaku manusia serta aplikasi pada berbagai masalah yang dihadapi. Praktisinya disebut sebagai Psikolog.

Peran psikolog dalam kehidupan masyarakat sendiri semakin hari semakin dibutuhkan lantaran Timbulnya berbagai masalah yang semakin kompleks. Tugas para psikolog pun kini tak terbatas hanya menyediakan jasa tes psikologi maupun terapi dan konseling. Namun juga berpartisipasi dalam pendampingan korban atas berbagai kejadian serta turut berperan untuk mencegah timbulnya gangguan jiwa pada seseorang.Hal ini juga didukung dengan semakin terbukanya masyarakat untuk menggunakan jasa para psikolog.

Kelihatannya menyenangkan ya bisa menjadi ‘teman curhat’ bagi banyak orang? Tapi perlu kamu tahu bahwa lika-liku menjadi seorang psikolog tidaklah mudah, bahkan dari awal menempuh pendidikan. Ilmu ini bahkan tidak stagnan tapi terus mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Itulah mengapa kamu juga tidak bisa sembarangan menentukan kampus mana yang akan menjadi tempatmu menuntut ilmu agar bisa menjadi psikolog.

Kalau kamu serius ingin memperjuangkan pendidikanmu agar bisa menjadi psikolog terbaik, kami akan menyediakan informasi mengenai 10 kampus terbaik dunia untuk mempelajari Ilmu Psikologi berdasarkan The QS World University Rankings by Subject 2015 berdasarkan metodologi yang mengacu pada reputasi manajer dan akademik serta data pada kutipan penelitian.

#1 Harvard University, United States

Harvard University, United States

Harvard University, United States – Source: cruisebe.com

Memang tak perlu kamu ragukan lagi kalau Harvard University memegang status sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, termasuk untuk Jurusan Psikologi, jurusan yang baru muncul pada akhir tahun 1800-an atas dukungan Scholarship of William James dengan sejarah yang cukup panjang dan tercatat telah melahirkan pengajar, peneliti, hingga tokoh yang banyak kita temui dalam referensi yang biasa digunakan selama proses perkuliahan.

Sebut saja Skinner BF, Gordon Allport, George Miller, dan juga Henry Munray. Tahukah kamu kalau aktris berbakat Natalie Portman sempat menempuh pendidikan di jurusan psikologi ini?

#2 University of Cambridge, England

University of Cambridge, England

University of Cambridge, England – Source: wikimedia.org

Inilah kampus tertua kedua di dunia dan merupakan pesaing yang sekelas dengan Oxford University. Jurusan Psikologi di kampus ini sudah ada sejak tahun 1897 dan diklaim sebagai yang terbaik seantero Eropa. Keuntungan yang akan kamu dapat sebagai mahasiswa psikologi di Cambridge Univerisity adalah memenangkan kesempatan yang cukup besar untuk bisa bekerja sebagai sukarelawan dalam berbagai organisasi psikologi bertaraf internasional.

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah Program IPA Terfavorit!

#3 Stanford University, United Kingdom

Stanford University, United Kingdom

A totalof 1,651 undergraduate degrees were awarded in 2014 and 3,292 Master’s, Professional and Doctoral degrees in 2013–14. – Source: beam.usnews.com

Universitas swasta yang terletak 60 km jauhnya dari San Francisco ini juga dikenal sebagai kampus yang memiliki jurusan psikologi terbaik di dunia. Secara keseluruhan, kampus ini berada dalam jajaran universitas terbaik dunia secara konsisten ditinjau dari segi pengajaran maupun penelitian. Jurusan psikologi di Universitas Stanford ini memiliki 5 are spesifikasi untuk jurusan PhD dan terdapat peluang belajar untuk level pendidikan di atas S-3. WOW!

#4 University of Oxford, United Kingdom

University of Oxford, United Kingdom

University of Oxford, United Kingdom – Source: sarahlawrence.edu

Inilah kampus tertua berbahasa inggris yang letaknya ada di kota Oxford, Inggris. Kampus ini terdiri dari beberapa institusi yang di dalamnya termasuk 38 kolese konstituen serta beberapa departemen akademik yang dikelompokkan menjadi empat divisi. Universitas Oxford menjadi pesaing Universitas Cambridge secara rutin dalam mempertahankan posisi sebagai kampus nomor satu di Britania Raya.

#5 University of California, Los Angeles (UCLA), United States

University of California, Los Angeles (UCLA), United States..jpg

Here the towers of Royce Hall and the octagonal dome of Powell Library are visible at the top of Janss Steps.

Inilah universitas riset negeri yang lokasinya ada di Westwood, Los Angeles, California, Amerika Serikat. UCLA merupakan kampus yang paling tua kedua diantara 10 kampus yang terdaftar dalam sistem universitas di California. Kampus ini juga terdaftar sebagai kampus yang memiliki permintaan pendaftaran terbesar di California dan tidak menutup kemungkinan peminat jurusan psikologi turut menyumbang persentase yang besar.

