Indonesia merupakan dengan kekayaannya yang begitu banyak. Tak hanya memiliki kekayaan alam yang banyak, namun Indonesia juga kaya akan budayanya yang beragam. Mulai dari Sabang hingga Merauke, setiap daerah di Indonesia memiliki budayanya masing-masing yang sangat unik dan beragam. Bahkan beberapa budaya yang dimiliki Indonesia sudah diakui serta tercatat dalam UNESCO.

Hal ini lah yang membuat banyak orang-orang dari negara lain tertarik dan mempelajari kebudayaan yang ada di Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia, tentunya kita harus bangga dan turu melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia agar tidak punah termakan jaman. Lalu apa saja budaya Indonesia yang populer bahkan mendunia? Berikut ini 10 Budaya Indonesia yang mendunia yang perlu kamu ketahui.

1. Wayang

Wayang merupakan pertunjukan seni yang dimainkan oleh dalang dan biasanya menggunakan iringan musik gamelan serta suara nyanyian dari pesinden. Kisah yang diceritakan dalam pewayangan biasanya merupakan kisah-kisah para punakawan seperti Semar, Petruk, Bagong dan Gareng.

Budaya Indonesia ini bahkan sudah diakui UNESCO dan menjadi warisan budaya Bangsa Indonesia di tahun 2003. Wayang kini sudah mulai dikenal luas masyarakat dunia. Bahkan banyak warga asing pula yang ingin mempelajari tentang kesenian dari tanah Jawa ini.

2. Angklung

Alat musik tradisional dari Jawa Barat ini merupakan salah satu budaya dari Indonesia yang mendunia. Alat musik bernada ganda ini dimainkan dengan cara menggoyangkannya. Kebudayaan asli Indonesia ini sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO secara resmi sebagai bagian dalam World Heritage di tahun 2011.

Budaya Indonesia yang Mendunia

Budaya Angklung Indonesia – Sumber: pesonanusantara.net

Selain menjadi warisan budaya, angklung juga menjadi salah satu daya tarik dari kebudayaan Indonesia. Angklung menjadi salah satu alat musik asli Indonesia yang gemar dimainkan di luar negeri, seperti Korea, Malaysia, dan Jepang.

3. Batik

Siapa yang tidak mengenal dengan budaya Indonesia yang satu ini? Rasanya batik kini sudah mulai terkenal di berbagai negara. Bahkan orang Indonesia pun pasti memiliki baju batik dalam lemarinya.

Batik sendiri diproduksi dengan cara yang unik yaitu dengan menuliskan lilin panas melalui canting ke atas kain. Batik sudah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan hingga kini terus berkembang dengan berbagai motif dan kreasi.

4. Tari Barong (Bali)

Tari Barong merupakan salah satu pertunjukan kesenian tari yang cukup terkenal dari Pulau Dewata. Tari barong sudah ada sejak dari zaman peradaban kebudayaan pra Hindu. Inti dari tarian ini menggambarkan tentang pertarungan kebaikan melawan kebatilan. Barong dilambangkan sebagai kebaikan yang melawan rangda yang menjadi simbol kejahatan.

Budaya Indonesia yang Mendunia

Tari Brong – Sumber: vokamo.com

Baca Juga: Miris! 5 Budaya Indonesia Ini Pernah Diklaim Negara Lain!

5. Tari Saman

Berbicara tentang budaya Indonesia, maka Tari Saman menjadi salah satunya yang perlu kamu ketahui. Tarian ini berasal dari Suku Gayo dan sering ditampilkan pada saat acara-acara adat penting di daerah setempat. Syair yang digunakan di dalam tari Saman menggunakan perpaduan bahasa Gayo dan bahasa Arab.

Dalam beberapa referensi disebutkan jika Tari Saman yang ada di Aceh dikembangkan Syekh Saman yang merupakan ulama dari Gayo, Aceh Tenggara. Tarian yang satu ini cukup unik karena hanya menunjukkan gerakan-gerakan tepuk tangan tanpa diiringi pergeseran maupun liak-liuk anggota tubuh.

Tarian Saman ini pun juga sudah resmi diakui sebagai salah satu warisan budaya yang membutuhkan perlindungan mendesak dari UNESCO.

