Sudah tau Grill? Bagi kamu yang belum tau apa itu Grill, mari kita kuliah 3 SKS bahas dulu apa sih sebenarnya “Grill” itu. Grill ya, bukan Girl. Yang jomlo jangan sampai salah baca. Grill atau dalam prosesnya disebut Grilling merupakan proses memasak bahan makanan dengan menggunakan panas api yang tinggi. Sumber panas/api berada di bawah bahan makanan.

Grill bisa digunakan untuk memanggang bahan makanan. Biasanya sumber api memang berasal dari bagian bawah bahan makanan. Namun, bila sumber panas/api berada di atas bahan makanan, maka proses masak seperti itu disebut  “gratinating”. Istilah tersebut memang tidak booming di Indonesia, hal ini karena memang grilling sendiri sebenarnya hanya populer di Eropa. Beda di Amerika, istilah “Grilling” dikenal dengan “broilling”.

Bila Grilling merupakan prosesnya, alat yang digunakan memasak disebut Grill. Alat ini dilengkapi jeruji kawat. Jeruji ini berfungsi sebagai penahan bahan makanan. Selain itu,  fungsi lainnya untuk membuat bagian yang matang dan gosong berbentuk jeruji.

Eittss.. tunggu dulu. Ini gosong bukan sekedar gosong lho. Kegosongan inilah yang menjadi ciri khas yang menunjukkan makanan tersebut di-grilled. Nah, bila kamu mengganti jeruji kawat dengan lempengan besi yang rata, maka alat tersebut disebut Grindle.

Pernah dengar GoSun Grill?

GoSun Grill adalah sebuah alat pemanggang bertenaga matahari. Bila kamu mikir kalau memasak itu harus menggunakan api, itu salah. Kenyataanya, microwave tanpa api bisa tuh untuk memasak. Benar atau benar?

Meski begitu, microwave belum mampu menggantikan kompor atau alat pemanggang umum secara total. Dulu, api merupakan salah satu unsur penting dalam memasak. Namun, saat ini orang semakin sadar, bukan api yang mereka cari, melainkan panas. Dewasa ini orang sudah sering menggunakan kompor induksi untuk memasak. Alat ini pada dasarnya mengubah energi listrik menjadi panas.

Baca Juga: Tablet Toshiba DynaPad Siap Saingi Surface Book

Kalau begitu, bisa dong ya mengubah panas matahari? Emm… sangat besar kemungkinannya. Pada prakteknya, kamu bisa menggunakan panas matahari ini secara cuma-cuma. Sudah saatnya, kamu mengubah panas matahari menjadi energi listrik. Jangan cuma mengubah rasa rindu menjadi rasa benci #eh.

Itulah ide GoSun Stove. Di tahun 2013, GoSun Stove memperkenalkan kompor bertenaga matahari. GoSun Stove memperkenalkan ini melalui situs crowdfunding Kickstarter. Melalui situs tersebut, kali ini GoSun Stove kembali menggunakan situs crowdfunding tersebut untuk memamerkan solusi memasak terbaru yang juga ditenagai oleh panas matahari.

Nama alat tersebut adalah GoSun Grill. Berbentuk seperti oven kecil dengan bobot 9 kg. Bila kamu buka akan terlihat sepasang lempengan aluminium berbentuk parabola. Gunanya, untuk memantulkan panas matahari.

Pada prosesnya, panas akan dipantulkan dan akan diserap tabung hampa udara. Terdiri dari sejumlah lapisan. Lapisan inilah yang selanjutnya akan digunakan untuk memasak. Tabung terisolasi dengan baik. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu khawatir. Aman kok ketika dipegang dari luar. Meski kamu sedang memakainya untuk memasak pada suhu tinggi. Beda dengan mantan kamu dulu, yang dipegang dikit, marah…

Di dalam tabung tersebut, tersimpan panci berbentuk lonjong. Terbuat dari stainless steel, adiknya Man of Steel. Di dalam tabung inilah makanan diletakkan. Volume maksimal hingga 2,4 liter. GoSun Grill bisa kamu gunakan untuk memanggang, menggoreng, atau merebus. Syaratnya, harus dengan suhu maksimum mencapai 260 derajat Celcius. Untuk mendapatkan masakan yang matang merata, pastikan ada panas matahari, ya.

Sayangnya, ketika tidak ada matahari biasanya alat memasak yang menggunakan sinar matahari tidak dapat digunakan. Tetapi tenang dulu. Karena itu beda dengan GoSun Grill. Alat ini memiliki komponen thermal battery yang sanggup menyimpan panas matahari dalam waktu 2 jam. Panas yang disimpan, bila kamu gunakan untuk memasak di malam hari.

Baca Juga: Review Acer Predator 8, Tablet Gaming dengan 4 Speaker Menggelegar

Thermal battery yang dimiliki GoSun Grill berfungsi untuk mempercepat proses memasak. Panas ini disimpan dan bisa digabungkan dengan panas matahari  yang dipantulkan menggunakan reflektor aluminium GoSun Grill.

GoSun Grill merupakan produk kedua yang diperkirakan akan mengalami kesuksesan seperti GoSun Stove dua tahun yang lalu. Saat ini, target funding sudah melampaui target. Padahal, waktu masih menyisakan sekitar satu bulan. Pledge (harga) terendah saat ini adalah $349 untuk satu unit GoSun Grill. Kamu bisa menambahkan $150 untuk memboyong thermal battery-nya.

Bagaimana kalau ada robot pembersih Grill?

Biasanya sih, orang malas melakukan pesta barbekyu karena proses membersihkan alat panggang yang menyusahkan. Alat panggang akan dipenuhi dengan sisa lemak, daging terbakar yang lengket. Namun, hal itu tidak lagi harus kamu pikirkan.

Ada robot pembersih alat panggang. Namanya, The Grill Cleaning Robot. Dibuat oleh perusahaan Hammacher Schlemmer. Robot ini bisa digunakan untuk membersihkan sisa makanan dan arang di alat panggang. Dilengkapi dengan CPU.

Di dalamnya, terdapat pula motor listrik yang digunakan untuk memutar tiga sikat silinder. Silinder ini akan menggerakkan robot di seluruh jeruji panggangan dan menghapus sisa makanan dan lemak hanya dalam beberapa menit.

Robot kecil ini memiliki warna yang beragam. Tentunya, dengan menggunakan alat ini, kamu tidak lagi repot membersihkan barbeque grill. Kamu pun tidak harus bersusah payah menggosok-gosok grill agar terlihat seperti baru.

Grillbot ini memiliki ukuran kecil. Memiliki warna yang beragam. Meski kecil, alat ini mampu membuat semua panggangan yang semula hitam pekat berubah menjadi seperti baru. So, kamu tidak perlu lagi ragu menggunakan robot ini karena manfaatnya pasti kentara.

Sayangnya, Grillbot ini tidak bisa digunakan untuk membersihkan kenangan di hati kamu yang masih sakit karena ditinggalkan pas lagi sayang-sayangnya. Duh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here