Di antara banyaknya barang modern saat ini, smartphone adalah perangkat wajib nomor satu yang sifatnya sama pentingnya dengan KTP. Barang satu ini selalu menjadi prioritas untuk dibawa kemana saja (bahkan ada yang sampai membawanya ke kamar mandi, hayo siapa yang seperti ini?). Masyarakat modern kini bisa sibuk dalam dunianya sendiri karena satu biji smartphone.

Kok bisa sampai segitunya? Kita semua tahu bahwa aplikasi smartphone saat ini begitu adiktif, bahkan membuat kita susah lepas meski hanya 1 jam saja. Banyak aplikasi smartphone yang membuat kita kecanduan, bukan hanya media sosial, tapi juga game yang sedang hits dan jadi perbincangan dengan teman-teman.

Ngomong-ngomong soal game, para pengguna smartphone berbasis Android pasti pernah satu atau dua kali memasang atau memainkan game  dalam smartphone mereka. Bukan sekadar media penghilang stres, game ini juga bisa sebagai ajang sosialisasi dengan teman-teman yang sama-sama memainkannya. Biar nggak terlihat cupu dan kurang up to date di antara teman-teman, coba deh kamu mainkan 10 game Android terpopuler versi Keypoo berikut ini.

#1 Mobile Legends: Bang Bang

10 Game Android Terbaik yang Wajib Kamu Coba
Mobile Legends – Sumber: mobilelegends.com

Urutan pertama game Android terbaik dan terpopuler yang direkomendasikan adalah Mobile Legends. Permainan ini dikenal sebagai salah satu game MOBA terbaik yang sekarang cukup banyak digandrungi pengguna ponsel Android. Game MOBA sendiri merupakan tipe permainan strategi yang biasanya dimainkan oleh 10 hingga 20 orang sekaligus dalam 1 kali permainan.

Kok bisa game ini menempati urutan pertama sebagai game terbaik? Ada beberapa alasannya. Pertama, game ini tidak memakan space penyimpanan yang terlalu besar. Paham kan kalau ponsel Android lebih efektif dijalankan ketika memiliki RAM dan ROM yang cukup lapang? Kedua, alur game jelas dan pengoperasiannya tidak sulit. Ketiga, Mobile Legends bisa dimainkan bersama teman.

Yang terakhir kan memang alasan biar tidak terlihat cupu di antara teman-teman gamers.

#2 Clash of Clans

10 Game Android Terbaik yang Wajib Kamu Coba
Clash of Clans – Sumber: supercell.com

Permainan kedua yang cukup legendaris dan masih masuk dalam daftar game terpopuler adalah Clash of Clans. Ini adalah permainan berstrategi yang awalnya hanya diciptakan untuk para pengguna ponsel Apple iPhone saja. Setahun setelah diluncurkan, permainan ini bisa dinikmati di ponsel Android dan…BOOM! Berhasil memikat pengguna smartphone Android untuk mengunduh dan memainkannya.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Risiko Main Ponsel Sambil Tiduran

COC adalah permainan tipe freemium. Artinya, pengunduhan awal permainan ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, seiring berjalannya waktu dan kamu membutuhkan beberapa perangkat guna memenangkan permainan COC, kamu akan dikenakan biaya setiap kali akan membeli perangkat tertentu.

#3 LINE Let’s Get Rich

Urutan tiga ditempati oleh game LINE Let’s Get Rich. Permainan ini cukup berhasil menjadi demam di antara kalangan pengguna aplikasi chat LINE. Inti dari permainan ini tak jauh berbeda (atau bahkan bisa dibilang sama) dengan konsep permainan Monopoly. Yah, pantas lah ya kalau namanya “Mari Jadi Kaya”

Saking populernya permainan ini, Let’s Get Rich pernah dijadikan konten lomba di Indonesia Games Championship. Hadiahnya pun relatif menggiurkan. Pemenang utama berhak mendapatkan Rp10 juta plus 1.000 diamonds. Bahkan, peserta yang tidak menang pun akan diberikan penghargaan keikutsertaan berupa 100 diamonds.

Eits. Diamonds yang bagi bukan literally berlian. Jangan berpikir terlalu jauh yak! 

#4 Hackers

Game strategi tak melulu harus menyita konsentrasi tinggi dan kecepatan berpikir. Kadang, kita harus relatif sabar dalam menyerang dan cukup pintar untuk ‘mundur satu langkah demi maju tiga langkah’ selama memainkan game. Hal ini dibuktikan dengan adanya game Hackers.

Sesuai dengan namanya, permainan ini mempunyai misi untuk meretas perangkat sedunia pada masa perang Cyber pertama yang terjadi. Karena saat itu terjadi perang, anggapannya yang menjadi pelaku peretas bukan cuma kamu, tapi player lain dalam permainan tersebut. Misi lain selain meretas perangkat negara lain atau negara musuh adalah melindungi data-data penting milikmu agar tidak diretas oleh lawan.

