Persaingan di dunia elektronik, terutama gadget seperti smartphone dan laptop semakin ketat. Munculnya para pemain baru yang “merusak” harga pasar menjadi salah satu tantangan yang dihadapi para pemain. Hal ini kemudian mendorong persaingan yang tadinya berpusat pada masalah prestige menjadi efisiensi dari segi biaya dan keunggulan kompetitif pada spesifikasinya masing-masing.

Pemain-pemain lama harus pintar putar otak melahirkan produk-produk baru yang sesuai dengan preferensi masyarakat. Apalagi di Indonesia, dengan banyaknya jumlah konsumen produk smartphone, vendor harus semakin cerdik mengambil hati masyarakat agar loyal pada produk mereka daripada milik pesaing. Kepekaan terhadap harga menjadi hal kunci yang diusahakan banyak vendor ketika menyusun dan menjual produk ke pasaran Indonesia. Ketika produk yang ditawarkan cukup mumpuni dan tidak dibanderol tinggi, hampir bisa dipastikan produk tersebut akan laris manis bak kacang goreng.

HP Oppo F5, Produk Baru yang Mewabah Pasar

Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli HP OPPO F5

Oppo F5 – Sumber: androidheadlines.com

Dari banyaknya vendor yang bermain di pasaran Indonesia, Oppo menjadi salah satu vendor gadget smartphone yang cukup terkenal. Orang tak lagi mengenal smartphone sebatas pada kisaran merek Apple dan Samsung – meski keduanya merupakan ‘raja’ smartphone di Indonesia. Oppo dinilai cukup berhasil mengambil hati masyarakat terutama sejak mempopulerkan diri sebagai ponsel selfie expert. Baru-baru ini, Oppo meluncurkan produk baru mereka yang diberi nama Oppo F5. Ini adalah smartphone terbaru dari Oppo yang digadang-gadang sebagai ponsel selfie expert dengan spesifikasi mumpuni namun harga jualnya justru lebih terjangkau dari seri sebelumnya, yaitu HP Oppo F3.

Kali ini kami akan membahas beberapa hal terkait Oppo F5. Ini bisa jadi pertimbangan sebelum kamu membelinya. Namun sebelumnya, kamu harus tahu dulu bahwa Oppo F5 tidak hanya dikeluarkan dalam satu jenis spek saja. Ada tiga jenis Oppo F5 yang di-launching dan perbedaannya terletak pada spek dalam seperti RAM dan memori penyimpanan. Versi pertama Oppo F5 memiliki RAM 4GB dan memori internal 32GB. Pada versi kedua, HP Oppo F5 dibekali dengan RAM 6GB dan memori internal 64GB.

Pada versi terakhir, Oppo memberi nama khusus yaitu Oppo F5 Youth. Tak sekedar berbeda nama, Oppo sekaligus menyempurnakannya sebagai ponsel selfie expert dengan kamera depan 20 MP. Sayangnya, untuk spesifikasi lanjutan dari HP Oppo F5 Youth ini masih dirahasiakan. Sehingga, pembahasan lanjutan tentang Oppo F5 ini akan dibatasi pada dua versi yang sudah disebutkan sebelumnya. Nah, sekarang apa saja sih yang harus kamu ketahui terkait HP Oppo F5 sebelum akhirnya sampai di tangan kamu?

RAM dan Memori Internal

Pada versi Oppo F5 4GB dan HP Oppo F5 6GB, tidak ada perbedaan signifikan selain kapasitas RAM dan memori penyimpanan internal. Keduanya memiliki spesifikasi yang sama persis di luar pembahasan prosesor ini. Bahkan extention dengan microSD Card untuk external storage pun memiliki angka yang sama, yaitu sampai 256 GB.

Untuk sebuah ponsel berbasis Android, keduanya telah memiliki spesifikasi yang dinilai sangat mumpuni dari sisi prosesor. Multitasking sudah bukan merupakan persoalan besar. Hanya saja, perlu ditinjau kembali apakah kamu akan sangat membutuhkannya. Ponsel dengan RAM besar memang menyenangkan dari sisi kinerja, tetapi produk ini diciptakan untuk mereka yang membutuhkan banyak aplikasi dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.