Baca Juga: 10 Anak Muda Terbaik Indonesia yang Mengalihkan Perhatian Dunia

#6 Yale University, United States

Yale University, United States

Yale University, United States – Source: squarespace.com

Selain terkenal akan jurusan Ekonomi, Ilmu Sejarah, serta Ilmu Politik dan Pemerintahan yang menjadi pilihan favorit calon mahasiswa, Yale University juga dikenal sebagai salah satu kampus dengan jurusan psikologi terbaik. Kampus yang menyediakan program pendidikan hingga jenjang S-3 ini berada di New Haven, Connecticut. Populernya kampus ini juga dikenal akan banyaknya penerima Penghargaan Nobel dari Presiden Amerika Serikat, di antaranya William Howard Taft, George Bush, dan Bill Clinton.

#7 University of California, Berkeley (UCB), United States

University of California, Berkeley (UCB), United States

University of California, Berkeley (UCB), United States – Source: wikimedia.org

Kampus yang dikenal dengan singkatan UCB ini diketahui sebagai universitas riset negeri yang lokasinya berada di Berkeley, California, Amerika Serikat. Dengan luas sekitar 1.200 hektar di timur pelabuhan San Fransisco, kampus ini adalah salah satu kampus negeri terbaik dan terkenal akan ketatnya seleksi untuk menjadi mahasiswa di sana.

Fakultas yang terdaftar, para alumni, serta para peneliti Berkeley bahkan diketahui telah memenangkan 71 penghargaan Nobel, 9 penghargaan Wolf, 15 penghargaan Turing, 45 penghargaan MacArthur Fellowships, dan masih banyak lagi. Berminat mencatatkan namamu sebagai mahasiswa UCB?

Baca Juga: Ini Lho Alasan Mengapa Mahasiswa Perlu Lebih Aktif di Luar Kelas

#8 University of Michigan, United States

University of Michigan, United States

University of Michigan, United States – Source: chemistry2011.org

Kampus negeri tertua untuk skala nasional dipegang oleh University of Michigan. Secara konsisten kampus ini berada dalam posisi 5 teratas kampus riset terbaik di Amerika serta 20 kampus terbaik di dunia. University of Michigan bahkan diketahui memiliki kampus satelit yang ada di Flint dan Dearborn. Kampus ini terkenal memiliki aktivitas riset yang tinggi serta menawarkan para lulusannya agar melanjutkan studi terutama dalam bidang kemanusiaan, ilmu sosial, pengobatan, hingga hukum serta STEM atau Science, Technology, Engineering, and Mathematics.

#9 University College London (UCL), United Kingdom

University College London (UCL), United Kingdom

University College London (UCL), United Kingdom – Source: http://fscho.com

Kalau dari tadi kita mengenal kampus riset lebih banyak ada di Amerika, kini kita beralih ke London, Inggris, di mana University College London menjadi kampus riset publik yang ada di kota menawan tempat Big Ben berdiri. Kampus ini dikenal sebagai salah satu kampus yang bergengsi di dunia dan terkenal sebagai institusi pascasarjana terbesar yang ada di Inggris.

#10 Princeton University, United States

Princeton University, United States

Princeton University, United States – Source: greatvaluecolleges.net

Princeton University merupakan kampus swasta yang tertua keempat di Amerika Serikat dan diketahui berhubungan dengan Brookhaven National Laboratories. Kampus ini juga dikenal akan sistem selektivitas masuknya yang paling selektif di wilayah Amerika Serikat bagian Timur. Namanya semakin kondang didukung dengan prestasi para alumninya yang berhasil menyabet 36 Hadiah Nobel, 17 National Medal of Science, 2 Abel Prize, 5 Fields, 9 Turing Award, hingga 3 National Medal Humaniora.

Baca Juga: 6 Seleb Ini Buktikan Kualitas Dirinya dengan Meraih Beasiswa Bergengsi

Gimana, keren kan kampus terbaik untuk belajar psikologi ini? Memang perjuangan dalam mengikuti seleksi dan lolos menjadi mahasiswa psikologi di kampus terbaik dunia bukan sebuah perkara yang mudah. Tapi, di mana ada kemauan, niat, dan usaha, di situ pasti ada jalan.

Kalau kamu ‘hanya’ bermasalah di bagian dana, kamu bisa kok mengajukan beasiswa pendidikan kepada pihak yang bisa membantumu selama kamu mampu secara intelektual dan juga bertanggung jawab dalam menjaga amanah tersebut, seperti pencapaian yang patut kamu contoh dari beberapa selebriti Indonesia yang berhasil meraih beasiswa bergengsi. Mau tahu siapa saja?

No more articles