Indonesia itu indah. Berbicara mengenai negeri seribu budaya dan kekayaan ini seolah tidak pernah ada habisnya. Kita hidup di atas tanah yang menyuguhkan sejuta keindahan lewat berbagai macam hal: alam, sosial, dan sejumlah peninggalan fisik yang bisa kita lihat dengan kasat mata.

Keindahan Indonesia memang bukan hal yang pantas diragukan lagi. Sudah terbukti bahwa Indonesia itu negara yang tidak pernah kekurangan tempat-tempat eksotis dan sanggup ditolak bahkan oleh masyarakat dunia. Tak heran bila para pelancong (dari dalam dan luar negeri) rela merogoh kantong cukup dalam untuk menikmati waktu di Indonesia bahkan mengulanginya hingga 3 kali atau lebih. Indonesia memang mengesankan!

Sayangnya, terkadang masyarakat Indonesia sendiri justru memilih untuk menikmati liburan di luar negeri daripada berkeliling nusantara. Padahal, tidak sedikit lho spot wisata di Indonesia yang keren. Bahkan, kamu tidak akan menyangka jika 10 spot wisata ini berlokasi di wilayah Indonesia.

Kenapa harus buang uang untuk menikmati view Grand Canyon di Colorado? Indonesia punya Cukang Taneuh Ciamis!

Spot di Indonesia yang Sering Dikira Ada di Luar Negeri
Green Canyon, Pangandaran – Sumber: gogreencanyon.com

Jawa Barat tidak hanya terkenal dengan adventure park atau mall saja. Kalau bosan dengan liburan ke taman bermain, Cukang Taneuh alias Green Canyon ini wajib menjadi destinasi wisatamu ketika berkunjung ke Pangandaran. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang benar-benar mirip layaknya replika Grand Canyon. Tidak hanya bersantai, ada beberapa kegiatan liburan yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Green Canyon seperti arung jeram, menyusuri gua, atau melakukan atraksi panjat tebing.

Menjelajahi hutan sungai Amazon? Coba dulu menjelajah Sungai Maron.

Replika Green Canyon tak hanya ada di Pangandaran saja, Pacitan punya Sungai Maron yang sepintas mirip dengan Sungai Amazon. Destinasi wisata ini sangat disarankan bagi kamu yang lelah dengan hiruk pikuk kota dan menginginkan liburan tenang. Kegiatan yang paling disarankan untuk menikmati pemandangan Sungai Maron yang memiliki kedalaman hingga 20 meter ini adalah menyusuri sungai dengan menyewa perahu milik warga setempat dengan biaya sewa mulai dari Rp100 ribu hingga Rp150 ribu dan dapat memuat hingga 6 orang.

Tidak perlu jauh-jauh sampai Mesir. Yogyakarta punya replika Gurun Sahara: Gumuk Pasir Parangkusumo.

Spot di Indonesia yang Sering Dikira Ada di Luar Negeri
Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta – Sumber: unycommunity.com

Di dunia ini hanya ada dua lokasi yang memiliki gumuk pasir, yaitu Meksiko dan Yogyakarta. Cukup senang nama Indonesia kembali disebut sebagai lokasi yang beruntung karena memiliki fenomena unik? Tidak perlu jauh-jauh ke Meksiko atau bahkan sampai ke Mesir untuk sekadar merasakan sensasi berada di tengah gurun. Cukup berkunjung ke Parangkusumo, Yogyakarta. Tenang, kamu tidak akan mati kebosanan karena hanya menikmati desir pasirnya saja. Di sini kamu bisa melakukan aktivitas sandboarding yang menjadi olahraga populer bagi warga setempat dan anak muda yang berkunjung.

Bukan hanya Thailand yang punya Phi Phi Island. Papua pun mempesona dengan Raja Ampat.

Thailand boleh memesonakan dunia dengan Phi Phi Island, tapi Indonesia tidak kalah menarik dengan hadirnya Raja Ampat di Papua. Memang sudah menjadi rahasia umum kalau spot wisata satu ini terkenal indah, bersih, dan menawarkan pengalaman liburan mengesankan. Keindahan alamnya yang masih alami dan sangat terjaga membuat wisatawan betah berkunjung ke Raja Ampat. Kalau wisatawan internasional saja sudah pernah menapakkan kaki di sini, kamu kapan dong?

Kokohnya Sydney Harbour Bridge sebanding dengan Jembatan Soge Pacitan, kok!

