Ketatnya persaingan di industri elektronik khususnya produk smartphone tak membuat banyak vendor bergeming dan melangkah mundur. Justru persaingan ketat ini dijadikan motivasi agar berkarya lebih baik lagi. Salah satu vendor smartphone yang dikenal di Indonesia adalah Huawei. Vendor yang berbasis di Cina ini dikenal sebagai perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi serta jaringan komunikasi yang paling besar di Cina, bahkan di dunia. Huawei selalu melakukan perbaikan dan pembaharuan produk serta melahirkan produk-produk berkualitas yang tak kalah jika diadu dengan vendor lain seperti Apple maupun Samsung. Baru-baru ini, Huawei meluncurkan produk smartphone terbaru mereka yang diklaim lebih baik dari produk terbaru dua pesaing yang merupakan vendor terbesar di dunia.

 

Banggakan Produk Terbaru, Huawei ‘Singkirkan’ iPhone 6S dan Galaxy S7 dengan P9

Huawei P9, Saingan iPhone 6s dan Galaxy S7

Optimisme Huawei P9 dengan Mengsung Leica – Sumber: arstechnica.com

Produk Huawei terbaru adalah Huawei P9. P9 merupakan ponsel cerdas yang dengan bangga diperkenalkan sebagai ponsel super yang mampu menyaingi Apple iPhone 6S dan Samsung Galaxy S7. Luke Au selaku Southern Pacific Handset Product Marketing Director Huawei ini menyatakan dengan bangga bahwa P9 jauh lebih unggul dibandingkan dua produk pesaing.

Menyaingi Apple iPhone 6S, Huawei P9 memiliki keunggulan dari sisi layar yang berukuran 5.2 inchi dengan kepadatan warna mencapai 432 pixel per inchi, mengalahkan layar iPhone 6S yang hanya berukuran 4.7 inchi dan kepadatan warna hanya 326 ppi. Ukuran yang dianggap pas oleh Huawei ini menjadi salah satu keunggulan ponsel yang nyaman digenggam dan dibawa oleh penggunanya. Komposisi warna pada tampilan layar Huawei P9 pun diklaim mampu mencapai 96% lebih tajam dibandingkan iPhone 6S yang diklaim hanya mampu memberikan ketajaman warna hingga 72%.

Sementara untuk menyaingi dari segi fisik, Huawei P9 diklaim unggul dari segi fisik yakni ketebalannya yang hanya mencapai 6.95 mm di saat iPhone 6S memiliki ketebalan 7.1 mm dan Samsung Galaxy S7 yang mencapai 7.9 mm. Ketipisannya dianggap mempesona dan tidak sulit digenggam bahkan tidak mudah terselip. P9 pun sempat ‘meledek’ desain kamera dua pesaingnya yang dianggap tidak elegan karena adanya tonjolan keluar dari bodi. Desain classy P9 terlihat dari tidak adanya tonjolan kamera di saat pesaingnya memiliki tonjolan 0.45 mm hingga 0.6 mm.

Spesifikasi Huawei P9

Kesungguhan Huawei dalam melahirkan produk terbaik untuk menggeser posisi iPhone 6S dan Galaxy S7 dari daftar favorit pasaran salah satunya diwujudkan dengan penyematan Chipset Huawei Hisilicon kirin 950 dengan 2 prosesor berkekuatan Quad Core 2.3 GHz Cortex-A72 serta Quad Core 1.8 GHz Cortex-A53. Kekuatan ini yang menjadikan ponsel Huawei P9 sangat nyaman digunakan untuk kebutuhan gaming.

Kapasitas penyimpanan yang disematkan dalam ponsel cerdas ini pun juga tak main-main karena Huawei menyuguhkan keleluasaan memori internal 16 dan 64 GB yang masih mampu diekspan dengan memori eksternal tipe microsd dengan kapasitas mencapai 128 GB. RAM sebesar 3 GB juga disematkan guna melancarkan aktivitas penggunaan P9. Layarnya yang epic juga dilengkapi dengan lapisan Gorilla Glass 4 sebagai pelindung.

