ASUS adalah salah satu merek yang sangat terkenal dengan berbagai produk komputer dan smartphone-nya. Dapat dikatakan ASUS menjadi merek favorit pilihan banyak orang. Alasannya tentu produk-produk yang ditawarkan berkualitas tinggi namun dipasarkan dengan harga terjangkau. Selain itu, smartphone buatan ASUS menggunakan user interface sendiri yang diberi nama ZenUI. ZenUI inilah yang membuat setiap smartphone besutan ASUS berbeda dari yang lainnya.

Ada banyak aplikasi khas yang dihadirkan ZenUI, namun enam yang menjadi andalan adalah What’s Next, Do It Later, PixelMaster, Air Link, Omlet Chat, dan Open Cloud.

Inilah beberapa fitur menarik yang dapat kamu temukan di ZenUI.

Desain Visual yang Baru

Pertama-tama, pada desain visual yang baru adalah home screen yang baru. Home screen ini punya desain ikon aplikasi, layout folder, serta weather & time widget yang berbeda, plus kamu bisa memilih color mask dari lima belas yang disediakan ASUS. Kita dapat dengan mudah mengganti warna background dari wallpaper yang digunakan, sesuai dengan warna casing ZenPad ataupun suasana hati.

Desain visual baru itu turut diterapkan ASUS pada lock screen dan aplikasi native dari ZenPad. Bahkan, untuk semakin memudahkan penggunaan, tidak hanya desain visual dari aneka aplikasi native yang serupa, namun sejumlah user interface-nya juga telah dimodifikasi dari tampilan standar Android. ZenUI pun memudahkan untuk mengatur aplikasi yang ada. Kita dapat dengan mudah mengunci (lock) aplikasi tertentu agar tidak bisa diakses sembarang orang maupun memindahkannya ke SD card.

Dari tampilan utama ZenUI, jika melakukan swipe dari sudut kiri ke arah bawah, kita akan dapat melihat notifikasi terkait pesan yang masuk, panggilan tak terjawab, ataupun notifikasi lainnya. Sementara, jika kamu melakukan swipe di sudut kanan, kamu akan menemukan berbagai opsi setting serta shortcut.

Baca Juga: Zenfone 2 Laser ZE500KL, Android 5 Inci 4G Terbaik ASUS

Yang menarik, jika melakukan update firmware ke versi terbaru, ASUS menyediakan fitur “Boost” pada ZenUI. Shortcut ini menampilkan berapa kapasitas RAM yang sedang tidak digunakan oleh smartphone atau tablet. Jika menekan icon tersebut, Boost akan membersihkan beberapa aplikasi yang sedang tidak digunakan dari background sehingga akan menambah kapasitas RAM yang bisa dimanfaatkan aplikasi lain. Ini tentu sangat bermanfaat bagi pengguna agar gadget-nya tidak terasa lamban (lag).

What’s Next

What’s Next adalah pengingat akan berbagai hal penting yang akan datang. What’s Next ini tersedia tidak hanya pada aplikasi melainkan juga pada home screen dan lock screen. Berbagai hal penting yang akan diingatkan itu ditampilkan sesuai dengan urutan waktunya. Jadi, tidak sekadar mengingatkan kamu secara terus-menerus, urutannya pun bisa dilihat dengan mudah tanpa harus membuka Calendar misalnya.

What’s Next bisa mengingatkan akan missed call serta e-mail dan SMS yang belum dibaca dari berbagai pihak yang masuk dalam kelompok VIP maupun Favorites. Siapa saja yang masuk pada kelompok VIP atau Favorites itu dapat ditentukan sendiri. Bagusnya, untuk e-mail yang punya status “urgent“, meski tidak berasal dari VIP maupun Favorites, akan tetap ditampilkan.

Selain missed call, e-mail, dan SMS, fitur ini akan mengingatkan mengenai event yang akan datang termasuk tanggal ulang tahun dari mereka yang masuk dalam kelompok VIP maupun Favorites. Khusus Favorites, masih ditambah dengan tanggal pernikahannya. Begitu pula bila kamu akan telat menghadiri suatu event, terjadi perubahan pada event bersangkutan seperti jamnya digeser atau dibatalkan, maupun prakiraan cuaca.

Bergantung pada hal yang diingatkan, What’s Next bisa memberikan masukan yang menurutnya sesuai. Sebagai contoh, jika diperkirakan telat menghadiri suatu pertemuan, ia akan menyarankan kita untuk menghubungi teman dan memberitahunya. Contoh lain, bila diperkirakan besok akan ada badai, What’s Next menganjurkan kita agar besok tetap di rumah.

Do It Later

Seperti namanya, Do It Later adalah catatan yang berisikan tindakan yang hendak dilakukan di lain waktu. Berbeda dengan Calendar, Do It Later lebih kepada sesuatu yang belum dilakukan karena kondisi yang tidak memungkinkan. Misalnya saat sedang rapat dengan para petinggi, dan tiba-tiba ditelepon oleh rekan kerja, agar tidak mengganggu, kamu dapat memilih opsi untuk menolaknya dan mengirimkan pesan untuk meneleponnya kemudian. Nah, janji kamu untuk menelepon kemudian itu akan dicatat oleh Do It Later. Tidak perlu mengetiknya secara manual.

