Ada kesenangan tersendiri buat sebagian orang ketika punya file video dari Youtube yang mereka suka. Sebagian lagi memang butuh mengunduh file video dari Youtube sebagai opsi kalau suatu saat memerlukan file tersebut namun tidak ada jaringan internet memadai. Sayangnya, situs Youtube sendiri nggak menyediakan opsi download untuk konten yang diunggah dalam platform mereka.

Meskipun jaman internet udah jadi bagian dari gaya dan kebutuhan hidup, masih ada loh beberapa orang yang belum tahu caranya download video dari Youtube. Jadi, aku kasih lima opsi cara cepat untuk download video Youtube yang cepat dan nggak pake ribet.

1. Sisipkan ‘ss’ dalam URL video.

Opsi pertama bisa kamu pakai dengan perangkat smartphone. Disarankan untuk menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android dan aplikasi browser Google Chrome. Setelah kamu membuka aplikasi Chrome, masuk ke situs Youtube dan cari video yang ingin kamu download. Ketika sudah menemukan, klik video tersebut sehingga kamu mendapatkan URL video yang diinginkan.

Klik pada URL bar tersebut, lalu sisipkan huruf ‘ss’ di antara ‘m.’ dan ‘youtube.com/’. Sebagai contoh, misalkan URL video yang ingin kamu download tersebut adalah https://m.youtube.com/watch?v=ABCDE, maka ketika sudah disisipkan huruf ‘ss’, URL tersebut akan menjadi https://m.ssyoutube.com/watch?v=ABCDE.

Sudah selesai? Klik enter! Secara otomatis halaman tersebut akan dialihkan ke savefrom.net. Nantinya, kamu bisa memilih kualitas video yang mau kamu unduh. Resolusi tertinggi yang disediakan adalah HD 720p. Sebagai catatan, ketika kamu memilih video berkualitas paling tinggi, hal ini akan berpengaruh pada ukuran file dan kecepatan download.

Jadi pastikan kamu sudah menyiapkan memori penyimpanan memadai serta jaringan internet stabil dan kuat. Setelah memilih, kamu tinggal klik download dan menunggu file video tersebut selesai diunduh. Selesai, deh!

2. Pakai Add-ons alias Extension.

Sesuai namanya, extention ini ya sebuah aplikasi tambahan yang di-install pada browser. Semacam menambah fungsi dan fungsi ini nggak terbatas hanya untuk install video dari Youtube saja, ya. Sebagai informasi tambahan, yang namanya Add-ons alias Extension atau dalam bahasa Indonesia namanya Aplikasi Pengaya, adalah sebuah aplikasi yang sifatnya tambahan dan mendukung fungsi utama. Add-ons ini ada bermacam-macam, ada yang fungsinya untuk memeriksa cuaca, membandingkan harga, mendengarkan musik, dan lain-lain.

Opsi pakai Add-ons ini bisa kamu gunakan kalau perangkat yang kamu pakai adalah laptop. Kalau browser yang kamu pakai Google Chrome, maka add-ons yang bisa kamu pasang namanya adalah Youtube Downloader. Sedangkan bagi pengguna Mozilla Firefox, kamu bisa pasang Easy YouTube Video Downloader. Untuk kesempatan kali ini, aku hanya menjelaskan untuk yang pakai Add-ons Youtube Downloader saja ya.

Hal paling dasar adalah kamu harus memastikan add-ons ini sudah terpasang di browser yang kamu gunakan. Kamu bisa mendapatkannya di webstore Chrome. Kalau sudah mendapatkannya, klik Add to Chrome lalu Add Extention. Nanti secara otomatis sistem akan menambahkan aplikasi ini. Kalau sudah sukses terpasang, kamu bisa melihatnya di situs Youtube.

Cari video yang ingin kamu download lalu perhatikan di bawah judul video. Akan ada kotak bertulisan ‘Download’ yang kalau kamu klik akan keluar pilihan resolusi video untuk kamu unduh. Klik kotak tersebut untuk mengunduh video-nya.

