Penggunaan media sosial saat ini memang begitu tren. Apalagi, media sosial visual seperti YouTube dan Instagram. Dua platform ini jadi tren di kalangan remaja dan dewasa muda saat ini, merembet pada orang tua bahkan anak-anak yang mulai ingin ikutan eksis. Bahkan, dua media sosial ini bahkan jadi lapak dan menghasilkan beragam profesi baru, misalnya YouTuber dan para selebgram. Selebgram yang tadinya hanya aktif mempromosikan diri lewat Instagram mulai menggunakan YouTube untuk memperluas kesempatannya membuat karya.

Di kalangan masyarakat non-selebgram, Instagram punya peran tersendiri. Biasanya selain sebagai online gallery, Instagram juga dipakai untuk akun jualan. Jadi kita sendiri sudah tidak susah mendapatkan barang-barang tertentu – yang mungkin hanya dijual di luar negeri – atau sekadar titip beli dengan penyedia jasa titip yang rela bolak-balik mall untuk dapetin barang titipan.

Cara Download Video atau Foto di Instagram

Di samping jadi ajang mendapatkan penghasilan, Instagram kini mulai beralih sebagai online diary yang bisa menampilkan video kejadian dalam durasi 24 jam saja atau menggelar “pertemuan online” secara langsung dalam fitur Live. Kadang video-video yang ditampilkan melalui fitur InstaStory justru lebih menarik dan tak sedikit orang ingin mengunduhnya. Masalahnya, gimana caranya?

Pengunduhan video dari Instagram sebenarnya nggak sulit, hanya saja membutuhkan bantuan berupa aplikasi. Ada banyak aplikasi seperti ini yang bisa didapatkan di PlayStore (untuk pengguna smartphone Android) secara gratis. Nggak perlu nunggu lama, yuk simak beberapa aplikasi tersebut dan cara penggunaannya.

InstaSave

Rekomendasi pertama adalah aplikasi downloader bernama InstaSave. bisa mengunduh dan menyimpan video maupun foto dari Instagram, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan repost foto dan video, menyimpan video sehingga bisa diputar ulang secara offline, browsing melalui tags, user, maupun followers dan following, juga melakukan repost ke media sosial lain seperti Facebook and Whatsapp.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Pertama kamu harus memilih foto atau video yang hendak di-download. Setelah itu, copy URL-nya dan masuk ke aplikasi InstaSave. Paste URL yang sudah kamu copy dengan menekan agak lama di text field yang sudah disediakan. Setelah itu klik Download dan materi yang hendak kamu unduh akan diproses dalam beberapa menit. InstaSave saat ini baru tersedia untuk pengguna iOS.

FastSave for Instagram

Rekomendasi kedua jatuh pada aplikasi FastSave for Instagram. Dengan pengguna lebih dari 240.000 user dan rating 4.4 tentunya membuat kamu nggak perlu ragu dengan aplikasi satu ini. Fitur-fitur utamanya nggak jauh berbeda dengan aplikasi serupa, misalnya menyimpan foto dan video yang hendak kamu unduh dalam jumlah banyak, mampu menampilkan detil dengan menekan agak lama pada video atau foto yang hendak diunduh, punya keunggulan kecepatan download yang diklaim di atas rata-rata kemampuan aplikasi serupa, bahkan bisa menyimpan foto atau video tertentu di fitur secret locker.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus menyalakan aplikasi FastSave lalu buka aplikasi Instagram-mu. Seperti biasa, klik “Copy Share URL” yang didapat ketika kamu menekan agak lama pada video atau foto yang mau diunduh. Tanpa perlu paste URL tersebut, notifikasi download akan muncul pada headbar dan menandakan materi sedang dalam proses pengunduhan. Gampang kan?

QuickSave for Instagram

Punya rating yang serupa dengan aplikasi selanjutnya, kamu mungkin tertarik untuk mengunduh aplikasi freemium satu ini. Untuk pengunduhan pertama, aplikasi ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun untuk fitur-fitur tertentu di dalamnya, kamu harus membayar sekitar Rp13 ribu per item fitur yang hendak ditambahkan. Aplikasi yang sudah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 180.000 pengguna ini memiliki fungsi serupa dengan aplikasi sebelumnya. Cara mengunduh video atau foto melalui aplikasi ini pun juga relatif sama.

Pertama, kamu harus memastikan aplikasi QuickSave ini sudah aktif. Buka aplikasi Instagram-mu lalu lakukan copy link URL. Kembali lagi ke aplikasi QuickSave, kamu paste URL yang sudah digandakan dan download! Selain download, aplikasi ini juga membuatmu bisa melakukan repost maupun membagikan foto atau video ke media sosial lain.

Saver Reposter for Instagram

Ini adalah aplikasi downloader terbaru untuk mendapatkan materi foto atau video dari Instagram yang bisa jadi opsi lainmu. Updated akhir Januari 2018 lalu, aplikasi baru ini sudah mampu memikat lebih dari 50.000 pengguna dan memiliki rating baik, yaitu 4.5. Aplikasi ini mengklaim beberapa fungsi yang jadi keunggulan dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya. Kamu bisa melihat media yang sudah kamu unduh di galeri smartphone-mu, penggunaannya yang mudah, kamu bisa meng-copy caption atau deskripsi foto atau sekadar copy hashtags-nya saja.

Relatif sama dengan penggunaan aplikasi sebelumnya, cukup tiga langkah untuk mengunduh materi dari Instagram menggunakan bantuan aplikasi ini. Copy share URL dari foto atau video di Instagram, paste URL atau klik pada ikon Saver di bar notifikasi, lalu pilih untuk menyimpan gambarnya, videonya, atau bersamaan dengan teks-nya.

Nggak sulit kan buat download video dan foto dari Instagram? Hanya saja, sesuai ketentuan dari Android sendiri, kalau kamu mau mengunduh aplikasi ini, pastikan kapasitas penyimpanan yang tersedia (available internal storage, lihat di bagian Pegaturan atau Settings) di Android-mu masih ada sekitar 500 MB. Selain aplikasi di atas, ada banyak pilihan aplikasi downloader untuk aplikasi Instagram yang mungkin bisa kamu jadikan opsi. Cara kerjanya mungkin akan sama dengan sebagian aplikasi downloader termasuk yang ada dalam daftar di atas. Semoga ini membantu ya.

No more articles