Bagi sebagian orang, memiliki tubuh ramping dan fit adalah impian. Mungkin saat ini mereka sedang berjuang mati-matian agar bisa mewujudkan fisik yang sesuai dengan gambaran mereka. Sayangnya, beberapa orang tak jarang mengalami mimpi buruk: tidak berhasil diet. Menyakitkan, mungkin. Sudah susah payah diet dan menahan lapar tapi hasilnya tidak terlihat, atau berat badan bukannya turun tetapi justru naik. Sudah menyiksa, tambah bikin pusing.

Mengapa sebagian orang berhasil dalam diet sementara sisanya justru mengalami peningkatan berat badan – yang berujung pada pelebaran badan? Mungkin 12 hal ini adalah kesalahan diet yang tidak kamu sadari dan justru memberi dampak sebaliknya dari tujuan dietmu.

#1 Crash Diet Jadi Alternatif Supaya Cepat Kurus

Dietmu Tak Sukses? Mungkin Ini Penyebabnya!

Crash Diet – Sumber: watchfit.com

Kesalahan pertama dari kebanyakan orang yang melakukan diet adalah crash diet. Cara ini memang agak kelewatan seperti membatasi asupan kalori dan mencukupi kebutuhan gizi tubuh dalam sehari hanya dengan jus jeruk dan sup saja. Well, diet tipe ini memang benar-benar menurunkan berat badanmu secara drastis, tetapi begitu juga dengan metabolisme tubuh yang semakin melambat. Hasilnya, ketika diet selesai, tubuh akan memiliki kemampuan membakar kalori lebih lambat dari biasanya dan pada saat ini berat badan bisa kembali naik drastis.

#2 Melewatkan Sarapan Pagi

Dietmu Tak Sukses? Mungkin Ini Penyebabnya!

Healthy Breakfast – Sumber: nutritious-food.com

Kesalahan kedua yang kerap kali dilakukan oleh para pejuang diet adalah melewatkan sarapan. Sarapan akan memberimu energi untuk melakukan aktivitas setidaknya hingga siang hari. Ketika kamu melewatkan sarapan, kamu membiarkan dirimu menghadapi rasa lapar yang luar biasa hingga jam makan berikutnya, saat kamu memasukan asupan makanan dalam jumlah besar dan mengakibatkan lonjakan kalor dalam tubuh.

#3 Sering Ngemil

Dietmu Tak Sukses? Mungkin Ini Penyebabnya!

Snacking – Sumber: kaylaitsines.com

Nampaknya tidak ada orang yang membenci camilan. Nah, kebiasaan terlalu sering ngemil inilah yang menjadi salah satu faktor kegagalan dalam diet. Kamu boleh saja mengontrol makan besar yang kamu santap pada saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Tapi pernahkah kamu menghitung kalori pada camilan yang selalu kamu santap? Meski dalam jumlah kecil, intensitas yang tinggi dalam ngemil akan memberikan dampak yang sama buruknya dengan makan besar dalam porsi jumbo.

#4 Tidak Ngemil Sama Sekali

Kesalahan nomor 4 ini nampaknya akan membuat bingung. Jika sebelumnya dikatakan bahwa ngemil bisa menggagalkan program diet, mengapa tidak ngemil sama sekali juga bisa menjadi penyebab kegagalan diet seseorang? Ternyata ngemil yang dimaksud di sini pun bukan sembarang menyantap camilan. Menu yang justru disarankan sebagai menu ngemil bagi kamu yang sedang diet adalah makanan berprotein tinggi seperti kacang-kacangan. Fungsi ngemil ini sebenarnya adalah mengontrol rasa lapar dan menurunkan berat badan.

#5 Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Makanan rendah lemak adalah salah satu makanan yang memang disarankan untuk para pejuang diet. Akan tetapi, meski dilabeli dengan kata ‘rendah lemak’ tak lantas membuatmu bebas untuk mengonsumsinya sebanyak mungkin. Dua hingga tiga potong makanan rendah lemak mungkin akan menyumbang lebih banyak kalori dalam tubuh dibandingkan dengan sepotong makanan biasa.