3. Install Aplikasi ‘YouTube Downloader’

Kalau tadi menggunakan add-ons, opsi selanjutnya menyarankan kamu untuk memang memasang aplikasi khusus pengunduh file dari Youtube. Namanya sama, YouTube Downloader. Akan tetapi, perlu digaris bawahi kalau aplikasi ini berbeda dengan add-ons tadi, ya. Aplikasi satu ini terpasangnya bukan di browser tapi memang di perangkat laptopmu. Kamu bisa mendapatkan aplikasi satu ini melalui situs resminya di youtubedownloader.com lalu klik Download for Free.

Ketika proses pengunduhan aplikasi sudah selesai dan instalasinya sudah sukses, kamu bisa langsung menggunakannya untuk mendapatkan file video Youtube yang kamu inginkan. Step-nya tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, yaitu dengan metode copy-paste URL video yang hendak diunduh.

Setelah itu pilih kualitas dari video yang hendak kamu unduh. Nah, yang unik dari aplikasi ini adalah kamu nggak cuma bisa mengunduh file video tapi juga bisa mengunduh converted file dari video tersebut, misalnya untuk jadi file MP3. Video atau file MP3 akan segera diunduh dan prosesnya akan terekam dalam aplikasi tersebut.

4. Via situs KeepVid (keepvid.pro)

Kalau kamu nggak mau ribet harus download aplikasi pengunduh khusus, kamu bisa memanfaatkan metode convert and download secara online. Selain nggak repot, alternatif ini nggak terikat untuk menggunakan browser tertentu. Ada banyak situs pengunduh file dari Youtube yang bisa kamu temukan di Google. Salah satu yang aku rekomendasikan adalah situs KeepVid dari alamat keepvid.pro.

Untuk caranya, nggak jauh beda dengan cara-cara sebelumnya. Temukan video Youtube yang mau kamu download, copy URL video tersebut, lalu paste pada URL bar yang ada di tampilan situs KeepVid. Setelah itu, klik kotak di sebelah kanan bar tersebut yang bertuliskan Download Now.

Tunggu beberapa saat agar situs ini menemukan video yang mau kamu unduh. Kalau sudah nampak thumbnail dan judul dari videomu, kamu bisa langsung download dengan klik kotak di sebelahnya. Nah keunggulan dari situs ini adalah kamu bisa mengunduh video tadi dengan berbagai pilihan resolusi atau juga bisa download video tersebut tanpa suara dengan pilihan resolusi yang bermacam-macam pula.

5. Via situs y2mate.com

Dikarenakan setiap situs mungkin memiliki kecepatan untuk diakses yang berbeda pada perangkat laptop yang berbeda pula, kamu bisa menjadikan opsi situs y2mate.com ini untuk mengunduh file video Youtube secara online. Caranya nggak berbeda dengan opsi sebelumnya, yaitu metode copy-paste URL video yang mau diunduh.

Nanti setelah situs tersebut menemukan link pada video yang hendak diunduh, kamu akan disuguhkan pilihan format file yang hendak kamu unduh dengan resolusi dan size yang berbeda-beda. Ada tiga opsi format file yang ditawarkan, yaitu Video, MP3, dan Audio. Format Audio sendiri terdiri dari beberapa pilihan tipe file, yaitu .mp3, .m4a, dan .webm dengan size yang berbeda pula.

Dari sekian banyak cara, mungkin kamu masih menemui kesulitan untuk mengunduh video yang kamu inginkan. Hal ini bisa jadi karena pengaturan dari Youtube itu sendiri. Perlu diketahui kalau beberapa dari konten video tersebut merupakan video berbayar. Efeknya, pemirsa nggak diperkenankan untuk asal ‘mengutak-atik’ materi tersebut, termasuk untuk mengunduhnya secara cuma-cuma. 

Gimana, nggak susah kan untuk download video dari Youtube? Semoga tips tadi cukup membantu untuk mendapatkan file yang kamu butuhkan. Selamat mencoba!

No more articles