Selain urusan ditelepon dan menelepon, Do It Later juga bisa diaplikasikan terhadap e-mail, SMS, browser, dan sejumlah aplikasi pihak ketiga. Jadi, bila belum sempat membaca email, membalas SMS, dan membaca suatu artikel di situs kesayangan, semuanya bisa dicatatkan pada Do It Later agar kamu tidak lupa melakukannya nanti. Seperti halnya telepon yang masuk, kamu cukup memilih opsi yang sesuai seperti membacanya kemudian atau membalasnya kemudian. Do It Later akan mencatatnya.

Baca Juga: Tablet Toshiba DynaPad Siap Saingi Surface Book

Saat makan siang atau waktu luang lain, kamu bisa membuka Do It Later dan melihat apa saja yang direncanakan untuk dilakukan termasuk menelepon teman tadi. Untuk melakukan tindakan yang ditunda ini pun, bisa melalui Do It Later itu. Contoh, untuk artikel yang ditunda, kamu bisa menekan opsi untuk membacanya sekarang dan ZenPad akan membawamu langsung ke alamat bersangkutan.

ZenMotion: Buka Aplikasi dengan Cepat

Satu fitur menarik yang sebelumnya hanya terdapat pada smartphone kini juga telah muncul pada tablet ASUS ZenPad C 7.0. Melalui fitur ZenMotion, pengguna bisa langsung mengaktifkan fungsi/aplikasi tertentu cukup dengan melukiskan kode huruf di layar meskipun tablet dalam kondisi layar off. Kode ini pun bisa diatur untuk berbagai aplikasi yang diinginkan. kamu juga bisa mengetuk ganda layar untuk membuka atau menutup layar dengan cepat. Selain praktis karena tak perlu menekan tombol power, cara ini juga terbilang hemat daya.

Air Link

Air Link ditujukan untuk memudahkan kita melakukan koneksi dengan perangkat lain seperti PC desktop, laptop, dan smartphone. Air Link ini mencakup Remote Link, Link Rim, Share Link, dan Party Link.

Remote Link dikhususkan untuk mengakses PC desktop maupun laptop dari smartphone ASUS yang menggunakan ZenUI. Dengan bantuan Remote Link, kita dapat mengontrol Power Point dalam melakukan presentasi, mengontrol multimedia yang sedang diputar, dan mendapatkan akses ke aplikasi lain.

Baca Juga: Apa Jadinya Bila Ada Pesawat Tanpa jendela? Berani Mencobanya?

Kebalikan dari Remote Link, Link Rim bertujuan untuk memudahkan kita mengontrol Zenfone melalui PC. Layar yang lebih besar dan dukungan keyboard yang sebenarnya sering kali memudahkan suatu kegiatan. Kamu pun bisa menampilkan film dari smartphone di layar PC untuk ditonton ramai-ramai.

Sementara Share Link dan Party Link (Gadget Link), keduanya dirancang ASUS untuk berbagi dengan perangkat mobile lain yang mendukung tanpa menggunakan koneksi internet. Bila Share Link lebih pada mentransfer file, termasuk yang berukuran besar, ke sebuah perangkat mobile lain, maka Party Link lebih ke berbagi foto, misalnya potret yang baru saja diambil, dengan Zenfone lain yang berdekatan via koneksi WiFi.

Omlet Chat

Pada ZenUI, ASUS telah mengintegrasikan aplikasi untuk chatting yaitu Omlet Chat. ASUS menyebut Omlet Chat ini sebagai open social messaging platform. Kata open ditekankan di sini berhubung Omlet Chat mengklaim percakapan kamu serta data lainnya seperti foto dan video akan disimpan pada media penyimpanan cloud pilihanmu seperti Dropbox dan Box. Server Omlet Chat hanya akan menyimpan berbagai data tersebut selama dua minggu.

Baca Juga: Perbandingan Kamera iPhone 6s Dengan Nikon DSLR D750

Sejalan dengan ZenUI yang bertujuan untuk memberikan kemudahan pada penggunanya, Omlet Chat juga memberikan sejumlah kemudahan seperti halnya Social Hotspot dan Open Drawer App. Social Hotspot membolehkan kamu untuk mengundang mereka yang sedang berada di sekitarmu untuk berbincang, sedangkan Open Drawer App berisikan sejumlah aplikasi ringkas yang antara lain bisa digunakan untuk menggambar dan memeriksa lokasimu. Pada ZenUI versi 1.1, Asus juga telah mengintegrasikan Omlet Chat pada Contacts, Calendar, Email, dan Gallery. Kita bisa mengaksesnya secara langsung dari sana.

Open Cloud

Open Cloud memudahkan kita untuk terhubung ke cloud, baik itu Dropbox, Google Drive, OneDrive (SkyDrive), maupun milik ASUS sendiri: WebStorage dan Home Cloud. Open Cloud ini terintegrasi pada Gallery, Music, File Manager, dan Camera.

Rangkaian fitur baru di ZenUI memang terasa segar dan memudahkan pengoperasian smartphone ASUS Zenfone. Boleh dibilang, kerja keras ASUS menggarap ZenUI membuahkan hasil yang manis. So, apakah kamu sudah pernah menggunakan secara maksimal semua fitur bawaan dari ASUS ZenUI?

Baca Juga: Ini Kelebihan dan Kekurangan Layanan Netflix yang Harus Diketahui!

No more articles