Hidup di era teknologi seperti sekarang ini bisa jadi semakin meringankan beban namun di saat bersamaan justru meningkatkan risiko. Hal yang tadinya kita pikir bisa selesai secara lebih sederhana ternyata justru diintai kemungkinan buruk seperti pencurian data oleh para cracker. Hmm… Apa itu cracker?
Kalau Anda sudah biasa mendengar kata hacker, istilah cracker tak jauh berbeda dari hal itu. Hacker sendiri adalah seorang peretas, ahli ilmu komputer, mereka yang menganalisis hingga sanggup menerobos masuk ke dalam komputer serta jaringannya. Tujuan dari aktivitas itulah yang membedakan antara hacker dan cracker. Hacker lebih berfokus pada pencarian kelemahan untuk memperbaiki dan berinovasi agar menciptakan suatu jarigan yang lebih baik sementara cracker adalah kebalikannya. Para cracker ini meretas untuk kepentingan pribadi dan mereka pun tak segan untuk menyisipkan kode virus serta menggunakan berbagai celah keamanan yag ada untuk menyusup dan akhirnya merusak sistem.

Hacker dan cracker ini tidak hanya beraksi di layar lebar saja. Sesungguhnya mereka nyata. Mau tahu siapa saja hacker dan cracker paling berbahaya di dunia?

#1 Astra

Ia dikenal sebagai seorang ahli matematika asal Yunani berusia 58 tahun yang pernah meretas sistem milik France’s Dassault Group selama kurang lebih 5 tahun. Tidak hanya meretas, ia bahkan mencuri data teknologi senjata dan perangkat lunak model 3D kemudian menjualnya kepada lebih dari 250 orang di Perancis, Jerman, Brazil, Italia, Afrika Selatan, bahkan Timur Tengah. Astra dibekuk pada Januari 2008 dan divonis menghadapi hukuman 6 tahun penjara.

#2 Albert Gonzales

Hacker Kelas Satu Ini Sungguh Ada di Dunia Nyata!
Albert Gonzales – Sumber: nydailynews.com

Cracker satu ini telah mengumpulkan kekayaan dari pekerjaan kotornya yang memanfaatkan kemampuannya dalam meretas sistem. Ia adalah orang yang bertanggung jawab atas kasus pencurian kartu kredit serta nomor ATM paling besar selama tahun 2005 hingga 2007. Atas perbuatannya ia meraup 2.5 triliun rupiah namun tentunya ia mendapat ganjaran setimpal yaitu hukuman penjara selama 20 tahun.

#3 Owen Walker

Nama bekennya sebagai seorang cracker adalah AKILL. Owen Walker adalah orang yang cukup terampil dalam bidang peretasan bahkan ia mampu melancarkan serangan yang ditujukan ke sejumlah situs. Ia jugalah pihak yang harus bertanggung jawab atas perbuatannya dalam menciptakan Akbot, virus yang dirancang untuk mengambil alih kendali jutaan komputer di dunia dan digunakan untuk menyerang pihak tertentu.

#4 Adrian Lamo

Pria tampan satu ini bisa menjadi hacker sekaligus cracker. Andrian Lamo tidak hanya berprofesi di bidang IT sebagai peretas saja, ia juga dikenal sebagai seorang jurnalis. Kemampuannya dalam meretas sistem bahkan sampai mampu menyusup dalam sistem komputer The New York Times, Yahoo!, serta Microsoft di tahun 2002. Penangkapan terhadap Andrian Lamo berhasil dilakukan pada tahun 2004.

#5 Jonathan Joseph James

Sosoknya hanya tinggal nama karena Jonathan dinyatakan meninggal pada tahun 2008 silam. Ia bertanggung jawab pada beberapa kasus peretasan namun kasus terbesar yang menyeret namanya adalah ketika ia berhasil meretas sistem komputer Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan mencuri perangkat lunak milik NASA yang diestimasi membuat kerugian hingga mencapai US$1.7 juta. Hukuman yang dijatuhkan kepadanya kala itu adalah enam bulan sebagai tahanan rumah dan enam bulan masa percobaan karena faktor usia.

#6 Michael Calce

Hacker Kelas Satu Ini Sungguh Ada di Dunia Nyata!
Michael Calce – Sumber: tophackerslistblogspot.com

Ia lebih dikenal dengan nama MafiaBoy. Di tahun 2000 silam, ia mungkin hanya seorang siswa SMA di Kanada namun kepintarannya dalam ilmu komputer membuatnya berhasil meretas beberapa situs besar seperti Yahoo!, FIFA, Amazon, Dell, eBay, bahkan CNN. Kerugian yang ia buat bahkan mencapai angka setara dengan 93 miliar rupiah.

#7 Kevin David Mitnick

Kevin dikenal sebagai salah satu hacker paling berbahaya sepanjang masa. Bisa dikatakan, ia adalah Raja bagi Kaum Hacker. Kevin diketahui tersangkut dalam berbagai kasus kriminal termasuk menggunakan sistem bus transfer Los Angeles untuk mendapatkan tumpangan gratis, mengutak-atik telepon perusahaan untuk membuat panggilan gratis, hingga meretas sistem komputer perusahaan besar seperti IBM dan Motorola. Ia pernah dijatuhi hukuman 5 tahun penjara atas keahliannya yang disalahgunakan tersebut.

#8 Yunus Attsaouly

Nama lainnya adalah Irhaby 007. Irhaby sendiri berarti teroris dan kode 007 merupakan kode dari film James Bond. Ia dikenal sebagai salah satu hacker yang berbahaya dan kerap melintang di jagad Cyber Jihad. Selain dikenal sebagai peretas, ia juga diketahui sebagai seorang simpatisan Al Qaeda.

#9 Gary McKinnon

Hacker Kelas Satu Ini Sungguh Ada di Dunia Nyata!
Gary McKinnon – Sumber: techradar.com

Gary McKinnon adalah seorang dalam jajaran hacker berbahaya di dunia dan sekaligus seorang administrator sistem komputer. Catatan menunjukkan ia pernah meretas sistem komputer milik militer Amerika Serikat, mencari informasi energi bebas darn UFO, bahkan menghapus beberapa file OS penting dan membuat kerusakan sistem kontrol rudal yang berakibat menimbulkan kerugian hingga ribuan dolar AS.

#10 Jim Geovedi

Hacker Kelas Satu Ini Sungguh Ada di Dunia Nyata!
Jim Geovedi – Sumber: jalantikus.com

Inilah hacker asal Indonesia yang tidak boleh kamu remehkan. Kemampuannya tidak perlu diragukan karena ia tercatat pernah meretas sistem keamanan satelit hingga mengubah arah dan menggeser satelit yang ia retas! Meskipun keren, bukan tindakan yang patut dicontoh, ya!

Sebenarnya, menjadi seorang hacker itu bukan sebuah pekerjaan yang buruk dan tidak selalu merugikan orang lain. Keberadaan mereka mungkin dibutuhkan justru untuk membuat pemilik sistem lebih meningkatkan keamanan jaringan dan data mereka. Memiliki ilmu untuk dilakukan dengan tujuan yang baik itu tidak salah. Yang salah adalah ketika niat untuk mengerjakannya adalah demi kepentingan diri sendiri dan menghancurkan apa yang menjadi milik orang lain. Setuju?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here