Sebagian orang mengalami ritual bersin di pagi hari. Apakah kamu salah satunya? Ketika kamu mengalami bersin selama satu atau dua kali setiap pagi, hal itu masih dianggap sebagai kewajaran. Akan tetapi jika kamu telah mengalami bersin di pagi hari lebih dari lima kali dan hal tersebut menjadi sebuah rutinitas, maka ada kemungkinan kamu memiliki alergi terhadap sesuatu yang ada di sekitarmu.

Penyebab Bersin di Pagi Hari

Khusus untuk bersin di pagi hari yang terjadi lebih dari lima kali, ada beberapa penyebabnya yang memicu. Pertama, kamu mungkin memiliki riwayat alergi rhinitis. Kondisi ini muncul akibat peradangan pada rongga hidung yang dipicu oleh alergen. Kamu bisa jadi alergi terhadap debu, bulu hewan, atau mungkin kotoran tak kasat mata yang ada pada bantal dan kasur. Sementara itu, gejala pendukung yang muncul pada bersin akibat alergi rhinitis ini antara lain hidung tersumbat atau berair, mata terasa gatal, batuk-batuk, sampai kelelahan.

Cara Mengatasi Bersin-Bersin di Pagi Hari
Ilustrasi Makhluk Mikroskopik – Sumber: pixabay.com

Kedua, ada kemungkinan udara di ruang tidur terlalu kering. Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang menggunakan AC di ruang tidur dan menyalakannya sepanjang malam. Penggunaan AC memang akan sangat nyaman terutama ketika sedang musim panas karena selain menyejukkan udara dan cenderung memudahkan kita untuk tidur. Akan tetapi, efek samping yang ditimbulkan adalah udara dalam ruangan menjadi sangat kering. Udara yang kering ini kemudian menjadikan hidung kita pun juga kering, yang kemudian berakibat pada bersin-bersin di pagi hari.

Baca Juga: 10 Khasiat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Faktor penyebab yang ketiga adalah kemungkinan kamu memiliki ketidakmampuan mengontrol keinginan untuk bersin karena adanya paparan sinar matahari. Beberapa orang mengalami kondisi ini. Jadi ketika mereka berada di bawah paparan sinar matahari langsung atau memang sedang berjemur, biasanya mereka akan bersin beberapa kali secara reflek dan tidak bisa dikontrol.

Cara Mengatasi Bersin di Pagi Hari

Bagaimana mengatasi kondisi seperti ini? Tindakan yang tepat untuk meminimalisir terjadinya bersin di pagi hari adalah mengetahui lebih dulu penyebabnya. Tidak semua jenis bersin di pagi hari bisa diatasi dengan cara yang sama. Maka, Ranger punya beberapa alternatif yang bisa kamu pilih untuk mengurangi kondisi ini.

1. Membersihkan Kamar Tidur

Cara Mengatasi Bersin-Bersin di Pagi Hari
Ilustrasi Kamar Bersih – Sumber: pixabay.com

Alternatif pertama ini lebih cocok ditujukan pada penderita bersin di pagi hari yang disebabkan oleh alergi terhadap debu atau bulu hewan. Pertama, pastikan kamu tidak malas mengganti sprei, sarung bantal, sarung guling, serta selimut. Idealnya, kamu harus mengganti perlengkapan kasur itu semua satu kali dalam seminggu. Mengapa harus sesering itu? Kain-kain ini yang langsung kontak dengan dirimu, termasuk menampung keringat, virus akibat bersin, juga kotoran dari udara.

Selain masalah penggantian kain pembungkus kasur ini, pastikan kamu juga tidak malas menyapu dan membersihkan perabotanmu karena pasti banyak sekali debu yang menempel. Debu-debu ini bisa menjadi penyebabmu bersin di pagi hari. Selain itu, jangan lupa untuk membuka jendelamu setiap pagi guna memfasilitasi akses pertukaran udara di kamar dengan udara segar dari luar.