#6 Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Berkalori

Kalori bukan hanya terdapat pada makanan, beberapa minuman pun juga mengandung kalori. Beberapa kopi dan minuman beralkohol adalah contoh minuman yang mengandung kalori tinggi. Hal yang lebih buruk adalah kalori yang kita dapatkan dari minuman ini tak akan mengurangi rasa lapar sehingga kamu pun tak akan ada niat makan dalam porsi kecil setelah minum minuman berkalori terlalu banyak.

#7 Masih Sedikit Konsumsi Air Putih

Kesalahan selanjutnya ini bisa jadi berasal dari rasa malas. Tahukah kamu jika air mineral berperan cukup penting dalam diet karena sifatnya yang mampu membakar kalori? Ketika kamu membiarkan dirimu dehidrasi, metabolisme tubuhmu bisa menurun dan artinya penurunan berat badanmu bisa menjadi lebih lama.

#8 Menghindari Susu

Dietmu Tak Sukses? Mungkin Ini Penyebabnya!

Low Fat Milk – Sumber: dairyfoods.com

Susu tinggi lemak dan keju memang sepantasnya dihindari ketika kamu sedang dalam program diet dan tak ingin merusak separuh perjalanan yang sudah kamu tempuh demi berat badan ideal. Akan tetapi sebuah penelitian menunjukkan jika tubuh mampu membakar lebih banyak lemak ketika asupan kalsium cukup.

#9 Terlalu Tinggi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Dietmu Tak Sukses? Mungkin Ini Penyebabnya!

Fast Food – Sumber: kitchensofdistinction.ca

Kebiasaan yang serba instan terutama dalam mengonsumsi makanan cepat saji sebaiknya segera dicoret dari daftar kebahagiaan. Tentu saja, makanan cepat saji ini lezat akan tetapi bahaya mengintai di balik kenikmatan itu. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan cepat saji setidaknya dua kali dalam seminggu memiliki risiko kenaikan berat badan hingga 10 kilogram.

#10 Menimbang Badan Terlalu Sering

Dietmu Tak Sukses? Mungkin Ini Penyebabnya!

Body Weight – Sumber: gcastd.org

Karena ini melihat hasil perjuanganmu, kamu kerap kali mengecek berapa berat badanmu setelah melakukan diet. Tahukah kamu bahwa kebiasaan ini justru bisa membuat frustrasi? Dalam jangka pendek, mungkin kamu belum bisa melihat hasil yang signifikan, maka dari itu fokuslah dengan dietmu yang bertujuan untuk menurunkan berat badan secara sehat, bukan secara cepat.

#11 Tujuan yang Tidak Realistis

Terkadang, faktor tujuan diet juga berpengaruh terhadap kegagalan diet yang kamu jalani. Ketika kamu mencanangkan tujuan diet yang tidak realistis, kamu bisa jadi merasa tidak berguna dan apa yang kamu lakukan sekarang tidak ada gunanya. Kalau kamu berpikir realistis, kamu pasti sadar bahwa menurunkan berat badan hingga 20 kg dalam seminggu itu bukan sesuatu yang wajar.

#12 Melewatkan Jadwal Olahraga

Dietmu Tak Sukses? Mungkin Ini Penyebabnya!

Workout – Sumber: ladyzone.bg

Kesalahan yang terakhir adalah menghindari olahraga. Kamu mempercayakan semuanya pada diet, pada pengaturan pola makan, tidak mau susah. Alhasil, dietmu mungkin berhasil menurunkan berat badan tapi bukannya tidak mungkin ada beberapa efek samping seperti lemas atau kulit yang kurang kencang akibat penyusutan dari dalam tubuh.

Itu dia 12 kesalahan diet yang mungkin jadi penyebab kegagalanmu dalam menurunkan berat badan dan membentuk tubuh yang ramping serta fit. Kalau masih ingin meraih mimpimu untuk memiliki tubuh seseksi Kylie Jenner, well, perbaiki pola dietmu mulai dari sekarang. Ingat, diet bukan sekadar menurunkan berat badan tetapi juga menjadikan tubuhmu lebih sehat.

No more articles