Mari kita beralih ke Australia yang membanggakan Sydney Harbour Bridge sebagai salah satu landmark negara Kanguru tersebut. Kamu tidak harus pergi jauh ke sana untuk melihat jembatan tersebut sebab di Pacitan pun kita punya Jembatan Soge yang tak kalah kokoh dan menawan. Yang menarik dari jembatan ini adalah fungsinya yang sebagai Jalur Lintas Selatan (JLS) menawarkan pemandangan tepi Pantai Soge lengkap dengan pohon kelapa yang melambai-lambai menggoda kita yang lewat untuk berkunjung.

Cari Patung Batu di Pulau Paskah? Coba lihat kembarannya di Lore Lindu.

Coba alternatif wisata sejarah dengan cara berbeda dan menyenangkan yaitu mengunjungi jajaran patung megalitikum yang terletak di kawasan Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah. Taman Nasional Lore Lindu sendiri dikenal sebagai spot wisata yang menawarkan pemandangan kehidupan hutan tropis dengan keragaman makhluk hidup yang menghuninya. Di sini kamu juga bisa menikmati wisata sejarah dengan melihat dan mempelajari situs peninggalan zaman megalitikum berupa patung baru yang usianya diperkirakan telah mencapai ribuan tahun. WOW!

Paris boleh punya Arc De Triomphe, tapi Kediri punya Monumen Simpang Lima Gumul!

Spot di Indonesia yang Sering Dikira Ada di Luar Negeri
Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri – Sumber; 1001express.co.id

Lagi-lagi, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk menikmati liburan, kamu bisa menikmati pemandangan dan suasana yang relatif sama di Monumen Simpang Lima Gumul, Kediri. Monumen ini adalah replika dari Arc De Triomphe yang terkenal. Berdirinya monumen ini telah berhasil memukau banyak wisatawan yang datang berkunjung maupun sekadar lewat. Dengan luas 804 meter persegi dan tinggi mencapai 25 meter, monumen ini menyediakan ruang publik di sekitarnya sembari memperbolehkan orang menikmati kemegahannya.

Wisata sejarah tak harus sampai ke Piramida Maya Chichen Itza di Meksiko karena di Karanganyar pun ada Candi Sukuh.

Replika peninggalan suku Maya ada di Indonesia! Kalau tidak percaya, berkunjunglah ke Karanganyar dan kamu akan menemukannya dengan nama Candi Sukuh. Candi ini dikenal sebagai peninggalan zaman Majapahit dan dikenal sebagai “The Last Temple”. Awal pengesahannya sebagai obyek wisata, Candi Sukuh sempat menjadi topik yang kontroversial mengingat terdapat beberapa arca yang menunjukkan alat reproduksi manusia secara terang-terangan. Namun kini, Candi Sukuh ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia dan juga destinasi wisata sejarah yang wajib kamu kunjungi.

Patung Budha Tidur Wat Pho di Thailand punya kembaran juga di Mojokerto.

Meskipun Thailand menawarkan cukup banyak destinasi wisata unik yang menggiurkan, tapi Indonesia juga tak kalah keren dengan adanya Patung Budha Tidur yang berada di Maha Vihara Mojopahit Trowulan, Mojokerto. Patung Budha Tidur di sini dikenal sebagai yang terbesar ketiga setelah adanya Patung Budha Tidur di Thailand dan Nepal. Dengan panjang mencapai 22 meter dan berlapis warna emas – serta biaya retribusi yang murah – Maha Vihara Mojopahit Trowulan menjadi destinasi wisata alternatif yang diminati masyarakat setempat.

Bulan madu mahal di Laguna Maladewa? Coba versi ekonomis di Pantai Ora, Maluku.

Spot di Indonesia yang Sering Dikira Ada di Luar Negeri
Pantai Ora, Maluku – Sumber: backpackerindonesia.com

Sekadar menginginkan tempat yang indah, unik, dan bersih untuk berbulan madu? Tak perlu jauh sampai ke Laguna Maladewa. Kita punya destinasi serupa di Pantai Ora. Surga tersembunyi yang terletak di Maluku ini menawarkan pengalaman berlibur yang tak kalah menarik. Penasaran seberapa indahnya? Jangan terlalu lama menatap layar PC, kamu harus menikmati sendiri keindahan Maladewa ala Indonesia ini!

Begitu banyak tempat di Indonesia yang belum terjamah dan belum diketahui banyak orang. Keindahannya yang masih banyak tersembunyi harus kita eksplorasi lebih jauh lagi namun dengan tetap menjaga kebersihan dan keseimbangan alam. Kalau sudah tahu begini, yakin masih mau liburan mahal ke luar negeri?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here