Baca Juga: Efek Samping dan Bahaya Diet Mayo untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Tips: Sekarang ini mulai banyak berkembang usaha bisnis yang bergerak di bidang pembersihan perabotan rumah, terutama perabot seperti sofa dan kasur. Biasanya, mereka akan menawarkan jasa khusus untuk membersihkan kasur dan sofa dari tungau dengan alat khusus (bentuknya seperti vacuum cleaner ditambah dengan penggunaan air). Biaya untuk membersihkan perabotan ini rata-rata sekitar Rp 100.000 per perabot. Kamu bisa menyewa jasa pembersihan ini untuk membersihkan perabot di rumahmu sesuai dengan kebutuhan (dan kemampuan kantong).

2. Hindari Alergen Penyebab Bersin di Pagi Hari

Sepertinya retoris, tapi ini bukan cara yang mudah dilakukan oleh segelintir penderita alergi dan mereka yang merasakan selalu bersin di pagi hari.

Beberapa orang mengalami alergi terhadap makanan atau barang tertentu. Coba ingat-ingat, apa yang memicumu untuk bersin? Bisa jadi kotoran, debu, bulu hewan, sampai makanan yang kamu santap sebelum tidur. Minimalisir kontak dengan pemicu bersin ini untuk menekan kemungkinan kamu selalu bersin di pagi hari.

Memang tidak mudah untuk menghindari pemicu bersin di pagi hari, terutama jika pemicu tersebut dalam bentuk makanan dan ternyata kamu cukup mencintainya. Iya benar, ini ujian. Tapi masa’ mau bersin-bersin mulu demi bisa makan makanan pemicu itu?

3. Hindari Penggunaan AC Semalaman

Cara Mengatasi Bersin-Bersin di Pagi Hari
Ilustrasi Air Conditioner – Sumber: shuttle3city.com

Kamu hobi menyalakan AC sepanjang malam untuk membantumu tidur nyenyak? Hati-hati, kebiasaan seperti ini bisa membuat hidung kering. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, hidung kering akibat udara yang disaring oleh mesin AC ini berpotensi menimbulkan bersin-bersin di pagi hari – yang tentu sangat mengganggu.

Tidak bisa tidur dalam kondisi gerah? Akali dengan cara alternatif seperti memastikan semua peralatan tidur telah bersih atau mandi dengan air hangat. Air hangat akan membuka pori-pori kulit sehingga kamu akan lebih merasa sejuk ketika akan tidur.

4. Pola Makan Sehat dan Minum Air Putih Cukup

Cara Mengatasi Bersin-Bersin di Pagi Hari
Ilustrasi Makanan Sehat – Sumber: pixabay.com

Usaha pengobatan dan pencegahan bersin di pagi hari yang mengganggu ini juga bisa dengan cara konsumsi makanan sehat dan seimbang serta konsumsi air putih yang cukup. Ingat, jangan hanya penuhi hasrat konsumsi karbohidrat saja ya. Tubuh kita juga membutuhkan vitamin dan mineral yang bisa didapatkan dari konsumsi sayur, buah, serta minum air putih cukup. Selain itu, lakukan olah raga cukup.

Kalau kamu merasa tidak punya cukup waktu untuk olah raga seperti di lokasi gym, setidaknya, kamu harus melakukan aktivitas fisik selama 30 menit sebelum melakukan rutinitas. Hal ini penting untuk membuang racun dalam tubuh serta sebagai ‘pemanasan’ untuk mengawali hari yang baik.

5. Disebabkan oleh Penyakit? Segera Konsultasikan dengan Ahlinya.

Beberapa kasus bersin di pagi hari bersumber dari penyakit yang diderita, misalkan sinusitis. Kalau kasusnya seperti ini, Ranger tidak bisa bantu karena bukan ranahnya. Saran yang bisa kami berikan adalah menghimbaumu untuk tidak membiarkannya terlalu lama. Kamu harus segera mengonsultasikannya dengan para ahli guna mendapatkan tindakan dan perawatan tepat sesuai kondisi tubuhmu.

Nah, itu dia sekilas tentang penyebab dan cara-cara mengatasi bersin di pagi hari yang bisa Ranger berikan ke kalian. Semoga alternatif ini bisa membantu meringankan ‘penderitaan’ yang dialami selama ini. Hehe. Selamat mencoba.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here