6. Reog Ponorogo

Warisan budaya Indonesia yang satu ini berasal dari jawa Timur dan menjadi salah satu kesenian tradisional yang hingga kini masih terus terjaga kelestariannya oleh masyarakat setempat. Sebagai daerah yang menjadi asal dari reog, kamu bisa melihat jika pada gerbang kota Ponorogo dihiasi 2 sosok yang biasanya ditampilkan dalam pertunjukan Reog Ponorogo.

Dalam pementasan Reog, biasanya tidak terdapat skenario tarian yang paten. Biasanya ditambahkan beberapa gerakan-gerakan yang dapat membuat pertunjukan reog semakin menarik. Pada pertunjukan reog, para pemainnya menggunakan topeng berbentuk kepala singa yang dilengkapi mahkota dari bulu burung merak. Bobot dari topeng ini bisa mencapai 5-60 kg.

Budaya Indonesia yang Mendunia

Reog Ponorogo – Sumber: masbidin.net

7. Tari Kecak

Tarian tradisional dari Bali ini juga dikenal sebagai tari “cak” ataupun tari api. Tarian kecak ini biasanya dipertunjukkan sebagai sendratari yang ditonton oleh banyak orang. Tarian hiburan menggambarkan cerita pewayangan yang menghibur, seperti tokoh Rama dan Sinta. Tarian ini juga sering digunakan pada saat acara-acara dalam ritual keagamaan umat Hindu yang ada di Bali.

Selain itu, tarian yang juga dianggap sebagai bentuk pemujaan serta upacara keagamaan ini juga sangat sakral dengan memperlihatkan pertunjukan kekebalan fisik dari pada penarinya yang tahan tidak terbakar api. Tidak seperti tarian tradisional lainnya, tarian kecak ini menggunakan suara pemain yang berteriak “cak cak ke cak cak ke” untuk musik pengiring.

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Khas Bali yang Murah, Terkenal, dan Tahan Lama

8. Keris

Keris merupakan salah satu senjata tradisional asli Indonesia yang diyakini memiliki kekuatan supranatural. Biasanya keris ini digunakan anggota kerajaan sebagai salah satu senjata pustaka. Senjata keris sudah ada di Indonesia sejak dari abad ke-9. Untuk bahan yang digunakan, keris biasanya terbuat dari logam yang berkualitas. Bahkan untuk pembuatan keris kuno, banyak ditemukan penggunaan logam meteor yang jatuh ke bumi sebagai bahan utamanya.

Menurut penelitian yang sudah dilakukan, keris kuno mengandung setidaknya unsur logam titanium, bahan yang digunakan untuk pelapis kendaraan yang menuju luar angkasa, bahan yang sebenarnya baru ada pada abad ke-20. Untuk bagian gagang kerisnya, terbuat dari kayu, tulang belulang, maupun tanduk binatang. Keris sudah diakui sebagai “Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity” oleh UNESCO di tahun 2005

9. Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana merupakan sebuah pertunjukan yang menggabungkan antara pementasan tari dan drama yang tidak menggunakan dialog. Tarian ini mengangkat kisah pewayangan Ramayana yang begitu terkenal. Pertunjukan ini pertama kali dipentaskan di Candi Prambanan pada tahun 1961 di setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Sendratari Ramayana – Sumber: yogyakarta.panduanwisata.id

Perpaduan antara pementasannya yang begitu artistik dengan panorama Candi Prambanan membuatnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung

10. Tari Pendet

Budaya Indonesia lainnya yang berasal dari Pulau Bali adalah tari Pendet. Mulanya tarian ini merupakan tarian yang dibawakan seorang wanita untuk kegiatan pemujaan di pura. Namun seiring dengan perkembangan zaman, tarian ini juga digunakan untuk menyambut turunnya dewasa ke dunia. Bahkan saat ini tari pendet juga digunakan untuk menyambut tamu, sebagai ucapan selamat datang.

Baca Juga: Permainan Tradisional Indonesia Ini Pernah Eksis di Jamannya, Kamu Pernah Main?

Nah itu tadi 10 budaya Indonesia yang mendunia yang perlu untuk dilestarikan agar tidak punah termakan zaman. Sebagai generasi muda penerus bangsa, tentu menjaga budaya lokal agar tetap eksis adalah tanggung jawab kita bersama. Cintai budaya Indonesia dan mari kita lestarikan bersama!

No more articles