Setiap orang memiliki hobi dan kesukaan masing-masing. Cara yang mereka lakukan untuk mengisi waktu luang pun berbeda-beda. Ada yang suka membaca buku atau novel, memasak, melukis, menciptakan lagu, olah raga, hingga nge-game. Nah, yang terakhir ini mungkin menjadi hobi yang banyak dijalankan kaum adam terutama untuk sejumlah permainan yang booming seperti PES, FIFA, juga game online DOTA.

Kalau kamu mengaku seorang gamers, kamu pasti paham dong kalau perangkat permainanmu (baca: laptop) punya pengaruh penting untuk kenyamanan dalam bermain. Maka tidak heran kalau para gamers sejati ini cukup memilah-milah ketika akan membeli laptop khusus untuk gaming karena mereka pasti memiliki pertimbangan dilihat dari beberapa hal seperti spesifikasi prosesor, RAM, kartu grafis, hard drive, layar, daya tahan baterai, keyboard mekanis, kualitas audio, garansi ekstra, juga harga laptop itu sendiri.

Butuh laptop gaming yang mendukung hobi gaming-mu? Beruntung! Kali ini Keypoo bakal membahas laptop gaming yang tergolong baru keluaran vendor asal Taiwan yang sebelumnya dikenal sebagai produsen perangkat keras komputer, Gigabyte. Gigabyte ini sendiri sudah dianggap sebagai pemimpin motherboard yang inovatif serta paling bisa dipercaya di dunia dengan fokus pada teknologi utama dan mencapai standar kualitas yang ketat. Reputasinya ini membantu mereka untuk optimis mampu menjamah pasar secara lebih luas dengan hadirnya Gigabyte Aero 14, laptop gaming pertama Gigabyte yang diklaim memiliki keunggulan daya tahan baterai yang cukup lama. Mau tahu semuanya tentang laptop gaming yang diklaim paling ringan ini?

Sekilas Spesifikasi Gigabyte Aero 14

Gigabyte Aero 14, Laptop Gaming Mainstream Berbaterai Super
Gygabite Aero 14 – Sumber: gigabyte.com

Mari kita ulik lebih dalam mengenai laptop gaming satu ini. Gigabyte Aero 14 ini dihadirkan dengan bekal prosesor Core i7 dari generasi ke 6 keluarga Intel Skylake dan DDR4. Prosesor yang cukup mendukungmu untuk aktivitas hiburan. Kartu grafisnya menggunakan NVIDIA GeForce GTX 965M atau GTX 970M. GeForce GTX 970M sendiri merupakan kartu grafis yang sudah cukup mampu menghasilkan kinerja lebih tinggi dan efisien dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dari segi layar, laptop berdimensi tebal 0.78 mm ini menggunakan layar tipe IPS QHD 2560×1440 yang mampu memberikan detil yang apik bagi para gamers yang membutuhkan gambar yang cukup detil dan layar ini melengkapi performa Aero 14 di jajaran laptop gaming high-end. Gigabyte bahkan mengklaim bahwa panel LCD laptop ini mampu menghasilkan akurasi warna yang sangat presisi. Aero 14 ini kabarnya mampu memberi janji opsi ekspansi ke layar eksternal hingga resolusi true 4K HDMI 2.0.

Urusan storage, Gigabyte mempercayakan dua buah slot M.2 dengan teknologi PCI-Express 3.0 dan kecepatan lebar frekuensi transfer data mampu mencapai 2000 MB/s, empat kali lebih cepat dibandingkan SATA SSD tradisional. RAM sebesar 8 GB atau 16 GB siap untuk memproses informasi dalam sistem laptop secara efisien.

USB 3.1 Tipe C sudah terpasang pada laptop gaming seberat 1,89 kilogram ini. Konektivitas lainnya yang tentu sudah ada pada laptop ini adalah mini DisplayPort, headphone jack, WiFi, serta Bluetooth 4.1. Yang patut menjadi pertimbangan adalah baterai Gigabyte Aero 14 ini kabarnya mencapai 94.24Wh. Baterai inilah yang akan menjamin pasokan daya baterai hingga satu hari penuh untuk kebutuhan mobile office. Penggunaan baterai ini juga yang akan menjaga kinerja CPU dan GPU tetap bertenaga tanpa asuran power adaptor.

Gigabyte Aero 14, Laptop Gaming Mainstream Berbaterai Super
Ultrabook Gaming Tertipis – Sumber: gigabyte.com

Dilihat dari segi desain, Gigabyte melucurkan Aero 14 dalam tiga varian warna yang siap dinikmati oleh mata penggunanya: Orange, Hijau, dan Hitam. Berminat memiliki laptop gaming satu ini? Nampaknya kamu harus lebih sabar lagi karena Gigabyte sendiri belum memutuskan harga yang tepat untuk ultrabook tipis dengan kekuatan super satu ini.

Pertimbangan Untuk Memiliki.

Gigabyte Aero 14, Laptop Gaming Mainstream Berbaterai Super
Gigabyte Aero 14 – Sumber: gigabyte.com

Sekilas, laptop ini berpotensi menjadi incaran banyak gamers. Mengapa? Ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi sebagai keunggulan dari Gigabyte Aero 14 dilihat dari spesifikasinya yang sudah disebutkan. Pertama, reputasi Gigabyte dalam memproduksi perangkat keras komputer terbaik tak perlu diragukan. Berbagai komponen terbaik mulai dari layar hingga dapur pacunya menunjukkan bahwa Gigabyte dirancang sebagai laptop gaming yang kuat meskipun masih berada pada jalur mainstream. Layar tipe IPS, kartu grafis NVIDIA GeForce 970M, hingga RAM yang bervariasi (maksimal 32 GB) adalah segelintir spesifikasi komponen yang akan siap memanjakan para penggunanya dalam bermain. Kedua, laptop gaming satu ini tergolong tipis dan nyaman dibawa. Dibandingkan dengan jenis laptop gaming lainnya yang tebalnya bisa mencapai 25 mm ke atas, Aero 14 adalah pilihan tepat bagi kamu gamers yang membutuhkan laptop tipis. Ketiga, daya tahan baterainya yang luar biasa menjadi dukungan gaming yang memegang peran penting. Dengan kapasitas baterai mencapai 94.24Wh, Aero 14 diklaim mampu bertahan lebih lama dibandingkan dengan laptop gaming lainnya. Sayangnya, semua ini hanya akan terus menjadi teori hingga Gigabyte Aero 14 resmi diluncurkan beserta harga yang sudah ditetapkan dari pihak Gigabyte sendiri.

Laptop gaming satu ini memang dikenal sebagai sebuah laptop gaming yang mainstream. Meski begitu, spesifikasinya memberikan kekuatan tersendiri bagi Gigabyte Aero 14 dan laptop satu ini bisa menjadi pertimbangan kalau kamu memang sedang mencari laptop gaming yang bertenaga namun ringan. Karena, apa sih arti kata mainstream itu selama laptop ini sudah mampu membuatmu terhibur karena bisa memainkan permainan favoritmu tanpa takut baterai yang cepat habis?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here