Bau badan atau bromhidrosis merupakan salah satu bau bakteri pada tubuh manusia. Biasanya bakteri akan cepat bertambah karena  hadirnya keringat. Tubuh menghasilkan keringat dan kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin memproduksi sebagian besar keringat asin yang dapat mendinginkan tubuh. Sedangkan kelenjar apokrin mengeluarkan keringat lemak pada daerah tubuh yang memiliki banyak bulu seperti rambut, kulit kepala, ketiak, kaki, dan selangkangan. Kedua kelenjar tersebut bereaksi karena dipicu oleh stres, panas, emosi, hingga peningkatan tekanan darah. Jadi hati-hati buat yang suka marah-marah.

Bau badan memang cukup menganggu aktivitas sehari-hari. Bagaimana tidak, tingkat percaya diri seseorang bisa langsung menghilang jika bau badan. Terutama jika sedang berdekatan dengan orang lain. Bau badan bisa menyerang siapa saja yang sudah mengalami pubertas, terutama bagi laki-laki, orang dengan keringat yang berlebih, orang yang gemar mengonsumsi makanan yang memicu bau badan, orang yang mengidap penyakit gagal ginjal dan diabetes, orang yang mengalami obesitas, dan orang-orang yang sering mengonsumsi obat depresan.

Banyak orang yang mencari berbagai cara untuk mengurangi bau tidak sedap yang keluar dari tubuh, mulai dari menggunakan bedak, deodorant, hingga tawas. Cara lain yang cukup sederhana ialah dengan cara mandi secara teratur. Namun bagaimana jika sudah melakukan hal-hal tersebut tapi masih bau badan? Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya mulailah mengonsumsi beberapa makanan berikut ini yang dapat mengusir bau badan.

Baca Juga: 12 Tempat Tidur Dengan Desain Unik ini akan Membuat Tidur Kamu Semakin Nyenyak

Daging putih

Daging putih merupakan daging yang berasal dari unggas, hasil laut, kerang-kerangan, dan beberapa reptil. Beberapa hewan yang menghasilkan daging putih antara lain ayam, kalkun, ayam burung, ikan, udang, kepiting, lobster, kerang, biawak, buaya, bulus, ular, hingga katak. Mantan tidak termasuk. Daging jenis ini dikatakan dapat mengurangi bau badan dan lebih menyehatkan. Sedangkan daging merah dapat meningkatkan bau badan. Jika gemar mengonsumsi daging merah, sebaiknya mulai sekarang mulailah menggantinya dengan daging putih untuk menghindari bau badan yang berlebih.

Sayuran mentah

Sayuran mentah juga bisa menghilangkan bau badan karena mengandung vitamin A dan vitamin B. Sebaiknya konsumsi sayuran mentah secara rutin. Misalnya mengonsumsi lalapan saat sedang makan nasi dan ayam goreng.

Beras merah

Beras merah dipercaya dapat mengurangi bau tak sedap di badan karena mengandung banyak protein di dalamnya. Tak hanya itu, beras merah juga dapat menghindari diabetes dan mengurangi kolesterol di dalam tubuh.

Buah-buahan segar

Sebuah penelitian mengatakan bahwa makanan yang mempunyai jumlah kolin yang rendah dapat mengurangi bau badan. Salah satu jenis makanan tersebut ialah buah-buahan seperti apel, stroberi, anggur, pisang, pir, jeruk, dan blueberry.

Teh hijau

Salah satu manfaat yang dimiliki oleh teh hijau ialah dapat menghilangkan bau badan. Teh hijau mampu menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau badan jika dikonsumsi secara teratur.

Air mineral

Sudah bukan rahasia lagi jika air mineral memang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Air mineral juga diyakini dapat menghilangkan bau badan. Mengonsumsi air mineral sekitar 8 hingga 10 gelas tiap hari dapat membuat racun di dalam tubuh hilang melalui urin. Sehingga keringat yang dikeluarkan tidak akan bau.

Baca Juga: 10 Film Tentang Entrepreneur yang Dapat Menginspirasi Kamu Menjadi Sukses

Tumbuhan herbal

Tidak hanya berguna sebagai penghias kue saja, namun beberapa tumbuhan herbal seperti kemangi, peterseli, ketumbar, dan daun mint berguna untuk mengusir bau tidak sedap pada tubuh.

Daun teh hijau

Daun teh hijau juga bisa menghilangkan bau tak sedap pada tubuh karena mengandung seng, minyak atsiri, antiseptik, dan zat antibacterial. Daun teh hijau dapat diracik dengan cara merebusnya dengan air, kemudian disaring agar remah-remahnya tidak ikut terminum. Minum air teh hijau secara rutin. Selain itu, teh hijau juga dapat digunakan sebagai masker pada kulit ketiak yang bau. Caranya, tumbuk daun teh hijau. Kemudian tempelkan pada kulit ketiak kurang lebih selama 10 menit.

Daun kemangi

Daun kemangi juga memiliki khasiat yang luar biasa karena mengandung vitamin C, betakaroten, dan minyak atsiri. Beberapa zat tersebut mempunyai fungsi sebagai antiseptik yang dapat membasmi bakteri dan kuman yang menyebabkan bau badan. Cara membuat ramuannya adalah dengan ditumbuk halus, kemudian diseduh dengan air panas. Setelah itu saring dan tambahkan gula aren untuk pemanis. Minum secara rutin agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Daun sirih

Sejak dahulu daun sirih memang dikenal sebagai pengusir bau badan yang cukup manjur. Daun sirih mengandung beberapa zat seperti vitamin C, betakaroten, dan minyak atsiri. Seluruh zat tersebut dapat mengurangi produksi keringat yang berlebih. Untuk menggunakannya, bisa direbus dengan air sebanyak 2 gelas. Setelah mendidih, dinginkan sebentar kemudian minum. Selain cara tersebut, daun sirih juga bisa dikunyah secara langsung atau dijadikan sebagai masker. Jika dijadikan sebagai masker, bisa direbus dengan menambahkan serbuk manjakarni. Jika sudah matang, dinginkan dan oleskan pada ketiak.

Beberapa makanan di atas dapat dicoba agar bau tidak sedap di badan dapat menghilang. Selain melakukan upaya menghilangkan bau badan, sebaiknya ketahui juga makanan apa saja yang dapat membuat bau badan tidak bisa muncul. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau tidak sedap di badan antara lain kacang tanah, kedelai, kuning telur, kentang, gandum, kembang kol, biji wijen, kacang, jengkol, bawang, minuman manis, kopi, alkohol, dan daging kambing. Selain memerhatikan pola makan, bau badan juga bisa diusir dengan cara menjaga kebersihan tubuh, rajin mengganti pakaian, dan rajin mencukur bulu ketiak. Selamat mencoba!

 Baca Juga: Lakukan Hal-hal Berikut Selama Usia Remaja untuk Menikmati Hidupmu

No more articles