Netflix merupakan sebuah platform streaming online, di mana pengguna dapat memilih film dan serial televisi untuk ditonton di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa menikmati layanan ini dengan menggunakan PC, laptop, smartphone, atau tablet. Layanan ini bisa dinikmati dengan membayar biaya berlangganan tiap bulan mulai dari Rp 109.000. Bayangkan saja Netflix seperti YouTube yang menyediakan film serta serial televisi yang legal untuk ditonton. Tentu saja hal ini mendapat respon menyenangkan yang luar biasa dari penggemar film serta serial televisi barat di Indonesia.

Kehadiran Netflix memang telah menjadi sebuah alternatif baru yang menyenangkan untuk beralih dari siaran televisi lokal yang bisa dibilang kurang berkualitas. Menyenangkannya lagi, Netflix menyediakan promo gratis untuk bulan pertama. Setelah bulan berikut dirasa tidak puas, pengguna bisa berhenti kapan pun tanpa terikat kontrak berlangganan. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan dari layanan ini? Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari layanan Netflix yang dirangkum KeyPoo Network.

Kelebihan Netflix

1. Kelengkapan koleksi konten

Layanan streaming yang satu ini menyediakan beragam konten video yang dapat kamu nikmati di mana saja dan kapan saja. Ada dua kategori utama, yaitu film dan serial TV. Kemudian dua kategori tersebut dibagi lagi berdasarkan genre, seperti Horror, Action, Comedies, Romance, dan lainnya. Netflix memang telah memilki izin untuk menayangkan film serta serial tv dari berbagai negara secara legal. Namun izin tersebut juga terbatas oleh wilayah. Sehingga ada beberapa konten yang tidak dapat ditayangkan di Indonesia. Selain itu, Netflix juga mempunyai beberapa siaran serial TV yang berkualitas seperti Daredevil, Master of None, Jessica Jones,dan masih banyak lainnya.

2. Tersedia beberapa fitur yang memanjakan pengguna

Netflix juga mempunyai beberapa fitur yang dapat menyenangkan pengguna, seperti Profiled, My List, dan Continue. Fitur Profiled berguna untuk membuat akun yang berbeda-beda. Misalnya, akun untuk anak-anak. Maka akun tersebut hanya bisa mengakses konten-konten yang disediakan untuk anak-anak. Fitur My List untuk membuat daftar video yang kamu sukai untuk dinikmati lagi, seperti fitur “Playlist” yang ada pada aplikasi pemutar musik. Sedangkan fitur Continue merupakan fitur yang secara otomatis memutar waktu terakhir kamu menonton video. Sehingga saat kamu ingin menonton kembali, film akan memutar pada waktu tersebut.

3. Harga lebih terjangkau

Bisa dikatakan bahwa layanan ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan layanan TV satelit lainnya. Ada 3 paket yang disediakan Netflix di Indonesia, yaitu basic, standard, dan premium. Paket basic dibanderol dengan harga Rp 109.000, standard Rp 139.000, dan premium Rp 169.000.

4. Dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja

Layanan ini dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja kamu berada, asal gadget yang digunakan terkoneksi oleh internet yang stabil dan cepat. Kamu bisa menggunakan perangkat apa saja, mulai dari PC, laptop, tablet, hingga smartphone. Sangat mudah!

Kekurangan Netflix

1. Harus menggunakan kartu kredit

Untuk berlangganan layanan ini, kamu harus memiliki kartu kredit. Pembayaran biaya berlangganan hanya bisa melalui kartu kredit saja. Oleh karena itu, bagi kamu yang belum memiliki kartu kredit pasti tidak dapat berlangganan. Kecuali jika kamu mau meminjam kartu kredit milik orang tua, saudara, teman, atau mungkin… mantan?

2. Harus memiliki akses internet yang cepat dan stabil

Kita semua tau bahwa koneksi internet di Indonesia belum semuanya cepat dan stabil. Terutama bagi yang menggunakan smartphone. Kamu akan kebingungan untuk memilih paket berlangganan yang akan digunakan karena beberapa operator seluler tidak memiliki paket data yang unlimited. Kalau pun ada, tingkat kestabilannya juga belum terlalu bagus. Beda halnya jika dibandingkan dengan layanan internet di rumah seperti IndiHome atau FirstMedia. Banyak layanan internet di rumah yang sudah menyediakan paket berlangganan unlimited yang sinyalnya cukup stabil.

3. Kualitas video tidak stabil

Kekurangan lainnya ialah kualitas video yang terkadang tidak stabil. Untuk dapat menggunakan layanan ini, minimal kamu menggunakan internet dengan kecepatan 0,5 Mbps untuk kualitas SD atau 480p. Selain itu, untuk bisa menikmati kualitas HD 720p yang layak untuk laptop dan TV, setidaknya kamu harus memiliki internet dengan kecepatan minimal 5 Mbps. Sedangkan untuk menikmati kualitas Ultra HD atau resolusi 4K, minimal kecepatan internet yang harus dimiliki adalah 25 Mbps. Jika kecepatan internetmu kurang dari kapasitas tersebut, maka sudah bisa dipastikan kualitas video yang kamu tonton akan tidak stabil.

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Netflix. Apakah kamu mau berlangganan? Keputusannya ada di tanganmu, KeyPooNesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here