Kalau kamu hanya butuh untuk eksis, sebenarnya ponsel ini terlalu “wah”. Tapi, semuanya kembali lagi pada penggunanya.

Display

Oppo F5 - Sumber yangcanggihcomHal-hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli HP OPPO F5

Display Oppo F5 – Sumber: androidheadlines.com

Prosesor dan dapur pacu HP Oppo F5 baik untuk versi 4GB maupun 6GB kami nyatakan oke punya. Akan tetapi, kesempurnaan itu fana lho. Buktinya, ada kelemahan dari Oppo F5 yang mungkin bisa jadi “gangguan” buat beberapa orang yang memang sangat detil memperhatikan kelayakan sebuah smartphone. Dari sisi display, Oppo F5 masih menggunakan teknologi tipe IPS LCD –  disaat salah satu saingannya, yaitu Samsung J7 Pro, telah menggunakan teknologi SUPER AMOLED. Meskipun bukan tipe Full HD, resolusi layar Oppo F5 tak kalah epic, yaitu 1080 x 2160 pixels.

Harga Jual

Sebagai ponsel baru yang dari sisi spesifikasinya cukup keren, HP Oppo F5 ini tergolong murah. Pada versi RAM 4GB, Oppo F5 hanya dibanderol dengan harga kisaran Rp3,9 juta. Sedangkan pada versi RAM 6GB dibanderol dengan harga Rp5,2 juta. Pada versi Oppo F5 4GB, harga ini sebenarnya masih bisa dikatakan sebagai angka untuk smartphone kelas menengah ke atas. Tapi, kalau dibandingkan dengan spesifikasi, harga tersebut sebenarnya cukup layak.

Spesifikasi mana saja yang menjadikan Oppo F5 tergolong murah? RAM dan memori internal adalah salah satunya. Selain itu, dari sisi fitur kamera, Oppo F5 juga tergolong worth it karena memiliki resolusi besar dan dilengkapi dengan kecerdasan buatan seputar kamera yang lebih baik. Fasilitas lain seperti baterai sebesar 3200 mAh menjadi pendukung smartphone ini untuk bekerja dengan baik.

Fitur Terkait

Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli HP OPPO F5

Oppo F5 – Sumber: yangcanggih.com

Sebagai bentuk keamanan, Oppo tak lupa menyelipkan fitur finger print untuk mode kunci smartphone agar tetap terbatas pada pemiliknya. Oppo F5 telah memiliki fitur ini. Selain itu, juga ada berbagai fitur terkait fasilitas kameranya yang dimajukan sebagai keunggulan kompetitif Oppo F5 dibandingkan dengan ponsel lainnya. Spesifikasi lebih lanjut bisa kamu lihat di situs resmi Oppo.

“Keputusannya: Beli atau Tidak?”

Kalau soal keputusan untuk membeli, sebenarnya itu tergantung pada kemauan masing-masing. Mari kita “buka-bukaan”. Sebenarnya kita membeli smartphone tak sekadar karena kebutuhan komunikasi, tetapi juga untuk menjaga status sosial kita di antara teman-teman. Iya atau tidak?

Selain gelar pendidikan, kini smartphone juga sudah dianggap sebagai salah satu penanda status sosial. Di luar dari bagaimana kita mendapatkan barangnya, sadar atau tidak kita kerap menilai orang dari apa yang mereka punya. Punya ponsel mahal memang tidak salah, toh hal ini juga bisa dikatakan sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri. Akan tetapi, akan lebih bijak kalau membelinya berdasarkan kebutuhan dan argumen kuat mengapa kita butuh.

“Banyak cakap. Jadi, Keypoo rekomendasikan beli atau tidak, nih?”

Kami merekomendasikan kamu untuk menimbang kembali keputusan untuk membeli. Bukan karena ponsel ini tidak bagus. Justru karena ponsel ini dipenuhi fitur keren dan harganya yang relatif terjangkau. Pertimbangkan kembali apakah ponsel ini benar-benar bisa memenuhi kebutuhanmu atau sekadar untuk memenuhi keinginan memuaskan dirimu. Kalau memang mampu dan dirasa layak, kamu bisa membelinya. Kalau dipertimbangkan kurang worth it, jangan memaksakannya demi terlihat baik di mata orang lain.

No more articles