#5 Piano Tiles

Nah kalau permainan yang satu ini sepertinya sudah dicoba semua orang karena saking adiktifnya. Piano Tiles adalah sebuah game pada smartphone Android yang mengharuskan pemainnya memencet tuts berwarna hitam sesuai dengan waktunya. Pada level awal, musik yang dimainkan tidak terlalu sulit dan temponya relatif lambat. Semakin naik level, musik yang dimainkan semakin cepat sebagai bentuk tantangan konsentrasi pemainnya.

#6 Subway Surfers

10 Game Android Terbaik yang Wajib Kamu Coba
Subway Surfers – Sumber: subwaysurfers.com

Ini juga tergolong sebagai salah satu permainan yang ‘pasti ada di ponsel Android’ sejuta umat. Subway Surfers adalah sebuah permainan tanpa ujung yang adiktif. Figur utamanya akan berlari menghindari kejaran polisi dan anjingnya sembari memenuhi target misi dan mengumpulkan uang yang terletak acak. Uang koin yang terkumpul ini nanti akan bisa digunakan untuk membeli perangkat-perangkat terkait untuk menunjang permainan.

Ada beberapa permainan sejenis ini kalau kamu mau mencoba, seperti Temple Run, Despicable Me, dan Angry Gran. Semuanya relatif memiliki tipe permainan yang sama dan tantangannya pun sama: semakin lama atau semakin jauh jarak yang ditempuh, kecepatan larinya semakin kencang dan tantangannya juga datang semakin cepat.

#7 Dumb Ways to Die

Rekomendasi game Android terbaik dan terpopuler selanjutnya adalah Dumb Ways to Die. YEP! Sesuai namanya, permainan ini relatif absurd dan menggambarkan cara-cara yang aneh yang mungkin menjadi alasan seseorang mati. Kejadian tersebut bisa seperti kesetrum ketika mengambil roti dari panggangan, berpakaian seperti rusa lalu mati tertembak pemburu rusa, sampai karena digigit ikan piranha.

Dumb Ways to Die tidak hanya terkenal akan permainannya yang unik, tetapi juga lagunya yang merupakan rangkaian beberapa scene dalam permainan tersebut. Penasaran? Unduh sekarang!

Baca Juga: HoloLens: Headgear Microsoft yang Merangkum Fungsi Beberapa Gadget

#8 Dots

Permainan dalam smartphone tak selamanya sekadar memberi hiburan, tetapi juga mengasah otak. Hal itu dibuktikan dengan adanya game bernama Dots ini. Sesuai namanya, game ini terdiri dari banyak titik (dots) dengan berbagai macam warna yang harus dihubungkan secara vertikal dan horizontal. Semakin banyak titik dengan warna sama yang dihubungkan dalam satu garis, semakin besar poin yang didapatkan.

Game ini terdiri dari beberapa tipe permainan. Kamu bisa memainkannya dalam mode times, moves, endless, atau challenges. Setiap tipe permainan memiliki tantangannya sendiri, seperti tipe times yang memberikan batas waktu untuk menyelesaikan permainan dan moves yang menghitung poin berdasarkan pergerakan yang dibuat.

#9 Mortal Kombat

Buat sebagian orang, permainan adu jotos jadi pilihan. Tipe permainan seperti ini sudah ada sejak zaman Play Station menjadi peralatan main dambaan dan merupakan permainan favorit anak laki-laki. Mortal Kombat merupakan salah satu game adu jotos dan (tentu saja) tujuan utamanya adalah mengalahkan lawan.

Sekarang, Mortal Kombat sudah diperbaharui dan bisa diunduh sebagai game smartphone berbasis Android. Pembaharuannya pun bervariasi dan tentu saja lebih baik dari segi grafis maupun konten.

#10 Hay Day

10 Game Android Terbaik yang Wajib Kamu Coba
Hay Day – Sumber: supercell.com

Nomor 10 dihuni oleh Hay Day yang dikenal sebagai salah satu game ponsel pintar Android yang cukup digemari oleh para pengguna Android. Hay Day adalah sebuah permainan bertani dan berkebun yang tergolong freemium. Permainan ini cocok sekali bagi kamu yang butuh hiburan di waktu senggang atau di kala stres. Hay Day memfasilitasi kamu yang butuh hiburan dengan berkebun atau bertani tanpa harus benar-benar punya lahan untuk menanam tanaman pilihanmu :p

Sebenarnya, masih banyak lagi game Android yang nggak kalah menarik (dan adiktif!) dibanding 10 rekomendasi game di atas. Di antara 10 game tersebut, kamu sudah pernah main yang mana ajaYuk, share. Boleh juga kalau memberikan kontribusi permainan di smartphone Android yang wajib dicoba plus testimoninya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here