Huawei P9, Saingan iPhone 6s dan Galaxy S7

Tampak Bawah Huawei P9 – Sumber: microslurps.com

Bagaimana dengan sistem operasinya? Huawei menyematkan penggunaan sistem operasi Android Marshmallow yang merupakan seri OS terbaru. Untuk urusan konektivitas, P9 sudah mampu beroperasi dengan jaringan 4G LTE dan slot kartu Dual SIM. Ia juga dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung seperti Bluetooth, Wi-Fi, sistem NFC, hingga USB Type C yang kini menjadi tren bagi banyak ponsel cerdas berbasis Android. Kabarnya, penggunaan USB Type C ini membuat transfer data dari ponsel ke PC menjadi lebih cepat serta pengisian baterainya yang diklaim bisa lebih cepat dibandingkan dengan USB Type biasa.

Huawei P9, Saingan iPhone 6s dan Galaxy S7

Kamera Utama Huawei P9 – Sumber: pcadvisor.co.uk

Fitur lain yang juga menjadi keunggulan Huawei P9 ini adalah adanya kamera yang mengusung lensa buatan Sunny Optical yang telah disertifikasi oleh Leica. Uniknya kamera utama Huawei P9 ini bahkan mengusung dua lensa sekaligus, yakni lensa dari Sony tipe IMX286 dan lensa monokrom. Kamera utama Huawei P9 beresolusi 12 MP dengan mode profesional yang mengekor seperti ISO, Focus Mode, Exposure Mode, RAW Output, Shutter Speed, hingga Manual Focus. Sementara kamera sekundernya beresolusi 8 MP dengan fitur autofocus dan bukaan seluas f/1,9 yang mampu menangkap gambar meski berada pada kondisi pencahayaan rendah.

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Terbaik Tahun Ini

Dibekali dengan berbagai perangkat dan sistem yang mendukung membuat Huawei P9 memiliki kelebihan yang tidak bisa ditampik. Beberapa hal yang harus kamu tahu dan menjadi pertimbangan untuk memiliki ponsel hebat ini adalah:

  1. Huawei P9 sudah menggunakan Chip Prosesor tercepat yaitu Kirin 950 yang merupakan produk asli Huawei dan diklaim mampu membuat kinerja ponsel menjadi sangat cepat dibandingkan dengan ponsel pesaing. Chipset ini bahkan mampu mencetak skor hingga mencapai 6000 poin untuk multi-core serta 1909 untuk single core.
  2. Kamera utama dan kamera sekunder yang beresolusi cukup tinggi dibandingkan dengan kamera pesaing. Kamera utama Huawei P9 dengan resolusi 12 MP dan berbagai fitur pendukung sangat cocok bagi kamu yang menggunakan ponsel ini untuk mengabadikan momen terbaik sementara kamera sekunder yang berukuran 8 MP sudah sangat cukup dan mampu menyalurkan bakat narsis dan hobi selfie.
  3. Baterai yang digunakan dalam P9 berkapasitas 3.400 mAh dan diklaim mampu bertahan selama 14 jam untuk menonton video dalam kualitas HD, 9 jam untuk browsing pada jaringan 4G, 23 jam untuk melakukan panggilan dalam jaringan 3G. Huawei juga mengusung Dual IC Rapid Charging yang memperbolehkanmu melakukan pengisian daya secara cepat. 10 menit pengisian daya sudah bisa digunakan untuk melakukan panggilan selama 6 jam.

Sementara itu kekurangan yang dimiliki Huawei P9 terletak pada harganya yang relatif mahal – mengingat spesifikasi dan fiturnya juga mendukung penggunaan kelas premium. Untuk bisa mendapatkan satu unik ponsel cerdas berkekuatan super ini, kamu harus rela merogoh kocek sebesar Rp6 juta hingga Rp7 juta. Hmm. Setelah tahu harganya yang memang sepadan dengan kemampuan produk yang mumpuni, masih berminat memiliki ponsel super satu ini?

No more articles